Bisnis

Ini Dia 5 Cara Memulai Usaha Pom Mini Modal Kecil

Usaha Pom Mini – Bisnis SPBU merupakan jenis usaha yang membutuhkan modal tidak sedikit. Walaupun demikian, banyak pebisnis yang berminat menjalankannya karena keuntungan banyak. Jika ingin memiliki bisnis SPBU namun terkendala dana, Anda bisa mencoba usaha pom mini. Untuk itu, simak ulasan cara memulai usaha pom mini selengkapnya.

Berdasarkan minat yang tinggi dari masyarakat untuk bisnis SPBU namun terkendala dana, Pertamina membuka kemitraan bisnis pertashop sebagai alternatif lain. Jika berminat, Anda tidak perlu menyiapkan biaya mendirikan SPBU Pertamina. Anda cukup mengeluarkan modal untuk bisnis pom mini.

Mendirikan Usaha Pom Mini Pertashop

usaha pom mini
usaha pom mini

Urutan cara memulai usaha pom mini pertashop Pertamina, pertama Anda dapat mendaftarkan diri secara online melalui website resminya. Masuk pada website dan pilih ‘Informasi Pendaftaran’, kemudian klik ‘Daftar Sekarang’. Pilih centang pada kolom persetujuan memberikan data yang benar dan lengkapi formulir data seperti berikut:

Memilih Lokasi

Pada pilihan lokasi Anda wajib melengkapi data sesuai dengan alamat bisnis. Yaitu nama jalan, kelurahan, kecamatan, kota atau kabupaten, serta provinsi. Namun, jika alamat tersebut tidak tersedia pada pilihan maka Anda dapat mengajukan lokasi baru. Caranya, klik tautan yang tersedia di website tersebut.

Memilih lokasi ini adalah langkah pertama dari cara memulai usaha pom mini yang harus Anda lakukan.

Isi Data Diri

Langkah kedua dari cara memulai usaha pom mini yang harus Anda lakukan yaitu mengisi data diri. Dalam hal ini Anda wajib memberikan data yang sebenarnya berupa nama perusahaan, nama pendiri usaha, email, serta nomor handphone. Anda juga harus membuat password sebagai akses saat membuka akun kemitraan pertashop.

Baca juga:  Usaha Potensial Di Desa Dengan Modal Minim

Submit Data

Langkah selanjutnya Anda dapat melakukan submit data. Namun, sebelumnya Anda wajib mencentang pernyataan memahami persyaratan pengajuan kemitraan pertashop. Setelah proses submit data, Anda akan mendapat email terkait informasi pendaftaran sebagai verifikasi. Sedangkan kode aktivasi akan Anda dapatkan melalui SMS.

Melalui registrasi online tersebut Anda akan mendapatkan nomor registrasi agar dapat menggunakannya untuk mengecek aplikasi di website. Nomor registrasi juga dapat membantu mengidentifikasi data Anda saat pihak Pertamina melakukan uji kelayakan. Cukup memasukkan nomor registrasi untuk mengetahui data yang Anda submit.

Selain langkah pendaftaran tersebut, Anda wajib memenuhi beberapa persyaratan untuk mendirikan bisnis pom mini. Syarat-syarat ini bersifat wajib agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan harapan Anda. Simak syarat-syarat yang menjadi bagian dari cara memulai usaha pom mini berikut ini:

  • Pendiri bisnis wajib berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki izin usaha, misalnya saja CV, PT, koperasi, ataupun jenis perusahaan yang lainnya
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang merupakan milik perusahaan
  • Memiliki lahan pribadi untuk mendirikan pertashop. Dalam hal ini Anda tidak diperkenankan menggunakan lahan sewa
  • Surat rekomendasi dari lurah ataupun kepala desa setempat untuk mendirikan bisnis pom mini
  • Menyiapkan modal yang jumlahnya sesuai dengan paket pertashop piihan Anda

Sedangkan untuk lahan yang akan Anda gunakan mendirikan pertashop pom mini ini harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu juga, antara lain:

  • Area sekitar lokasi bisnis memiliki akses, baik jalan ataupun jembatan yang mudah dilewati truk tangki dengan berat berkisar 8.000 ton
  • Untuk paket pertashop Gold wajib menyediakan lahan dengan luas 210 meter. Sedangkan paket Platinum luasnya harus 300 meter dan 500 untuk Diamond.
  • Memastikan lahan berada pada jarak yang jauh dari SPBU lain, memiliki jaringan listrik yang memadai, serta banyak kendaraan yang lewat di area tersebut.
Baca juga:  Mengenal Daqu Bisnis Nusantara Dan 10 Keuntungannya

Selain berbagai syarat wajib di atas, Anda juga harus memenuhi perlengkapan bisnis. Tanpa perlengkapan yang memadai, bisnis yang Anda rencanakan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Karena itu, Anda wajib menyiapkan segala hal yang menyangkut bisnis tersebut dengan baik.

Baca juga : ide bisnis tak kenal musim

Setelah mengetahui cara memulai usaha pom mini selanjutnya Anda harus melengkapi perlengkapan bisnis, yaitu:

Mesin Pom Mini

Mesin pom mini akan Anda gunakan untuk menyalurkan bahan bakar saat usaha sudah mulai beroperasi. Tanpa alat ini tentu usaha tidak dapat berjalan sesuai rencana. Anda bisa mendapatkan mesin dengan beberapa desain yang tersedia serta harga beragam.

Rekrut Karyawan

Pada awal menjalankan bisnis, Anda dapat melakukannya sendiri. Namun, seiring berkembangnya bisnis tersebut tentu Anda akan membutuhkan bantuan karyawan. Karena itu, tidak ada salahnya Anda melakukan rekrut karyawan sejak awal agar dapat melatihnya cara kerja yang baik.

Rekrut karyawan sangat berpotensi menjadikan bisnis berkembang karena Anda bisa fokus ke hal yang lainnya, misalnya saja manajemen dan lain-lain.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Pom Mini

Ada beberapa tips untuk Anda dalam menjalankan bisnis pom mini. Penting bagi Anda untuk menyimak tips berikut ini agar bisnis berjalan baik ke depannya:

Memberi Harga yang Tidak Terlalu Mahal

Tips pertama terkait dengan keuntungan usaha pom mini. Ada baiknya Anda memberi harga yang tidak terlalu mahal, misalnya saja Rp1.000 atau Rp1.500 lebih tinggi dari SPBU. Karena, harga yang terlampau tinggi hanya akan membuat customer memilih SPBU lain. 

Hindari Menjual Bensin Campuran

Pastikan Anda hanya menjual produk yang berkualitas, salah satunya dengan menghindari bensin campuran. Jika Anda menjual produk yang tidak sesuai, tentu akan berakibat buruk terhadap bisnis itu sendiri. Misalnya saja customer yang tidak ingin kembali lagi untuk membeli bahan bakar di pom bensin mini milik Anda.

Baca juga:  7 Cara Ternak Sapi Tanpa Ngarit Untuk Pemula

Memilih Lokasi Strategis

Penting bagi Anda untuk memilih lokasi bisnis yang strategis. Misalnya saja, lokasi yang jauh dari SPBU lainnya. Hal ini sesuai dengan syarat lokasi yang sudah dibahas sebelumnya. Dengan lokasi strategis tersebut Anda dapat meminimalisir kerugian akibat dari banyaknya usaha yang sejenis.

Waspada Terhadap Kompetitor

Belakangan ini usaha pom mini ini makin banyak peminatnya. Karena itu, Anda harus memiliki strategi bisnis yang mumpuni agar dapat bersaing dengan kompetitor. Anda dapat melakukan berbagai hal, contohnya mengambil keuntungan yang tidak terlalu banyak dari penjualan. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian customer.

Menjaga Kualitas Layanan

Salah satu risiko usaha pom mini yang rawan terjadi adalah customer sedikit. Untuk menghindari hal tersebut, Anda wajib menjaga kualitas layanan bisnis. Misalnya saja pelayanan ramah dan selalu siap saat customer datang. Anda juga dapat menyiapkan lahan parkir memadai dan memberikan takaran bensin yang pas.

Baca juga : cara bisnis sayuran potong

Kesimpulan

Cara memulai usaha pom mini adalah solusi bagi Anda yang sedang berencana menjalankan bisnis ini. Bisnis pom mini merupakan alternatif lain ketika Anda terkendala dengan dana. Anda bahkan dapat mendirikan bisnis ini di area tempat tinggal, selama lokasi tersebut sudah memenuhi persyaratan yang ada.

Selain untuk mendapatkan keuntungan, Anda dapat memberikan manfaat kepada orang lain melalui bisnis pom mini. Yaitu ketika Anda mendirikan usaha ini di tempat yang sangat jauh dari SPBU. Karena itu, Anda bisa segera menerapkan cara memulai usaha pom mini sesuai dengan penjelasan sebelumnya. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button