Bisnis

9 Contoh Perencanaan Bisnis Menggunakan 5w 1h (Lengkap)

Kali ini kita akan membahas contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h. Yakni What, Why, Who, Where, When Dan How secara lengkap.

Ini sebenarnya sering ditanyakan di sekolah. Jadi bisa menjadi jawaban bagi adek-adek yang sedang mengerjakan soal ulangan. Selain itu juga akan bermanfaat bagi sobat semuanya yang ingin menjalankan sebuah bisnis atau usaha.

Karena dalam memulai sebuah bisnis harus memikirkan aspek yang lengkap agar bisa maksimal. Dan rumus 5w 1h ini adalah cara yang tepat untuk mempersiapkannya.

Apa Itu 5w 1h Dalam Bisnis?

Sebelum kita masuk pada contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h. Kita akan kupas tuntas terlebih dahulu mengenai 5w 1h satu persatu, berikut penjelasannya :

  • W1 adalah What, artinya adalah usaha apa yang akan dilakukan?
  • W2 adalah Why, artinya adalah Mengapa memilih usaha tersebut?
  • W3 adalah Who, artinya siapa saja yang menjalankan bisnis tersebut?
  • W4 adalah Where, artinya dimana tempat menjalankan bisnis?
  • W5 adalah When, artinya kapan kita memulai bisnis tersebut?
  • H1 adalah How, artinya Bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut?

Diatas adalah penjelasan mengenai apa itu 5w 1h dalam berbisnis. Ke 6 pertanyaan tersebut akan membantu sobat dalam dalam memulai sebuah bisnis atau usaha.

Contoh Perencanaan Bisnis Menggunakan 5W 1h

contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h
contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h

Unsur 5W+1H ini akan sangat bagus jika diterapkan dalam sebuah perencanaan bisnis atau usaha. Karena memiliki unsur lengkap dari segi persiapan. Kali ini akan saya berikan beberapa contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h antara lain sebagai berikut :

1. Contoh 5w 1h Bisnis Mebel

Misalkan saja akan menjalankan bisnis di bidang mebel, contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h sebagai berikut :

What?
Jenis usaha yang akan saya jalankan adalah bidang mebel, namanya adalah Mebel Makmur Solo. Yang memproduksi peralatan furniture seperti kursi, lemari meja dan juga beberapa jenis mebel yang lainnya.

Why?
Saya menjalankan bisnis ini karena menyukai bidang pertukangan. Selain itu prospek penjualan mebel sangat mudah dikota saya. Dari waktu ke waktu produksi mebel sangat dibutuhkan ditengah masyarakat kita. Satu lagi alasan yang membuat saya ingin menjalankan bisnis mebel. Yakni merupakan peluang usaha bisa memberikan keuntungan yang besar.

Who?
Yang akan menjalankan bisnis adalah saya sendiri sebagai pemilik usaha sekaligus mengerjakan beberapa pekerjaan mebel didalamnya. Selain itu saya dibantu oleh satu orang karyawan dalam memproduksi mebel dalam usaha saya.

Where?
Tempat untuk menjalankan usaha adalah dirumah. Kebetulan lokasinya strategis, jadi tidak perlu menyewa ruko. Dengan begitu juga akan lebih hemat dalam menjalankan usaha mebel.

When?
Saya akan memulai usaha bulan depan, yakni tanggal 1 Oktober 2022. Karena saya harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Misalkan saja alat, tempat, dan juga beberapa keperluan yang lainnya.

How?
Saya akan menjalankan usaha dengan membuat beberapa jenis mebel seperti kursi, meja, lemari dan juga perabotan rumah tangga lainnya. Setelah selesai memproduksi beberapa contoh, maka saya akan melakukan pemasaran ke beberapa daerah disekitar saya. Selain itu juga akan memasarkan produk melalui online. Meningkatkan pelayanan agar memiliki banyak pelanggan dan membesarkan usaha membel saya.

Diatas adalah contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h. Sobat bisa juga menerapkannya dalam rancangan usaha yang hendak dilakukan.

Masih kurang? Oke, saya akan buatkan contoh yang lainnya.

2. Contoh 5w 1h Bisnis Makanan Jualan Bakso

gambar : TRIBUNBANYUMAS/DINA INDRIANI

Misalkan saja akan menjalankan bisnis jualan bakso, contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h sebagai berikut :

What?
Jenis bisnis yang akan saya jalankan adalah jualan bakso di kios, namanya adalah Bakso Enak Sido Mampir. Didalam usaha saya ini menjual bakso, mie ayam dan juga beberapa minuman seperti es teh manis, es jeruk dan yang lainnya.

Baca juga:  Cara Memulai Usaha Pengawetan Ikan di Pantai yang Sukses dan Menguntungkan!

Why?
Saya menjalankan bisnis jualan bakso karena berpotensi memberikan untung besar. Selain itu saya berfikir didaerah saya belum begitu banyak pesaing yang berjualan bakso. Dan kebetulan saya memiliki kios atau ruko dengan lokasi yang sangat strategis.

Who?
Bisnis ini dijalankan oleh 2 orang. Yakni saya sendiri sebagai pemilik dan pelaku usaha. Dengan dibantu oleh 1 karyawan yang juga sudah bisa memasak bakso dan berpengalaman dalam menjual bakso dan mie ayam.

Where?
Tempat untuk menjalankan usaha bakso adalah menyewa ruko di Jalan Mawar. Karena jalan mawar adalah lokasi yang sangat strategis. Dekat dengan keramaian masyarakat sekitar seperti sekolah, kampus dan tidak jauh dari pasar.

When?
Saya akan memulai usaha bulan depan, tepatnya pada tanggal 2 november 2022. Karena ada beberapa persiapan yang belum saya selesaikan sekarang.

How?
Saya akan menjalankan bisnis jualan bakso dengan cara pangkalan. Artinya membuka kios bakso dan menyediakan tempat yang nyaman untuk orang-orang yang ingin beli bakso dan mie ayam. Saya menjual bakso dan mie ayam dengan mengutamakan cita rasa unik dan lezat. Selain itu juga akan memberikan pelayanan terbaik agar mendapatkan banyak pelanggan. Yang tak kalah penting saya akan menjual bakso dengan harga murah untuk masyarakat di sekitar sini.

Nah, diatas adalah contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h yakni dalam bisnis makanan. Sobat bisa juga menerapkan hal tersebut untuk usaha yang ingin dijalankan.

3. Contoh 5w 1h Bisnis Konter

5w 1h usaha konter
5w 1h usaha konter gambar : bukalapak

Misalkan saja akan menjalankan bisnis konter pulsa dan handphone, contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h sebagai berikut :

What?
Jenis bisnis yang akan saya jalankan adalah konter pulsa dan handphone. Nama konter saya adalah Prayoga Cell. Didalamnya akan saya jual paket internet, kartu perdana, handphone dan juga accesoris.

Why?
Saya menjalankan bisnis konter ini karena memiliki prospek bagus di masa depan. Semua orang sudah membutuhkan kuota internet dan handphone sebagai keperluan sehari-hari. Selain itu karena di daerah saya masih jarang konter yang beroperasi.

Who?
Bisnis ini akan dijalankan oleh 3 orang. Yang pertama adalah saya sebagai pemilik usaha dan kedua karyawan saya. Dibagi menjadi sift 1 dan sift 2.

Where?
Tempat untuk saya menjalankan bisnis konter adalah di ruko dekat pasar. Karena lokasinya strategis dan mudah dijangkau banyak orang.

When?
Saya akan memulai usaha tepat pada bulan oktober 2022.

How?
Saya akan menjalankan bisnis konter dengan sistem berjualan dari kios. Yakni melayani masyarakat sekitar yang ingin membeli pulsa, accesoris handphone atau membeli handphone. Dengan cara memberikan harga yang bersaing dengan pelayanan terbaik. Selain itu saya akan menjual accesoris juga melalui online shop seperti shopee, lazada, bukalapak dan juga tokopedia.

4. Contoh 5w 1h Bisnis Online

5w 1h bisnis online
5w 1h bisnis online

What?
Jenis usaha yang akan saya jalankan adalah bidang online, namanya adalah Prayoga Shop. Yang menjual berbagai macam jenis pakaian melalui online shop.

Why?
Saya menjalankan bisnis ini karena melihat peluang sukses yang besar dalam menjual baju secara online. Karena baju adalah kebutuhan pokok yang diperlukan oleh semua orang. Selain itu merupakan jenis bisnis yang laku setiap hari.

Who?
Yang akan menjalankan bisnis adalah saya sendiri sebagai pemilik usaha sekaligus mengerjakan beberapa pekerjaan mebel didalamnya. Selain itu saya dibantu oleh satu orang karyawan dalam menjalankan administrasi dalam bisnis online shop baju yang saya jalankan.

Where?
Tempat untuk menjalankan usaha adalah dirumah. Karena jualan baju secara online bisa dilakukan dengan modal komputer, handphone dan internet dari rumah saja.

When?
Saya akan memulai usaha bulan depan, yakni tanggal 1 Oktober 2022. Karena saya harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Misalkan saja alat, tempat, dan juga beberapa keperluan yang lainnya.

How?
Saya akan melakukan bisnis online jualan baju melalui online shop terkenal di Indonesia. Yakni melalui shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, dan yang lainnya. Saya akan memberikan penawaran harga terbaik agar menarik minat banyak pembeli dan bisa membesarkan usaha bisnis online yang saya lakukan.

Baca juga:  Cara Memulai Budidaya Burung Puyuh untuk Pemula Dalam 5 Langkah Saja, Simak!

5. Contoh 5w+1h Usaha Kuliner

5w 1h usaha kuliner
5w 1h usaha kuliner gambar : keluyuran.com

Misalkan saja sobat ingin menjalankan sebuah usaha kuliner. Kali ini kita ambil contoh usaha kuliner seafood, dengan nama “Go Seafood” sebagai nama usaha yang dijalankan. Contoh 5w+1h nya sebagai berikut :

What?
Nama usaha adalah “Go Seafood” yang bergerak dalam bidang kuliner yakni menyediakan sajian kuliner seafood. Seperti aneka ikan bakar dan goreng, kepiting, cumi-cumi dan beberapa jenis makanan seafood lainnya.

Why?
Alasan menjalankan usaha “Go Seafood” ini karena termasuk peluang usaha yang menjanjikan. Bisa laku setiap hari dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Alasan lain karena memiliki lokasi strategis dan mudah dikunjungi masyarakat sekitar.

Who?
Yang menjalankan usaha “Go Seafood” adalah saya sendiri sebagai owner atau pemilik usaha. Kemudian dibantu oleh 3 karyawan, yakni sebagai koki, pelayan dan bagian bersih-bersih.

Where?
Usaha “Go Seafood” ini saya jalankan di dekat alun-alun Yogjakarta. Dengan menyewa ruko di sebelah alun-alun yang ramai orang setiap harinya.

When?
Usaha ini mulai saya jalankan pada tanggal 1 November 2022 dengan segala persiapan yang sudah selesai.

How?
Saya akan menjalankan usaha “Go Seafood” ini dengan sistem lesehan. Yakni menyediakan tempat yang cukup luas agar penikmat kuliner dan masyarakat sekitar nyaman makan di tempat kami. Selain itu juga mengadakan promosi agar menarik banyak orang datang. Memberikan cita rasa yang unik, enak juga dengan pelayanan yang terbaik.

6. Contoh 5w+1h Usaha Cafe

Contoh 5w+1h Usaha Cafe
Contoh 5w+1h Usaha Cafe

Jika Anda ingin menjalankan usaha cafe, maka lebih baik jika menggunakan unsur 5w+1h dalam perencanaan. Kita buat contoh nama usaha tersebut adalah “Green Cafe And Coffee (GFF)” Contoh untuk penggunaan 5w+!h untuk usaha cafe antara lain sebagai berikut :

What?
Nama usaha adalah “Green Cafe And Coffee (GFF)”. Yakni menyediakan cafe lengkap untuk nongkrong, makan dan juga bersantai bagi banyak orang. Menyediakan aneka minuman, camilan dan juga aneka jenis kopi didalamnya.

Why?
Alasan menjalankan usaha “Green Cafe And Coffee (GFF)” karena memiliki prospek yang cukup bagus. Apalagi soal keuntungan, bisnis minuman bisa mendapatkan keuntungan 2 kali lipat dari modal. Selain itu juga karena saya memiliki minat, keahlian dan pengalaman dalam pembuatan aneka rasa minuman yang menarik.

Who?
Yang menjalankan usaha “Green Cafe And Coffee (GFF)” ada 8 orang. Saya sebagai owner, kemudian 3 orang sebagai koki, 2 orang sebagai pelayan tamu, dan 2 orang sebagai dilivery sekaligus pengadaan bahan-bahan.

Where?
Usaha “Green Cafe And Coffee (GFF)” dijalankan di Jalan slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah. Dekat dengan Solo Square dengan lokasi yang sangat strategis.

When?
Usaha ini mulai saya jalankan pada tanggal 1 Desember 2022. Saat ini sedang masa persiapan untuk pembukaan dan juga peresmian cafe.

How?
Saya akan menjalankan usaha “Green Cafe And Coffee (GFF)” dengan sistem restoran dan juga lesehan. Selain itu memberikan fasilitas wifi gratis kepada para pengunjung sebagai strategi promosi. Selain itu juga menyediakan aneka minuman es dan kopi yang sangat lengkap. Menyediakan cita rasa terbaik dan juga memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggan. Selain itu juga menerima pesanan melalui online dan dilivery ke area terdekat yang masih terjangkau.

7. Contoh 5w+1h Usaha Laundry

5w 1h usaha laundry
5w 1h usaha laundry

Contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h yang selanjutnya, misalkan saja Anda ingin menjalankan Usaha Laundry. Kita contohkan nama usaha tersebut adalah “Laundry Pelangi”. Maka penggunaan 5w+1h yang benar adalah sebagai berikut :

What?
Nama usaha adalah “Laundry Pelangi” yang melayani dan menyediakan jasa laundry untuk masyarakat sekitar. Bisa mencuci pakaian, jas, aneka tas dan juga bad cover.

Why?
Alasan menjalankan usaha “Laundry Pelangi” karena masih sedikit usaha laundry yang buka didaerah saya. Artinya masih rendah persaingan dan memiliki peluang sukses yang cukup besar. Ditambah lagi di daerah saya sudah semakin rama pabrik baru, banyak orang yang kos dan membutuhkan jasa laundry.

Baca juga:  7 Cara Jitu Ternak Ikan Guppy Agar Berkembang Biak

Who?
Yang menjalankan usaha “Laundry Pelangi” adalah 2 orang. Yang pertama adalah saya dan dibantu oleh saudara saya. Dengan pembagian tugas serabutan karena usaha masih kecil. Jika usaha semakin besar, maka kemungkinan akan menambah karyawan di kemudian hari.

Where?
Usaha “Laundry Pelangi” dijalankan di dekat pertigaan Klego, Boyolali, Jawa Tengah. Dekat dengan pabrik garmen baru dengan lokasi yang sangat strategis.

When?
Usaha ini mulai saya jalankan pada tanggal 1 Desember 2022. Saat ini sedang mempersiapkan semua sarana dan prasarana laundry yang sedang dibutuhkan.

How?
Saya akan menjalankan usaha “Laundry Pelangi” dengan beberapa strategi sebagai berikut :

  • Menerima berbagai macam jenis laundryan, mulai dari baju, celana, bad cover, jas, tas, sepatu sampai dengan celana dalam
  • Memberikan tarif yang murah dengan variasi kecepatan laundry itu sendiri
  • Memberikan aneka parfum menarik agar pelangan makin banyak
  • Memberikan pelayanan yang ramah serta tepat waktu agar pelanggan puas.

Baca juga : cara memulai usaha laundry kiloan

8. Contoh 5w+1h Usaha Bengkel Motor

5w 1h usaha bengkel motor
5w 1h usaha bengkel motor

Selanjutnya kita akan membahas contoh penggunaan 5w+1h dalam menjalankan usaha bengkel motor. Untuk nama usahanya kita buat “Sidodadi Motor”. Nah, untuk contoh 5w+1h nya antara lain sebagai berikut :

What?
Nama usaha adalah “Sidodadi Motor”. Yakni menjalankan usaha bengkel motor meliputi service motor, ganti oli, tambal ban dan juga jualan sparepart motor.

Why?
Alasan menjalankan usaha “Sidodadi Motor” karena memang saya memiliki keahlian sebagai mekanik motor. Selain itu juga memiliki hobi di bidang otomotif. Jadi alasan utama menjalankan usaha ini karena memang sesuai dengan pashion saya. Selain itu usaha bengkel motor di daerah saya cukup jarang dan memiliki peluang yang cukup bagus.

Who?
Yang menjalankan usaha “Sidodadi Motor” adalah saya sendiri. Saya menjalankan usaha sendiri, sebagai owner, sekaligus sebagai montir dan pelayan dalam bengkel motor tersebut.

Where?
Usaha “Sidodadi Motor” akan saya jalankan dirumah saya sendiri. Tepatnya di dekat kawasan Jababeka 2 Cikarang, Bekasi. Lokasi strategis dekat dengan pabrik, kawasan perbelanjaan dan juga dekat dengan kampus.

When?
Usaha ini mulai saya jalankan pada tanggal 1 Desember 2022. Saat ini sedang masa persiapan untuk melengkapi alat-alat untuk membuka usaha bengkel motor.

How?
Karena saya menjalankan usaha “Sidodadi Motor” ini sendirian. Maka saya akan memaksimalkan pelayanan yang saya berikan. Mengerjakan servise motor dan menjual sparepart dengan harga yang miring. Saya yakin kalau yang namanya service motor yang terpenting adalag kepuasan pelanggan. Selama pelanggan puas, maka usaha saya akan sukses di masa depan.

9. Contoh 5w+1h Usaha Fotocopy

Selanjutnya, misalkan Anda ingin membuka sebuah usaha Fotocopy, maka lebih bagus jika menggunakan perencanaan bisnis dengan unsur 5w+1h. Sebagai contoh, kita akan mendirikan usaha fotocopy yang bernama “Fotocopy Prayoga”, maka penjelasannya sebagai berikut :

What?
Nama usaha adalah “Fotocopy Prayoga”. Yakni memberikan jasa fotocopy berbagai macam ukuran kertas yang berkualitas. Selain itu juga menjual beragam alat tulis kantor untuk memaksimalkan keuntungan usaha.

Why?
Alasan menjalankan usaha “Fotocopy Prayoga” adalah memiliki lokasi yang sangat strategis. Yakni lokasi saya dekat dengan beberapa sekolah SMA dan juga perguruan tinggi. Alasan lainnya juga dekat dengan area perkantoran kecamatan. Dimana akan ada banyak sekali orang yang membutuhkan jasa Fotocopy di daerah saya.

Who?
Yang menjalankan usaha “Fotocopy Prayoga” ada 5 Orang. Yakni saya sebagai owner atau pemilik usaha. Kemudian ada 4 karyawan yang melayani fotocopy, penjualan alat tulis dan juga pengadaan barang.

Where?
Usaha “Fotocopy Prayoga” dijalankan di dekat Kampus UNS Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Dengan lokasi yang sangat strategis dan menguntungkan.

When?
Usaha ini akan mulai saya jalankan pada tanggal 1 Desember tahun 2022.

How?
Saya akan menjalankan usaha “Fotocopy Prayoga” dengan sistem pelayanan dan juga harga terbaik. Memberikan kelengkapan ukuran kertas untuk fotocopy. Serta mencetak hasil fotocopy yang terbaik agar pelanggan puas. Selain itu juga menyediakan alat tulis kantor yang sangat lengkap untuk dijual. Dari sisi harga dan pelayanan tentu saja harus murah dan memberikan pelayanan ramah dan juga menyenangkan.

Dengan menggunakan 5w 1h ini akan membantu sobat melakukan persiapan yang matang dalam usaha yang dilakukan. Karena pertanyaan yang lengkap dan menyeluruh.

Oke sobatku, cukup sekian informasi kali ini mengenai contoh perencanaan bisnis menggunakan 5w 1h. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button