Bisnis

Laku Setiap Hari, Begini Cara Memulai Usaha Air Galon Di Rumah

Usaha air galon dengan berbagai merk dan keunggulan tersendiri kini mulai menjamur. Peluang usaha satu ini cukup digemari karena tidak semua orang memiliki akses air bersih, terutama untuk minum.

Selain itu, konsumsi air galon bagi konsumen sangat praktis, bisa langsung meminumnya, tidak perlu memasak air minum lagi. Terlebih lagi, harga air galon sangat kompetitif, sehingga banyak konsumen dengan akses air layak minum pun akhirnya ikut membeli galon.

6 Tips Sukses Usaha Air Galon

usaha air galon
usaha air galon img : solopos.com

Air bersih dan aman merupakan kebutuhan manusia untuk bertahan hidup, seperti minum, memasak, dan aktivitas sehari-hari lainnya. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membeli galon air isi ulang.

Siapapun bisa membeli galon dan air pada pembelian pertama di depot, selanjutnya cukup menukarkan galon kosong dan membayar airnya saja. Praktis, bukan? Harga air isi ulangnya pun murah.

Sebab itu semakin banyak orang yang menggunakan air galon, bahkan tak keberatan mengantri isi ulang di depot pinggir jalan. Alasan ini lah yang menjadikan prospek usaha air galon menjadi ide bisnis yang menjanjikan. 

Bagaimana caranya? Anda bisa memulainya dengan membeli franchise depot air minum isi ulang dan membuka usaha tersebut. Sudah mulai tertarik? Ikuti tips sukses usaha air galon berikut:

1. Survei Lokasi Usaha

Lokasi strategis atau ramai merupakan poin terpenting dalam sebuah usaha, karena akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan usaha itu sendiri. Selain itu, perlunya survei tempat juga penting untuk mengetahui kompetitor depot isi ulang air minum terdekat di sekitar.

Untuk selanjutnya mempertimbangkannya dari sisi bisnis. Kompetitor tidak melulu perlu dihindari. Justru dengan adanya kompetitor yang mampu bertahan di suatu lokasi menandakan pasar sudah ada.

Baca juga:  5 Cara Yang Efektif Ternak Ikan Nila Agar Cepat Besar

Di lain sisi, menjadi pemain utama di wilayah tersebut, bukan jaminan adanya pasarnya yang menguntungkan. Oleh karena itu, ada (banyaknya) kompetitor, atau malah tidak ada sama sekali, tetap patut dipertimbangkan.

Lokasi pun akan menentukan biaya sewa, yang tentukan mempengaruhi biaya operasional. Semakin strategis suatu lokasi, semakin mahal biaya sewa, semakin besar biaya operasional.

Namun apabila lokasi domisili berada di pinggir jalan besar, kawasan perumahan yang ramai, tak ada salahnya membuka bisnis di rumah. Dengan demikian tidak perlu sewa tempat dan biaya sewa dapat dialihkan untuk modal lainnya.

Baca juga : usaha warung kopi sachet

2. Supplier

Setelah menemukan lokasi usaha air gallon, selanjutnya pertimbangkan supplier air bersih. Kini semakin banyak perusahaan penyedia air minum menawarkan kemitraan. Syarat yang diajukan pun semakin mudah, sehingga berjualan air isi ulang tidak lagi begitu sulit.

Pilih supplier dengan sumber mata air berkualitas dan merk dagang yang sudah dikenal, sehingga kualitas airnya tidak perlu diragukan lagi. Pertimbangkan pula pelayanannya dan stok air bersih yang dapat dipercaya, sehingga supply akan terus berjalan dan bisnis lancar.

Dengan begitu konsumen tidak ragu untuk membeli, karena yakin air isi ulang bersih dan aman.

3. Peralatan

Setiap supplier depot air minum pada umumnya sudah menyediakan peralatan suling air minum yang sudah terangkai seluruh komponennya. Anda hanya perlu menyambung antara  sumber air, pompa dan tabung media filter yang bisa dilakukan sendiri dengan buku panduan manual.

Selain peralatan suling air, biaya franchise paket usaha isi ulang air galon biasanya sudah meliputi peralatan pendukung, seperti tandon air. Pastikan peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih dan steril.

Baca juga:  5 Cara Ternak Cacing Tanah Di Ember Untuk Pemula

Secara rutin, bersihkan peralatan sesuai petunjuk dari supplier akan memastikan kualitas air aman dikonsumsi masyarakat.

4. Harga

Hal pertama yang ada dalam pemikiran setiap konsumen hingga mempengaruhi keinginan membeli adalah harga. Oleh karena itu, ketahui harga jual dari kompetitor usaha air galon sekitar.  Selama masa promosi, terapkan harga lebih murah, jika masih bisa, berikan juga bonus untuk menarik konsumen.

5. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangat penting, dalam skala apapun usaha Anda berada. Berbagai promosi perlu dilakukan untuk memperkenalkan bisnis ini pada masyarakat sekitar.

Canggihnya teknologi pada masa digital ini memudahkan promosi online untuk bisnis apapun, dalam level manapun. Sedangkan untuk promosi offline, bisa dengan memasang pamflet atau spanduk di lokasi usaha. Selain itu, bagikan juga brosur di lingkungan sekitar termasuk pada masyarakat yang melintas.

Setelah masa perkenalan dan promosi usaha air galon selesai, tak berarti masa marketing selesai juga. Dalam dunia bisnis, marketing harus selalu dijalankan, meski usaha tampak sudah dikenal dan memiliki banyak konsumen loyal. Tetap lakukan berbagai promosi hingga kompetitor sulit merebut pasar Anda.

Aktif mencari pelanggan baru akan memperluas bisnis dan mempercepat perputaran uang. Hal ini akan membuka peluang membangun usaha menjadi lebih besar. Jadi, jangan merasa cukup lalu duduk diam menantikan kedatangan konsumen, ya…

Baca juga : bisnis tak kenal musim

6. Pelayanan

Kunci keberhasilan dalam membangun suatu usaha, adalah sikap ramah dan pelayanan yang cepat. Terlebih lagi jika Anda masih merupakan pemain baru dalam suatu bisnis.

Penting untuk diingat, bahwa tidak semua konsumen berada dalam satu frekuensi dengan Anda. Orang-orang dengan frekuensi berbeda akan tampak cerewet, pelit, juga menyebalkan. Sikap profesional sangat penting dalam mengatasi ini, samakan frekuensi dengan kalimat-kalimat sederhana.

Baca juga:  Analisis SWOT untuk Bisnis yang Sukses:Pengertian, Elemen, Kelebihan dan kekurangan, Hingga Tips Penggunaannya

Pastikan, masalah konsumen selesai dengan baik dan meninggalkan depot usaha air gallon dengan pemahaman yang sama. Seringkali, ketika konsumen kecewa, mereka akan diam namun mengatakan pada konsumen lain akan kekecewaannya. Sayang sekali, bukan?

Anda bisa kehilangan (beberapa) konsumen potensial hanya karena hal-hal yang bisa dihindari. Namun Ketika konsumen merasa puas, mereka pasti akan mempromosikan usaha ini kepada orang lain secara cuma-cuma dan dengan hati senang.

Selain itu, dalam jual beli ada prinsip pembeli adalah raja. Oleh karena itu tak ada salahnya memanjakan konsumen dengan berbagai pelayanan hingga mereka loyal.

Salah satunya adalah layanan antar jemput air minum isi ulang. Setiap kali ada pembeli datang, beritahu akan layanan ini. Adakan masa promosi, gratis selama jangka waktu tertentu, dengan syarat jam pengiriman dan jarak layanan.

Konsumen dapat mendaftarkan nomor telepon dan alamat lengkapnya, sehingga ketika perlu air minum isi ulang, mereka bisa telepon atau chat. Untuk layanan ini, Anda perlu memiliki kendaraan operasional seperti motor atau troli untuk mengirimkan air isi ulang kepada pelanggan.

Jika usaha sudah maju, bisa juga mulai mempertimbangkan penggunaan mobil untuk pendistribusian air galon ke daerah yang lebih jauh. Layanan ini sangat membantu pembeli memenuhi kebutuhan air minum setiap hari, juga menambah pendapatan dari biaya antar yang dikenakan.

Penting untuk diingat, tidak ada satu jenis usaha pun yang memiliki perjalanan mulus dan langsung sukses. Semua usaha atau bisnis pasti ada lika-likunya meski sudah melewati proses perencanaan yang matang.

Selalu ciptakan pikiran positif setiap hari dan sugesti diri bahwa usaha ini akan berhasil meski secara perlahan. Untuk kemudian mengantarkan Anda pada kesuksesan, dari satu depot menjadi dua, tiga, atau lebih.

Demikian pula usaha air galon. Lakukan langkah-langkah diatas dan berikan waktu. Simpan keuntungan untuk memperluas dan mengembangkan usaha. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button