BisnisSharing Santai

Cara Menjadi Penulis Lepas Dan Menghasilkan Banyak Uang

Hobi menulis bisa memberikan banyak keuntungan, salah satunya menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas. Seseorang yang dibayar karena tulisannya yang bermanfaat, original dan menarik.

Salah satu jenis peluang usaha yang menjadi trend dan menguntungkan saat ini. Dimana seorang penulis lepas akan mendapatkan bayaran untuk setiap kata yang dia tulis.

Apalagi dunia internet semakin ramai saja. Banyak developer website baru, website berita, blog dan penerbit online. Semua pihak tersebut membutuhkan yang namanya seorang penulis.

Buat sobat yang ingin belajar dunia yang satu ini silahkan simak pembahasan kali ini sampai dengan selesai. Mulai dari apa itu penulis lepas, cara menjadi penulis lepas dan juga beberapa hal terkait lainnya.

Apa Itu Penulis Lepas?

apa itu penulis lepas
apa itu penulis lepas

Penulis Lepas adalah seorang penulis freelance yang bergabung dengan pihak tertentu. Misalkan saja sebuah website berita, developer website, blog dan media tertentu. Penulis tersebut akan mendapatkan bayaran berdasarkan tulisan yang sudah dibuat dengan hitungan per kata.

Salah satu profesi yang membosankan bagi banyak orang kelihatannya. Namun bagi orang yang sudah hobi menulis ini adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Dimana seorang bisa berekspresi dalam setiap tulisan yang diciptakan sekaligus mendapatkan bayaran.

Apakah sobat orang yang hobi menulis?

Sobat suka membuat catatan tertentu setiap harinya?

Suka membuat postingan di sosial media?

Ingin penghasilan sampingan?

Tidak ada salahnya buat mencoba profesi yang satu ini. Karena kalau sudah masuk didalamnya akan ketagihan dengan bayaran yang didapatkan.

Berapa Gaji Penulis Lepas

berapa gaji penulis lepas
berapa gaji penulis lepas

Memang berapa gaji seorang penulis lepas? Menjawab pertanyaan tersebut, saya ada beberapa refrensi. Yang jelas tergantung dimana Anda menulis, karena akan mendapatkan bayaran yang berbeda-beda.

Sesuai dengan pengalaman saya pribadi. Untuk bayaran penulis perkata adalah Rp30,-, kadang juga pernah mendapatkan bayaran Rp50,- sampai dengan paling mahal Rp100,-

Yang artinya setiap 1000 kata saya mendapatkan bayaran mulai dari Rp30.000,- sampai dengan Rp100.000,-. Dan untuk harga pasaran standart minimal sekarang ini memang Rp30.000,- untuk setiap 1000 kata.

Namun untuk seorang freelance writer, bebas menentukan bayaran yang akan mereka dapat. Anda bisa memasang tarif Anda sendiri di sebuah website freelancer kepada para calon pelanggan.

Baca juga:  8 Cara Jual Barang Antik Agar Bisa Laku Mahal

Namun disana ada ribuan penulis yang lain dan pasti ada yang menjual jasa mereka dengan murah. Inilah persaingan yang harus Anda hadapi. Jadi untuk penulis pemula yang belum terkenal lebih baik menawarkan harga sewajarnya terlebih dahulu.

Cara Menjadi Penulis Lepas

cara menjadi penulis lepas
cara menjadi penulis lepas

Selanjutnya bagaimana cara untuk menjadi seorang penulis lepas. Ada beberapa langkah yang bisa sobat lakukan, antara lain sebagai berikut :

1. Memiliki Passion Menulis

Langkah awal adalah memiliki passion menulis terlebih dahulu dan ini wajib. Karena pekerjaan menulis bukanlah pekerjaan mudah, apalagi untuk orang yang tidak suka dengan menulis.

Passion ini bisa Anda kembangkan dengan baik dengan banyak berlatih. Ya, sering menulis akan membuatmu semakin pandai menulis.

Anda bisa membuat sebuah blog pribadi untuk latihan menulis setiap harinya. Selain mengasah kemampuan menulis, juga membangun portofolio semakin banyak lagi kedepannya.

Mengembangkan passion menulis bukan hanya dari kegiatan menulis, melainkan juga dari kegiatan membaca. Semakin sering seseorang membaca biasanya akan semakin suka menulis pula.

Apalagi dengan kita membaca banyak artikel orang lain. Kita akan banyak belajar gaya penulisan sampai dengan tata bahasa dan juga membuat kita semakin kaya akan kata.

2. Bisa Menulis Artikel SEO

Memiliki passion menulis saja tidak cukup, alangkah lebih baik jika Sobat tahu cara menulis artikel SEO yang baik. Yakni menulis dengan melakukan optimasi search engine agar hasil tulisan mudah di temukan di pencarian google.

Sekarang ini banyak sekali website yang mencari penulis artikel SEO. Jadi mau tidak mau memang Anda harus belajar yang satu ini.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penulisan artikel SEO, antara lain :

  • Melakukan riset keyword sesuai dengan pencarian orang-orang
  • Membuat judul yang SEO friendly
  • Penggunaan heading
  • Pembuatan permalink
  • Pembuatan gambar artikel yang SEO

Tentu saja ini membutuhkan proses dan jam terbang tersendiri. Karena untuk menyajikan sebuah artikel yang enak di baca dan mendapatkan peringkat di search engine bukanlah hal yang mudah.

3. Siapkan Alat Menulis

Selanjutnya adalah persiapkan alat untuk menjadi seorang penulis. Banyak yang bilang kalau penulis bisa dengan modal handphone saja, memang bisa tapi ada tapinya.

Menulis menggunakan PC atau laptop tentu saja lebih nyaman. Karena pandangan kita yang luas dan mudah untuk mengkoreksi kata. Selain itu kalau sudah terbiasa menulis dengan PC atau laptop jauh lebih cepat daripada menulis menggunakan handphone.

Maka dari itu usahakan untuk mempunyai alat minimal PC terlebih dahulu PC untuk menulis ini tidaklah mahal, dengan harga 1 jutaan saja sudah bisa mendapatkan PC yang lumayan bagus dan sudah terkoneksi internet dengan baik.

Baca juga:  Cara Mengecilkan Ukuran Foto tanpa Mengurangi Kualitas di Laptop dan HP, Mudah dan Praktis

Jadi, meskipun usaha menjadi penulis lepas bisa tanpa modal. Tapi kalau Anda punya modal tidak ada salahnya untuk membeli alat yang bagus. Demi keseriusan dan juga kenyamanan Anda berkarya nantinya.

4. Mendaftar Menjadi Penulis Lepas

Langkah selanjutnya adalah mendaftar menjasi penulis lepas. Ini bisa Anda lakukan pada situs atau website freelancer. Dimana Anda bisa memasang profil penulis disana untuk mendapatkan job atau pekerjaan menulis.

Beberapa website freelancer yang cukup terkenal untuk penulis Indonesia antara lain :

  • Projects.co.id
  • Freelancer.co.id
  • sribulancer.com
  • Fastwork.co.id
  • Indeed.com
  • Dan lain-lain . . .

Ada puluhan website freelancer seperti diatas yang bisa Anda temukan di internet. Anda tinggal melakukan pendaftaran secara gratis dan memasang profil disana.

Alangkah baiknya jika Anda membuat portofolio tulisan terlebih dahulu. Entah itu disimpan dalam sebuah blog atau sebuah notepad.

Gunanya untuk contoh hasil tulisan ketika calon pembeli ingin mengetahuinya. Jadi ada bukti, ada contoh tulisan nyata yang bisa mereka lihat.

5. Mencari Job Menulis

Langkah selanjutnya adalah rajin mencari job menulis. Inilah perjuangan berat seorang penulis lepas pemula yang belum terkenal.

Selain mendaftar di beberapa website freelancer diatas, Anda juga bisa mencari job di banyak tempat lainnya. Anda ketik saja “Jasa Penulis Artikel“, di internet.

Anda akan menemukan banyak Website Jasa Penulis. Disana Anda bisa menawarkan diri untuk bergabung menjadi penulis. Biasanya ada banyak jasa penulis yang menerima penulis berbakat, ya harus melalui sebuah tes memang.

Sebagai contoh di saungwriter dan beberapa jasa penulis lainnya. Ada saja seleksi untuk penulis baru dilakukan disana.

Akan tetapi, jika bergabung dengan agency jasa penulis seperti lebih banyak aturan dan bayarannya juga tergantung mereka. Berbeda dengan kita melayani pembeli langsung, dimana harga adalah kita yang menentukan.

6. Mengerjakan Job Dan Mendapatkan Uang

Yang ke 6 adalah mengerjakan job dan mendapatkan bayaran. Ketika Anda sudah sampai pada tahap ini berarti sobat sudah berhasil menjadi seorang penulis lepas.

Pada saat mengerjakan job penulisan inilah saat berjuang yang sebenarnya. Anda bisa menyajikan kualitas tulisan yang terbaik. Dan selain itu usahakan untuk one time alias tepat waktu dalam mengerjakan job tersebut. Agar klien menjadi puas dan mau terus menggunakan jasa penulis dari Anda.

Tips Sukses Untuk Seorang Penulis Lepas

Ada beberapa tips yang bisa dijalankan untuk sobat yang berkaris sebagai penulis lepas, antara lain sebagai berikut :

Baca juga:  8 Perbedaan Pemasaran Luring dan Bisnis Online, Wajib Tahu

Sering Berlatih Menulis Dan Rajin Membaca

Menjadi bisa karena terbiasa, istilah ini sangat berlaku bagi seorang penulis. Makanya seorang penulis juga harus sering berlatih menulis.

Menulislah lebih sering, menulis lagi dan menulis lagi. Dari sinilah fikiran kita akan terus berkembang dengan baik. Kosakata kita menjadi sangat banyak dengan rajin menulis.

Ini juga saya alami, semakin sering saya menulis pada sebuah blog. Maka semakin banyak ide dan kosakata yang muncul dengan sendirinya.

Sampai sekarang ini sudah ada lebih dari 1000 artikel yang sudah saya tulis untuk klien website saya. Dan semua itu original muncul semakin banyak ide karena sudah sering menulis.

Menulislah dengan senang hati, karena dengan begitu otak kita menjadi berkembang tanpa ada beban sama sekali.

Rajin membaca akan memberikan kita kemampuan menulis yang lebih baik. Karena kita akan belajar dari banyak orang, belajar dari banyak penulis yang bahkan lebih berpengalaman dari kita.

Zaman sekarang ini memang budaya malas membaca sangat menyebar di tengah masyarakat kita. Pengennya lebih instan dengan menonton video saja.

Perbanyak Relasi

Seorang penulis lepas bisa bekerja dengan siapa saja karena tidak terikat. Maka dari itu perbanyaklah relasi dengan pemilik atau developer website.

Dengan memiliki banyak teman dan relasi maka kita akan lebih mudah dikenal. Selain itu akan mempermudah rejeki kita dalam menemukan job atau pekerjaan itu sendiri.

Memperbanyak relasi dengan para blogger juga penting. Karena di dunia blogger lah jasa penulis artikel ini banyak dibutuhkan.

Perdalam Ilmu SEO

Seperti tertulis diatas, memiliki kemampuan mengarang tulisan saja tidak cukup. Anda bisa memperdalam ilmu SEO agar jasa penulisan Anda bisa dipakai secara terus menerus.

Dengan memiliki ilmu SEO ini nilai tulisan Anda akan sedikit lebih mahal daripada penulisan artikel biasanya. Selain itu banyak developer website ingin sekali artikel mereka tayang dipencarian search engine. Disinilah perlunya ilmu SEO bagi seorang penulis lepas.

Membangun Dan Mengembangkan Brand Jasa Penulisan

Yang terakhir untuk sukses dalam menjadi seorang penulis lepas. Tidak hanya mengandalkan satu job selesai kemudian mengerjakan job lainnya.

Namun, Anda harus mengembankan nama Anda menjadi lebih terkenal dan terpercaya. Misalkan di sebuah situs freelancer adalah membuat nama Anda memiliki rating tinggi. Dengan begitu akan lebih banyak orang yang percaya dengan tulisan Anda.

Anda bisa membuat sebuah blog atau website milik Anda sendiri. Dengan begitu Anda bisa menampilkan lebih banyak lagi hasil tulisan dari karya Anda sendiri.

Dengan memiliki blog atau website sendiri. Orang akan percaya dengan kemampuan Anda menulis. Selain dari hal tersebut blog atau website juga bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari jalan yang lainnya.

Baiklah sobat, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai cara menjadi seorang penulis lepas. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button