BisnisSharing Santai

10 Cara Menjadi Blogger Pemula Gratis Dan Menghasilkan Uang

Informasi yang luar biasa, dengan cara menjadi blogger gratis tanpa modal dan bisa menghasilkan uang setiap bulannya melalui google adsense. Bagi sobat yang berminat untuk menjadi blogger, silahkan simak pembahasan ini sampai selesai karena akan kita kupas tuntas.

Salah satu peluang usaha yang menjanjikan di Indonesia dan sudah terbukti membayar. Blogger seharusnya masih diminati oleh banyak kalangan. Terutama untuk sobat yang hobi menulis artikel atau berbagi informasi, pendapat, melalui tulisan-tulisan yang luar biasa.

Banyak orang ingin berbisnis dan menghasilkan uang, namun terkendala soal modal. Dengan menjadi blogger ini bisa jadi salah satu solusi terbaik. Karena bisa dilakukan dengan modal kecil, nyaris tanpa modal sama sekali. Selain itu juga bisa dilakukan dengan modal hp saja sudah cukup.

Apakah semudah itu untuk menjadi blogger? Jawabannya adalah Iya. Namun untuk menjadi blogger yang sukses, gajian tiap bulan, sobat perlu simak pembahasan kali ini sampai dengan selesai terlebih dahulu.

Apa Itu Blogger?

apa itu blogger
apa itu blogger

Bagi masyarakat awam tentu belum paham sepenuhnya apa itu blogger? Blogger adalah orang yang mengelola sebuah blog atau website untuk tujuan tertentu. Bisa untuk mengembangkan bisnis atau bisa juga untuk menghasilkan uang dalam blog itu sendiri.

Blogger lebih memiliki arti personal, dimana sebuah blog dikelola atas perorangan tertentu dan memberikan bahasan yang lebih personal. Contohnya ya blog prayoga.id ini, adalah sebuah blog personal yang saya kelola sendiri dan saya disini berdiri sebagai “Seorang Blogger“.

Lalu apa bedanya antara blog dan webiste?

Sebenarnya fungsi utama blog dan website ini hampir sama. Yakni menyampaikan informasi di internet, namun dalam bentuknya blog dan website berbeda. Blog lebih banyak artikel yang sifatnya informatif sedangkan website biasanya lebih pada profile company dan juga promosi bisnis.

Istilah blogger awalnya identik dengan situs web yang bernama Blogger.com milik perusahaan google. Namun sebenarnya memiliki arti yang lebih luas, yakni seseorang yang mengelola sebuah blog menggunakan platform apapun, baik itu blogger.com, wordpress, tumblr, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Blogger Menghasilkan Uang

cara blogger menghasilkan uang
cara blogger menghasilkan uang

Untuk memotivasi sobat dalam menjadi seorang blogger. Admin disini akan menjelaskan bagaimana cara seorang blogger dalam menghasilkan uang. Ada banyak sekali sumber penghasilan seseorang yang mempunyai blog, apalagi blog tersebut sudah terkenal dan memiliki banyak pengunjung, antara lain :

  • Blogger menghasilkan uang dari bayaran iklan google adsense
  • Memontisasi iklan selain adsense seperti MGID, ADsterra dan lain-lain
  • Menyediakan space iklan dalam blog untuk perusahaan
  • Menyediakan jasa content placement
  • Menyediakan jasa backlink
  • Menjual produk atau jasa dalam sebuah blog
  • Menyediakan bisnis sewa paling laris
  • Dan lain-lain. . .

Jadi ada banyak sekali cara seorang blogger dalam menghasilkan uang. Yang terpenting adalah blog tersebut ramai pengunjung setiap harinya, maka peluang itu akan datang sendirinya.

Baca juga:  Simak 5 Cara Kerja Bisnis Online Agen Kuota Agar Untung Besar

Bagaimana sobat, semakin tertarik menjadi blogger?

Kalau tertarik silahkan simak langkah-langkah untuk menjadi seorang blogger berikut ini.

Cara Menjadi Blogger Dengan Membuat Blog Gratisan

cara membuat blog gratis
cara membuat blog gratis

Kita akan mulai dengan cara gratisan terlebih dahulu. Yakni menjadi blogger dengan membuat blog secara gratis. Dengan begitu sobat tidak perlu modal saat belajar menjadi blogger.

Ada beberapa tahapan dalam membuat blog gratis sampai dengan menghasilkan uang dari google adsense, antara lain sebagai berikut :

1. Menentukan Tema Atau Niche Blog

Sebelum masuk pada pembuatan blog ada hal yang perlu sobat pikirkan yakni menentukan tema atau niche blog. Jadi blog Anda itu mau diisi tentang apa? Ini yang harus sobat tentukan terlebih dahulu.

Tidak ada aturan khusus Anda harus membuat blog apa, artinya adalah bebas. Terserah sobat mau isi apa saja yang penting tidak melanggar undang-undang dan perikemanusiaan.

Beberapa contoh niche blog yang bisa sobat pilih antara lain :

  • Blog dengan tema pendidikan
  • Blog dengan tema kesehatan
  • Blog dengan tema keuangan
  • Niche blog teknologi
  • Blog yang membahas game
  • Blog membahas makanan
  • Blog membahas tempat wisata
  • Blog membahas tentang berita artis
  • Dan lain-lain. . . .

Sesuaikan saja dengan pashion, keahlian dan juga pengalaman yang Anda punya. Dengan begitu Anda akan memiliki kemampuan lebih dalam mengembangkan blog tersebut.

Contoh, saya sendiri memiliki ketertarikan dengan trading online. Makanya saya banyak belajar trading dan membagikan informasi mengenai trading di blog saya, jadi nyambung dan menyenangkan.

Apabila sobat hobi memasak, bisa menggunakan blog sebagai informasi resep, cara memasak masakan tertentu atau ide-ide tentang masakan unik.

Atau jika sobat ingin membahas beberapa topik ya boleh saja. Biasanya blog tersebut memiliki “niche campuran. Yakni membahas beberapa topik, ada bisnis, kesehatan, olahraga, keuangan, masakan dan yang lainnya.

2. Memilih Hosting Dan Domain Gratis

Setelah sobat mendapatkan ide atau niche blog yang tepat. Langkah selanjutnya untuk menjadi blogger atau untuk membuat sebuah blog adalah memilih hosting dan domain terlebih dahulu. Singkatnya, hosting adalah server untuk menyimpan data, template dan semua artikel yang kita buat. Sedangkan domain adalah nama untuk menampilkan semua isi blog kita.

Sebagai contoh untuk blog prayoga.id. Ini menggunakan hosting dari perusahaan niagahoster dengan jenis wordpress hosting. Kemudian untuk nama domainnya menggunakan “Prayoga.id”, yang juga menggunakan layanan dari niagahoster.

Lalu berapa modal untuk membeli hosting dan domain tersebut. Sebenarnya tidak terlalu mahal, yakni dalam satu tahun keluar modal sekitar Rp2.000.000,- untuk biaya hosting dan domain tersebut.

Hloh katanya bisa gratis? Oke, kalau sobat ingin belajar secara gratisan terlebih dahulu. Bisa membuat blog dengan dua cara dibawah ini :

Pertama, Membuat Blog Dengan Blogspot

Sobat yang masih belajar bisa menggunakan fasilitas domain dan hosting gratis dari blogspot.com. Yakni sobat bisa menggunakan hosting gratis dari blogger.com dan mendapatkan nama domain berupa subdomain blogspot.com, seperti contoh “prayogaid.blogspot.com”.

Untuk langkah-langkah membuat blog gratis dari blogspot, antara lain sebagai berikut :

  1. Kunjungi di alamat blogger.com
  2. Kemudian melakukan pendaftaran dan login menggunakan akun google
  3. Lalu Membuat blog “Tentukan Nama Blog”
  4. Tentukan Judul Blog
  5. Dan tentukan url blog “namadomain.blogspot.com”
  6. Lalu Klik “Buat Blog”
Baca juga:  7 Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula

Sampai disini sobat sudah berhasil membuat blog gratis di blogger dengan nama domain blogspot. Dan langkah selanjutnya tinggal mempercantik tampilan blog dan mengisinya dengan artikel.

Kedua, Membuat Blog Dengan Wordpress.com

Selain menggunakan blogger.com, sobat juga bisa membuat blog gratis dengan wordpress.com. Caranya pun sama persis dengan cara pembuatan blog dari blogspot diatas.

Baik blogger.com maupun wordpress.com ini sama-sama bisa kita gunakan secara gratis, baik itu hosting dan nama domainnya. Hanya saja untuk tampilan dan fasilitasnya menurut saya lebih mudah menggunakan blogspot untuk pemula.

Namun untuk sobat yang ingin membuat blog menggunakan wordpress.com juga silahkan. Untuk langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut :

  1. Kunjungi alamatnya di wordpress.com
  2. Lalu membuat akun wordpress dan login kedalamnya
  3. Memilih tema
  4. Memilih nama domain wordpress.com
  5. Dan mulai menerbitkan artikel
  6. Blog wordpress sudah jadi

Seperti yang saya bilang diatas, ini juga bisa dilakukan secara gratis. Hanya saja fitur gratis dari wordpress ini sangat terbatas sehingga harus mengeluarkan uang untuk membuka layanan atau menambah plugin.

3. Setting Template Blog

Untuk menjadi blogger yang professional alangkah baiknya membuat tampilan blog yang profesional. Biasanya setelah membuat blog akan langsung nampak tema bawaan yang terbilang terlalu sederhana.

Jadi langkah selanjutnya adalah melakukan setting template dan tampilan blog agar lebih menarik. Jika sobat memiliki modal maka bisa membeli template premium. Ini bisa dilakukan pada blogspot maupun wordpress.

Namun jika tidak memiliki modal bisa melakukan editing sendiri. Download template blog premium gratis juga banyak tersedia di internet, jadi jangan khawatir lagi.

Buatlah tampilan blog yang menarik, simple, mudah di navigasi. Ini akan membuat pengunjung merasa nyaman. Selain itu tampilan blog yang ringan dan mudah navigasi juga bagus untuk memaksimalkan SEO On Page blog pada mesin pencari.

4. Membuat Konten Artikel Di Blog

Sampai disini saya anggap sobat sudah berhasil membuat blog, bisa berupa blogspot, wordpress atau yang lainnya. Dan langkah selanjutnya adalah membuat konten di blog tersebut.

Seperti yang saya lakukan sekarang, saya sedang menulis untuk blog saya prayoga.id. Ini adalah aktifitas keseharian seorang blogger yakni menulis pada sebuah blog yang sudah dibuat.

Sobat bisa mulai mengisi blog yang dibuat dengan konten-konten yang original. Konten adalah raja, begitu kata banyak blogger didunia.

Jika blog Anda berisikan banyak artikel original dan berkualitas. Maka blog tersebut juga akan berkualitas dan bernilai di mata pengunjung.

Disinilah seorang blogger diuji seberapa disiplin dan konsisten dalam mengisi sebuah blog. Apalagi di awal blogger masih sepi dari traffic dan sepi penghasilan.

5. Mendafatangkan Traffic Blog

Setelah blog Anda sudah memiliki lumayan banyak artikel, maka tugas selanjutnya adalah mendatangkan traffic blog. Karena tanpa traffic blog hidupnya percuma, karena tidak ada yang membaca artikel yang sudah kita buat susah payah.

Ada beberapa cara mendatangkan traffic blog yang bisa sobat gunakan. Antara lain sebagai berikut :

  • Melakukan shares sosial media
    Share sosial media ini bisa lakukan secara gratis, bisa dibagikan ke facebook, instagram, kaskus, pinterest dan sosial media yang lainnya.
  • Melakukan optimasi SEO
    Melakukan optimasi SEO yakni menjadikan konten artikel blog mudah ditemukan di pencarian google, yahoo dan yang lainnya. Apalagi jika artikel dan blog Anda tampil di halaman pertama search engine seperti google, maka traffic akan datang secara melimpah.
  • Memasang iklan berbayar
    Bisa juga mempromosikan blog dengan iklan berbayar. Seperti menggunakan jasa google ads, atau jasa periklanan lainnya. Atau bisa juga dengan menyewa iklan banner pada website besar yang sudah ramai pengunjungnya.
  • Melakukan guest post
    Guest post juga bisa meningkatkan traffic blog. Yakni sobat bisa memposting artikel di blog orang lain yang mempromosikan blog Anda. Disini Anda perlu meminta izin ke pemilik blog dan untuk cara guestpost ini bisa dilakukan secara gratis dan berbayar
Baca juga:  8 Langkah Mendirikan Bisnis Wedding Organizer Untuk Pemula

Dengan mempromosikan blog sebaik mungkin, maka traffic blog akan meningkat. Darisinilah kemudian blog tersebut bisa menghasilkan uang, salah satunya dengan melakukan monetisasi blog pada google adsense.

6. Memonetisasi Blog Dengan Google Adsense

Untuk menjadi blogger yang menghasilkan uang, Anda bisa melakukan monetisasi blog pada google adsense. Untuk syarat sebuah blog yang bisa diterima google adsense, antara lain sebagai berikut :

  • Artikel dan isi blog tidak mengandung konten yang melanggar (seperti pornografi, perjudian, kriminal, kekerasan atau konten tidak pantas yang lainnya
  • Blog memiliki struktur yang jelas (menu dan navigasi mudah dipahami)
  • Blog memiliki isi artikel yang mencukupi (minimal 15 artikel panjang)
  • Blog memiliki isi artikel original, bukan copy paste
  • Blog memiliki traffic (minimal sudah ada traffic atau pengunjung meskipun sedikit)

Apabila blog sobat sudah memenuhi beberapa syarat diatas, maka bisa mengajukan blog untuk monetisasi google adsense. Untuk cara monetisasi blog ke google adsense sendiri cukup mudah. Sobat bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

  1. Pertama, pastikan sudah memiliki adsense terlebih dahulu
  2. Login ke akun adsense
  3. Masuk ke menu “situs”
  4. Lalu hubungkan domain blog ke google adsense
  5. Akan ditinjau maksimal selama 2 minggu

Apabila blog sobat tidak memiliki pelanggaran maka akan menerima email berupa penerimaan domain sudah siap menampilkan iklan.

Pada tahapan inilah blogger sudah bisa mulai menghasilkan uang dari google adsense. Kita tinggal fokus meningkatkan traffic saja sampai dengan berhasil gajian dari blog.

7. Gajian Dari Blog

Tahapan ini adalah tahapan yang ditunggu setiap orang yang menjadi blogger. Yakni menerima gajian atau menerima hasil uang dari blog yang dibangun.

Khususnya untuk gajian dari adsense dilakukan setiap bulan sekitar tanggal 22 setiap bulannya. Namun minimal saldo adsense harus mencapai Rp1.300.000,- terlebih dahulu.

Dan sebelum itu, pastikan sobat sudah melakukan verifikasi pin untuk akun adsense yang dibuat. Verifikasi pin atau alamat google adsense ini dilakukan dengan mengirimkan surat pin adsense ke alamat Anda. Dan verifikasi pin ini harus dilakukan ketika minimal saldo sudah mencapai Rp130.000,-.

Seperti itulah sobat tahapan-tahapan menjadi blogger atau membuat sebuah blog gratis sampai dengan menghasilkan uang. Garis bawahnya adalah bagaimana membuat blog yang berkualitas, original, memiliki banyak pengunjung. Dengan begitu peluang penghasilan akan datang ke blog Anda di masa depan. Salam sukses dari admin blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button