Bisnis

Untung Besar! 28 Macam Bisnis Sewa Paling Laris Di Indonesia

Kita akan membahas jenis-jenis bisnis sewa paling laris di tengah masyarakat Indonesia. Dengan menyewakan barang saja, kita bisa menghasilkan sampai dengan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Menjalankan usaha sewa menyewa memang memiliki peluang besar. Karena banyak jenis barang yang lebih baik menyewa dari pada membeli sendiri. Misalkan saja kita hendak menggunakan barang sekali saja dalam beberapa tahun, pastinya kita lebih baik menyewa daripada membeli barang tersebut.

Usaha sewa menyewa juga laris karena sebagian tidak mampu membeli barang tersebut. Misalkan saja untuk satu keperluan bepergian harus membeli mobil, kan boros. Dari situlah lebih baik menyewa dari pada membeli barang tersebut.

Kelebihannya kita hanya perlu modal sekali dan alat tersebut bisa disewakan berkali-kali. Bisa menghasilkan uang berkali-kali dengan satu alat saja. Akan tetapi modal yang kita butuhkan tidak sedikit. Karena kebanyakan barang atau benda yang bisa disewakan memiliki harga yang lumayan mahal.

Selain itu pilihlah jenis bisnis yang sesuai dengan kondisi Anda. Baik itu dari lokasi, peluang, modal dan mempertimbangkan hal lainnya. Agar sobat tidak salah memilih bisnis sewa yang akan dijalankan.

Bisnis Sewa Paling Laris

Ada banyak sekali jenis bisnis sewa paling laris di Indonesia. Kali ini saya rangkumkan 28 jenis bisnis sewa paling laris, antara lain sebagai berikut :

1. Bisnis Sewa Kamera

bisnis sewa kamera
bisnis sewa kamera (source pic : pixabay)

Baik itu untuk acara penting, maupun sekedar untuk mejeng di media sosial. Banyak orang yang rela merogoh kocek untuk menyewa kamera DSLR dan kamera dengan kualitas gambar tinggi lainnya.

Ini merupakan sebuah peluang bisnis bagus untuk Anda, yakni menjalankan bisnis sewa paling laris dengan menyewakan kamera. Sobat bisa menyewakan beberapa kamera terbaik Anda untuk bisa menghasilkan uang.

Bisnis yang satu ini memang membutuhkan modal yang lumayan besar. Namun sekali modal saja, kamera sudah bisa disewakan puluhan sampai dengan ratusan kali.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk bisnis sewa kamera?

Oke, kita coba hitung misalkan membutuhkan 5 kamera yang disewakan. Harga rata-rata kamera tersebut adalah Rp7.000.000,-. Maka membutuhkan modal sekitar Rp35.000.000,-.

Jika harga sewa kamera 1 hari senilai Rp150.000,- dikali 5 kamera adalah Rp750.000,-. Maka butuh sekitar 2 bulan untuk balik modal. Namun kamera tersebut masih bisa terus dipakai asalkan dirawat dengan baik.

2. Bisnis Sewa Tenda Camping

bisnis sewa tenda camping
bisnis sewa tenda (source pic : sehatq.com)

Bisnis sewa tenda merupakan salah satu bisnis sewa paling laris untuk saat ini. Apalagi jika sobat berada di dekat area camping atau pegunungan.

Banyak para traveller yang membutuhkan jasa yang satu ini. Mereka akan menyewa tenda camping demi menikmati liburan atau kegiatan komunitas.

Atau kalau sobat berada di dekat pantai atau daerah wisata. Banyak keluarga yang ingin bersantai dengan berteduh pada sebuah tenda.

Tangkaplah momentum ini untuk menghasilkan uang bagi Anda. Sobat bisa membeli beberapa alat tenda untuk disewakan kepada mereka.

Hanya perlu sekali modal dan tenda bisa disewakan berkali-kali. Namun sobat juga harus bisa bersaing, karena saya akan banyak saingan yang sudah atau akan tertarik dengan bisnis yang satu ini.

3. Bisnis Sewa Mobil Dan Travel

bisnis sewa mobil
bisnis sewa mobil (source pic : pixabay)

Untuk keperluan bepergian, banyak orang lebih baik menyewa mobil daripada membeli sendiri. Apalagi yang memang belum mampu untuk beli mobil.

Nah, daripada sobat punya mobil nganggur aja dirumah mendingan disewain. Lumayan hloh harga sewa mobil sekarang ini perhari bisa Rp500.000,- an. Dan kita tinggal duduk manis dirumah saja sambil menerima setoran.

Bisnis sewa mobil ini memang cocok untuk sobat yang bermodal besar. Tidak cukup puluhan, atau ratusan juta namun modalnya bisa mencapai milyaran rupiah.

Bagi pemula bisa juga sih, menyewakan 1 mobil terlebih dahulu baru mengembakan bisnis tersebut. Kalau dipasarkan dengan baik dan dikelola dengan baik, suatu saat pasti bisa menyewakan banyak mobil.

4. Bisnis Sewa Tenda Pernikahan

bisnis sewa tenda pernikahan
bisnis sewa tenda pernikahan (gambar : primerawedding.id)

Ketika mengadakan hajatan acara pernikahan, 99% orang akan memilih menyewa tenda daripada membeli. Karena memang pernikahan tidak akan dilakukan secara terus menerus, hehe.. kan seumur hidup sekali bahkan.

Baca juga:  Ketahui 10 Cara Kerja Bisnis Herbalife Ini Agar Untung Banyak

Maka dari itu bisnis sewa tenda pernikahan ini akan terus ada dari masa  ke masa. Tangkap peluang yang satu ini bro, yakni menjalankan bisnis sewa tenda pernikahan.

Melakukan pemasaran yang lebih luas akan menguntungkan. Semakin banyak yang tahu jasa sewa tenda yang Anda berikan, maka peluang menghasilkan uang semakin besar.

Untuk harga sewa tenda pernikahan sendiri sangat bervariasi. Masyarakat ada yang memilih harga lebih murah dan ada yang mahal, tergantung dari kemampuan ekonomi masing-masing.

Untuk bisa melayani banyak lapisan masyarakat tersebut. Anda bisa menyediakan varian tenda pernikahan yang berbeda-beda, tentu saja dibarengi dengan pelayanan terbaik agar usaha sobat makin berkembang.

5. Bisnis Sewa Sound System Pernikahan

sewa sound system
sewa sound system (gambar : hazamusik.com)

Selain tenda pernikahan, sewa soundsystem juga bisa dilakukan. Ini untuk keperluan pernikahan bisa, atau untuk keperluan lainnya. Misalkan ada acara pengajian, upcara, event musik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sewa soundsystem ini sudah ada semenjak puluhan tahun yang lalu. Dan sampai sekarang masih eksis, banyak masyarakat yang membutuhkannya.

Karena memang tidak semua orang mampu menjalankan bisnis sewa yang satu ini. Soundsystem yang mahal menjadi alasan utama. Jadi, buat sobat yang memiliki modal lebih bisa menangkap peluang yang satu ini.

Beberapa tips agar sukses dalam bisnis sewa soundsystem antara lain :

  • Berikan kualitas suara yang terbaik
  • Berikan harga yang bersaing dengan kompetitor lainnya
  • Berikan pelayanan yang terbaik
  • Berikan varian bentuk soundsystem yang menarik
  • Menyediakan banyak model soundsystem agar memenuhi kebutuhan masyarakat

6. Bisnis Sewa Motor

bisnis sewa motor
bisnis sewa motor (gambar : lifepal.co.id)

Jika sobat berada di daerah wisata maka ada banyak orang membutuhkan jasa sewa sepeda motor. Apalagi jika ada seorang turis yang datang dari jauh, tidak mungkin kan mereka membeli motor hanya untuk 1 atau beberapa hari berwisata.

Disinilah peluang besar untuk sobat berbisnis, yakni bisnis sewa sepeda motor. Dengan menyewakan motor yang nganggur dirumah saja bisa menghasilkan uang.

Bisnis yang satu ini lumayan menguntungkan, karena harga sewa motor dalam 1 harinya bisa mencapai Rp100.000,-. Sobat tinggal duduk manis terima uang setiap harinya.

Apalagi jika sobat memiliki beberapa motor sekaligus dengan tempat yang mendukung. Pastinya omset dari usaha yang satu ini tidak akan main-main.

7. Bisnis Sewa PBN

Jenis bisnis sewa paling laris yang selanjutnya adalah sewa PBN (Private Blog Network). Ini banyak dibutuhkan oleh para blogger untuk mendongkrak optimasi SEO.

Membuat PBN sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu juga menguras waktu dan tenaga. Makanya banyak blogger memilih untuk membeli Jasa PBN untuk website atau blog mereka.

Jasa PBN sendiri merupakan salah satu jasa sewa dengan omset besar. Dimana menyewakan 1 PBN untuk satu orang saja bisa bernilai jutaan. Lagi pula PBN bisa disewakan untuk puluhan orang sekaligus dalam waktu 1 bulan.

8. Bisnis Sewa Perahu

Jika Anda berada di dekat pantai atau danau, maka ide bisnis sewa paling laris adalah menyewakan perahu. Baik itu perahu nelayan atau perahu untuk wisatawan.

Jika itu perahu nelayan maka semakin banyak nelayan yang berlangganan akan semakin bagus. Jika itu sewa perahu untuk wisata, maka semakin ramai tempat wisata akan semakin bagus omsetnya.

Sebagai contoh di daerah saya Boyolali, ada sebuah danau yang ramai pengunjung. Disitu omset yang menyewakan perahu mencapai Rp300.000,- pehari. Bahkan saat hari libur atau akhir pekan bisa mencapai Rp500.000,- perhari, mantap kan.

Apalagi kalau sobat berada di daerah pantai terkenal. Tentu saja omset sewa perahu ini akan lebih besar lagi. Tinggal modal saja beberapa perahu untuk disewakan secara berkelanjutan.

9. Bisnis Sewa Pick Up / Jasa Angkut Pindahan

bisnis sewa pick up
bisnis sewa pick up by diliveree.com

Jasa pindahan, atau jasa angkut barang selalu di butuhkan setiap hari. Ini juga bisa menjadi pilihan bisnis sewa paling laris yang bisa sobat jalankan.

Yakni dengan menyewakan pick up untuk jasa pindahan barang. Apalagi jika Anda tinggal di perkotaan yang ramai akan kost-kostan, bisnis seperti ini memiliki prospek cukup bagus.

Pengalaman saya dulu pernah tinggal di cikarang bekasi. Disana ada ribuan kontrakan dan setiap hari jasa sewa pick seperti ini laku keras.

Jika dijalankan dikampung juga bisa. Biasanya diperlukan untuk angkut barang, angkut hasil pertanian, angkut mebel dan masih banyak lagi. Hanya perlu modal 1 mobil pick up saja sobat sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

10. Bisnis Sewa Forklift

bisnis sewa forklift
bisnis sewa forklift (gambar : pixabay)

Jika sobat tinggal di lingkungan industri, bisnis yang satu ini bakalan cocok. Yakni dengan menyediakan jasa sewa forklift. Banyak pergudangan dan pabrikan yang membutuhkan forklift untuk bongkar muat barang.

Apalagi jika sobat mau mendirikan jasa sewa pick up ini diarea pelabuhan. Akan ada banyak pihak yang membutuhkan jasa satu ini untuk bongkar muat barang.

Jasa sewa forklift juga salah satu usaha yang cukup langka, alias belum banyak saingannya. Artinya peluang untuk sukses dalam bisnis ini masih cukup besar. Hanya saja modal yang dibutuhkan untuk menyediakan forklift ini memang lebih mahal.

Baca juga:  Cara Ternak Murai Batu dalam 5 Langkah, Mudah dan Menguntungkan Bagi Pemula!

11. Bisnis Sewa Perlengkapan Surving

Balik lagi ke daerah pantai, kalau diatas tadi sudah kita bahas mengenai jasa sewa perahu, sobat juga bisa menyediakan jasa sewa perlengkapan surving. Ini juga termasuk bisnis sewa paling laris yang layak dicoba.

Di Bali contohnya, pengusaha sewa surfing bahkan bisa menghasilkan jutaan perharinya. Ini hanya dengan modal alat surfing sekali dua kali dan bisa disewakan berkali-kali.

Bisnis ini memang mendatangkan keuntungan besar. Namun memiliki wilayah yang cukup terbatas. Yang artinya tidak semua orang bisa mendirikan bisnis ini.

12. Bisnis Sewa Kereta Kelinci

bisnis sewa kereta kelinci
bisnis sewa kereta kelinci (gambar : sukoharjonews.com)

Lanjut yuk kali ini ada bisnis sewa paling laris yang ke 12 yakni menyewakan kereta kelinci. Yakni kereta yang sering disebut dengan odong-odong yang mengangkut anak-anak.

Bisnis ini termasuk paling laris dan juga menghasilkan banyak uang. Karena sekali angkut saja bisa muat sampai dengan puluhan orang.

Namun dalam bisnis seperti ini harus memperhatikan safety atau keamanan para penumpang. Apalagi yang ada didalamnya ada banyak anak-anak yang tentu harus dilakukan secara hati-hati.

Bisnis ini termasuk jenis bisnis yang sekali modal dan bisa menghasilkan secara terus menerus. Apalagi jika Anda mampu melakukan perawatan dengan baik pada kereta kelinci yang sobat jalankan.

13. Bisnis Sewa Alat Berat

Sewa alat berat juga termasuk jenis bisnis sewa paling laris. Selain itu bisnis ini bisa dijalankan dimana saja, dimana tempat akan ada pembangunan biasanya membutuhkan alat berat.

Misalkan saja pembangungan gedung tinggi, mall dan sejenisnya. Akan selalu membutuhkan alat berat seperti bego, crane dan yang lainnya.

Meskipun bisa menghasilkan banyak uang, namun modalnya juga harus besar. Jadi setimpal antara modal dan penghasilan dari bisnis sewa alat berat ini.

14. Bisnis Sewa Genset

bisnis sewa genset
bisnis sewa genset (pic : ctgeneratorservice)

Tidak semua orang memiliki genset, karena memang tidak dibutuhkan setiap saat. Tapi saat keperluan penting seperti ada hajatan, sedang mati listrik dan yang lainnya. Genset ini menjadi benda yang sangat berharga.

Makanya genset juga bisa menjadi sebuah benda yang disewakan dan menghasilkan uang. Sobat bisa membuka jasa sewa genset di wilayah Anda.

Usaha ini juga merupakan contoh usaha yang belum banyak pesaingnya. Apalagi di daerah yang masuk ke pedesaan, masih sangat jarang ditemukan usaha sewa genset ini.

15. Bisnis Sewa Gilingan Padi

Selain bisnis sewa genset, ketika sobat berada di pedesaan ada satu lagi bisnis sewa paling laris yang patut dicoba. Yakni menyewakan alat gilingan padi.

Alat gilingan padi ini bisa berupa gilingan padi untuk dibawa kesawah atau bisa juga gilingan padi untuk menjadi beras. Usaha ini merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek cukup bagus.

Sobat bisa melihat peluang besar disini. Dimana dalam 1 desa biasanya tidak terdapat banyak penyewaan gilingan padi.

Bisnis seperti ini merupakan jenis bisnis jangka panjang, dan hanya perlu modal sekali saja. Namun akan lebih ramai secara musiman, misalkan musim panen.

16. Bisa Sewa Laptop Dan Komputer

bisnis sewa laptop
bisnis sewa laptop (image : pixabay)

Kali ini kita beralih ke bidang teknologi, ada salah satu ide bisnis sewa yang juga cukup laris. Yakni menyewakan laptop atau komputer. Sewa laptop dan komputer ini biasanya dibutuhkan oleh sebuah instansi. Misalkan saja sekolah, kantor atau perusahaan tertentu.

Banyak perusahaan yang memilih menyewa lantaran lebih murah daripada membeli sendiri untuk sekali penggunaan alat tertentu. Apalagi untuk sebuah perusahaan atau instansi baru yang belum memiliki anggaran untuk sarana prasarana seperti laptop dan juga komputer.

Tidak disitu saja, seorang yang butuh jasa ini bisa juga seorang creator atau gamer. Bisanya mereka butuh speak canggih, namun karena harganya mahal lebih baik menyewa daripada membeli sendiri.

17. Bisnis Sewa Buku Perpustakaan

Meskipun sekarang sudah ada internet, namun perpustakaan masih memiliki pasarnya sendiri. Masih banyak orang dari kalangan pelajar sampai dengan mahasiswa membutuhkan perpustakaan umum. Disinilah peluang usaha bisnis sewa paling laris terjadi, yakni menyewakan buku di perpustakaan.

Apabila Anda bisa menemukan lokasi strategis dan mudah dijangkau banyak orang. Ini akan menjadi usaha yang cukup potensial untuk jangka panjang. Apalagi jika sobat bisa menemukan lokasi di dekat banyak sekolah, kampus atau di lingkungan para pelajar dan mahasiswa.

18. Bisnis Sewa Peralatan Kantor

Oke sobat, kita akan lanjut contoh bisnis sewa paling laris yang ke 18. Sobat bisa juga menyewakan alat kantor untuk menghasilkan uang. Ada salah satu alat yang lebih baik menyewa daripada membeli dari kantor, yakni mesin fotocopy atau mesin printer.

Biasanya untuk sebuah kantor kecil akan memilih memakai jasa daripada membeli. Karena untuk membeli mesin fotocopy masih terbilang mahal. Dan dengan menyewa mereka akan menghemat biaya yang cukup besar.

Apabila sobat berada di daerah perkantoran, ini bisa menjadi pilihan usaha yang cukup bagus. Atau mungkin sobat punya banyak relasi sehingga bisa mendapatkan orderan dari kantor-kantor tertentu.

19. Bisnis Sewa Lapangan Olahraga

bisnis sewa lapangan
bisnis sewa lapangan (gambar : pixabay)

Salah satu jenis bisnis dengan omset besar, adalah menyewakan lapangan olahraga. Bisa menyewakan lapangan sepak bola, futsal, lapangan batminton atau lapangan olahraga yang lainnya.

Baca juga:  6 Cara Ternak Ikan Koi di Akuarium Untuk Pemula

Ini bisa Anda lakukan apabila memiliki lahan yang cukup dan lokasi yang strategis. Maka akan sangat mudah mendirikan bisnis sewa lapangan ini.

Gunakanlah sistem membership promo. Karena biasanya tim olahraga yang menyewa akan menggunakan secara rutin. Dan apabila sudah memiliki banyak langganan, maka setiap bulannya tinggal memetik hasilnya saja, bisa puluhan sampai dengan ratusan juta rupiah.

20. Bisnis Sewa Tempat Billiard

sewa tempat billiard
sewa tempat billiard (gambar : pixabay)

Selain bisnis sewa tempat olahraga, ada juga bisnis sewa tempat bilyard. Ini bisa sobat lakukan juga untuk memanfaatkan lahan atau bahkan rumah untuk disewakan menjadi tempat bilyard.

Apalagi jika sobat tinggal di kota besar, akan ada banyak remaja zaman sekarang yang hobi bermain bilyard. Bisnis ini juga termasuk jenis bisnis yang belum banyak pesaingnya. Misalkan dalam sebuah desa belum tentu ada 1 saja tempat bilyard, masih sangat jarang.

21. Bisnis Sewa Gudang

bisnis sewa gudang
bisnis sewa gudang (gambar pixabay)

Jika Anda memiliki modal besar, maka bisnis sewa gudang bisa menjadi salah satu pilihan. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu atau pasang iklan saja.

Sewa gudang ini banyak dibutuhkan oleh pabrik berkembang. Daripada mereka membangun sebuah gedung untuk gudang yang mahal biayanya, mereka akan memilih menyewa gudang.

Sewa gudang ini juga bisnis yang gak ada matinya. Apalagi jika sobat sudah berhasil mendapatkan langganan dari perusahaan tertentu.

Ada satu kelebihan lagi dari bisnis sewa gudang ini. Yakni nilai properti dari gudang, bangunan dan juga tanah akan terus meningkat dari waktu ke waktu, seperti tidak ada ruginya.

22. Bisnis Sewa Lahan Parkir

lahan parkir
lahan parkir (gambar : pixabay)

Menyewakan lahan untuk parkir adalah sebuah ide luar biasa. Karena bisnis parkir ini bisa menghasilkan omset yang sangat besar.

Apalagi jika sobat berada di lokasi yang strategis. Misalkan saja dekat dengan mall, sekolah, kampus, tempat wisata atau pusat perbelanjaan. Disitulah kendaraan akan membutuhkan lahan parkir.

Jika sobat bisa membuka sebuah lahan parkir seluas 100 meter persegi saja. Omsetnya perhari akan sampai dengan jutaan rupiah, bisa dikalikan saja sebulan menghasilkan puluhan juta rupiah.

Namun sobat perlu ingat, meskipun omset besar tanggungjawab juga besar. Karena menyediakan lahan parkir akan bertanggungjawab atas setiap kehilangan yang terjadi.

23. Bisnis Sewa Drone Kamera

bisnis sewa drone
bisnis sewa drone (gambar : pixabay)

Jika sobat ada uang nganggur, tidak ada salahnya diputerin dengan menyediakan bisnis sewa drone. Ini juga mulai laris saat ini karena banyak peminatnya.

Apalagi untuk drone yang bagus, harganya pasti mahal. Makanya orang lebih baik menyewa daripada membeli sendiri.

Bisnis ini cocok ditawarkan kepada para content creator. Atau bisa juga ditawarkan didaerah yang dekat dengan wisata. Karena mereka membutuhkan drone untuk mengabadikan moment perjalanan wisata yang mereka lakukan.

24. Bisnis Sewa Kolam Pemancingan

bisnis pemancingan
bisnis pemancingan (gambar : kompasiana)

Bagi sobat yang hobinya mancing, pastilah kenal dengan tempat yang satu ini, yakni kolam pemancingan. Coba deh tanyain berapa keuntungan dari si pemilik pemancingan tersebut.

Bisnis sewa tempat pemancingan merupakan salah satu ide bisnis sewa paling laris saat ini. Sebagian besar pemancingan, dimanapun selalu ada pengunjungnya. Apalagi jika hari-hari liburan bisa penuh dan mendapatkan omset jutaan dalam waktu sehari saja.

Jika sobat memiliki lahan dan lokasi yang memadai bisa menjalankan bisni satu ini. Menjalankan bisnis pemancingan bahkan bisa dipadukan dengan beberapa bisnis lainnya seperti menjual pakan ikan, peralatan pancing sampai dengan menjual makanan dan minuman.

25. Bisnis Sewa Playstation

bisnis sewa playstation
bisnis sewa playstation (gambar : pixabay)

Di nomer ke 25 ini, ada ide lagi yakni bisnis sewa paling laris dengan menyewakan playstation. Di kalangan anak mudah zaman sekarang yang namanya main game tidak bisa dicegah lagi. Sobat bisa memanfaatkan momen ini dengan menyewakan playstation.

Sewa Playstation ini bisa dilakukan ditempat misalkan membuka tempat PS-an. Atau bisa juga sobat menyewakan unit playstationnya untuk dibawa kerumah. Asalkan sobat memiliki seri game-game terbaru, bisnis ini tidak akan ada matinya.

26. Bisnis Sewa Iphone

bisnis sewa handphone
bisnis sewa handphone (gambar : pixabay)

Kaum milineal sekarang kalau pakai gadget mahal bisa bergaya mahal pula. Bahkan banyak anak mudah yang rela mengeluarkan uang untuk menyewa iphone atau handphone bermerk.

Sebenarnya ini bukan hal yang bagus untuk generasi sekarang. Namun sebagai pebisnis bisa menjadi sebuah peluang usaha yang bagus. Yakni menjalankan bisnis sewa handphone. Ya, menyewakan handphone dan menghasilkan uang.

Sobat bisa membeli beberapa handphone mahal dan kemudian membuka jasa tersebut. Lalu melakukan promosi semaksimal mungkin agar mendapatkan banyak pelanggan.

Kekurangan bisnis ini adalah memerlukan modal besar. Selain itu harus melakukan update secara berkala mengingat handphone terbaru akan terus berdatangan, dan handphone yang lama sudah tidak diminati kembali.

27. Bisnis Sewa Alat Masak

sewa alat masak
sewa alat masak (gambar : Shutterstock/Gaf_Lila)

Bisnis sewa alat masak juga bisa loh. Hal ini terjadi di pedesaan bahkan sampai dengan perkotaan. Misalkan saja ada hajatan, pesta, atau acara kumpul bersama. Biasanya tidak memiliki alat masak yang memadai dirumah, dan mereka lebih memilih menyewa.

Sewa alat masak ini bisa sobat jalankan juga dengan modal yang relatif rendah. Karena dengan modal 10 juta saja bisa mendapatkan berbagai macam jenis alat masak yang cukup lengkap.

28. Bisnis Sewa Studio Musik

Yang terakhir, untuk jenis bisnis sewa paling laris adalah sewa studio musik. Ini bisa sobat ambil untuk menangkap peluang pasar para penggemar musik.

Biasanya akan ada banyak anak mudah yang ingin berlatih musik membutuhkan jasa ini. Bahkan ada pula banyak kreator yang membutuhkan studio musik untuk rekaman mereka.

Daripada membuat studio musik sendiri dengan biaya mahal dan tidak terpakai setiap hari. Maka lebih baik menyewa studio musik. Disinilah prospek sewa studio musik akan ada terus dari waktu ke waktu.

Oke sobat, diatas sharing santai dari saya mengenai jenis bisnis sewa paling laris di Indonesia. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button