Sharing Santai

5 Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah untuk Tampil Lebih Stylish

Bagi pecinta kacamata harus tahu tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah. Pemilihan kacamata yang tepat dapat memberikan sentuhan gaya yang signifikan pada penampilan Anda. Kacamata bukan hanya sekadar alat koreksi penglihatan, tetapi juga aksesori fashion yang bisa menonjolkan karakter wajah Anda.

Salah satu kunci utama dalam memilih kacamata yang cocok adalah memperhatikan bentuk wajah Anda. Bentuk wajah yang berbeda membutuhkan gaya kacamata yang berbeda pula. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk memilih kacamata sesuai bentuk wajah, sehingga Anda dapat tampil lebih stylish dan percaya diri. tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah

tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah

Menentukan Bentuk Wajah Anda

Sebelum mulai mencari kacamata yang tepat, tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui bentuk wajah Anda. Berikut adalah beberapa bentuk wajah umum:

Wajah Bulat

Karakteristik wajah bulat meliputi pipi yang penuh, dagu yang lembut, dan panjang serta lebar wajah hampir sama. Untuk wajah bulat, Anda perlu mencari kacamata yang dapat memberikan kesan wajah lebih panjang dan tirus.

Wajah Oval

Wajah oval biasanya memiliki bentuk pipi yang lebih lebar daripada dahi dan dagu. Bentuk wajah ini dianggap sebagai bentuk wajah yang ideal, karena hampir semua model kacamata cocok untuk wajah oval.

Wajah Persegi

Jika wajah Anda memiliki dahi, pipi, dan rahang dengan lebar yang hampir sama, Anda memiliki bentuk wajah persegi. Untuk menciptakan keseimbangan pada wajah persegi, pilihlah kacamata dengan sudut yang lebih lembut.

Baca juga:  3 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Wajib Simak!

Wajah Hati

Wajah hati ditandai oleh dahi yang lebar dan mengecil pada bagian rahang. Untuk wajah hati, pilihlah kacamata dengan bingkai yang lebih lebar di bagian bawah untuk menciptakan keseimbangan dengan bagian atas wajah yang lebar.

Wajah Berlian

Wajah berlian memiliki dahi dan dagu yang lebih sempit daripada pipi yang lebar. Kacamata dengan bingkai yang menonjol di bagian atas atau bawah akan membantu menyeimbangkan proporsi wajah berlian.

Wajah Segitiga

Jika wajah Anda lebih lebar di bagian dahi dan mengecil ke arah dagu, maka bentuk wajah Anda adalah segitiga. Kacamata dengan bingkai yang lebar di bagian atas dapat membantu menciptakan keseimbangan pada wajah segitiga.

Inilah Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Anda

Setelah mengetahui bentuk wajah Anda, sekarang saatnya memilih kacamata yang sesuai. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Cari Bingkai yang Mencocokkan Kontur Wajah Anda

Jika Anda memiliki wajah bulat, pilihlah bingkai yang lebih tirus dan memiliki sudut yang lebih kuat untuk memberikan kesan wajah lebih panjang. Sementara itu, bagi wajah persegi, bingkai dengan sudut yang lebih lembut akan membantu menyeimbangkan fitur wajah. Untuk wajah oval, hampir semua jenis bingkai kacamata akan cocok dengan baik.

  1. Pertimbangkan Ukuran Bingkai

Tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah kedua adalah pertimbangkan ukuran. Ukuran bingkai juga merupakan faktor penting. Pastikan bingkai kacamata tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk wajah Anda. Jika wajah Anda kecil, pilihlah bingkai yang lebih kecil agar tidak mengalihkan perhatian dari wajah Anda. Sebaliknya, bingkai yang lebih besar cocok untuk wajah yang lebih besar untuk memberikan keseimbangan.

  1. Pilih Warna yang Sesuai

Pemilihan warna yang sesuai merupakan tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah berikutnya. Warna bingkai kacamata juga harus dipertimbangkan. Pilihlah warna yang melengkapi warna kulit Anda dan cocok dengan gaya pribadi Anda. Jika Anda ingin penampilan yang klasik, warna netral seperti hitam atau cokelat mungkin menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin tampil lebih berani, pertimbangkanlah warna-warna cerah atau cetakan yang menarik.

  1. Hindari Bentuk Kacamata yang Sama dengan Bentuk Wajah

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah memilih kacamata dengan bentuk yang sama dengan bentuk wajah. Sebagai contoh, jika Anda memiliki wajah bulat, hindarilah kacamata dengan bentuk yang bulat pula. Pilihlah bentuk kacamata yang berlawanan dengan bentuk wajah Anda untuk menciptakan keseimbangan visual.

  1. Tes Beberapa Model Kacamata

Sebelum memutuskan untuk membeli kacamata, cobalah beberapa model yang berbeda untuk melihat bagaimana kacamata tersebut cocok dengan wajah Anda. Ajak teman atau keluarga Anda untuk memberikan pendapat yang jujur tentang tampilan Anda dengan setiap model kacamata.

Baca juga:  Bipolar Adalah: Berikut Penjelasan dan Cara Mendiagnosisnya

Setelah membahas tentang tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah selanjutnya dibahas tentang inspirasa gaya kacamata sesuai bentuk wajah.

Inspirasi Gaya Kacamata untuk Setiap Bentuk Wajah

Setelah Anda mengetahui tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah, mari lihat beberapa inspirasi gaya kacamata yang cocok untuk setiap bentuk wajah:

  1. Wajah Bulat

  • Kacamata Cat-eye: Kacamata cat-eye dengan sudut yang tajam dapat memberikan kesan wajah yang lebih tirus dan elegan untuk wajah bulat Anda.
  • Kacamata Wayfarer: Gaya kacamata Wayfarer yang ikonik juga cocok untuk wajah bulat, memberikan kesan retro yang menarik.
  1. Wajah Oval

  • Kacamata Aviator: Kacamata aviator dengan bingkai metal yang tipis adalah pilihan sempurna untuk menonjolkan bentuk wajah oval Anda.
  • Kacamata Round: Gaya kacamata bulat dengan bingkai yang sedikit tebal juga akan menambahkan karakter pada wajah oval Anda.
  1. Wajah Persegi

  • Kacamata Round: Kacamata dengan bentuk bulat akan membantu melunakkan fitur wajah persegi Anda.
  • Kacamata Browline: Gaya kacamata browline dengan detail pada bagian atasnya akan memberikan kesan proporsional pada wajah Anda.
  1. Wajah Hati

  • Kacamata Cat-eye: Kacamata cat-eye yang lebar di bagian atas dengan bingkai yang tipis di bagian bawah cocok untuk menyeimbangkan wajah hati Anda.
  • Kacamata Oval: Gaya kacamata oval dengan bingkai yang ramping akan memberikan sentuhan feminin pada wajah Anda.
  1. Wajah Berlian

  • Kacamata Rimless: Kacamata rimless dengan lensa yang bersudut tajam akan memberikan penekanan pada garis rahang Anda.
  • Kacamata Cat-eye: Kacamata cat-eye yang lebar di bagian atas akan membantu menyempurnakan wajah berlian Anda.
  1. Wajah Segitiga

  • Kacamata Wayfarer: Gaya kacamata Wayfarer yang klasik dengan sudut yang lembut cocok untuk melengkapi wajah segitiga Anda.
  • Kacamata Pilot: Kacamata pilot dengan bingkai yang tebal di bagian atas dapat membantu menyeimbangkan wajah Anda.
Baca juga:  10 Cara Menjadi High Value Woman, Panduan untuk Mencapai Kesuksesan dan Kebahagiaan

Pilihan Lensa untuk Kacamata

Selain memilih bingkai yang tepat, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis lensa yang akan digunakan pada kacamata Anda. Beberapa pilihan lensa meliputi:

  1. Lensa Anti-UV

Lensa anti-UV atau kacamata matahari sangat penting untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Pilihlah lensa yang memiliki perlindungan 100% dari sinar UV-A dan UV-B.

  1. Lensa Polarized

Lensa polarized membantu mengurangi silau dan pantulan cahaya, terutama saat Anda berada di luar ruangan. Lensa ini sangat cocok untuk aktivitas di bawah sinar matahari terik atau saat berkendara.

  1. Lensa Fotochromic

Lensa fotochromic dapat berubah warna sesuai tingkat cahaya di sekitarnya. Saat berada di bawah sinar matahari, lensa ini akan menjadi gelap, sedangkan di dalam ruangan, mereka akan kembali menjadi transparan.

Perawatan Kacamata

Setelah Anda memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah dan kebutuhan Anda, penting untuk merawatnya dengan baik agar tetap tampil bagus dan berfungsi dengan optimal. Berikut adalah beberapa tips perawatan kacamata:

  1. Simpan Kacamata dalam Kotak Pelindung

Ketika Anda tidak menggunakan kacamata, pastikan untuk menyimpannya dalam kotak pelindung atau kantung kacamata. Hal ini akan membantu melindungi kacamata dari goresan dan debu.

  1. Bersihkan Kacamata dengan Benar

Gunakan kain mikrofiber yang lembut untuk membersihkan kacamata Anda. Hindari penggunaan tisu, t-shirt, atau kertas lainnya yang dapat meninggalkan goresan pada lensa.

  1. Jauhkan dari Panas dan Bahan Kimia

Hindari meninggalkan kacamata Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di dekat sumber panas. Selain itu, hindari mengenakan kacamata saat menggunakan produk perawatan kulit atau produk kimia lainnya yang dapat merusak bingkai atau lensa.

Menggunakan tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah dalam mencari kacamata yang tepat adalah langkah penting untuk meningkatkan gaya dan percaya diri Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button