Bisnis

Apa Itu Affiliate Marketing? Contoh Dan Cara Menjadi Affiliate Marketing

Kita akan membahas apa itu Affiliate Marketing, contoh, cara kerja, cara menjadi affiliate marketing dan juga daftar affiliate terbaik di Indonesia. Yuk kita simak selengkapnya. Ini bakalan cocok untuk sobat yang ingin menghasilkan uang tanpa menggunakan modal.

Modal utama seorang afiliator marketing memang bukan uang. Melainkan keahlian memasarkan sebuah produk atau jasa itu sendiri. Jika seorang Afiliator berhasil menjual, maka mendapatkan uang, jika tidak maka tidak menghasilkan apa-apa.

Memang menjalankan bisnis afiliasi marketing tidaklah mudah. Kebanyakan sistem kerja seperti ini hanya mengandalkan komisi, tidak ada gaji pokok. Namun jangan salah, seorang afiliator sukses memiliki penghasilan yang tidak terbatas jumlahnya.

Apa Itu Affiliate Marketing?

apa itu affiliate marketing
apa itu affiliate marketing

Sebelum kita melangkah lebih jauh, apa itu Affiliate Marketing? Affiliate marketing adalah memasarkan produk atau jasa perusahaan tertentu guna mendapatkan bayaran. Jadi sebuah perusahaan biasanya akan menggunakan banyak orang, membayar bayar orang yang bisa memasarkan produk mereka.

Affiliasi marketing ini juga sering berhubungan dengan yang namanya program rujukan atau refferal. Misalkan saja seseorang berhasil merujuk atau mengajak orang lain menggunakan satu buah produk tertentu. Maka disitu akan mendapatkan komisi, dan inilah proses affiliate marketing terjadi.

Sebenarnya proses affiliasi ini sudah sering terjadi di tengah kehidupan masyarakat kita, hanya saja jarang disadari. Contoh :

Ada seseorang yang ingin menjual rumah. Akhirnya orang tersebut mengungumumkan pada banyak orang. “Siapa saja yang bisa menjualkan rumah saya akan mendapatkan komisi 5%.

Pada contoh diatas, sebenarnya sudah terjadi yang namanya affiliate marketing. Kalau kita bisa menjualkan rumah tersebut maka kita bisa menghasilkan uang dari komisi yang didapatkan.

Jadi, affiliate marketing ini apakah sama dengan sistem makelar? Yes, jawabannya adalah sama persis, bedanya hanya kemasannya saja. Apalagi di zaman digital ini affiliate marketing di kemas dalam “Link Affiliasi” yang cukup mudah dikerjakan.

Cara Kerja Affiliate Marketing

cara kerja affiliate marketing
cara kerja affiliate marketing

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara kerja affiliate marketing. Atau bagaimana proses terjadinya affiliate marketing di muka bumi ini. Cara kerjanya antara lain sebagai berikut :

Baca juga:  Mengenal Daqu Bisnis Nusantara Dan 10 Keuntungannya

Pertama, perusahaan akan membuka atau memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk menjadi affiliator. Yakni menjadi orang memasarkan produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

Kedua, Affiliator mulai mencari pembeli atas produk atau jasa yang dipasarkan.

Ketiga, Affiliator akan mendapatkan bayaran atau komisi atas penjualan yang sudah berhasil.

Dari ketiga langkah diatas, saya yakin sobat sudah paham bagaimana cara kerja seorang affiliator marketing.

Lalu siapa saja bisa donk menjadi affiliator marketing?

Benar sekali, siapa saja bisa, siapa saja memiliki kesempatan yang sama. Makanya untuk Anda yang sedang mencari-cari peluang usaha. Affiliasi bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus.

Cara Menjadi Affiliate Marketing Dan Menghasilkan Uang

cara menjadi affiliate marketing
cara menjadi affiliate marketing

Agar lebih jelas lagi, admin disini akan menjelaskan bagaimana cara menjadi affiliate marketing agar bisa menghasilkan uang. Untuk langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut :

  • Mencari perusahaan yang membuka affiliate marketing, seperti shopee, lazada, affiliasi broker forex dan yang lainnya.
  • Melakukan pendaftaran di website perusahaan tersebut untuk menjadi seorang affiliator
  • Mendapatkan bahan promosi, bisa berupa link refferal, link rujukan, banner promosi atau bahan promosi yang lainnya
  • Mulai bekerja untuk mencari orang yang mau menggunakan produk atau jasa tersebut
  • Kemudian mendapatkan bayaran atau komisi

Sampai disini artinya sobat sudah berhasil menjadi seorang affiliate marketing yang menghasilkan uang.

Apakah semudah itu dalam menjalankan bisnis affiliasi?

Tentu saja tidak. Ada tantangan besar untuk sukses dalam bisnis affiliasi. Mulai dari persaingan yang sangat ketat, selain itu barang-barang affiliasi biasanya adalah barang untuk pengguna khusus.

Dan tidak sedikit barang affiliasi adalah barang yang susah dijual. Seperti produk asuransi, produk hosting dan domain, akun trading dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Maka dari itu untuk menjadi seorang affiliator sukses butuh perjuangan yang tidak kecil. Harus pandai melakukan pemasaran yang tepat dan juga memiliki mental marketing yang kuat.

Contoh Daftar Affiliate Marketing Di Indonesia

Sekarang kita akan membahas beberapa contoh daftar affiliate marketing terbaik di Indonesia. Beberapa affiliate marketing ini memberikan bayaran cukup besar dan terpercaya. Antara lain sebagai berikut :

Affiliate Marketing Shopee

shopee affiliate
shopee affiliate

Yang pertama adalah Affiliate Marketing shopee atau sering disebut dengan Shopee Affiliate Marketing. Yakni pihak shopee memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk ikut menjualkan produk shopee dan kemudian mendapatkan komisi atau bayaran.

Baca juga:  5 Cara Mengurus Izin Usaha Penitipan Anak Secara Resmi

Lalu bagaimana cara menjadi affiliate marketing shopee. Caranya cukup mudah, sobat bisa perhatikan beberapa langkah dibawah ini :

  • Pertama¬†Anda bisa kunjungi disini https://affiliate.shopee.co.id/
  • Lalu klik pada menu “Gabung Sekarang”
  • Lalu sobat melakukan pendaftaran atau pembukaan akun
  • Kemudian sobat melakukan verifikasi identitas
  • Selanjutnya sobat masuk kedalam program shopee affiliate
  • Lalu mendapatkan link promosi untuk produk-produk affiliate shopee
  • Mendapatkan pembeli sebanyak mungkin mendapatkan link affiliasi yang digunakan
  • Lalu mendapatkan komisi

Komisi seorang affiliate shopee akan masuk dalam akun affiliate Anda didalam akun shopee. Kemudian bisa mencairkannya kapan saja sesuai dengan keinginan.

Shopee affiliate ini adalah salah satu contoh program affiliasi terpercaya di Indonesia. Selain sudah terbukti membayar, juga memberikan komisi dengan hitungan yang lebih besar. Jadi termasuk jenis atau peluang usaha yang menjanjikan di indonesia.

Affiliate Marketing Tokopedia

tokopedia affiliate
tokopedia affiliate

Memiliki konsep yang sama persis dengan shopee affiliate, sobat juga bisa menjalankan bisnis affiliate marketing di Tokopedia. Yakni salah satu ecommerce terbesar di Indonesia selain shopee dan yang lainnya.

Di tokopedia ini ada ratusan ribu produk menarik didalamnya. Dan Anda bisa melakukan jualan tanpa harus stock barang. Bukan menjadi seorang reseller, melainkan dengan program affiliate yang dijalankan. Untuk langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut :

  • Kunjungi websitenya di https://affiliate.tokopedia.com/
  • Lalu klik daftar
  • Akan “Scan Kode QR Untuk Daftar Tokopedia Affiliate”
  • Sobat tinggal masuk kedalam aplikasi tokopedia yang sudah pernah daftar lalu scan kode tersebut
  • Lalu sobat sudah berhasil masuk kedalam tokopedia Affliate
  • Kemudian mulai mendapatkan link affiliasi untuk produk-produk yang tersedia
  • Mulai memasarkan link mendapatkan sebanyak mungkin pembeli
  • Lalu mendapatkan komisi atau bayaran

Cara kerjanya sama saja dengan program affiliate yang lain. Intinya adalah bagaimana cara Anda mendapatkan sebanyak mungkin pembeli agar mendapatkan komisi yang besar.

Affiliate Marketing Lazada

lazada affiliate
lazada affiliate

Bagi Anda yang memiliki blog atau website, ada satu lagi nih program affiliate marketing yang cukup menarik yakni Lazada Affiliate Marketing. Anda bisa memasang link affiliasi atau banner di blog Anda dan mendapatkan komisi setiap orang membeli melalui link tersebut.

Sebenarnya cara kerjanya hampir sama dengan affiliate shopee dan tokopedia sebelumnya. Sobat bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

  • Kunjungi websitenya di https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/
  • Lalu klik menu “Daftar Affiliate Lazada”
  • Kemudian mengisi data diri pembukaan
  • Jangan lupa untuk verifikasi identitas
  • Lalu mendapatkan link affilate untuk mulai berjualan
  • Dan kemudian mendapatkan komisi
Baca juga:  Ini Dia 6 Cara Ternak Kucing Persia Untuk Pemula

Buat sobat yang memiliki blog bisa memasang banner promosi dan sejenisnya. Dengan tampilan yang menarik akan mempermudah orang untuk klik Affiliate yang Anda promosikan.

Namun untuk sobat yang tidak memiliki blog atau website jangan khawatir. Karena bisa melakukan promosi melalui media sosial seperti facebook, kemudian membuat video youtube short, membuat video tik tok dan yang lainnya untuk mempromosikan affiliate marketing yang dijalankan.

Affiliate Marketing Amazon

amazon affiliate
amazon affiliate

Bagi sobat yang ingin menjalankan bisnis Affiliasi jangkauan internasional. Maka bisa menggunakan program Affiliasi Marketing dari Amazon. Yakni salah satu ecommerce terbesar di Dunia, dan digunakan oleh ratusan juta orang berbelanja dari berbagai negara.

Amazon Affiliate menjadi menarik karena banyak produk atau barang mahal dijual disana. Dimana seorang afiliator bisa mendapatkan komisi yang besar pula. Untuk cara menjadi Afiliator Amazon cukup mudah, sobat tinggal mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

  • Kunjungi websitenya di https://affiliate-program.amazon.com/
  • Lalu klik pada bagian menu “Sign Up”
  • Kemudian melakukan pengisian data seperti biasa
  • Jangan lupa untuk melakukan verifikasi Akun
  • Menambahkan pembayaran dengan mata uang USD
  • Mendapatkan link affiliasi
  • Dan mulai mendapatkan pembeli agar dibayar komisi

Hampir sama dengan beberapa affiliate program yang sebelumnya. Anda tinggal mengikuti link arahan diatas untuk melakukan pendaftaran dan menjalankan affiliasinya.

Tiktok Affiliate Marketing

tiktok affiliate
tiktok affiliate

Sebuah aplikasi video pendek yang sekarang menjelma menjadi ecommers dan merambah beberapa bisnis lain, apalagi kalau bukan Tiktok.

Nah, di tiktok ini juga ada program affiliate yang cukup menarik didalamnya. Tiktok Affiliate Marketing bisa dijalankan dengan 2 cara. Yakni affiliate untuk seorang creator dan juga affiliate untuk seorang seller.

Cara kerjanya hampir sama dengan affiliate marketing yang lain. Sobat tinggal ikuti saja beberapa langkah dibawah ini :

  • Kunjungi website tiktok affiliate disini : https://shop.tiktok.com/business/en/affiliate
  • Pilih “Seller” Atau “Creator”
  • Lalu login kedalamnya
  • Mendapatkan program affiliate yang diinginkan
  • Lalu mulai berjualan dan mendapatkan komisi

Tiktok digadang akan menjadi pesaing berat bagi semua ecommerce di Indonesia. Dan ini masih terbilang baru untuk berjualan di tiktok. Jadi program affiliate tiktok ini masih berpeluang besar kedepannya.

Oke sobatku, cukup sekian sharing dari saya pada kesempatan kali ini mengenai apa itu affiliate marketing dan beberapa hal penting didalamnya. Semoga informasi kali ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button