Bisnis

8 Perbedaan Pemasaran Luring dan Bisnis Online, Wajib Tahu

Jelaskan perbedaan pemasaran luring dan bisnis online! Pernyataan seperti ini sering kali banyak orang utarakan ketika ingin memulai usaha. Biasanya, saat bingung untuk menentukan mana yang terbaik untuk kondisi saat ini. 

Maka dari itu, dalam artikel ini akan menjelaskan perbedaannya secara terperinci dari berbagai aspek. Dengan begitu, akan tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya. 

Jelaskan Perbedaan Pemasaran Luring dan Bisnis Online

perbedaan pemasaran luring dan bisnis online
perbedaan pemasaran luring dan bisnis online

Bisnis online adalah usaha yang penanganannya secara online, baik pemasaran hingga penjualannya. Sedangkan, bisnis luring berupa toko fisik yang penjualan dan promosinya secara manual. 

Di bawah ini akan jelaskan perbedaan pemasaran luring dan bisnis online. Mulai dari bagaimana penggunaan tekniknya, target konsumen, media promosi, dan lain sebagainya. 

1. Interaksi dengan Klien

Perbedaan pemasaran luring dan bisnis online yang pertama adalah dari segi interaksi dengan klien. Jika membuka bisnis luring atau offline, tentu akan dapat bertatap muka langsung dengan klien. 

Jadi, akan mudah mengetahui apa yang klien inginkan. Selain itu, juga bisa membuat hubungan kedua pihak menjadi lebih erat sehingga transaksi terasa nyaman. Berbeda halnya pada bisnis online yang interaksinya hanya dari chat, telepon, dan sejenisnya. 

Terkadang akan susah mendiskusikan permintaan klien jika antara kedua pihak sulit dihubungi. Selain itu, juga belum pasti antara kedua pihak fokus dengan topik pembicaraan karena teralih pada kondisi sekitar. Jika demikian, maka hasil produk yang klien terima tidak akan maksimal. 

2. Media Promosi

Selanjutnya akan jelaskan perbedaan pemasaran luring dan bisnis online dari segi media promosi. Pada bisnis luring biasanya akan memakai media koran, poster, billboard, pameran, festival, dan lainnya. 

Baca juga:  5 Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Kecil Kecilan (Untuk Pemula)

Melakukan promosi dengan media-media tersebut cukup menguras kantong. Hal itu karena biaya pembuatan dan cetak saja sudah banyak. Apalagi jika ingin menyebarkannya ke berbagai tempat. 

Namun, jika membuka bisnis online, maka hal itu tidak perlu pengusaha lakukan lagi. Mengingat pemasaran atau promosinya bisa memanfaatkan koneksi internet. Medianya pun luas dan bisa ke berbagai sosial media. Misalnya promosi ke Facebook, Instagram, WhatsApp, TikTok, dan lain sebagainya. 

Selain itu, juga tidak perlu membayar biaya cetak karena media sosial tersebut bisa pengusaha gunakan secara gratis. Jika ingin memaksimalkan promosi, maka bisa mengakses fitur iklan pada sosial media tersebut. 

Penggunaan fitur tersebut memang harus membayar dahulu. Akan tetapi, hasilnya sepadan dan sesuai harapan. Berbeda halnya jika promosi secara manual yang belum tentu orang-orang perhatikan iklannya. 

3. Teknik Pemasaran

Persamaan efektivitas pemasaran online dan offline dari segi tekniknya adalah sama-sama bisa membagikan ke banyak orang. Hanya saja penggunaan tekniknya saja yang berbeda. 

Pada bisnis luring, pengusaha atau pekerja harus membagikan poster atau brosur ke orang-orang satu persatu. Tentu hal itu akan membutuhkan waktu berjam-jam, bahkan sampai seharian jika ingin menjangkau banyak orang. 

Sedangkan, untuk bisnis online tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Hal itu karena hanya dengan satu kali klik atau share sudah bisa tersebar ke banyak orang. Poin terpentingnya ialah cuma perlu mempunyai akses internet dan relasi yang banyak. 

Jika melakukan promosi melalui website, maka akan menyematkan metode SEM dan SEO supaya bisa lebih maksimal. Dengan adanya kedua metode tersebut, maka artikel pemasaran bisa berada di halaman pertama mesin pencarian. Jadi, akan ada lebih banyak orang yang mengetahui iklan atau artikel promosi tersebut. 

Baca juga : 6m dalam wirausaha

4. Target

Bagian ini akan jelaskan perbedaan pemasaran luring dan bisnis online dari segi target yang dapat pengusaha peroleh. Pada bisnis luring, jangkauan target atau konsumennya cenderung terbatas dan lebih sedikit. 

Baca juga:  2 Cara Mengubah Akun PayPal dari Bisnis ke Personal, Ternyata Mudah!

Hal itu karena biasanya konsumen hanya berasal dari orang-orang sekitar atau yang tidak terlalu jauh dari lokasi. Namun, jika lokasi bisnis luring berada di tempat yang strategis, maka bisa menjangkau banyak orang. 

Misalnya, ada di dekat tempat wisata, pusat perbelanjaan, sekolah, kantor, dan lainnya. Namun, harus bisa menyesuaikan dengan minat orang-orang yang berada di lingkungan tersebut. 

Maka dari itu, sebelum membuka sebuah bisnis luring dianjurkan untuk riset dahulu. Mengenai hal-hal yang orang sekitar butuhkan, kesukaan mereka, dan lain sebagainya. Dengan begitu, target bisnis akan tepat sasaran. 

Sedangkan, untuk bisnis online bisa menentukan jenis usaha dulu sesuai keinginan. Baru kemudian, bisa menentukan target. Hal itu karena target konsumen bisa tentukan dan jangkau dengan mudah. 

Apalagi di era seperti sekarang, gadget bukan hal yang tahu lagi. Hampir semua orang menggunakannya, mulai dari anak-anak sampai yang tua sekalipun. Jadi, tinggal mencari banyak relasi sebanyak-banyaknya sesuai target konsumen yang pengusaha incar. 

5. Keamanan Produk

Kemudian, pada pembahasan ini akan jelaskan perbedaan pemasaran luring dan bisnis online dari segi keamanan produknya. Pada bisnis luring, pelanggan bisa membawa sendiri produk yang sudah dibeli. Selain itu, jarak dengan tempat tinggal tidak terlalu jauh. Dengan begitu, bisa memastikan sendiri keamanannya. 

Berbeda halnya jika melalui bisnis online yang menggunakan jasa pengiriman. Jika pengusaha atau penjual tidak mengemasnya dengan baik dan rapi, maka bisa mengalami kerusakan. 

Terutama jika produknya merupakan barang mudah pecah, seperti gelas, figura, dan lain sebagainya. Untuk produknya sendiri, tidak bisa konsumen lihat secara langsung. Jadi, tidak tahu apakah produk yang penjual kirim tidak ada cacatnya sama sekali. 

Meskipun, pada jual beli online ada layanan return atau pengembalian, tetap saja prosesnya rumit. Belum lagi untuk mendapatkan produknya memakan waktu berhari-hari. 

Baca juga:  Cobain 5 Bisnis Tak Kenal Musim Ini, Jaminan Laku Setiap Hari

6. Jelaskan Perbedaan Pemasaran Luring dan Bisnis Online dari Segi Waktu

Jika membuka sebuah usaha luring atau offline, maka cenderung lebih sedikit jam bukanya. Paling tidak hanya berkisar 8 jam setiap harinya. Lain halnya dengan bisnis online yang bisa buka 24 jam. 

Pengusaha pun lebih fleksibel dalam menangani permintaan dari pelanggan. Hal itu karena pengerjaannya bisa kapan pun dan dimana saja. Baik ketika berada di rumah ataupun di luar ruangan. 

7. Kepercayaan Pelanggan

Konsumen bisa melihat dan mengunjungi langsung bisnis luring yang pengusaha jalankan. Kemudian, dapat memilih sendiri berbagai produk yang tersedia dan melihat langsung bagaimana kualitasnya. 

Selain itu, permasalahan warna kerap kali menjadi pertimbangan sebelum membeli. Maka dari itu, pelanggan sangat memperhatikan hal ini. Jadi, jika pada bisnis luring, warna yang tersedia bisa konsumen lihat langsung. 

Dengan begitu, akan tahu apakah cocok dan sesuai dengan keinginan atau tidak. Berbeda halnya pada bisnis online yang cuma bisa melihat dari gambarnya. Warna yang gambar tampilkan pun belum tentu 100% akurat karena faktor pencahayaan atau lainnya. 

Begitu pula dengan kualitas dari produk yang tidak bisa konsumen lihat langsung. Jadi, berpotensi tidak akan sesuai harapan. Maka dari itu, tidak heran jika bisnis luring lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. 

8. Pengenalan Brand

Berikutnya akan jelaskan perbedaan pemasaran luring dan bisnis online dari segi pengenalan brand. Merek atau brand sangat penting untuk pengusaha perkenalkan ke banyak orang. 

Hal itu karena bisa meningkatkan omset penjualan dengan mudah jika brand semakin terkenal. Pada bisnis luring biasanya tidak akan terlalu memperhatikan tentang hal ini. Mengingat kualitas produk yang pelanggan utamakan. 

Sedangkan, untuk bisnis online, brand cukup penting karena orang cenderung membeli produk dengan merek terpercaya. Kemungkinan karena tidak bisa melihat produk dan kualitasnya langsung. Jadi, jika memilih brand terpercaya, maka sudah pasti produknya akan berkualitas dan tidak mengecewakan. 

Itulah beberapa poin dari pembahasan jelaskan perbedaan pemasaran luring dan bisnis online. Dari keterangan tersebut sudah jelas bawah, apa pun bisnis yang seseorang jalankan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, tinggal bagaimana memaksimalkannya. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button