Bisnis

Ini Dia 6 Cara Ternak Kucing Persia Untuk Pemula

Cara Ternak Kucing Persia – sekarang sudah menjadi hal biasa jika setiap rumah dan hampir semua orang menyukai kucing dan menjadikan kucing sebagai hewan peliharan dirumah. Kucing sudah menjadi hewan yang paling populer dikalangan masyarakat.

Kebanyakan orang menyukai kucing persia karena mempunyai warna yang cantik, bulu yang lebat, serta wajah yang bulat. Kucing persia juga sudah sangat terkenal bukan hanya di indonesia bahkan sudah terkenal diseluruh dunia. Dan asal kamu tahu juga bahwa kucing persia ini sering diikutkan lomba lomba kontes untuk mendapatkan suatu penghargaan tersendiri untuk kucing tersebut.

Jadi tak bisa dipungkiri juga jika harga kucing persia ini cukup mahal, maka dari itu hal ini bisa kamu jadikan sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Kucing persia inipun memiliki beragam ciri dan jenis, ciri khas dari kucing persia ini adalah kucing yang memiliki bulu yang panjang dan lebat, kaki yang pendek, telinga yang lebar, serta hidung yang pesek.

Cara Ternak Kucing Persia Untuk Pemula!

cara ternak kucing persia
cara ternak kucing persia

Untuk kamu yang ingin membudidaya ternak kucing persia yuk, ikuti cara dan langkah berikut ini :

1. Memilih Bibit Kucing Yang Berkualitas 

Hal utama yang perlu kamu siapkan saat akan memulai usaha ternak kucing ini adalah kamu perlu menentukan bibit yang berkualitas sangat bagus. Agar kamu mendapatkan keturunan atau anak kucing yang berkualitas juga.

Carilah bibit kucing persia yang baik seperti kriteria berikut ini :

    • Memiliki mata yang bulat dan warna cerah serta tatapan yang tajam
    • Memiliki kaki yang pendek 
    • Dada dan pundak yang lebar
    • Hidungnya kecil 
    • Muka yang besar dan bulat
    • Bulu yang lebat, panjang, dan halus
    • Cari kucing dengan bulu yang berwarna cerah dan cantik
  • Kucing sehat dan tidak cacat pada fisik
Baca juga:  9 Cara Menjalankan Bisnis WiFi Rumahan Serta Keuntungannya

Jadi carilah bibit kucing yang benar benar memiliki kualitas yang baik seperti yang sudah dijelaskan diatas.

2. Persiapkan Kandang Untuk Kucing Persia

Jika kamu sudah mendapatkan indukan yang baik dan berkualitas, maka kamu perlu menyiapkan kandang. Kandang juga menjadi modal awal dalam bisnis usaha ternak kucing persia yang akan kamu jalankan.

Buatlah kandang kucing yang baik agar kucing merasa nyaman saat di dalam kandang, pastikan juga suhu udara di sekitar kandang tidak terlalu panas. Dan pastikan juga suhu sekitar kandang tidak terlalu dingin, tak lupa juga kamu perlu menyiapkan pasir didalam kandang untuk menjadi tempat pembuangan kotoran kucing.

3. Proses Persilangan Kucing Atau Mengawinkan

Saat kamu melakukan ternak kucing dan menginginkan kucing memiliki keturunan yang banyak, kamu perlu mengawinkan kucing tersebut. Biasanya kucing jantan akan memasuki masa produktif saat usia kucing menginjak 10 bulan hingga 12 bulan.

Dan kucing betina akan memasuki masa produktif pada usia kucing menginjak 6 bulan. Akan tetapi jika kamu ingin mendapatkan keturunan anak kucing yang sehat, maka kamu bisa mengawinkan  pada usia 1 tahun.

Saat kucing memasuki masa produktif, kucing tersebut akan memberikan tanda dengan mengeluarkan suara mengeong yang terus sampai menarik lawan jenis. Dan kucing ras ini perlu kita jodohkan terlebih dahulu tidak seperti kucing kucing lokal pada umumnya.

Cara mengawinkannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menaruh kucing betina dan kucing jantan secara terpisah kandangnya. Tetapi, masih dalam satu ruangan. Lalu kemudian jika kucing sudah saling mengenal biasanya akan memberikan tanda seperti menempelkan tubuhnya, mencium dan menjilat. Ketika kucing sudah memberikan tanda sebaiknya kamu segera membuka kandang dan melepaskan biarkan kucing bermain sendiri.

Baca juga:  10 Cara Bisnis Kelapa Tua, Jarang Dilirik Padahal Menghasilkan

4. Masa Hamil 

Dan ketika kucing sudah masuk masa kehamilan maka kucing juga memberikan tanda, berhentinya nafsu birahi dan ketika didekati oleh lawan jenis akan menghindar.

Lalu kucing saat hamil akan mengalami perubahan fisik seperti perut membesar, nafsu makan meningkat, bulunya rontok sampai puting susu berubah warna. Dan masa kehamilan kucing persia sekitar 60 sampai 70 hari setelah proses perkawinan terakhir.

5. Pemberian Makanan 

Untuk pemberian pakan kucing juga perlu kamu perhatikan, dan usahakan juga memberikan pakan kucing yang berkualitas agar pencernaan kucing tidak mudah terganggu. Sebab lambung kucing jenis ini sangat sensitif, dan usahakan juga memberikan pakan secara bergantian dari yang basah lalu kering.

Atau bisa juga kamu membuatkan makanan sendiri dari daging dagingan seperti ayam mentah atau daging sapi. Yang kemudian digiling secara halus agar mempermudahkan kucing untuk mencerna, sehingga kucing tetap sehat dan memiliki pertumbuhan yang baik.

6. Lakukan perawatan pada kucing

Kucing persia merupakan kucing ras yang memiliki sifat pemalas, jadi kamu juga perlu melakukan beberapa perawatan yang baik untuk kebersihannya. Tak lupa juga mandikan kucing minimal seminggu sekali dengan shampo khusus kucing, usahakan juga cek ke dokter hewan minimal sebulan sekali.

Rawatlah bulu kucing dengan menyisirnya, dan selalu bersihkan kandang serta tempat kotoran kucing setiap hari secara rutin. Lalu berikan makanan dan minuman yang berkualitas, dan jemurlah dibawah sinar matahari setiap pagi.

Tips Merawat Kucing Persia Yang Baik

Agar tenak berjalan dengan baik, tentu saja harus melakukan perawatan kucing persia secara maksimal. Nah, ada beberapa tips dalam merawat kucing persia tersebut antara lain :

  • Sediakan Kandang dan Selalu Jaga Kebersihannya

Kandang merupakan tempat tinggal untuk kucing beristirahat, tak lupa pastikan ukuran kandang kucing sesuai dengan  kucing tersebut. Jika bisa carilah kandang yang lebih besar agar kucing memiliki tempat untuk bermain yang lebih leluasa.

  • Memberikan Makanan Yang Sehat
Baca juga:  Kisah Nyata 7 Ide Bisnis Sederhana Bernilai Triliunan 

Kucing jenis ras ini juga perlu sekali kamu perhatikan makanan dan minumannya, berilah makanan yang berkualitas serta memiliki nutrisi yang baik. Guna untuk tumbuh kembangnya.

  • Selalu Sediakan Tempat Makanan Dan Minuman

Saat kamu memulai usaha bisnis ternak ini kamu perlu sekali menyediakan tempat makanan dan minuman yang khusus. Yang berguna untuk melatih kemandirian kucing tersebut dan juga dapat membantu kamu menjaga kebersihan rumah.

  • Berikan Vaksin Rutin

Bukan manusia saja yang membutuhkan vaksin secara rutin, akan tetapi kucing juga membutuhkan vaksin secara rutin. Guna membantu menjaga kesehatans serta kekebalan tubuh kucing, sehingga kucing juga tidak gampang terkena serangan virus atau penyakit lainnya.

  • Memandikan Kucing 

Hal yang bisa membantu menjaga kebersihan kucing adalah memandikan kucing salah satunya. Meskipun kucing pun bisa membersihkan badannya sendiri dengan menjilat bagian yang kotor di tubuhnya.

  • Membersihkan Bagian Yang Sulit Dijangkau 

Kucing juga terkadang sulit untuk menjangkau seluruh bagian tubuhnya, terutama pada bagian mulut maupun mata. Padahal bagian tersebut sangat mudah sekali kotor, maka kamu perlu membantu kucing tersebut untuk membersihkan bagian yang sulit kucing jangkau.

  • Siapkan Tempat Pasir Dan Pasir Untuk Kotoran Kucing

Pasir juga bisa menjadi media terpenting untuk kamu ketika melakukan ternak kucing. Bahwasannya kucing biasa nya membuang kotoran tersebut di pasir, dan kamu bisa menggunakan pasir zeolite untuk membantu mengurangi bau serta mengeringkan kotoran.

Dan selalu lakukan penggantian pasir minimal setiap 3 hari sekali, tergantung berapa kucing yang kamu ternak. 

Demikianlah penjelasan tentang cara ternak kucing persia, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai suatu usaha bisnis ternak kucing persia. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button