Bisnis

Kenali 9 Bisnis Mainan Anak yang Lagi Trend, Agar Cuan Maksimal

Bisnis mainan anak yang lagi trend cukup bervariasi. Apalagi peminatnya terkadang tidak hanya dari kalangan anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Misalnya suka mengoleksi mainan dengan berbagai varian atau jenis yang unik. 

Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan keuntungan yang banyak semakin besar. Jadi, sangat cocok bagi orang yang masih bingung untuk memulai bisnis apa. Silakan baca artikel ini jika ingin tahu jenis-jenis mainan yang sedang trend

Bisnis Mainan Anak yang Lagi Trend

bisnis mainan anak yang lagi trends
bisnis mainan anak yang lagi trends

Membuka bisnis yang sedang trend memang akan sangat menguntungkan. Hal itu karena masih banyak peminatnya sehingga tidak terlalu kesulitan mendapatkan konsumen. Berikut beberapa daftar bisnis mainan anak yang lagi trend

1. Kartu Permainan

kartu mainan anak kreatif
kartu mainan anak kreatif gambar : shopee.co.id

Bisnis mainan anak yang lagi trend pertama adalah kartu permainan. Gambarnya bisa berupa Digimon, Yu-Gi-Oh, Pokemon, dan berbagai jenis karakter kesukaan anak. Menjalankan bisnis mainan anak serba seribuan ini cukup besar keuntungannya. 

Hal itu karena kartu permainan seringkali menjadi koleksi. Peminatnya bahkan tidak hanya anak-anak, melainkan orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Selain itu, juga mempunyai nilai jual yang tinggi dan produk yang bekas pun masih laku pengusaha jual. 

Terutama untuk kartu permainan yang langka, seperti kartu Pokemon yang harganya sampai 143 rupiah. Bagi para kolektor kartu, harga memang bukan kendala demi bisa menambah berbagai koleksinya. 

2. Patung Yang Disukai Anak-anak

mainan patung anak
mainan patung anak

Meskipun hanya untuk pajangan dan tidak bisa bergerak, tetapi patung mempunyai nilai tersendiri. Apalagi jika pahatannya sangat detail sampai seakan-akan melihat barang aslinya langsung. 

Baca juga:  Cara Ternak Murai Batu dalam 5 Langkah, Mudah dan Menguntungkan Bagi Pemula!

Bisnis patung yang bisa pengusaha jual cukup beragam. Mulai dari yang kecil hingga terbesar. Kemudian, untuk bentuknya bisa berupa karakter kartun, hewan, atau para tokoh terkenal. 

Namun, harus bisa menyesuaikan dengan minat orang-orang yang ada di sekitar. Mengingat jika tidak sesuai, produk dagangan bisa tidak laku. Kalau untuk anak-anak biasanya lebih suka yang berukuran kecil, seperti berbentuk prajurit, hewan, dan lainnya dalam jumlah banyak. 

Berbeda lagi jika peminatnya para kolektor, maka yang akan dicari adalah patung langka atau berbentuk unik. Patung tersebut bisa kolektor tawar dengan harga yang cukup mahal. 

3. Boneka

mainan boneka untuk anak-anak
mainan boneka untuk anak-anak

Bisnis mainan anak yang lagi trend selanjutnya adalah boneka. Mainan ini berbeda dengan patung yang mempunyai tekstur keras dan desainnya detail. Untuk boneka sendiri mempunyai tekstur lembut dan biasanya berbentuk karakter lucu-lucu. 

Tidak hanya anak perempuan yang menyukainya, tetapi anak laki-laki pun demikian. Hal itu karena boneka juga ada yang berbentuk hewan, mobil, dan lainnya. Jadi, pengusaha bisa menyediakannya berbagai varian karakter supaya bisa mendapat target lebih banyak. 

Boneka mempunyai harga yang bervariasi. Biasanya akan tergantung dari ukuran dan materialnya. Pengusaha juga bisa menyediakan paket usaha mainan anak yang berisi bermacam-macam ukuran boneka. 

Tentu hal itu akan lebih menarik dan banyak yang menyukainya. Hal itu karena umumnya jika pengemasannya per paket, maka mendapatkan harga lebih terjangkau daripada beli satu-persatu. 

Baca juga : cara bisnis grosir rokok

4. Mobil-mobilan, Salah Satu Bisnis Mainan Anak yang Lagi Trend

mainan mobil mobilan anak
mainan mobil mobilan anak

Permainan ini cenderung lebih ke target anak laki-laki. Ada banyak macam bentuk dan ukuran mobil-mobilan yang dapat pengusaha sediakan. Selain itu, terkadang juga ada yang tersemat fitur-fitur canggih di dalam mobil-mobilannya. Misalnya bisa berjalan dengan koneksi remot atau bertransformasi menjadi robot. 

Semakin canggih teknologi yang ada dalam mainan, tentu akan semakin mahal. Mengenai variasi harga juga dapat berdasarkan jenis materialnya. Meskipun ukuran kecil, tetapi termasuk edisi terbatas dan terbuat dari material mewah, maka harganya bisa puluhan juta rupiah. 

Baca juga:  Budidaya dan Cara Menanam Singkong agar Hasil Melimpah Ruah Bagi Pemula, Simak

Jika membuka bisnis dengan jenis mainan tersebut, maka akan membutuhkan modal sangat besar. Namun, juga bisa membuka usaha permainan anak modal kecil dengan menyediakan mobil-mobilan berbahan plastik saja. 

Dengan demikian, harganya akan lebih terjangkau sehingga orang-orang dengan budget minim pun bisa membelinya. Memperhatikan target konsumen memang sangat penting. 

Jadi, jika menjual produk mainan mahal di daerah pedesaan tentu tidak akan laku. Mengingat kebanyakan masyarakatnya berada dalam ekonomi standar atau menengah ke bawah. 

5. Mainan Edukasi

Berbagai jenis mainan anak tidak hanya tersedia untuk membuat si kecil bersenang-senang. Akan tetapi, juga ada yang mengedukasi dan bisa membuat anak mendapatkan pengetahuan tambahan. 

Jadi, bisa tergolong belajar sambil bermain. Permainan seperti ini sekarang sedang banyak peminatnya sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang bagus. Contoh bisnis mainan edukasi anak adalah menjual permainan lego, puzzle, tetris balok, dan lain sebagainya. 

6. Alat Musik

alat musik mainan untuk anak
alat musik mainan untuk anak

Permainan alat musik juga termasuk salah satu bisnis mainan anak yang lagi trend. Pasalnya, anak-anak memang cenderung suka mendengar lagu atau musik. Jadi, bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka bisnis. 

Jenis alat musik yang bisa pengusaha jual juga bisa bervariasi. Mulai dari gitar, piano, seruling, dan lainnya dalam ukuran kecil. Mengenai ukuran pastinya sendiri harus menyesuaikan dengan target konsumen yang pengusaha tetapkan. 

Hal itu karena jika targetnya anak 5 tahunan, tetapi alat musiknya berukuran cukup besar, tentu tidak akan nyaman. Ketidaknyamanan tersebut karena alat musik yang sulit dipegang sehingga akan membuat anak tidak bisa mempelajarinya dengan baik. 

Selain itu, juga pastikan material alat musiknya terbuat dari material yang aman dan tidak berat. Misalnya terbuat dari bahan plastik dan sejenisnya. Dengan memberikan alat musik pada anak, maka bisa mengembangkan kemampuan otaknya. Dengan begitu, si kecil akan lebih kreatif serta peka terhadap beragam bunyi. 

Baca juga:  8 Bisnis Kerupuk Seribuan Beserta Cara Membuatnya

7. Mainan Anak Custom

Jenis mainan ini biasanya custom pada fiturnya, seperti pelanggan ingin menambahkan GPS atau teknologi. Tujuannya sendiri supaya bisa melacak keberadaan anak. 

Dengan begitu, orang tua tidak perlu khawatir anak akan kesasar atau tersesat. Jenis mainan dengan fitur GPS akan sangat cocok bagi orang yang tinggal di perkotaan. Mengingat kondisinya yang cukup ramai. 

Selain itu, juga kebanyakan antara satu orang dengan lainnya tidak saling mengenal. Jadi, ketika anak kesasar akan sulit untuk membantu mengembalikan ke orang tuanya. 

Jika ingin membuka bisnis jenis mainan ini, maka harus mempunyai keahlian dalam pemasangan fitur. Tidak hanya itu, melainkan juga perlu tahu cara memperbaiki mainan yang mengalami masalah. 

8. Mainan Tahan Air

Jenis mainan ini banyak peminatnya karena bisa anak bawa mandi. Jadi, kegiatan atau berenang akan lebih menyenangkan dan seru. Selain itu, juga tidak akan cepat rusak. 

Biasanya mainan anti air berupa bola, pistol air, pelampung motif lucu, dan lain sebagainya. Harganya sendiri lebih terjangkau karena cenderung menggunakan bahan-bahan yang tahan pada air. Misalnya plastik atau lainnya. 

9. Mainan dengan Kejutan Tersembunyi

Bisnis mainan anak yang lagi trend selanjutnya adalah sesuatu dengan kejutan tersembunyi di dalamnya. Kebanyakan anak tentu akan suka dengan hal-hal yang berbau hadiah dan kejutan. 

Maka dari itu, tidak heran jika anak akan senang dan bersemangat untuk membuka mainan tersebut dan mengetahui isinya. Selain itu, wadah hadiah tersembunyi biasanya berbentuk seperti bola atau tas. 

Dengan begitu, masih berguna untuk dibuat mainan oleh anak. Jenis mainan ini biasanya pengusaha jual dalam kemasan sepaket dengan isi puluhan biji. Meskipun begitu, harganya tetap terjangkau karena bahan pembuatannya kebanyakan dari plastik. 

Itulah beberapa bisnis mainan anak yang lagi trend. Jadi, seseorang tinggal memilih jenis bisnis mainan apa yang ingin dikelola. Namun, harus sesuaikan juga dengan target pasar dan keadaan sekitar. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button