Bisnis

6M dalam wirausaha : Pengertian, Manfaat Dan Contohnya

6M dalam wirausaha adalah Man, Material, Method, Machine, Money, dan Market. Kali ini kita akan membahas tuntas pengertian dan juga contoh 6m dalam wirausaha secara lengkap.

Seperti kita ketahui, menjalankan sebuah peluang usaha harus dengan strategi yang jitu. Didalam strategi tersebut ada beberapa unsur yang harus difikirkan secara mendalam.

Mulai dari fikiran, tenaga, orang yang berperan didalamnya, strategi pemasaran, modal dan juga beberapa hal lainnya. Nah semua unsur penting dalam menjalankan usaha tersebut terangkum dengan istilah 6M yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Apa Itu 6M Dalam Wirausaha?

6m dalam wirausaha
6m dalam wirausaha

Apa itu 6M Dalam Wirausaha? Yakni sebuah unsur yang berupa man, money, metode, machine, material, dan market. Untuk penjelasannya antara lain sebagai berikut :

Man Dalam Wirausaha

Man dalam wirausaha artinya adalah manusia. Yakni orang yang berperan dalam menjalankan usaha atau wirausaha. Jika Anda menjalankan usaha seorang diri, maka Anda lah “Man” satu-satunya dalam usaha tersebut.

Berbeda jika Anda menjalankan usaha dengan karyawan atau beberapa orang. Maka “Man”, yang berperan bisa terdiri dari Anda, mungkin bendahara, sekertaris, manajer, leader dan juga semua karyawan yang ada dalam usaha tersebut.

Man dalam wirausaha juga bisa berarti Sumber Daya Manusia. Dalam hal ini Anda sebagai pelaku usaha harus pandai dalam memilih karyawan yang potensial. Jika Anda menjadi karyawan juga harus menjadi karyawan yang terbaik. Dengan begitu fungsi dari “Man” dalam salah satu 6M dalam wirausaha ini akan maksimal.

Baca juga:  14 Alasan Menjadi Pengusaha (Wirausaha) Yang Membuat Semakin Yakin

Money Dalam Wirausaha

Money dalam wirausaha artinya adalah uang atau modal. Yang namanya sebuah usaha pasti membutuhkan yang namanya modal. Yakni uang untuk mendanai mulainya usaha dan juga mendanai jalannya usaha tersebut.

Modal memberikan peran penting bagi kelancaran sebuah usaha. Makanya tidak heran mereka yang memiliki modal besar akan mendapatkan keuntungan tersendiri.

Bagi wirausahawan pemula bermodal kecil juga tidak perlu berkecil hati. Banyak juga peluang usaha modal kecil yang bisa Anda jalankan. Asalkan mampu mengelola “Money” dengan baik, pasti usaha akan terus berkembang menjadi besar.

Metode Dalam Wirausaha

6M dalam wirausaha yang selanjutnya adalah Metode yang artinya adalah cara atau teknik yang digunakan dalam menjalankan sebuah usaha atau perusahaan.

Seberapa bagus kita dalam merancang, melaksanakan sampai dengan mengontrol jalannya usaha akan menentukan seberapa sukses usaha kita. Itulah fugsi “metode” dalam menjalankan sebuah usaha.

Metode ini meliputi beberapa hal, mulai dari planning atau perencanaan, organizing atau pembagian tugas, actuating yakni melakukan aksi dan terakhir adalah controling yakni melakukan evaluasi terhadap jalannya usaha.

Machine Dalam Wirausaha

Machine dalam wirausaha artinya adalah mesin atau alat yang digunakan dalam berwirausaha. Seperti sobat ketahui bersama peranan alat dan mesin dalam menjalankan usaha sangat penting.

Alat ini akan berguna untuk memperlancar proses jalannya usaha bahkan membantu menciptakan sebuah produk atau jasa dalam sebuah usaha.

Dalam memilih alat yang digunakan dalam menjalankan usaha ini juga harus cermat. Meliputi kegunaan, kualitas alat dan juga dari segi biaya.

Selanjutnya perawatan mesin atau alat dalam menjalankan usaha juga sangat penting. Karena alat yang dirawat dengan baik akan mampu menghemat keuangan pengeluaran dalam wirausaha.

Material Dalam Wirausaha

Material dalam wirausaha artinya adalah bahan yang digunakan dalam menjalankan sebuah usaha. Unsur yang sangat penting yakni ketersediaan bahan, pemilihan kualitas bahan dan juga harga bahan itu sendiri.

Baca juga:  Segini Rincian Modal Usaha Cuci Motor Untuk Pemula

Pemilihan dan penggunaan material dalam wirausaha menjadi sangat penting. Karena dengan menggunakan material yang berkualitas akan menghasilkan produk yang unggulan.

Selain itu seorang wirausahawan juga harus pandai dan tahu cara mendapatkan bahan dengan harga lebih murah. Karena dengan begitu akan lebih mudah dalam menentukan harga jual dengan keuntungan yang maksimal.

Market Dalam Wirausaha

Market dalam wirausaha artinya adalah pasar dan pemasaran dalam wirausaha. Ya, yang namanya sebuah usaha pasti harus memiliki pasar yang jelas, menargetkan pasar dengan tepat dan maksimal dalam proses pemasaran itu sendiri.

Unsur “Market” dalam wirausaha ini menjadi sangat penting. Karena dengan pemasaran yang bagus dan berhasil, maka usaha tersebut akan berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Dalam unsur 6M terakhir ini harus pandai juga dalam strategi marketing atau pemasaran. Yakni bagaimana cara memenangkan persaingan pasar dengan menarik perhatian para pembeli atau pelanggan.

Manfaat 6M Dalam Wirausaha

Apabila Anda menggunakan 6M Dalam Wirausaha dengan baik, maka akan memberikan manfaat yang besar bagi usaha yang Anda jalankan. Beberapa manfaat tersebut antara lain :

  • Sebuah usaha akan berjalan maksimal karena semua aspek penting digarap dengan baik
  • Sebuah usaha memiliki kondisi keuangan yang baik
  • Mampu melakukan analisa pasar dan pemasaran dengan baik
  • Mampu menyediakan bahan baku berkualitas dan juga murah
  • Memaksimalkan keuntungan dengan memikirkan semua aspek dalam 6M Wirausaha
  • Sebuah usaha akan mampu memenangkan persaingan pasar apabila 6M dilakukan secara maksimal

Jadi dengan menggunakan semua unsur 6M Dalam Wirausaha secara baik. Maka usaha akan berjalan dengan maksimal dan berkembang semakin besar.

Contoh Penerapan 6M Dalam Usaha Makanan

Sekarang kita akan membahas beberapa contoh 6M Dalam Wirausaha. Kali ini kita akan memberikan salah satu contoh 6M Dalam usaha makanan, antara lain sebagai berikut :

Baca juga:  8 Bisnis Kerupuk Seribuan Beserta Cara Membuatnya

Misalkan menjalankan usaha makanan warung mie ayam bakso. Rinciannya sebagai berikut :

  • Man, yakni para pelaku yang menjalankan usaha warung mie ayam bakso. Misalkan Anda jalankan bertiga, Anda dan 2 karyawan dalam usaha tersebut.
  • Money, yakni modal yang digunakan untuk menjalankan usaha warung makan mie ayam bakso. Misalkan menggunakan modal sebanyak 20 juta untuk sewa ruko sebulan, gerobak, beli bahan, beli peralatan masak dan peralatan makan.
  • Metode, yakni cara menjalankan usaha warung makan mie ayam bakso. Yakni dengan membuka kios warung makan sistem lesehan bisa dimakan ditempat dan juga bisa dibungkus. Selain itu juga melayani pembayaran dengan cashlesh. Memberikan pelayanan ramah, harga murah dan kualitas rasa yang mewah.
  • Machine, yakni alat-alat yang digunakan untuk menjalankan usaha warung makan mie ayam bakso. Seperti kompor gas, gerobak, alat masak, alat makan, meja, kursi, alat penanak nasi, penggiling daging dan beberapa perabotan lainnya.
  • Material, yakni bahan-bahan yang digunakan dalam menjalankan usaha warung makan mie ayam bakso. Seperti mie gulung, bakso, bumbu mie ayam bakso, lalapan, camilan dan beberapa bahan pendukung lainnya.
  • Market, yakni jangkauan pasar dan juga cara melakukan pemasaran usaha warung makan mie ayam. Misalkan saja melakukan promosi ke masyarakat sekitar dengan membagi brosur dan sejenisnya.

Kesimpulannya ketika Anda memikirkan dengan baik ke 6 unsur dalam 6M Wirausaha maka usaha akan terancang dan bisa berjalan dengan baik.

Baiklah sobat, cukup sekian sharing informasi kali ini mengenai apa itu 6M Dalam Wirausaha, manfaat dan juga contoh 6M Dalam wirausaha. Semoga informasi kali ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button