Pendidikan

11 Cara Mengatasi Malas Belajar Yang Powerfull, Dijamin Jadi Rajin

Cara mengatasi malas belajar yang powerfull, dengan beberapa cara ini dijamin sobat bisa rajin belajar. Bahkan bisa disiplin dan mudah memahami setiap materi yang sedang dipelajari. Yuk simak selengkapnya.

Dengan belajar, kita bisa menambah ilmu pengetahuan. Juga bisa meningkatkan keahlian yang kita miliki. Bahkan untuk sobat yang masih sekolah atau kuliah, belajar menjadi sebuah kewajiban.

Namun, yang namanya rasa malas bisa datang kapan saja. Mood kita benar-benar buruk ketika mendengar kata belajar. Dan hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena akan merugikan bagi diri kita.

Pernah gak sobat mengalami beberapa hal ini :

Mau belajar malas untuk buka buku, malas buka laptop atau komputer.

Mau belajar, malas karena pelajarannya sulit?

Mau belajar, malas mikir, pengennya rebahan saja.

Atau malas belajar tapi lebih asik main bersama teman-teman.

Jika beberapa kasus diatas sedang sobat alami. Maka sobat sudah berkunjung ke artikel yang tepat. Karena kami akan membahas banyak trik, tips dan cara mengatasi malas belajar yang sudah terbukti ampuh.

Bahkan dengan beberapa tips yang akan kita bahas kali ini. Bisa membuat sobat lebih semangat, rajin sampai dengan disiplin dalam belajar.

Cara Mengatasi Malas Belajar

Langsung saja, kali ini kita akan membahas beberapa tips atau cara agar sobat tidak malas belajar. Dengan beberapa tips ini akan menjadi sobat rajin dan disiplin dalam belajar. Beberapa tips tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Jangan Lupa Untuk Refreshing

fereshing agar tidak malas belajar
fereshing agar tidak malas belajar

Sebelum kita membahas banyak tips rajin belajar lainnya. Yang pertama adalah jangan lupakan refreshing, karena ini akan menyegarkan otak dan fisik kita.

Barangkali sobat memang sudah terlalu lama di depan komputer. Sudah terlalu lama rajin belajar dan sudah sampai pada titik jenuh.

Refreshing bisa membuat dan mendatangkan semangat baru. Termasuk membuat kita semangat dalam bekerja atau belajar.

Lakukan refreshing yang ringan, tidak melelahkan dan tidak menggangu aktifitas penting. Misalkan saja dengan :

  • Ngopi dulu misalnya
  • Berkumpul dan bercanda bersama dengan keluarga
  • Camping di daerah terkedat
  • Melakukan hobi yang sudah lama tidak dijalankan
  • Mandi air hangat
  • Berolahraga
  • Makan makanan favorit
  • Dan hal unik lain yang membuat fikiran Anda lebih fresh

Nah, jika otak dan fikiran sobat sudah fresh, waktunya untuk memikirkan pelajaran kembali.

Jika masih malas untuk belajar, silahkan simak beberapa tips yang selanjutnya.

2. Motivasi Rajin Belajar Demi Impian Besar

rajin belajar demi impian
rajin belajar demi impian

Saya yakin setiap orang memiliki impian, dan termasuk sobat yang sekarang membaca artikel ini. Jadikanlah impian besar Anda sebagai sebuah cambuk yang membuat Anda rajin belajar.

Baca juga:  Cerita Fiksi Adalah: Ketahui Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Sebuah impian tidak bisa dicapai dengan malas-malasan. Sebuah impian tidak bisa dicapai dengan hal-hal yang indah saja.

Impian bisa kita dapatkan dengan kerja keras dan pengorbanan. Termasuk dengan rajin belajar itu sendiri.

Mungkin saja sobat memiliki salah satu impian dibawah ini :

  • Ingin masuk ke universitas favorit
  • Ingin membahagiakan orang tua
  • Ingin mendapatkan pekerjaan yang layak
  • Ingin menjadi ilmuwan
  • Ingin menjadi dokter
  • Ingin menjadi ahli bidang tertentu
  • Ingin mendapatkan hadiah ketika nilai bagus
  • Dan impian sukses lainnya di masa depan

Jadikanlah impian sobat tersebut sebagai motivasi utama agar rajin belajar. Kalau perlu, tuliskan impian tersebut di tempat yang mudah dilihat agar kita bisa selalu ingat.

Sebuah riset membuktikan bahwa orang yang mengingat impian mereka minimal 3 kali dalam satu minggu. Akan memberikan sugesti positif dan mendorong kita lebih giat mencapai impian tersebut.

Gimana sobat, masih mau malas belajar?

Sayang kan jika impian sobat tidak tercapai gara-gara kemalasan yang terus sobat biarkan begitu saja.

Baca juga : Arti Sukses Berawal Dari Mimpi

3. Ciptakan Tempat Dan Suasana Belajar Yang Nyaman

Seseorang bisa menjadi malas melakukan sesuatu karena tempat dan suasana yang kurang menarik. Termasuk dalam belajar, mungkin sobat malas karena tempat belajar dan suasana yang membosankan.

Maka dari itu, cobalah menciptakan tempat yang rapi, nyaman dan bersih. Sebuah study membuktikan bahwa tempat yang rapi akan mendorong otak kita berfikir lebih positif.

Sobat bisa mulai dari merapikan buku-buku, laptop dan peralatan belajar lainnya. Atau lebih bagus jika membuat susunan baru dalam tempat belajar tersebut.

Jangan lupa juga menambahkan wangi dan aroma yang wangi dalam tempat belajar tersebut. Karena harum dan wangi juga bisa mengubah mood kita menjadi lebih semangat.

Selain dari segi tempat, sobat bisa menciptakan suasana belajar yang menarik dan tidak monoton. Misalkan saja mencoba mengganti gaya belajar saat ini.

Ini bisa dicontohkan dengan memutar musik kesukaan, atau belajar dengan metode menonton video. Cobalah teknik belajar yang lain dari biasanya, dengan begitu suasana belajar tidak akan membosankan.

4. Motivasi Belajar Demi Membahagiakan Orang Tua

demi orang tua
demi orang tua

Jika diatas tadi kita sudah membahas tentang impian. Sekarang kita bahas lebih khusus, yakni rajin belajar demi membahagiakan orang tua kita.

Siapa yang tidak ingin membahagiakan orang tua? Pasti semua orang ingin, makanya jangan malas untuk belajar.

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sukses. Untuk anaknya yang sekolah atau kuliah, orang tua pasti menginginkan anak lulus dengan nilai terbaik.

Dengan rajin belajar, kita akan mampu mewujudkan keinginan orang tua kita. Dan kita akan menjadi anak kebanggaan yang tidak mengecewakan mereka.

Alasan lainnya karena biaya sekolah atau kuliah juga tidak murah. Sebagian dari orang tua kita, pasti ada yang harus bekerja keras demi sobat bisa sekolah atau kuliah.

Baca juga:  Toleransi Adalah: Berikut Arti, Manfaat, Tujuan, dan Contoh

Ketika orang tua sudah bekerja keras demi kita, dan kita malah malas belajar. Tentu saja ini hal yang tidak pantas dan bisa menyia-nyiakan usaha dari orang tua kita.

Dengan rajin belajar, tidak hanya untuk diri kita. Bahkan kita bisa membuat bangga dan bahagia untuk orang tua kita.

5. Jangan Menunda Waktu

jangan menunda waktu
jangan menunda waktu

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa merugikan diri kita sendiri, yakni terbiasa menunda-nunda waktu. Ini akan menyebabkan rasa malas dalam diri kita terus bertumbuh, termasuk malas belajar.

Kebiasaan dan kata-kata seperti ini :

Ntar dulu lah, 5 menit lagi.

Kerjain besok saja, sekarang santai dulu. 

Ah, deadline masih lama, ntar saja ngerjainnya.

PR nya harus dikumpulin minggu depan, kerjain ntar saja. 

Dan masih banyak lagi kalimat dan kata penundaan dalam keseharian lainnya. Cobalah untuk mengurangi dan menghilangkan kata tersebut bisa rajin belajar.

Dengan tidak menunda waktu akan menjadikan kita lebih disiplin dan semangat. Selain itu akan menjadikan diri kita lebih produktif lagi.

Kesimpulannya :

Jangan menunda hal-hal yang harus Anda kerjakan. Segera belajar jika Anda berfikir untuk menundanya, karena dengan menunda, Anda akan memupuk rasa malas yang semakin besar.

6. Berteman Dengan Orang Yang Tepat

80% dari perilaku seseorang dipengaruhi oleh lingkungan dan pertemanan mereka. Dengan siapa kita berteman, maka akan menjadikan kita seperti mereka.

Untuk menjadi orang yang rajin dan disiplin dalam belajar. Kita harus bisa memilih teman yang tepat, teman-teman yang memberikan support, motivasi dan inspirasi bagi kita untuk rajin belajar.

Sobat bisa berteman dengan orang-orang yang punya prestasi. Misalkan saja berteman dengan anak yang sering juara kelas, sering mendapatkan penghargaan dan sejenisnya.

Atau bisa juga berteman dengan orang yang sudah sukses. Orang-orang yang sukses pasti memiliki kisah dan perjuangan mereka, dan ini bisa menjadi sebuah motivasi bagi sobat agar rajin belajar.

Dengan pertemanan yang positif akan memberikan pengaruh yang baik. Akhirnya kita bisa jadi lebih rajin lagi untuk belajar.

Bukannya tidak boleh berteman, bukannya membeda-bedakan orang. Namun kurangi saja berteman atau bersama dengan orang-orang pemalas. Karena kebiasaan dalam pergaulan akan berpengaruh pada sifat dan kebiasaan yang kita punya.

7. Waktu Tidur Cukup Bisa Mengurangi Malas Belajar

waktu tidur yang cukup
waktu tidur yang cukup

Riset juga membuktikan, 90% orang yang rajin bangun pagi karena mereka memiliki waktu tidur yang cukup. Selain itu, waktu tidur yang cukup akan membantu kita menjalani hari dengan penuh semangat.

Dari sini, sobat bisa mencoba memiliki waktu tidur yang cukup. Agar lebih semangat menjalani aktifitas sepanjang hari, termasuk agar rajin belajar.

Orang yang tidurnya kurang akan mudah merasa pusing. Selain itu memiliki mood yang kurang baik, tidak hanya malas belajar, bisa juga malas bekerja dan melakukan aktifitas lainnya.

Pertimbangan lain yang tak kalah penting adalah soal kesehatan. Orang yang tidurnya kurang, rentan terserang berbagai macam penyakit.

Baca juga:  Pengertian Argumentasi Adalah: Berikut Ciri dan Strukturnya

Jadi kesimpulannya adalah

Waktu tidur yang cukup bisa membantu kita memiliki mood yang bagus dalam keseharian, sehingga menjadikan lebih semangat menjalani aktifitas, termasuk dalam hal belajar.

8. Olahraga Rutin Dan Makan Teratur

Olahraga adalah hal yang cukup berat untuk dilakukan. Hanya orang yang memiliki motivasi yang mampu melakukannya secara rutin.

Namun tahukah sobat kalau bisa rajin olahraga akan membuat kita rajin dalam segala hal, termasuk rajin belajar.

Ya, karena olahraga membuat otak kita lebih fresh, mendatangkan mood yang bagus dan pemikiran yang positif. Jadi rajin olahraga bisa membantu sobat untuk rajin belajar. Manfaat lainnya tentu saja membantu kita untuk hidup lebih sehat.

Selain olahraga, pola makan yang teratur akan menjadikan diri kita lebih semangat dalam sehari-hari. Tubuh akan terasa lebih ringan dan segar.

Sebuah fakta yang pasti pernah sobat temui. Yakni makan kekenyangan akan menjadikan orang malas, ngantuk dan hal buruk lainnya. Maka, makan teratur bisa membantu pola hidup kita lebih baik, termasuk bisa menciptakan semangat dalam belajar.

9. Mengatur Jadwal Sehari-hari Dengan Baik

Orang yang memiliki jadwal teratur akan memiliki kehidupan yang lebih baik. Dia akan mampu membagi waktu dengan baik dan menjadi produktif.

Sobat bisa menerapkan hal ini agar lebih rajin serta disiplin dalam belajar. Bagilah waktu yang baik antara :

  • Waktu untuk bergaul, bermain dengan teman
  • Waktu sekolah atau kuliah
  • Waktu istirahat (tidur)
  • Waktu bersama dengan keluarga
  • Waktu “me time”
  • Waktu ibadah
  • Dan waktu untuk belajar

Jika sobat memiliki pengaturan waktu yang bagus, maka hidup akan lebih menarik. Tentu saja kita akan menjalaninya dengan lebih semangat.

Efeknya adalah menjadikan kita lebih rajin dan juga disiplin dalam belajar. Selain itu, kita bisa memiliki kehidupan yang lebih berkualitas.

10. Rajin Beribadah Membantu Kita Rajin Belajar

Ibadah akan memberikan kita aura yang positif, pemikiran yang baik dan juga mood yang baik. Jadi jangan lupakan ibadah kita setiap harinya.

Bagi sobat yang muslim bisa menjaga sholat kita setiap harinya dalam 5 waktu. Ini akan memberikan kita hidup dengan pemikiran yang lebih semangat.

Ibadah dengan rutin juga menjauhkan diri kita dari banyak sifat buruk, termasuk sifat malas. Jadi dengan beribadah secara rajin bisa membuat kita rajin pula dalam belajar.

Selain itu, tentu akan memberikan banyak dampak posifit lainnya ketika kita rajin beribadah. Hati kita lebih tenang, hidup kita lebih tertata dan bisa mendapatkan pahala untuk akhirat kelak.

11. Memaksa Diri Untuk Rajin Belajar

Jika sobat sudah melakukan semua hal diatas dan masih malas belajar. Maka tidak ada jalan lagi, yakni paksa diri Anda untuk belajar.

Sebuah riset membuktikan bahwa orang yang memaksa dirinya 10 kali akan mulai bersedia. Jika sobat sudah melakukannya lebih dari 20 kali akan menjadi kebiasaan.

Begitu juga dengan belajar, jangan pelihara rasa malas Anda dan paksakan untuk belajar. Semakin lama sobat akan semakin terbiasa.

Awalnya memang berat, namun karena sudah terbiasa lama kelamaan bisa menjadi kebiasaan yang tidak membebani.

Oke sobatku, diatas adalah beberapa tips atau cara agar sobat tidak malas belajar dan bisa menjadi rajin kembali.  Jika sobat mempraktekkannya dengan baik, maka akan menjadi rajin dan disiplin dalam belajar. Cukup sekian, dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button