Bisnis

Rincian Modal Ternak Puyuh Petelur 100 Ekor Untuk Pemula!

Banyak yang bertanya-tanya modal ternak puyuh petelur 100 ekor itu berapa? Bisakah dengan modal minim? Ataukah harus besar? Itu semua akan kita bahas disini. Usaha ternak puyuh merupakan sebuah usaha bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai usaha dengan penghasilan utama. 

Untuk sekarang ini peluang usaha ternak buruh puyuh juga sedang diminati oleh banyak kalangan. Jika kamu benar yakin menjalankan usaha di bisnis ini, maka usaha ternak puyuh ini bisa menjadikan sumber penghasilan yang utama untuk kamu. 

Manfaat Ternak Burung Puyuh

Dari usaha ternak puyuh ini kamu juga dapat menghasilkan keuntungan juga dari bulu, kotoran atau daging. Bulu burung puyuh biasanya dipergunakan untuk isian bantal, untuk melukis atau campuran pakan ternak hewan lainnya. 

Dan kotoran burung puyuh ini dapat dipergunakan sebagai pupuk kandang. Dan jika masa produktivitas bisnis puyuh sudah habis. Kamu bisa dapat menjual burung puyuh ke pedagang warung lamongan atau yang lainnya. Daging puyuh juga bisa dimanfaatkan untuk diolah dan menjadi santapan yang enak.

Cukup menggiurkan bukan usaha bisnis ternak ini? Lalu bagaimana sih cara ternak burung puyuh petelur yang mudah dan berapa modal ternak puyuh petelur 100 ekor? Apakah bisa memulai usaha ternak burung puyuh ini?? Nah, yuk simak penjelasan yang lengkap di bawah ini!

Inilah Rincian Cara dan Modal Ternak Puyuh Petelur 100 ekor

Modal Ternak Puyuh Petelur 100 Ekor
Modal Ternak Puyuh Petelur 100 Ekor

Berikut adalah cara dan modal ternak burung puyuh yang perlu kamu ketahui: 

Ketahui Terlebih Dahulu Karakter produksi puyuh

Sebelum membahas tentang modal ternak puyuh petelur 100 ekor, kita bahas dulu tentang cara ternaknya. Burung puyuh merupakan termasuk burung unggas, akan tetapi memiliki ukuran yang kecil. Sebelum memulai usaha bisnis ini kamu juga perlu mengetahui dan memahami karakter produksi burung puyuh.

Baca juga:  Barang Yang Cepat Laku Dijual Online, 6 Contohnya

Biasanya burung puyuh betina dewasa memiliki berat rata rata 120 hingga 150 gram. Pakan yang dibutuhkan sebanyak 20 gram per ekor per hari. Burung puyuh ini biasanya menghasilkan 250 sampai 300 butir perekor per tahun.

Hitung-hitungan ini akan diperlukan untuk menentukan modal ternak puyuh petelur 100 ekor. Sama halnya seperti ayam petelur, masa produksi telur optimalnya dari burung puyuh ini adalah selama 14 bulan. Dan puncak produksi telur saat puyuh berusia 5 bulan, sedangkan burung puyuh akan mulai bertelur pada usia 35 hari.

Jadi secara umum fase pertumbuhan burung puyuh dibagi menjadi 3 tahapan yakni :

  • Periode awal adalah starter 0 hingga 3 minggu
  • Periode kedua grower 3 hingga 5 minggu
  • Periode ketiga periode layer lebih dari 6 minggu 

Ada hal juga yang perlu kamu waspadai bahwa burung puyuh ini memiliki sifat kanibal. Jadi, kepadatan dalam kandang juga perlu diperhatikan supaya sesama puyuh tidak saling melukai. Selain itu, kamu juga perlu memberikan pakan secara teratur, supaya mencegah sifat kanibal burung puyuh tersebut.

Kandang ternak puyuh petelur

Hal selanjutnya kamu juga perlu membuat tempat untuk burung puyuh, atau kandang untuk burung puyuh. Dengan adanya kandang, produksi telur dari burung puyuh ini akan lebih teratur, hal ini juga bisa menjadikan pengambilan telur menjadi lebih teratur dan efektif.

Maka, sebisa mungkin kamu membuat kandang burung puyuh senyaman mungkin, agar burung puyuh lebih nyaman dan tenang. Sebisa mungkin juga kamu isi kandang jangan terlalu padat. Usahakan kamu membuat kandang dengan ukuran luas 1m2, dan dapat diisi burung puyuh sebanyak 35 ekor.

Jika ukuran kandang yang kamu buat panjang 100 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 35 cm, maka kandang tersebut bisa diisi burung puyuh sebanyak 20 ekor. Jika kandang kamu buat secara vertikal maka jarak lantai dengan atap kandang di bawahnya dibuat ukuran sekitar 10 sampai 20 cm.

Baca juga:  Cara Bisnis Inject Paket Internet Hasilkan Jutaan Rupiah

Kolong yang pertama buatlah agak tinggi yaitu antara 30 hingga 40 cm. Hal ini supaya lantai kandang tidak terpengaruh dari kelembaban tanah atau lantai. Peralatan pembuatan kandang tentunya berpengaruh pada besar kecilnya modal ternak puyuh petelur 100 ekor.

Pakan puyuh petelur

Pakan burung puyuh bisa kamu dapatkan dengan membeli di pasar yang menjual pakan puyuh. Burung puyuh dewasa yang sudah siap bertelur membutuhkan pakan sebanyak 20 gram per ekor. Jumlah pemberian pakan pada burung puyuh ini juga perlu kamu perhatikan agar burung puyuh tidak kekurangan pakan. 

Berilah pakan pada burung puyuh sesuai dengan berat badan dan berilah pakan dua kali sehari pagi dan sore hari. Waktu pagi sebaiknya kamu memberi pada pukul 06.00 dan sore sekitar pukul 15.00 dan sediakan minum setiap saat. Dari itu, kamu bisa memperhitungkan jumlah pakan dan besarnya modal ternak puyuh petelur 100 ekor.

Bibit puyuh petelur

Bibit burung puyuh juga harus kamu pastikan kualitasnya. Percuma saja jika kandang dan pakan yang kamu berikan bagus, namun bibit burung puyuh tidak bagus dan tidak berkualitas. Nanti juga akan berpengaruh pada produksi telur burung puyuh yang kurang bagus dan tidak memuaskan.

Belilah bibit puyuh petelur dari peternak yang sudah kamu kenal sebelumya, carilah informasi mengenai tentang ternak burung puyuh ini. kamu juga bisa mencari informasi dari ahlinya atau bisa juga dari internet.

Jika kamu ragu untuk membeli bibit burung puyuh di pasaran, kamu juga bisa membeli bibit puyuh dari peternak yang sudah lama terjun dalam usaha ternak burung puyuh ini. Akan tetapi sebisa mungkin kamu perlu bersabar untuk mendapatkan bibit burung puyuh yang berkualitas baik.

Baca juga:  Cara Budidaya Lidah Buaya di Polybag Bagi Pemula, Simak Yuk!

Terkadang kita membeli dari peternak langsung pun belum tentu burung puyuh tersebut memiliki kualitas yang baik. Karena peternak yang sudah lama terjun jarang menjual bibit burung puyuh yang berkualitas. 

Berikut ini ciri-ciri bibit burung puyuh yang baik dan berkualitas :

    • Burung puyuh minimal berusia 4 atau 5 minggu.
    • Ukuran berat burung puyuh petelur sedang yaitu sekitar 1,5 – 1,7 ons atau 150 – 170 gram.
    • Burung puyuh dalam kondisi sehat dan aktif
    • Bibit puyuh tidak kanibal, memiliki mata yang bening, dan tegap.

Puyuh berasal dari keturunan indukan yang memiliki  kemampuan bertelur yang terbaik

Harga bibit puyuh petelur

Pada umumnya harga bibit burung puyuh berkisar Rp.6.000 sampai Rp. 8.000. harga yang tersebut biasanya harga bibit burung puyuh yang akan siap untuk bertelur. Untuk harga bibit, harga bisa berubah sewaktu-waktu dan itu pastinya berpengaruh pada modal ternak puyuh petelur 100 ekor. 

Keuntungan beternak burung puyuh meskipun hanya 100 ekor

Keuntungan saat beternak burung puyuh petelur tergantung pada berapa banyak produksi telur puyuh yang telah siap panen, selain itu dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya yaitu 

  1. Jumlah konsumsi pakan yang sudah diberikan
    b. Harga pakan untuk burung puyuh
    c. Harga telur puyuh saat dijual
    d. Kesehatan puyuh yang terjamin
    e. Kualitas telur puyuh yang baik

    Faktor nomor a dan b tidak bisa diprediksikan dengan pasti karena di setiap daerah harga pakan dan harga telur pastilah berbeda. Jadi yang menjadi patokan adalah harga pakan dan telur di daerah sekitarmu.

Demikianlah Ulasan tentang modal ternak puyuh petelur 100 ekor, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button