Pekerjaan

Freelance Adalah: Berikut Pengertian, Cara Kerja, dan Tips

freelance-adalah
Foto: Freepik

Di era digitalisasi, berbagai aktivitas dapat dilakukan hanya menggunakan internet saja salah satunya bekerja. Dengan demikian, freelance bukan merupakan suatu hal yang asing lagi ditelinga kita. Meskipun begitu, mungkin beberapa dari kalian mempertanyakan pengertian freelance adalah, dan beberapa pertanyaan umum lainnya. 

Perlu kamu ketahui, dalam freelance ini tersedia banyak sekali bidang. Tentunya, ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan ketika kamu memilih freelance salah satunya seperti waktu, tempat, dan jam kerja lebih flexible. Selain itu, tentunya kamu juga dapat bekerja dari rumah.

Terlepas dari itu, pastinya kalian penasaran dan ingin mengetahui freelance ini lebih mendalam. Untuk itu, pada pembahasan kali ini topik yang akan dibagikan berfokus untuk membahasa freelance mulai dari pengertian hingga tips menjadi seorang freelance sukses. Penasaran? Yuk!simak.

Pengertian freelance adalah?

Perlu kamu ketahui, secara etimologi istilah freelance pertama kali dikenalkan oleh Sir Walter Scott. Pekerja lepas atau freelance adalah suatu pekerjaan yang mana dapat dikerjakan oleh dirinya sendiri tanpa terikat penuh dengan perusahaan. Singkatnya, freelance itu sendiri merupakan suatu pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang tetapi tetap memiliki ikatan kerja yang kuat. 

Umumnya, freelance ini dilakukan oleh mahasiswa atau pelajar yang mengisi kekosongan waktunya untuk bekerja. Selain itu, biasanya pekerjaan freelance juga memiliki batas waktu tenggat atau deadline dari suatu pekerjaan tersebut. Menariknya, seorang freelance dapat bekerja dimanapun dan kapanpun tanpa ada batasan tempat dan lain sebagainya. 

Baca juga: Ekosistem Adalah: Pengertian, Komponen, Jenis, dan Contohnya

Perbedaan part time dan freelance adalah?

Setelah mengetahui penjelasan mengenai freelance, mungkin kamu menganggap bahwa part time dan freelance itu hal yang sama, tetapi jelas keduanya berbeda. Jika dalam freelance terdapat sistem bebas yang mana para pekerjanya dapat mengatur waktu kerja mereka. Sedangkan part time, kamu harus memiliki sistem pembagian waktu yang baik. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya pekerja part time yang masih seorang mahasiswa atau pelajar. 

Apa jadi freelancer menjanjikan?

Mungkin beberapa dari kalian penasaran, bahkan mempertanyakan apakah menjadi freelance gaji yang akan didapatkan menjanjikan. Perlu kamu ketahui, walau terkesan tidak menjanjikan. nyatanya freelance merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan khusus bagi mereka yang tidak ingin bekerja terikat dengan waktu dan ingin kebebasan dalam berekspresi. Selain itu, ada juga beberapa keuntungan lain yang akan diperoleh jika kamu memilih bekerja menjadi seorang freelance.

Cara Kerja Freelance

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa seorang freelance ini tidak terikat dengan kontrak yang panjang dan tidak terikat dengan perusahaan. Dengan demikian, tentunya seorang freelance memiliki kebebasan dalam mengerjakan pekerjaannya. Biasanya, seorang freelance ini menetapkan waktu, serta jam nya atau deadline untuk pekerjaan yang mereka kerjakan. 

Perlu kamu ketahui, seorang freelancer bukanlah karyawan suatu perusahaan. Dengan demikian, mereka akan bebas untuk menyelesaikan pekerjaan yang berbeda secara bersamaan oleh berbagai individu atau perusahaan. Selain itu, freelance juga tidak dianggap sebagai karyawan dalam perusahaan tempat dimana mereka bekerja, melainkan sebagai seseorang yang di kontrak.

Terlepas dari itu, umumnya seorang freelancer menjual jasa, keterampilan, serta skill dan pengalaman mereka untuk bekerjasama dengan banyak klien dan melakukan berbagai tugas tanpa berkomitmen pada suatu perusahaan. Selain itu, para freelance juga memiliki kebebasan untuk bekerja dari rumah atau dari ruang kerja mereka sendiri, memiliki jam kerja yang fleksibel, dan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. 

Bidang Pekerjaan Freelance

Diera digital ini, ada banyak sekali pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh seseorang dengan cara freelance. Menariknya, hampir semua bidang pekerjaan dapat kamu jadikan sebagai pekerjaan freelance. Selain itu, biasanya seorang freelance menawarkan jasa, skill, atau pengetahuan mereka.

Beberapa bidang freelance tersebut antara lain seperti jurnalisme, penelitian buku, penerbitan jurnal, programmer, editor video, editor photo, penulis lepas, dan masih banyak lagi. Selain itu, biasanya seorang freelancer juga menggunakan pihak ketiga untuk menawarkan jasa, skill, atau pengetahuan mereka. Beberapa pihak ketiga tersebut seperti project co id, fiverr com, sribulancer, dan masih banyak lagi.

Namun, perlu kamu ketahui tentunya setiap layanan pihak ketiga atau platform tersebut memiliki ketentuannya masing-masing. Umumnya, mereka mengenakan biaya tertentu dalam setiap penjualan kepada klien. Dengan demikian, tentunya kamu tidak perlu mencari klien ketika kamu sudah menawarkan skill, jasa, atau lain sebagainya pada platform pihak ketiga tersebut.

Baca juga: Ini Dia 5 Cara Menjadi Freelance Translator Untuk Pemula

Tips Menjadi Freelancer Sukses

Meskipun terdengar cukup mudah menjadi seorang freelancer, tetapi nyatanya ada banyak hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin menjadi seorang freelancer. Adapun beberapa tips menjadi freelance sukses seperti berikut ini:

1. Menentukan platform

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menjadi seorang freelancer tentunya kamu memerlukan tempat untuk menawarkan atau mencari klien yang membutuhkan jasa atau skill yang kamu miliki. Ada banyak sekali platform yang menyediakan layanan tersebut, namun ada baiknya kamu mencari terlebih dahulu mengenai platform tersebut karena masing-masing dari mereka memiliki ketentuan pajak, dan cara kerja yang berbeda-beda. 

2. Membangun portofolio dan profil

Setelah menentukan platform yang pas dan cocok, selanjutnya langkah yang perlu kamu lakukan yaitu membangun sebuah portofolio dan profil yang jelas. Tujuan membangun portofolio dan profil yaitu untuk menarik minat para klien yang ingin menggunakan jasa atau skill yang kamu tawarkan. Pasalnya, tentu calon klien memilih seorang freelancer yang jelas. Oleh karena itu, cobalah membuat beberapa sampel projek yang maksimal dan cobalah untuk diperlihatkan kepada calon klien. 

3. Membangun kepercayaan pelanggan

Salah satu hal terpenting dalam berbisnis yaitu membangun kepercayaan pelanggan. Hal yang satu ini sangatlah mutlak untuk kamu lakukan. Oleh karena itu, pastikan kamu untuk memberikan kepuasan serta membangun kepercayaan dengan cara bersikap jujur dan terbuka kepada para pelanggan.

Baca juga: 7 Motivasi Bisnis Untuk Kamu Calon Pengusaha Sukses

4. Bekerja secara profesional

Meskipun para freelancer dapat bekerja secara lepas dan tidak terikat dengan waktu, jam dan tempat dengan suatu perusahaan. Namun, untuk menjadi seorang freelancer sukses tentunya kamu perlu membagi waktu dengan baik. Selain itu, pastikan kamu memberikan keterangan deadline atau tenggat dari pekerjaan yang kamu lakukan tersebut. Jika kamu menjanjikannya dua hari, maka sebaiknya kamu menepati kesepakatan tersebut. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button