Bisnis

8 Langkah, Cara Ternak Lebah Klanceng Untuk Pemula!

Cara Ternak Lebah KlancengLebah atau Tawon merupakan hewan yang dianggap hama oleh masyarakat indonesia pada jaman dulunya. Akan tetapi lebah klanceng ini sekarang banyak sekali dibudidaya oleh masyarakat di indonesia. 

Lebah klanceng ini memiliki sebutan lain seperti lebah kelulut atau lebah trigona, dan lebah ini tidak memiliki sengat. Pada saat ini usaha bisnis ternak madu juga sudah menjadi peluang usaha yang banyak diminati oleh para pengusaha pemula. 

Untuk beternak hewan lebah tawon ini seorang peternak perlu menyediakan tempat lebah atau ladang lebah yang digunakan untuk budidaya. Usaha ternak lebah tawon in memiliki permintaan minat di pasar yang relatif cukup tinggi. Dalam memulai usaha ternak lebah ini tentu saja anda tak hanya memanfaatkan hasil madunya saja. Ada Pula telur lebah yang bisa dihasilkan dari usaha bisnis ternak lebah klanceng ini. lebah klanceng ini biasanya bersarang pada bumbu atau atap rumah. 

Nah, sebelum anda memulai usaha bisnis lebah ini, anda perlu memperhatikan beberapa tips dan cara ternak lebah klanceng secara tepat. yuk simak penjelasan berikut ini.

Cara Ternak Lebah Klanceng 

cara ternak lebah klanceng
cara ternak lebah klanceng

Sebelum anda memulai usaha ternak lebah ini anda perlu memperhatikan hal penting sebagai berikut :

  • Jenis Jenis Lebah Klanceng 
    1. Lebah Klanceng Laeviceps
    2. Lebah Klanceng Itama
    3. Lebah Klanceng Biroi

Madu klanceng memiliki kecenderungan rasa yang beragam antara lain yakni, rasa kecut, manis serta pahit. Madu yang dihasilkan juga memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Selain itu, harga jual madu lebah tawon klanceng ini juga lebih besar.

Baca juga:  Usaha Tak Ada Matinya, Begini Cara Bisnis Grosir Rokok Untuk Pemula

1. Pembuatan Kandang 

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah pembuatan kandang, kandang yang perlu anda buat untuk lebah tawon klanceng ini. kandang lebah klanceng ini biasanya dibuat dari bahan bambu atau kayu karena pada dasarnya lebah klanceng ini bersarang pada bambu. 

Biasanya juga kandang dibuat dengan ukuran lebar kira kira 2 meter dan panjangnya bisa anda sesuaikan sendiri. Dengan adanya kandang ini memiliki fungsi untuk menyimpan kotak agar terhindar dari air hujan ataupun sinar matahari langsung.

2. Cara Pembuatan Rak

Rak yang dibutuhkan untuk ternak lebah klanceng juga terbuat dari bambu dan kayu yang dibuat dengan memiliki fungsi untuk menyimpan. Lebih jelasnya fungsi rak ini untuk menyimpan kotak atau stup lebah yang telah terisi dengan koloni lebah dan kotak lebah yang belum terisi.

3. Cara Pembuatan Kotak Stup

Pembuatan kotak atau stup yang terbuat dari kayu yang tipis dengan tebal 1,5 cm dengan jenis kayu randu. Dan ukuran kotak stup ini biasanya dibuat dengan ukuran panjang 20 cm, lebar 20 cm, serta tinggi 20 cm guna sebagai permukaan pintu. Dan pintu tersebut bisa dibuka dan ditutup yang salah satu sisinya diberikan lubang kecil sebagai jalan keluar masuknya lebah.

4. Pembibitan Lebah Klanceng

Dan setelah anda membuat kandang, rak serta kotak maka, langkah selanjutnya anda memilih pembibitan lebah klanceng yang berkualitas. Biasanya lebah yang akan anda ternak yakni lebah dari hasil buruan.

Dan lebah klanceng ini bisa anda dapatkan dari ruas ruas bambu atau atap rumah yang kayu mulai lapuk. Jadi untuk cara mengambil lebah klanceng ini anda hanya perlu memindahkan ke dalam kotak yang telah disiapkan. Kemudian kotak atau stup yang telah terisi dengan lebah tawon anda perlu menyusun di rak rak yang telah anda buat sebelumnya. 

Baca juga:  6 Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Rumput, Wajib Disimak!

5. Proses Perkembangbiakan Lebah Klanceng

Proses perkembang biakan lebah tawon klaceng ini pun lebih mudah, karena pada prospek ternak lebah klanceng ini akan menciptakan ratu lebah klanceng sebagai perkembangbiakan generasi lebah baru.

Pada lebah tawon klanceng ini yakni setiap 6 bulan sekali biasanya lebah klanceng ini akan tumbuh koloni baru. Lebah tersebut akan tumbuh pada kotak atau stup, dan untuk langkah berikutnya anda perlu memindahkan segera ke dalam kotak atau stup yang baru.

6. Cara Memelihara Lebah Klanceng 

Untuk pemeliharaan hewan lebah klanceng ini relatif sangat mudah dan sederhana. Hal yang terpenting utama yakni anda hanya perlu menjaga kebersihan lingkungan yang baik untuk menunjang perkembangbiakan produksi lebah klanceng ini.

Pemeliharaan hewan lebah klanceng ini juga tidak lupa untuk memberikan pakan pada lebah. Pakan yang tepat untuk lebah klanceng ini yakni dengan anda memberikan jenis tanaman seperti nangka, pepaya dan lainnya. Yang berikutnya lebah klanceng ini akan menghasilkan suatu serbuk sari, getah dan nektar.

7. Bersihkan Selalu Kandang Lebah klanceng 

Pembersihan pada kandang lebah ini juga tak lupa disaat anda menjalankan usaha bisnis ternak lebah klanceng ini. lakukan pembersihan kandang lebah secara rutin dan berkala, sebab, jika kandang lebah dibiarkan tanpa adanya pembersihan. Maka, rumah rumah lebah akan terancam dimakan rayap.

Terutama pada lebah klanceng ini pada dasarnya hewan lebah yang suka hinggap pada bambu bambu atau atap rumah kayu yang telah lapuk. Hal ini juga sangat perlu sekali anda perhatikan bahwasannya rumah yang ditempati juga tak jauh dari hinggapan rayap.

8. Proses Pemanenan Lebah Klanceng 

Proses pemanenan madu lebah klanceng ini tentu saja yang akan ditunggu tunggu oleh para peternak. Panen madu lebah klanceng ini biasanya dilakukan setiap 1 hingga 2 bulan, dan ciri ciri madu yang sudah siap dipanen antara lain sebagai berikut :

Baca juga:  5 Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Kecil Kecilan (Untuk Pemula)

Lebah klanceng akan membuat bulatan atau dompolan seperti halnya buah kopi. Dalam kotak dengan memiliki warna yang merah kecoklatan hal tersebut sudah terisi oleh madu. Lalu, dompolan tersebut bersihkan dari para lebah klanceng yang masih menempel, dan congkel dengan kap dari plastik. 

Dan berikutnya dompolan madu dikumpulkan dan diekstrak untuk diambil madunya. Adapun urutan proses panen madu lebah klanceng yang tepat sebagai berikut :

  • Mengambil dan mengumpulkan dompolan dompolan madu dengan KP yang telah disediakan. 
  • lalu, dompolan tersebut diperas untuk dipisahkan madu dan lilinya
  • Setelah diperas lanjut saring madu 
  • Setelah proses saringan madu selesai simpanlah madu tersebut dalam suhu ruang yang bisa menghilangkan gelembung udara dan gas pada madu. 
  • setelah semua proses selesai lanjutin pengemasan madu dengan botol yang baik. 

Nah, setelah proses pemanenan selesai anda lanjut bisa menawarkan atau mempromosikan hasil ternak madu lebah klanceng yang telah anda panen. Hasil dari madu lebah klanceng ini juga sudah terbilang sangat tinggi harganya, berbeda dengan madu lebah lebah yang lainnya. 

Madu lebah klanceng ini juga memiliki banyak manfaat yang tentu saja bisa untuk kesehatan pada tubuh manusia. Selain madu, lilin pada lebah bisa dimanfaatkan untuk sebuah industri farmasi dan bisa digunakan untuk bahan campuran pada produk kosmetik.

Demikianlah artikel tentang cara ternak lebah klanceng ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin memulai bisnis ternak lebah klanceng ini. Salam sukses dari admin blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button