Bisnis

Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula, Cukup 5 Langkah Saja!

Cara ternak kelinci pemula dapat dipelajari disini dengan mudah dan menguntungkan. Kelinci merupakan suatu hewan yang dipelihara dan disukai oleh banyak kalangan masyarakat, terkadang kelinci ini diminati oleh orang untuk dipelihara. Yang membuat orang suka memelihara kelinci adalah adanya keindahan bulu dari kelinci yang memiliki warna yang cantik.

Tak bisa dipungkiri juga sekarang malah banyak masyarakat yang membuka peluang usaha bisnis ternak kelinci ini. usaha bisnis ternak kelinci ini terbilang juga keuntungannya cukup menjanjikan, dan kelinci inipun termasuk hewan yang gampang sekali untuk dijinakan.

Tentang Kelinci

tentang kelinci
tentang kelinci

Sebelum membahas tentang cara ternak kelinci pemula, kita harus mengenal bagaimana itu kelinci. Kelinci mudah beradaptasi, dan memiliki perkembangan yang cukup cepat. Pada umumnya kelinci ini terdapat dua kelompok kelinci yakni kelinci hias dan kelinci budidaya. 

Kelinci hias merupakan jenis kelinci untuk dipelihara dan sebagai hewan peliharaan. Dan kelinci budidaya adalah kelinci yang bisa untuk dikonsumsi dagingnya atau diambil kulit dan bulunya. Sebenarnya juga banyak kelinci yang awalnya hanya untuk dipelihara atau menjadi hewan kesayangan. 

Akan tetapi kemudian hari kelinci kelinci ini dimanfaatkan untuk menjadi kelinci pedaging yang bisa untuk dikonsumsi. Biasanya kelinci memiliki keunggulan dengan rasnya masing masing, kelinci ras biasanya memiliki bobot yang besar dan perkembangbiakanya cukup tinggi.

Begitu sebaliknya, kelinci yang awalnya hanya diperuntukan untuk dikonsumsi namun, karena bentuk dan rupa yang indah cantik kemudian malah dikembangkan dan dijadikan sebagai kelinci hias. Jika kamu akan memulai bisnis ternak, kamu juga perlu mengetahui hal mana yang akan kamu fokuskan ketika beternak kelinci ini.

Baca juga:  7 Cara Usaha Laundry Kiloan Untuk Pemula (Modal Kecil)

Anda bisa memilih fokus pada daging, kulit atau bulunya, kelinci pun memiliki jenis dan keunggulan yang berbeda beda. Sebelum lebih lanjut membahas cara ternak kelinci pemula kita ketahui jenis-jenis kelinci. 

Jenis Jenis Kelinci 

Sebelum kamu memulai usaha ternak kelinci ini kamu perlu mengetahui jenis jenis kelinci berikut ini :

  1. Kelinci Rex
  2. Kelinci Polandia 
  3. Kelinci Mini Lop
  4. Kelinci Eropa
  5. Netherland Dwarf 
  6. Kelinci Jersey Wooly

Berikutnya bagaimana cara membudidayakan dan ternak kelinci dengan baik?Ikuti beberapa cara berikut ini :

Cara Ternak Kelinci Pemula yang Mudah 

cara ternak kelinci
cara ternak kelinci

Adapun cara beternak kelinci yang mudah bagi pemula adalah:

1. Menyediakan Kandang Ternak Kelinci

Cara ternak kelinci pemula adalah menyiapkan kandang yang tepat. Budidaya ternak kelinci ini hal utama yang perlu kamu siapkan adalah membuat kandang kelinci, atau menyediakan tepat kelinci. Dalam penyediaan kandang kamu perlu mengetahui sistem yang ada, yaitu kandang sistem terbuka dan kandang sistem tertutup.

Kandang sistem terbuka adalah kandang yang berupa hamparan tanah rumput dengan dikelilingi pagar. Sehingga kelinci dibiarkan bebas untuk beraktivitas di dalam area tersebut, kandang terbuka inilah yang memiliki ciri khas usaha ternak kelinci.

Sedangkan kandang tertutup merupakan kandang yang dibatasi oleh tembok, lantai dan atap. Kandang yang satu ini cocok untuk usaha ternak secara intensif, jenis kandang tertutup ini memiliki 2 tipe yaitu tipe baterai dan tipe postal.

Kandang tipe baterai ini merupakan kandang yang dirancang untuk menempatkan kelinci pada tiap naungan berbeda. Sedangkan tipe postal adalah digunakan untuk menempatkan beberapa ekor kelinci sekaligus.

2. Memilih Indukan Kelinci

Berikutnya cara ternak kelinci pemula yaitu pemilihan indukan kelinci. untuk pemilihan indukan ini kamu juga perlu memperhatikannya dengan teliti. Karena pemilihan bibit ini sangat berperan dalam menentukan tingkat keberhasilan dalam berbisnis usaha ternak ini. 

Baca juga:  5 Cara Menambah Saldo Rekening Tanpa Menabung

Indukan ini juga memiliki peran yang cukup penting dalam kualitas hasil ternak. Berikut ini beberapa tips memilih bibit kelinci yang berkualitas, antara lain :

  • Pastikan terlebih dahulu riwayat kesehatan yang baik dan dapat menghasilkan banyak keturunan dalam sekali proses kelahiran 
  • Carilah berat tubuh indukan betina sekitar 4-5 kg dan jantan sekitar 3-5 kg
  • Kelinci memiliki pinggul yang berbentuk bulat
  • Indukan kelinci memiliki mata yang cerah, tidak lesu 
  • Bulu kelinci terlihat sangat bersih terutama pada sekitar alat vital.

3. Pakan Ternak Kelinci

Pakan yang berkualitas dan tepat adalah cara ternak kelinci pemula yang harus sangat diperhatikan karena cara ternak kelinci pemulamempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan kelinci. Untuk memberi pakan kelinci juga tidak begitu sulit, karena pada dasarnya kelinci jika hidup atau berkembang di alam bebas. Kelinci tersebut hanya mengonsumsi tumbuh tumbuhan, namun untuk kelinci ternak sebaiknya berilah pakan berupa konsentrat, tumbuh tumbuhan, dan vitamin.

Tumbuh tumbuhan biasanya meliputi, wortel, kangkung, lobak atau sayuran yang lainnya. Untuk konsentrat biasanya berupa pelet, dengan pemberian pelet ini kepada kelinci biasa nya mempermudah untuk memberikannya kepada kelinci.

Namun, biaya untuk pembelian pelet ini tergolong mahal meski ketersediaannya lebih terjamin. Tak lupa juga berikan selalu tumbuh tumbuhan hijau, pastikan juga hijau hijauan tersebut layu terlebih dahulu. Untuk mencegah kembung perut pada kelinci yang bisa mengakibatkan kematian.

4. Proses persilangan Kelinci

Selanjutnya, yang perlu dibahas dalam cara ternak kelinci pemula adalah proses perkawinan kelinci. Seperti yang sudah kamu ketahui sebelum kamu melakukan perkawinan kelinci ini kamu perlu memilih indukan yang berkualitas dan memiliki reproduksi anak yang banyak. 

Kelinci melakukan reproduksi dengan cara melahirkan, dan kelinci memasuki tahap dewasa. Dan akan siap dikawinkan pada usia 6 hingga 12 bulan sesuai dengan ras masing masing. Ada dua cara untuk proses mengawinkan kelinci ini, yaitu secara kelompok dan berpasangan.

Baca juga:  Cara Sukses Usaha Sembako Modal 5 Juta yang Menguntungkan, Simak!

Persilangan kelompok dilakukan dengan cara menempatkan beberapa ekor kelinci betina dan pejantan dalam satu tempat yang sama. Akan tetapi satu ekor pejantan bisa mengawini 5 sampai 10 ekor kelinci betina.

Sementra itu, jika dengan berpasangan dilakukan dengan menempatkan satu ekor betina dan satu pejantan dalam 1 tempat yang sama. Selama masa persilangan coba amati dengan seksama apakah proses perkawinan terjadi atau tidak. 

Jika tidak maka, kemungkinan besar tidak ada kecocokan antara kelinci tersebut sehingga pejantan harus segera diganti dengan pejantan yang lainnya.

5. Proses panen

Untuk melakukan proses panen ini juga tidak ada patokan pada umur berapa kelinci kelinci ternak tersebut bisa dipanen. Kelinci biasa nya dijual anakannya untuk dipelihara apapun rasanya, jika kamu fokus untuk menjual anakannya. Maka sebaiknya pastikan umur kelinci sudah menginjak umur diatas dua bulan.

Lebih tepatnya setelah lepas masa penyusuan, sebab kelinci yang umurnya terlalu muda dikhawatirkan tidak akan mampu untuk bertahan hidup saat berpisah dari induknya. Berbeda lag dengan kelinci pedaging yang biasanya dipanen saat kelinci tersebut berumur 3,5 bulan dan memiliki bobot mencapai 2 kg sampai 3 kg. 

Pada umumnya, tidak ada patokan pada umur berapa ternak kelinci bisa mulai dipanen. Saat ini, pasar kelinci juga tidak terlalu ramai seperti jenis pedagang lainnya.

Nah, artikel diatas cukup membantu bukan?? Untuk kamu sebagai pemula yang ingin memulai bisnis usaha ternak kelinci ini. mengingat banyaknya hama penyakit yang bisa menyerang hewan, maka kamu perlu selalu menjaga kebersihan kandang. 

Bersihkan tempat berlindung atau kandang mereka dari tempat tidur yang kotor atau basah. Agar tidak ada hama penyakit yang menyerang hewan ternak kamu. 

Demikian penjelasan tentang cara ternak kelinci pemula, semoga artikel diatas bermanfaat. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button