Bisnis

6 Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Rumput, Wajib Disimak!

Cara ternak kambing tanpa ngarit rumput Bagi orang yang berada di pedesaan ternak kambing merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi para sebagian orang. Bukan hanya kambing saja hewan apapun pasti sangat digemari sebagian orang yang berada di desa. 

Nah, berikutnya yang kita akan bahas dalam artikel ini yakni cara ternak kambing tanpa mencari rumput. Hal tersebut bisa disebut dengan istilah cara ternak kambing tanpa ngarit rumput secara modern, yuk simak pembahasan berikut ini.

Cara Ternak Kambing Tanpa Ngarit Rumput

ilustrasi ternak kambing tanpa ngarit
ilustrasi ternak kambing tanpa ngarit

Apa sih yang dimaksud dengan cara ternak kambing tanpa ngarit rumput? Tentu saja istilah dari tanpa ngarit rumput adalah proses cara ternak secara modern. Lalu, cara ternak kambing modern merupakan cara beternak kambing tanpa memberikan pakan rumput ataupun dedaunan yang ada disekitar. 

Oleh sebab itu, kini cara ternak kambing modern menjadikan solusi terbaik bagi anda para peternak kambing karena cara ini lebih mudah, dan dapat menjamin kebersihan lingkungan serta kandang kambing. Simak yuk cara ternak kambing modern selengkapnya.

1. Pilihlah Bibit Kambing Yang Berkualitas

Sebelum anda memulai berbisnis usaha ternak kambing langkah pertama yang harus anda lakukan yakni cara pemilihan bibit yang berkualitas. Dan sebelum anda memilih bibit kambing anda perlu mengetahui beberapa jenis jenis kambing terlebih dahulu. Pemilihan bibit ini adalah bagian awal dari cara ternak kambing tanpa ngarit rumput.

Jenis – jenis kambing :

  • Kambing Gibas

Jenis kambing yang satu ini mempunyai bulu yang tebal dan berwarna putih yang telah banyak diternak atau diperkembangbiakan di Indonesia, khususnya pulau Jawa. Dan kambing gibas merupakan salah satu jenis kambing yang sangat cocok untuk diternak dengan memiliki tujuan tertentu. 

Baca juga:  Panduan Bisnis Mainan Serba Seribu Untung Jutaan

Guna untuk memenuhi kebutuhan daging kepada para konsumen. Salah satu alasannya merupakan bobot kambing dan usia kambing yang sangat cepat untuk dipanen.  

  • Kambing Jawa

Dan jenis kambing yang satu ini sering ada saat hari raya kurban atau idul adha. Jadi, tak bisa dipungkiri juga jika jenis anakan kambing jawa ini sangat potensial untuk dikembangbiakan. Lalu, ciri kambing jenis ini yakni memiliki warna yang kombinasi dan bertanduk serta telinganya pendek menggantung.

Nah, dua jenis kambing tersebut bisa anda jadikan salah satu bahan untuk memulai suatu usaha ternak kambing. Selain itu perawatan kambing tersebut juga terbilang cukup mudah. Penentuan jenis kambing ini akan berpengaruh pada cara ternak kambing tanpa ngarit rumput yang akan Anda aplikasikan.

Selanjutnya, anda juga perlu mengetahui beberapa tips dan langkah pembibitan yang berkualitas dan benar.

2. Cara pemilihan bibit atau anakan kambing yang berkualitas

Berikutnya, cara pemilihan bibit. Untuk proses pemilihan bibit kambing yang berkualitas sangat berpengaruh juga guna menentukan keberhasilan pada perkembangbiakan ternak kambing nantinya. Lalu, bibit kambing yang berkualitas yang terbaik yaitu antara lain :

  • Pilihlah bibit kambing atau anakan kambing yang telah berumur lebih dari 6 bulan
  • Pilihlah bibit kambing yang memiliki ekor yang gemuk
  • Pilihlah juga bibit kambing yang memiliki badan yang panjang, tegap dan tentunya yang sehat

Pemilihan anakan kambing yang berusia lebih dari 6 bulan, hal ini memudahkan perawatan pada anak kambing. Karena pada usia tersebut sudah memasuki masa pembentukan daging sehingga lebih cepat gemuk. Kenapa tidak memilih bibit kambing yang berusia dibawah 6 bulan?

Tentu saja pemilihan bibit kambing yang kurang dari 6 bulan tidak dianjurkan karena anak kambing pada usia tersebut masih dalam proses pembentukan tulang. Sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses penggemukan. Umur memang sangat harus diperhatikan agar cara ternak kambing tanpa ngarit rumput tidak menjadi sulit dilakukan.

Baca juga:  7 Tips Memulai Bisnis Parfum Isi Ulang, Dijamin Berhasil

3. Persiapkan Kandang Kambing

Untuk memulai ternak kambing modern tentu saja setelah pemilihan bibit anda perlu menentukan persiapan kandang. Pastikan anda menyediakan kandang yang aman dari hewan pemangsa, dan tak lupa menyediakan tempat pakan dan minum. Hal yang wajib sekali anda ketahui dalam membuat kandang yakni tempat penampungan kotoran dari hewan kambing tersebut.

Dan adapun hal penting yang bisa anda lakukan ketika membuat kandang yaitu : 

  • Tempatkan lokasi kandang yang cukup tinggi dan terhindar dari adanya genangan air.
  • Tentukan jarak yang cukup jauh dari rumah atau pemukiman warga
  • Mendapatkan cukup sinar matahari pagi.
  • Pastikan kandang tersebut terlindung dari hempasan angin langsung

Untuk ukuran yang anda buat sebaiknya bisa anda sesuaikan dengan berapa anakan kambing yang telah anda sediakan.  

4. Perawatan Kandang Kambing Modern

Seluruh bagian pada kandang kambing harus perlu anda perhatikan dalam usaha bisnis ternak kambing ini. Hal tersebut agar kandang selalu terlihat bersih, seperti halnya anda perlu membersihkan lantai pada kandang, tempat pakan kambing serta memperbaiki sesegera mungkin jika terdapat kerusakan pada kandang kambing. Maka, dari itu banyak direkomendasikan untuk pembuatan kandang kambing di tempat yang lebih tinggi atau kandang panggung. 

5. Cara Pemberian Pakan Pada Kambing

Sistem pencernaan pada kambing mampu mengubah bahan pakan rumput menjadi sumber utama energi. Pakan untuk ternak kambing modern, khususnya penggemukan dapat berupa dedaunan hijau, konsentrat maupun pakan fermentasi.

Kombinasi pakan kambing yang terbaik yaitu kombinasi antara fermentasi pakan kambing dan konsentrat antara lain :

  • Fermentasi pakan kambing dan konsentrat dapat memenuhi kebutuhan protein dan serat kasar yang sangat penting dalam proses penggemukan pada hewan kambing.
  • Fermentasi juga sangat berguna untuk menyeimbangkan pengeluaran yang cukup tinggi dari pakan konsentrat. Hal ini karena pakan fermentasi merupakan pakan yang bisa anda dapatkan dengan harga yang murah.
  • Penggunaan pakan diukur berdasarkan rasio antara jumlah pakan yang dikonsumsi kambing dengan output yang dihasilkan.
Baca juga:  115 Peluang Usaha Terbaik : Pengertian, Ciri-ciri Dan Cara Menjalankannya

6. Cara Membuat Fermentasi Pakan Kambing

Pembahasan tentang cara ternak kambing tanpa ngarit rumput ini tak lepas dari pembuatan fermentasi pakan kambing. Sehingga, Anda tidak mengalami kerugian dalam pemenuhan pakan kambing. Berikut caranya:

  • Langkah yang pertama, cuci jerami dengan air yang mengalir. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran yang bisa mengganggu proses fermentasi pakan.
  • Langkah kedua, keringkan jerami sampai dengan kadar airnya berkurang 
  • Langkah ketiga, cacah kasar jerami padi. Jangan cacah jerami terlalu kecil, karena cacahan yang berukuran terlalu kecil dapat menurunkan nafsu makan kambing.
  • Langkah keempat, Masukkan jerami ke dalam wadah yang terbuka dan berukuran yang cukup besar.
  • Langkah kelima Tambahkan molase, atau 1 liter suplemen cair, dan air secukupnya.
  • Langkah keenam, aduk aduk hingga jerami dan bahan tambahan telah tercampur secara merata.
  • Masukkan dalam wadah tertutup, kemudian simpan dan biarkan selama satu minggu.
  • Setelah satu minggu, pakan fermentasi sudah dapat anda jadikan pakan yang anda berikan kepada kambing ternak yang anda miliki. 

Jadi hal ini bisa menjadi anda ternak tanpa susah payah mengarit rumput. 

Demikianlah penjelasan tentang cara ternak kambing tanpa ngarit rumput, serta cara memberi pakan fermentasi pengganti pakan rumput pada kambing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang akan memulai usaha ternak kambing ini. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button