Bisnis

6 Cara Ternak Ayam Modal 1 Juta, Cocok Untuk Pemula!

Apakah bisa kita memulai ternak ayam dengan modal 1 juta?? Tentu saja bisa! Ada kok cara ternak ayam modal 1 juta dan kita akan simak disini. Dengan meningkatnya pesanan ayam potong di pasaran maka, membuat peluang usaha ternak ayam semakin terlihat sangat menjanjikan untuk keuntungannya.

Untuk memulai usaha bisnis ternak ayam ini kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, ternak ayam dengan modal 1 juta saja kamu sudah bisa memulainya. Apalagi kamu seorang pemula tentu saja dengan modal yang sedikit kamu sudah bisa melakukannya. Simak yuk cara ternak ayam modal 1 juta di bawah ini!

Persiapan Sebelum Ternak Ayam Modal 1 Juta

ilustrasi ternak ayam modal 1 juta
ilustrasi ternak ayam modal 1 juta

Sebelum memulai cara ternak ayam modal 1 juta ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan, hal tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Modal
  2. Kandang

Nah, pertama kita akan bahas dulu persiapan persiapan diatas.

Modal 

Langkah pertama sebelum mengaplikasikan cara ternak ayam modal 1 juta adalah menyiapkan modal. Modal merupakan bagian utama dalam melakukan sebuah usaha bisnis apapun. Modal ini sangat berhubungan dengan jumlah indukan ayam yang nantinya akan kamu ternak. Semakin banyaknya modal yang kamu keluarkan, maka akan semakin banyak juga indukan yang akan kamu dapat.

Untuk proses pemilihan indukan juga perlu kamu perhatikan dengan baik, pilihlah indukan dengan kaki yang kekar karena akan menghasilkan anakan yang baik. Selain indukan agar kamu bisa mengawinkan juga kamu perlu menyediakan pejantan.

Baca juga:  Ini Dia 5 Cara Menjadi Freelance Translator Untuk Pemula

Harga Indukan biasanya rata di pasaran Rp.50.000,- per ekor, akan tetapi biasanya bisa kurang tergantung kualitasnya. Ada baiknya jika kamu membeli indukan di peternak langsung jangan membeli di pedagang pasar karena biasanya juga harga di pasar lebih mahal dibanding di peternak langsung.

Persiapan Kandang 

Langkah selanjutnya cara berternak ayam dengan modal kecil cocok untuk kamu yang ingin memulai suatu usaha bisnis. Langkah kedua ini sebelum kamu memulai untuk ternak kamu juga perlu mempersiapkan kandang tempat ayam diternak.

Untuk mengurangi biaya pengeluaran kamu juga bisa membuat kandang dengan memanfaatkan kayu bekas atau bambu bekas. Tetapi, untuk ternak ayam dengan modal 1 juta kamu bisa menggunakan bambu saja untuk membuat kandanya.

Dalam pembuatan kandang juga kamu perlu menentukan ventilasi, kelembaban, tingkat suhu serta kebersihannya. Jika kamu membuat kandang dengan memperhatikan itu semua maka, ayam yang akan kamu ternak menjadi sehat dan cepat besar dan cepat untuk dipanen.

Inilah Cara Ternak Ayam Modal 1 Juta

cara ternak ayam modal 1 juta
cara ternak ayam modal 1 juta

Lalu bagaimana sih cara ternak ayam dengan baik? Yuk ikuti langkah dan penjelasan berikut ini :

1. Memilih Indukan dan Pejantan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan ternak ayam ini adalah melakukan pembelian induk dan memilih induk yang baik. Saat kamu membeli indukan ayam tanyakan terlebih dahulu apakah ayam tersebut sudah pernah bertelur atau belum. Dengan kamu memilih calon indukan yang tepat maka masa telur ayam akan lebih lama. 

Untuk ayam kampung betina mulai bertelur sekitar 5 bulan, sedangkan untuk ayam bertelur baru bisa bertelur disaat usia 8 bulan. Dan ayam pejantan pilihlah usia yang sedikit lebih tua, untuk perbandingan antara pejantan dan indukan paling ideal adalah 1 : 5 yaitu satu ekor ayam pejantan dan 5 ekor indukan. Semakin sedikit perbandingan induknya maka akan semakin baik.

Baca juga:  8 Cara Bisnis Agen Minuman Agar Untung Maksimal

2. Persilangan atau perkawinan 

Setelah memilih indukan, Anda juga harus tahu bagaimana persilangan atau perkawinan ayam nanti. Cara ternak ayam modal 1 juta ini harus dipelajari terlebih dahulu. Saat awal kamu pertama membeli indukan, jangan pernah dicampur atau disatukan dahulu dengan pejantan. 

Indukan yang sudah siap kawin bisa kamu tandai dengan suara ‘ngekek’ yang berulang, satukan indukan yang sudah siap kawin secepat mungkin dengan pejantan. Berikutnya siapkan tempat untuk bertelur, siapkan tempat di kondisi lingkungan yang hangat. Dengan lingkungan yang hangat bisa akan mempercepat penetasan telur. 

Semakin cepat telur menetas maka, akan semakin cepat indukan bisa dikawinkan lagi. Dengan begitu, ternak ayam modal 1 juta bisa kamu lakukan, khusus untuk ayam petelur karena yang akan dijual adalah telurnya. Maka saat ayam bertelur tidak perlu melalui proses penetasan telur.

3. Proses Penetasan 

Dalam penetasan telur ada dua cara, yaitu Penetasan dengan pengeraman induknya dan penetasan dengan mesin penetas.

Penetasan dengan Pengeraman induknya

Indukan ayam bisa mengerami telur dengan sendirinya, jika tidak pas maka jumlah yang menetas sangat sedikit. Terkadang juga ada yang mati setelah telur menetas, maka lakukan pembuatan tarangan dengan sebaik baiknya.

Penetasan dengan mesin penetas

Terkadang ayam menetas dengan dierami induknya resiko terbanyak biasanya akan mati atau beberapa saja yang hidup. Maka dari itu sekarang banyak dijual dipasaran mesin penetas telur, kapasitas telur bisa mencapai 50 butir sampai ratusan bahkan ribuan butir. 

Jika kamu menetaskan telur dengan mesin maka suhu penetasan perlu kamu ketahui, suhu penetasan biasanya 37 derajat sampai 38 derajat. Dan diturunkan 0,5 derajat di 3 atau 2 hari jelang telur akan menetas. 

Baca juga:  Bisnis Untuk Pelajar SMP Yang Bisa Jadi Sambilan

4. Cara Memelihara Anak Ayam

Dalam artikel cara ternak ayam modal 1 juta juga terdapat pembelajaran tentang cara memelihara anak ayam dengan baik. Selanjutnya Bagaimana cara memelihara anak ayam?

Tentu saja memelihara anak ayam agak sedikit rumit, setelah menetas biarkan anak ayam ini bersama indukan. Tapi jika ingin cepat berkembang maka pisahkan dengan induknya dan masukkan kedalam oven. Istirahatkan Indukan untuk 1 minggu, setelah dia ngekek lagi maka kandangkan kembali dengan pejantan, Begitu seterusnya.

5. Cara memberikan pakan :

Dalam pemberian pakan ayam, kita harus bisa pilah- pilah terlebih dahulu. Ada tiga pembagian dalam pemberian pakan ayam ini yaitu :

  1. Usia 0- 60 hari (starter)
  2. Usia 61-90 hari (grower)
  3. Usia 91 hari keatas (masa bertelur atau masa panen)

6. Panen

Ayam pedaging yang sudah siap untuk dipasarkan dan layak untuk dikonsumsi setidaknya sudah berumur 6 bulan atau sekitar 25 minggu. Untuk berat rata rata ayam yang sudah siap panen adalah sekitar 1 hingga 2 kg per ekor.

Saat sudah masuk waktu panen tersebut sebaiknya segera jual jika memang ditunjukan sebagai ayam pedaging. Untuk harga di pasaran sangat tergantung dengan kondisi pasar dan keadaan peternakan, umumnya satu ekor ayam dijual dengan harga Rp.50.000 hingga Rp.100.000 tergantung sesuai dengan beratnya. 

Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Modal 1 juta untuk pemula memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan. Keuntungan yang akan didapatkan dari mengaplikasikan cara ternak ayam modal 1 juta adalah:

  • Telur kampung fresh, bisa untuk jamu, atau dijual dipasaran
  • Daging ayam yang segar yang peminatnya cukup banyak bahkan hampir setiap hari daging ayam laku keras.
  • Daging rendah kolesterol
  • Kotoran ayam bisa dijadikan untuk pupuk tanaman

Dengan kesabaran dan ketelitian dalam melakukan ternak ayam maka, dengan modal 1 juta pun sudah dapat menghasilkan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Demikianlah cara ternak ayam modal 1 juta yang bisa kamu coba, pastikan kamu melakukannya dengan sabar dan semangat agar bisa menjadikan suatu usaha yang sukses. Salam sukses dari admin blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button