Bisnis

7 Cara Ternak Ikan Louhan yang Mudah untuk Pemula!

Cara ternak ikan louhan bisa dipelajari oleh siapa saja. Ikan louhan merupakan ikan hias yang identik memiliki ciri khas yaitu tonjolan besar dibagian atas kepala. Karena keunikan itulah ikan louhan memiliki harga jual yang cukup tinggi, yang membuat para pengusaha bisnis rela untuk mengeluarkan modal yang cukup besar untuk memulai budidaya ternak ikan louhan.

Meskipun demikian, bukan berarti sebagai pemula tidak akan bisa merintis peluang usaha satu ini. karena dengan ada banyak cara yang bisa kamu terapkan. Dengan salah satunya ialah mencari tau atau belajar tentang cara ternak ikan louhan berikut ini!

Cara Ternak Ikan Louhan

ilustrasi ternak ikan louhan
ilustrasi ternak ikan louhan image : wikipedia

Di bawah ini akan dijelaskan cara budidaya ikan louhan yang mudah bagi pemula:

1. Menyiapkan tempat ikan louhan

Berikut cara menyiapkan media ikan untuk beternak ikan louhan:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika budidaya ikan louhan ini adalah membuat atau menyiapkan kolam tempat untuk ikan louhan tersebut.
  • Kolam yang perlu disiapkan lebih baik dengan ukuran 3 atau 4 kali lebih panjang daripada ikan yang akan diternak.
  • Jika kamu ingin ternak lebih dari 1 ikan, kamu juga bisa menggunakan kaca penyekat. Karena jika tidak adanya penyekat maka ikan akan berkelahi dan berujuk kematian ikan.
  • Kamu bisa menyediakan kolam atau aquarium untuk berkembang biakan ikan louhan tersebut.
  • Membudidaya ikan louhan ini tidak bisa sembarangan, kamu perlu menyediakan beberapa alat penunjang yang harus ada untuk tempat ikan louhan. Contoh (lampu UV, Filter air, Aerator, bebatuan dan tanaman yang bisa hidup di air)
  • Yang kemudian air pada kolam juga perlu diperhatikan, bahwasannya ph air untuk budidaya ternak ikan louhan ini agak sulit untuk diatur. Biar mempermudah dalam budidaya kamu juga bisa menggunakan air yang sudah diendapkan terlebih dahulu beberapa hari.
Baca juga:  Apa yang Dimaksud Tolok Ukur dalam Bisnis, Jenis, dan Manfaatnya

2. Pemberian pakan ikan

Cara ternak ikan louhan selanjutnya adalah tentang pemberian pakan. Bahwasannya ikan jugalah makhluk hidup, ikan ikan ini juga membutuhkan makanan agar dapat bertahan hidup. Untuk memberikan pakan dengan kualitas yang bagus juga merupakan hal utama yang paling penting.

Apalagi 1 sampai 2 minggu sebelum ikan dipanen, kamu perlu memberinya pakan yang berkualitas. Jenis pakan yang sering digunakan untuk budidaya ikan louhan ini adalah seperti udang kecil, kutu air, sampai cacing sutra.

3. Pemilihan indukan ikan louhan

Dalam pembahasan cara ternak ikan louhan ini pemilihan indukan sangat perlu diperhatikan. Sebelum kamu membeli indukan untuk kamu ternak, kamu juga perlu mengetahui dahulu ciri ciri indukan yang baik atau berkualitas untuk budidaya ternak ikan louhan ini.

Ciri-ciri ideal indukan ikan louhan :

  • Sirip ikan atas bawah dan ekor yang seimbang
  • Bintik warna hitam yang tegas dari pangkal ekor sampai dengan insang
  • Terlihat bintik putih mutiara hampir seluruh badan
  • Warna dasaran tubuh merah cerah dan kuning
  • Sirip, ekor merekah lebar dan utuh 
  • Nongnong di kepala tampak menonjol proporsional 
  • Mata merah satu lingkaran yang penuh
  • Indukan dipelihara sejak kecil dari usia 6 sampai 7 bulan dengan panjang 15 cm dan lebar 10 cm
  • Lohan siap disilangkan setelah berusia 8 bulan lebih dan umur 1 tahun
  • Bentuk badan ikan yang simetris, mata merah, tidak cacat dan gerak yang sangat aktif.

4. Proses persilangan atau perkawinan ikan louhan

Berikut adalah proses perkawinan ikan louhan:

  • Langkah pertama masukan ikan yang akan kamu ternak ke dalam kolam atau aquarium
  • Lalu berikan sekat pada bagian tengah aquarium atau kolam
  • Berikutnya amati secara perlahan gerak kedua ikan louhan tersebut
  • Jika kedua ikan tersebut tampak baik baik saja barulah kamu boleh membuka sekat kaca tersebut.
  • Dan bila ikan sudah mulai akrab dan saling mengenali maka, ikan tersebut akan menggesek gesekan badannya sambil menggoyangkan ekornya.
  • Jangan lupa tutup bagian atas aquarium dengan kertas atau penutup lainnya yang berwarna gelap.
  • Tak lupa juga teruslah memberikan pakan yang banyak untuk ikan tersebut agar mereka tidak kelaparan selama bagian atas aquarium ditutup
  • Yang terakhir biarkan ikan tersebut kawin dan janganlah kamu membuka kertas atau penutup sampai 1 atau 2 hari kemudian.
Baca juga:  8 Langkah Mendirikan Bisnis Wedding Organizer Untuk Pemula

5. Proses penetasan telur ikan louhan

Setelah 2 hari perkawinan ikan louhan tersebut, ikan louhan akan bertelur. Yang kemudian telur tersebut biasanya menempel di dasar aquarium atau menempel di dinding kaca aquarium. Telur ikan louhan berwarna putih susu adalah ciri telur yang tidak dibuahi oleh ikan jantan. 

Telur yang berwarna putih bening dan memiliki titik hitam ditengahnya adalah yang telah berhasil dibuahi. Ikan louhan akan menjaga telur telur tersebut dengan cara mengibaskan siripnya dengan lembut kearah telur guna memberikan udara alami. Tentunya cara ternak ikan louhan ini tidaklah sulit.

6. Cara memelihara anakan ikan louhan

Setelah proses perkawinan indukan ikan louhan akan bertelur, sekitar 48-50 jam/2 hari kemudian telur tersebut akan menetas. Setelah menetas kamu perlu segera memisahkan dari indukan ikan louhan mencegah agar telur tidak dimakan oleh induknya. Lalu bagaimana cara memelihara anakan ikan louhan dengan baik berikut penjelasannya :

  • Suhu air yang digunakan untuk ikan louhan adalah sekitar 28-35 C⁰, dan pH yang ideal untuk ikan louhan adalah sekitar 6 – 8,5.
  • Untuk telur yang sudah menetas akan berkumpul di dasar akuarium. Untuk menahan benih telur tersedot ke dalam pipa atau pompa air, alangkah baiknya juga jika filter dimatikan untuk sementara.
  • Pada usia 2-3 hari benih ikan louhan tersebut tidak perlu diberi pakan sebab masih mempunyai cadangan makanan di dalam kantung telur.
  • Dan hari keempat setelah semua telur menetas, barulah benih ikan dapat diberikan makan berupa kutu air putih maupun kutu air merah yang sudah disaring.

7. Pemanenan ikan louhan 

Langkah terakhir dalam pembahasan cara ternak ikan louhan adalah proses pemanenan ikan louhan. Setelah anakan ikan louhan dipilih tahap yang paling akhir adalah proses pemanenan, proses pemanenan ini bisa kamu lakukan saat pagi atau sore hari. Karena di waktu tertentu tersebut suhu pada air masih dibatas normal dan belum mengalami perubahan.

Baca juga:  Ini Dia 5 Cara Memulai Usaha Pom Mini Modal Kecil

Untuk cara memanen kamu bisa menggunakan penyaring yang berukuran diameter lebar, lalu siapkan juga wadah besar yang sudah berisi air. kemudian cara menangkap ikan tersebut juga sangat mudah, dengan cara kamu menyerok secara perlahan lalu pilihlah ikan yang sesuai dengan kriteria layak jual. Peminat ikan louhan ini pun cukup banyak jadi tak perlu khawatir jika kamu memasarkannya, tak perlu takut tidak laku.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis budidaya ikan louhan banyak orang berkata bahwa ternak ikan louhan merupakan ternak yang sangat mudah. Yang pasti ikan air tawar ini dapat hidup dilingkungan mana saja. Akan tetapi biasanya kita banyak menemui ikan louhan ini dipelihara di aquarium untuk menjadi ikan hias di rumah. 

Nah, Bagaimana? Cukup Mudah bukan cara ternak ikan louhan ini? cara budidaya ternak ikan louhan ini wajib kalian coba di rumah. Semoga dapat bermanfaat. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button