BisnisPekerjaan

Pilih Bekerja Atau Usaha Sendiri? Cari Tahu Jawabannya Disini!

Pilih bekerja atau usaha sendiri? Jika sobat sedang mengalami pertanyaan tersebut. Maka sudah berkunjung ke tempat yang tepat. Karena admin disini akan membahas tuntas beberapa kelebihan dan juga kekurangan didalam pilihan tersebut.

Pilihan seperti ini juga sebentar lagi banyak dialami oleh teman-teman kita yang lulus sekolah dan juga kuliah. Yakni memilih bekerja di kantor atau perusahaan atau memilih mendirikan usaha sendiri.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan apapun keputusan yang sobat ambil akan memiliki resikonya sendiri.

Jadi, sebelum mengambil keputusan silahkan pikirkan dengan matang. Lalu terima semua konsekuensi atas pilihan yang sudah sobat ambil.

Pilih Bekerja Atau Usaha Sendiri?

bekerja atau usaha sendiri
bekerja atau usaha sendiri

Pilih bekerja atau usaha sendiri? Oke saya akan bedah satu persatu mengenai kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Selain itu akan Saya ceritakan pengalaman pribadi karena sudah mengalami kedua hal tersebut.

Saya dulu bekerja di beberapa perusahaan, dan sekarang saya sudah menjalankan usaha sendiri. Jadi tahu persis kedua kondisi diatas untuk Anda jadikan pertimbangan.

Kita mulai dari bekerja terlebih dahulu. Ada beberapa kelebihan jika sobat bekerja dengan orang lain atau pada perusahaan tertentu, antara lain :

  • Mendapatkan nominal gaji bulanan yang lebih pasti
  • Memiliki resiko gagal yang lebih kecil ketimbang usaha sendiri

Ya, kedua hal diatas adalah yang diinginkan oleh kebanyakan orang yang memilih bekerja. Yakni memiliki nilai gaji bulanan yang lebih pasti ketimbang menjalankan usaha yang belum jelas penghasilannya.

Namun disisi lain, banyak orang yang bingung dan lebih memilih usaha sendiri karena :

  • Usaha sendiri lebih bebas tanpa tekanan orang lain
  • Usaha sendiri bahkan bisa mendapatkan penghasilan besar dan bahkan tidak terbatas.

Sampai disini malah tambah bingung kan mau pilih bekerja atau usaha sendiri.

Sebenarnya sobat bisa menyesuaikan dengan diri Anda sendiri. Mengenali diri Anda apakah lebih cocok untuk menjadi karyawan atau menjadi pengusaha terlebih dahulu.

Ciri Orang Cocok Bekerja (Karyawan)

Ciri Orang Cocok Bekerja

Untuk menemukan jawabannya, sobat harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Disini admin akan jelaskan beberapa ciri orang yang lebih cocok bekerja daripada berwirausaha, antara lain :

1. Tidak Berani Mengambil Resiko

Bagi sobat yang terbiasa tidak berani mengambil resiko. Bisa jadi lebih cocok untuk menjadi karyawan daripada menjadi pengusaha.

Baca juga:  10 Tips Dan Cara Ternak Lovebird Agar Bisa Cepat Bertelur

Karena untuk menjadi pengusaha harus memiliki jiwa spekulasi dan berani terhadap resiko.

Menjadi pekerja akan lebih baik bagi Anda yang mempunyai sifat seperti ini. Karena Anda hanya perlu bergerak sesuai dengan aturan perusahaan tanpa harus banyak mengambil keputusan sendiri.

Resiko tersebut juga menyangkut masalah uang tentunya. Menjadi pengusaha bisa mengalami rugi bahkan kebangkrutan. Kalau sobat tidak berani resiko satu ini, berarti lebih cocok untuk menjadi karyawan.

Apakah bekerja tidak ada resikonya? Tentu saja ada, namun menjalankan usaha sendiri jauh lebih banyak.

2. Nyaman Dengan Aturan

Apabila Anda selama ini menjadi orang yang taat dengan aturan. Bisa jadi lebih cocok untuk menjadi karyawan. Karena perusahaan manampun akan mencari orang yang seperti Anda.

Taat aturan adalah hal yang bagus. Dan bukan berarti untuk menjadi pengusaha harus tidak taat aturan. Bukan begitu.

Kenyataannya, orang yang bisa menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan. Adalah mereka yang nyaman dengan aturan dan bisa bertahan disana.

Sedangkan orang yang tidak taat aturan. Biasanya ada yang gagal menjadi karyawan, berubah jadi pengusaha. Namun ada pula yang gagal total alias tidak sukses dalam keduanya.

3. Memiliki Cita-cita Jenjang Karir

Salah satu hal yang bisa memotivasi Anda untuk jadi karyawan adalah jenjang karir. Karena disanalah akan ada imbalan yang lebih besar ketika sukses dalam karir.

Banyak hlo orang yang memimpikan dirinya menjadi karyawan tetap, penghasilan tetap. Dan syukur-syukur naik jabatan serta memiliki penghasilan lebih.

Ada juga yang merasa status sosial mereka dihormati kala sudah menjadi karyawan dan memiliki jabatan.

Apakah sobat memiliki impian tersebut? Kalau iya, ada kemungkinan cocok menjadi karyawan.

Kalau tidak ada cita-cita diatas, maka nanti dulu, pertimbangkan terlebih dahulu.

4. Tidak Banyak Ide

Dalam sebuah komunitas, ada tipe orang yang suka memunculkan ide baru, dan ada pula yang sukanya nurut dengan ide orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada orang yang suka memunculkan ide baru. Namun ada pula yang aktifitasnya monoton itu-itu saja.

Sobat termasuk yang mana?

Kalau sobat termasuk orang yang tidak banyak ide. Bisa jadi lebih cocok menjadi karyawan daripada menjalankan usaha sendiri.

Karena usaha sendiri akan membutuhkan lebih banyak ide dan kreatifitas didalamnya. Lagipula kalau Anda banyak ide dan menjadi karyawan. Sayang sekali jika perusahaan tidak menampung ide-ide brilian Anda tersebut.

Baca juga : Cara Cepat Dapat Kerja Lulusan SMK

5. Keahlian Rata-Rata

Nomer 5 ini adalah poin yang masih bisa Anda ubah apabila memilikinya. Yakni seseorang yang cocok menjadi karyawan adalah orang yang keahliannya rata-rata atau sesuai dengan kebanyakan orang.

Baca juga:  115 Peluang Usaha Terbaik : Pengertian, Ciri-ciri Dan Cara Menjalankannya

Bagi orang yang memiliki keahlian lebih maka pilihannya lebih luas. Dia bisa bekerja di perusahaan dengan posisi yang bagus. Juga bisa menjalankan usaha sendiri dengan keahlian yang dimiliki.

Berbeda dengan orang yang keahliannya terbatas dan seperti kebanyakan orang pada umumnya. Tentu saja lebih baik bekerja terlebih dahulu.

Dan skill ini akan dibutuhkan apapun profesi Anda kedepannya. Jika sekarang belum punya, maka Anda bisa mulai melatih dan mempelajarinya. Sehingga di masa depan ada satu keahlian yang bisa Anda andalkan dengan baik, entah itu untuk bekerja atau untuk usaha.

Ciri Orang Cocok Usaha Sendiri (Wirausaha)

Ciri Orang Cocok Usaha Sendiri
Ciri Orang Cocok Usaha Sendiri

Lalu kira-kira lebih baik bekerja atau usaha sendiri? Kenali juga apakah sobat tipe orang yang cocok menjadi pengusaha atau tidak. Ada beberapa ciri orang yang lebih cocok membuka usaha sendiri daripada menjadi karyawan. Antara lain :

1. Menyukai Tantangan Dan Berani Mengambil Resiko

Jika sobat merupakan tipe orang yang suka tantangan dan berani mengambil resiko, maka bisa jadi sobat lebih cocok untuk membuka usaha sendiri.

Karena untuk menjalankan sebuah usaha, seseorang akan dihadapkan pada banyak pilihan beresiko. Dalam mengambil keputusan, seorang wirausahawan harus siap menanggung resikonya sendiri.

Inilah beratnya menjadi seorang wirausaha, semuanya tidak pasti dan serba beresiko. Akan tetapi, jika Anda berhasil dalam membangun usaha sendiri. Tentu saja hasilnya akan jauh lebih besar daripada menjadi seorang karyawan.

2. Menyukai Kebebasan

Apakah sobat menyukai kebebasan? Tidak suka diatur orang lain, ingin memiliki kebebasan waktu, pola pikir dan yang lainnya.

Jika sobat memiliki hal tersebut, bisa jadi sobat lebih cocok untuk membuka usaha sendiri. Karena dengan membuka usaha sendiri, sobat bisa mendapatkan kebebasan dalam banyak hal.

Anda bisa mengatur aturan usaha sesuai dengan keinginan sendiri. Bisa mengatur waktu dan banyak hal lainnya sesuai dengan keinginan sendiri.

Meskipun semua didalam kendali diri sendiri, menjadi wirausaha bukan berarti seenaknya. Tentu harus diimbangi dengan disiplin dan juga kerja keras di dalamnya.

3. Banyak Ide Kreatif

Apakah sobat tipe orang yang banyak ide? Suka memberikan gagasan pada kelompok atau team? Bisa jadi Anda cocok untuk menjalankan sebuah usaha.

Tipe orang yang suka memunculkan ide kreatif sangat dibutuhkan untuk menjalankan usaha sendiri. Mulai dari memulai usaha sampai dengan menjalankannya harus banyak ide-ide yang brilian.

Apa menjadi karyawan tidak boleh memiliki ide kreatif? Tentu saja boleh. Hanya saja sedikit sekali perusahaan yang mau menerima ide dari karyawan mereka, apalagi yang memiliki posisi atau jabatan yang rendah.

Baca juga:  7 Tips Memulai Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula

Menjalankan usaha sendiri bisa membuat ide kreatif Anda semakin liar dan tidak terbatas. Anda bisa terus mengembangkannya tanpa batasan dari siapapun.

4. Pandai Komunikasi, Negosiasi Dan Keahlian Khusus

Salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha adalah kemampuan dalam diri kita. Terutama dalam hal komunikasi, negosiasi dan juga keahlian khusus. Ini akan menjadi modal yang sangat berperan.

Apabila sobat pandai dalam komunikasi dan negosiasi bisa jadi lebih cocok menjadi seorang pengusaha sendiri. Karena dalam menjalankan usaha tentu butuh skill yang satu ini.

Apalagi jika Anda memiliki keahlian khusus yang tidak banyak orang bisa. Itu bisa dijadikan sebagai andalan untuk menjalankan usaha milik Anda.

Baca juga : Cara Memulai Usaha Dari Nol

Keputusan

keputusan
keputusan

Bagaimana keputusan Anda, apakah memilih bekerja atau membuka usaha sendiri? Nah disini admin akan coba memberikan opini yang semoga bisa membantu Anda. Ada 3 pilihan yang bisa Anda ambil, seperti

Pilihan Pertama : Memilih Jadi Karyawan

Anda bisa memilih menjadi karyawan apabila Anda memiliki beberapa kriteria orang yang cocok jadi karyawan diatas. Menjadi karyawan juga bisa sukses dan menghasilkan apabila Anda tekun dalam menjalankannya.

Ada kelebihan dan kekurang dalam setiap keputusan. Apabila Anda menjadi karyawan dalam perusahaan yang bagus, tentu saja mendapatkan kesejahteraan yang bagus. Apalagi jika karir Anda bisa melejit kedepannya.

Resikonya tentu saja ada, yakni harus siap dengan tekanan dari orang lain atau perusahaan tempat bekerja. Hal ini wajar karena setiap perusahaan akan memiliki target mereka masing-masing.

Agar Anda nyaman menjadi karyawan, berusahalah mencari pekerjaan yang cocok untuk Anda. Pekerjaan yang Anda sukai dari banyak hal didalamnya.

Pilihan Kedua : Bekerja Terlebih Dahulu Baru Membuka Usaha

Anda ingin menjadi pengusaha, namun belum siap dalam berbagai hal. Maka sobat bisa memilih bekerja terlebih dahulu baru membuka usaha kemudian.

Hal ini banyak dilakukan teman kita diluaran sana. Yakni bekerja demi mencari modal dan mempersiapkan banyak hal untuk memulai sebuah usaha.

Tentu saja hal ini sangat mungkin, dan ini keputusan yang terbaik apabila sobat ingin memulai usaha namun belum siap. Dan memang lebih baik jangan memulai usaha kalau belum siap, karena justru akan membuat resiko semakin besar.

Pilihan Ketiga : Menjalankan Usaha Sendiri

Apabila sobat memang ingin membuka usaha sendiri. Pastikan sudah siap dalam segala hal, mulai dari ilmu, mental dan juga modal. Jika memang sobat siap dengan segala hal dalam memulai usaha. Maka bisa memilih membuka usaha sendiri daripada bekerja.

Namun, harus diketahui menjalankan usaha sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk sukses membutuhkan banyak usaha dan juga banyak rintangan yang harus dihadapi.

Seperti itu sobat sharing dari admin pada kesempatan kali ini mengenai memilih bekerja atau usaha sendiri. Semoga sharing pada kesempatan kali ini memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button