Saham

Belajar Saham Dari Nol Dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Belajar Saham Dari Nol – Investasi saham merupakan salah satu pilihan investasi terbaik untuk saat ini. Namun masih banyak dari sobat yang belum tahu cara investasi saham dari nol sampai menghasilkan uang.

Sebagai contoh saham BRI dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2022 kali ini sudah naik sampai dengan 1500%. Menarik bukan cuan yang ditawarkan dari investasi saham ini.

Apabila sobat membeli saham BRI beberapa waktu yang lalu sudah mendapatkan kenaikan harga lebih dari 10 kali lipat. Sampai disini sobat makin tertarik untuk beli saham? Sabar dulu, masih panjang prosesnya sobat.

Sebelum sobat bermimpi jauh masalah cuan, sobat pelajari dulu saham dari nol dengan baik. Karena selain profit ada juga resiko yang sangat besar ketika membeli sebuah saham.

Belajar Saham Dari Nol Dengan 5 Langkah Berikut Ini!

belajar saham dari nol
belajar saham dari nol

Artikel kali ini khusus saya buat sebagai pengantar untuk sobat yang masih awam mengenai dunia saham. Dan untuk belajar saham dari nol ada beberapa langkah penting yang harus sobat tahu, antara lain :

Mengenal Apa Itu Saham?

Tentu saja pertama sobat harus tahu apa itu saham terlebih dahulu. Bagi yang masih awam tentu saja masih banyak simpang siur mengartikan apa itu saham.

Saham adalah sebuah kepemilikan atas usaha atau perusahaan tertentu, atau berarti sebuah kekuasaan atas usaha atau perusahaan tertentu.

Menurut Wikipedia, Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Kata saham sendiri diambil dari bahasa Arab. Dalam literatur fikih, saham diambil dari istilah musahamah yang berasal dari kata sahm bentuk jamaknya ashum atau suhmah yang artinya bagian, bagian kepemilikan.

Baca juga:  6 Cara Efektif Bangkit Dari Kegagalan Trading, Lakukan Ini!

Nah, investasi saham artinya adalah membeli saham tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Karena diharapkan harga saham yang dibeli bisa mengalami kenaikan harga di masa depan.

Sampai disini sobat harusnya mulai paham mengenai apa itu saham. Biar lebih jelas lagi, perhatikan contoh berikut ini :

” Prayoga membeli 1 lot saham BBRI pada tahun 2017 seharga Rp300.000,- dan kemudian harga saham 1 BBRI tahun 2022 ini adalah Rp450.000,-. Maka Prayoga mendapatkan keuntungan Rp150.000,- untuk 1 lot saham yang sudah dibeli.” 

Seperti itulah sobat kegiatan investasi saham, sampai sini sudah faham? Kalau sudah paham kita lanjut ke poin selanjutnya.

Resiko Dan Keuntungan Membeli Saham

Membeli atau investasi saham bisa mendapatkan keuntungan dan bisa juga mengalami kerugian. Inilah yang harus sobat ketahui baik-baik.

Jangan sampai sobat termakan iming-iming untung besar namun tidak tahu resikonya sama sekali.

Memangnya apa resiko dalam membeli saham? Resikonya adalah rugi, bisa rugi sedikit rugi banyak dan bahkan bisa kehilangan uang yang dimiliki.

Fluktuasi harga saham sendiri cukup tinggi, jadi sobat harus siap dengan resiko tersebut. Usahakan untuk menggunakan uang dingin atau tidak terpakai agar sobat lebih aman.

Pelajarannya, penting sekali untuk memilih perusahaan yang bagus. Membeli saham perusahaan bagus akan memperkecil resiko dan juga memperbesar peluang mendapatkan keuntungan di masa depan.

Belajar masalah resiko dan keuntungan investasi saham, sobat bisa simak beberapa pembahasan berikut ini :

Berapa Modal Investasi Saham?

Hal yang sering ditanyakan oleh seorang pemula yang selanjutnya adalah berapa modal untuk melakukan investasi saham? Dan kita akan bahas juga pada kesempatan kali ini.

Baca juga:  19 Cara Memulai Investasi Saham dengan Cuan Besar dan Resiko Rendah

Sebagian masyarakat awam berfikir kalau investasi saham harus modal gede bahkan sampai puluhan juta. Apakah benar begitu?

Tentu saja tidak, sobat di zaman sekarang ini bahkan mulai dari Rp50.000,- saja sudah bisa punya saham. Banyak aplikasi dan juga pialang yang memberikan minimal nilai deposit yang kecil.

Jadi, misalkan sobat punya gaji UMR saja bisa nabung saham rutin sedikit demi sedikit setiap bulannya. Nah sobat bisa simak nih pembahsan ini disini : Strategi Nabung Saham Rutin Dengan Gaji UMR

Ketahui Cara Memilih Saham Yang Bagus

Sudah paham apa itu saham, resiko dan berapa modal yang disiapkan. Maka langkah selanjutnya adalah mengetahui cara memilih saham yang bagus.

Jenis saham perusahaan di Indonesia saja ada ratusan. Apalagi jika sobat ingin bermain saham Internasional. Dan yang perlu sobat ketahui setiap saham memiliki prospek berbeda di masa depan.

Sobat harus bisa memilih saham yang bagus untuk memaksimalkan keuntungan yang di dapat dimasa depan. Ada beberapa pertimbangan untuk memilih saham bagus tersebut, antara lain :

  • Memilih saham perusahaan besar dengan kapitalisasi pasar besar
  • Memilih saham perusahaan yang memiliki produknya terus berkembang
  • Memilih saham perusahaan melakukan inovasi baru
  • Memilih saham perusahaan yang labanya terus meningkat

Untuk informasi selengkapnya sobat bisa simak di : Cara Memilih Saham Yang Bagus

Ketahui Cara Jual Beli Saham

Yang terakhir, setelah sobat mengetahui beberapa teori diatas, berarti waktunya untuk praktek. Sobat bisa mulai membuka rekening saham dan kemudian melakukan jual beli saham.

Sampai disinipun biasanya bakal ada beberapa pertanyaan :

Buka rekening saham dimana?

Cara buka rekening saham bagaimana?

Beli saham dimana?

Tenang saja sobat, di blog ini akan dibahas lengkap mengenai hal tersebut.

Baca juga:  4 Aplikasi Investasi Saham Terpercaya Di Indonesia

Secara ringkasnya sekarang ini sudah banyak sekuritas atau perusahaan pialang yang memiliki pelayanan bagus. Jadi membuka rekening saham sampai dengan jual beli saham bisa dilakukan secara online. Beberapa informasinya sobat bisa simak disini :

Nah, sampai disini saya kira sudah cukup banyak info yang sobat dapatkan. Khususnya untuk sobat yang baru belajar saham dari nol. Dan semoga bermanfaat untuk sobat salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button