Keuangan

6 Manfaat Investasi Sejak Dini Yang Luar Bisa Untuk Hidup Kita

Investasi memberikan beberapa manfaat tersendiri dibandingkan menyimpan uang seperti biasa alias menabung. Karena dengan melakukan investasi, artinya seseorang berusaha mengembangkan uang tersebut, bukan hanya menyimpannya saja.

Bagi sobat yang sudah belajar investasi sejak dini, berarti Anda sudah mengambil langkah yang bagus. Satu langkah lebih maju dibandingkan 90% orang di dunia ini, karena menurut riset, hanya 10% orang di dunia yang paham dan menjalankan investasi.

Hal ini juga yang akan membedakan Anda dengan orang lain. Bahkan akan berbeda dibandingkan dengan sekelilingmu jika Anda mulai melakukan investasi sejak dini.

Lalu, apa saja manfaat investasi sejak dini? Yuk sobat simak selengkapnya pada kesempatan kali ini.

Manfaat Investasi Sejak Dini

manfaat investasi

Investasi memberikan banyak manfaat, baik itu bagi diri sendiri maupun orang disekitar kita. Dan beberapa manfaat investasi sejak dini tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Memiliki Dana Darurat

Menurut riset, hanya 9% orang di Indonesia yang memiliki dana darurat. Dan sebagian besar dari mereka adalah orang yang paham dan bisa melakukan investasi.

Jadi, manfaat pertama melakukan investasi adalah memiliki cadangan dana dan juga dana darurat di masa depan.

Dana darurat adalah sebuah dana cadangan yang bisa kita gunakan kapan saja saat ada keperluan mendesak. Apabila sobat sudah belajar melakukan investasi secara rutin, maka sobat akan memiliki dana darurat yang memadai di masa depan.

2. Membuat Kita Lebih Disiplin Soal Uang

Dengan kita memprogramkan investasi, maka kita akan menjadi lebih hemat dan juga disiplin soal uang. Ini akan berlaku otomatis bagi pola pengaturan keuangan dalam hidup kita.

Baca juga:  3 Dampak Inflasi Terhadap Dunia Usaha, Analisis Lengkap dan Cara Mengatasinya!

Orang yang tidak memiliki program menabung dan investasi akan seenaknya saja dalam mengelola uang. Berbeda dengan mereka yang paham dan sudah rajin melakukan investasi.

Orang yang paham dan rajin investasi akan memperlakukan uang dengan bijak. Karena mereka paham bagaimana berharga uang tersebut apabila dibelikan beberapa instrumen investasi tertentu.

3. Financial Freedom

Financial freedom adalah impian bagi banyak orang. Dan mungkin sobat salah satu orang yang menginginkan kebebasan keuangan tersebut.

Financial Freedom adalah sebuah kondisi yang berkecukupan. Yakni memiliki uang, tabungan, tidak memiliki hutang dan bisa memenuhi keinginan diri semaksimal mungkin.

Nah, salah satu manfaat dari investasi ini adalah mendukung seseorang memiliki kebebasan financial.

Jadi, selain bekerja dan berbisnis, melakukan investasi merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kita kepada financial freedom di masa depan.

4. Membantu Melawan Inflasi

Manfaat investasi yang selanjutnya adalah membantu melawan inflasi. Banyak orang yang tidak sadar kalau hanya menyimpan uang saja dalam waktu yang lama adalah rugi.

Jika Anda memiliki 1 juta rupiah di tahun 2000, maka Anda sudah bisa berbelanja banyak barang. Namun berbeda jika memiliki 1 juta rupiah di tahun 2022 ini, untuk kebutuhan satu bulan saja tidak cukup.

Kondisi diatas adalah contoh inflasi yang nyata.

Dengan melakukan investasi maka akan membantu melawan inflasit tersebut. Karena nilai uang yang kita simpan akan terus bertambah bisa seiring dengan inflasi, bahkan lebih banyak nilainya apabila kita mampu memilih instrumen investasi yang baik.

5. Membantu Mewujudkan Impian

Manfaat investasi yang selanjutnya adalah membantu kita dalam mewujudkan impian.

Barangkali sobat memiliki beberapa impian di masa depan. Mulai dari membangun rumah, membeli mobil, berangkat umroh dan beberapa impian lainnya.

Baca juga:  Belajar Saham Dari Nol Dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Nah, dengan melakukan investasi maka uang kita akan terus bertumbuh dan membantu kita mewujudkan impian tersebut.

6. Memiliki Hari Tua Yang Lebih Baik

Manfaat investasi yang ke 6 adalah membantu mewujudkan diri kita untuk memiliki hari tua yang lebih baik.

Tubuh dan fisik kita tidak selamanya kuat seperti sekarang. Juga daya ingat kita yang akan menurun di masa tua. Maka dari itu kita tidak bisa terus bekerja  dan harus ada simpanan yang mampu mencukupi hari tua kita.

Dengan melakukan investasi, kita akan mempersiapkan masa tua yang lebih baik.

Oke sobat, itu tadi beberapa hal terkait manfaat investasi sejak dini yang luar biasa bagi kehidupan kita di masa depan. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button