Saham

Tips Sukses Investasi Saham Untuk Pemula

Tips Sukses Investasi Saham – Ingin sukses dalam investasi saham? Berarti sobat wajib banget buat simak pembahasan kali ini sampai dengan selesai. Karena admin bakalan membagikan beberapa tips penting untuk sobat semuanya.

Investasi saham memang menjanjikan keuntungan yang lumayan menarik. Namun kenapa sedikit sekali orang yang sukses dalam investasi saham. Hal ini dikarenakan setiap orang melakukannya dengan cara yang berbeda.

Semuanya tidak ada yang instan, makanya buat sobat yang baru mulai terjun harus sabar dan tekun dalam menjalaninya. Seperti halnya perjalanan market saham, dia bisa naik tinggi juga membutuhkan proses yang lama.

Sebuah usaha atau perusahaan tertentu membutuhkan waktu 5 tahun atau bahkan lebih untuk berkembang. Makanya admin bilang disini kalau semua butuh proses dalam investasi saham yang sobat lakukan.

Tips Sukses Investasi Saham Untuk Pemula

tips sukses investasi saham
tips sukses investasi saham

Nah, kali ini ada 5 hal penting yang harus sobat pahami sebagai tips sukses investasi saham untuk pemula. Beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut :

Rajin Belajar Tentang Saham

Kalau sobat baru terjun ke dunia saham, maka harus rajin belajar mengenai dunia saham. Karena di dunia saham ada banyak sekali hal baru yang mungkin belum sobat temui sebelumnya.

Dari istilah-istilah penting dalam dunia saham, teknik analisa dan juga banyak hal lainnya. Dan sobat bisa mempelajarinya satu persatu sampai benar-benar faham.

Zaman sekarang ini sangat mudah untuk belajar. Sobat bisa mencari apapun itu di google, semua tentang materi saham akan sobat dapatkan secara gratis.

Baca juga:  Tips Sukses Investasi Pemula Dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Atau sobat juga bisa belajar dari para senior dunia saham di youtube, bisa juga membeli buka panduan tentang dunia saham. Dan lebih bagus lagi jika sobat mengikuti kelas saham karena dari situ akan lebih maksimal proses belajar yang dilakukan.

Mau Melakukan Riset Dan Analisa

Banyak sekali trader dan investor pemula malas melakukan riset sendiri. Dan cenderung mengandalkan signal serta arahan dari orang lain untuk membeli.

Kebiasaan seperti inilah yang menjadikan diri kita susah untuk maju. Karena kita tidak mau melakukan riset sendiri mengenai saham yang ingin kita beli.

Melakukan riset sendiri dengan baik, semua bahannya sudah tersedia di internet mengenai cara memilih saham yang bagus.

Takut salah kalau melakukan riset sendiri? Justru dari kesalahan tersebut nantinya kita bisa belajar.

Jika sobat sudah menetapkan sebuah analisa, maka ikutilah analisa tersebut. Dan setelah itu sobat bisa melakukan evaluasi untuk analisa sobat apakah tepat atau tidak.

Berani Mengambil Resiko

Berani mengambil resiko adalah hal wajib yang harus dimiliki setiap investor. Banyak orang yang sukses dalam investasi saham karena mereka berani berspekulasi atau mengambil resiko.

Pertama kali sobat akan dihadapkan dengan kesalahan atau kegagalan. Namun dari situlah biasanya kita akan banyak belajar dan akhirnya bisa.

Tidak berani mengambil resiko menjadikan seseorang lambat dalam mengambil keputusan. Selain itu juga selalu bergantung dengan orang lain, dan menjadi investor yang tidak mandiri.

Namun disini sobat juga harus dibarengi dengan berhati-hati. Bukan berarti berani mengambil resiko yang asal-asalan. Melainkan sobat melakukan riset mendalam, jika dirasa sudah maksimal baru sobat berani mengambil resiko.

Berhemat Dan Disiplin Dalam Keuangan

Berani mengambil resiko bukan berarti sobat berani berhutang atau menjual barang berharga untuk membeli saham. Namun tetaplah menggunakan uang dingin yang tidak terpakai untuk melakukan investasi saham.

Baca juga:  Cara Investasi Saham Tanpa Resiko Dengan 3 Hal Ini!

Karena itulah sobat perlu berhemat dan juga disiplin dengan keuangan yang dimiliki. Kalau sobat berhemat otomatis akan menyisakan uang bebas yang bisa digunakan untuk membeli saham.

Disiplin juga penting, misalkan saja rajin menabung saham yang diinginkan sampai dengan mencapai target. Misalkan saja setiap bulannya rajin membeli saham BBRI, sampai akhirnya punya 12 lot saham BBRI dalam waktu satu tahun.

Berhemat memang penting, tapi kalau penghasilan sedikit tidak akan maksimal. Jadi harus dibarengi juga dengan memperbesar penghasilan kita. Dengan begitu kemampuan kita untuk membeli saham akan meningkat dari nilai uang kita.

Menggunakan Dollar Cost Averaging

Setelah memahami beberapa tips diatas, sobat jangan melupakan Dollar Cost Averaging (DCA). Yakni melakukan pembelian lagi ketika harga terus menurun.

Ini adalah langkah yang biasa diambil oleh para investor sukses. Ketika mereka menemukan perusahaan bagus yang harganya terus menurun maka akan melakukan pembelian lagi dan lagi.

Ini juga bisa sobat lakukan secara berkala, misalkan saja setiap bulan sekali membeli saham perusahaan tersebut. Disinilah biasanya ada investor yang jutsru senang karena harga saham yang diinginkan sedang turun harganya.

Nah, itu dia sobat beberapa tips sukses investasi saham untuk seorang pemula. Jika sobat menjalankan kelimanya, InsyaAllah bisa sukses investasi saham di masa depan, amin. Salam dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button