Saham

Cara Memilih Saham Yang Bagus Dengan 5 Langkah Berikut!

Cara Memilih Saham Yang Bagus – Melakukan investasi saham memang menguntungkan, kalau saja kita bisa memilih saham yang bagus. Kalau tidak kita bisa saja tidak mendapatkan apa-apa, bahkan harus menelan kerugian.

Seperti itulah dunia investasi, dalam hal ini adalah investasi saham. Karena dari ratusan perusahaan pastinya ada yang berkembang, mengalami kemunduran, bahkan kebangkrutan.

Maka dari itu kalau kita ingin jadi investor saham harus bisa menilai prospek sebuah perusahaan di masa depan. Apakah itu sulit? Tenang saja sobat, kalau kita mau belajar pasti bisa.

Karena sebuah perusahaan saham biasanya akan memiliki data transparan yang bisa kita pelajari. Yang bisa kita analisa apakah akan maju atau tidak kedepannya.

Cara Memilih Saham Yang Bagus

cara memilih saham yang bagus
cara memilih saham yang bagus

Nah, ada beberapa point penting yang harus sobat perhatikan dalam cara memilih saham yang bagus, antara lain sebagai berikut :

Pilih Saham Dengan Kapitalisasi Pasar Besar

Ini adalah cara klasik yang pastinya sebagian sobat sudah dengar. Yakni memilih saham yang memiliki kapitalisasi pasar besar.

Atau bisa juga memilih saham yang sering diperdagangkan. Karena dengan begitu saham tersebut sudah memikat banyak minat investor besar dan ahli sebelumnya.

Selain itu memilih saham dengan kapitalisasi besar seperti ini akan jauh lebih aman. Karena ketika mengalami penurunan harga biasanya akan lebih cepat recovery.

Kalau di Indonesia sendiri contoh saham dengan Kapitalisasi Pasar besar seperti ini adalah BBRI dan BBCA. Kemudian beberapa saham blue chip yang lainnya.

Baca juga:  Tips Sukses Investasi Pemula Dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Memilih Saham Perusahaan Yang Keuntungannya Meningkat

Untuk melihat seberapa bagus saham perusahaan, maka kita bisa lihat keuntungannya. Kalau keuntungan atau laba perusahaan tersebut meningkat dari tahun ke tahun maka perusahaan kemungkinan akan berkembang.

Ketika laba meningkat kemungkinan juga harga saham perusahaan tersebut akan bagus. Sobat bisa mencari berita mengenai perusahaan saham yang ingin dibeli dan menggali info mengenai laba perusahaan tersebut.

Atau sobat juga bisa membaca laporan keuangan perusahaan yang bisa di download di IDX atau Bursa Efek Indonesia. Dari situ kita juga bisa tahu bagaimana kondisi keuangan sebuah perusahaan.

Memilih Saham Consumer Goods Atau Perbankan

Saham perusahaan Consumer Goods atau perbankan masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Karena kedua jenis perusahaan ini akan dibutuhkan masyarakat dalam keseharian.

Saham Consumer Goods adalah saham perusahaan yang bergerak dalam kebutuhan sehari-hari. Misalkan saja makanan atau dalam hal barang-barang kebutuhan pokok. Seperti perusahaan Indofood, Unilever dan sejenisnya.

Kemudian saham perbankan tentu saja saham bank-bank yang ada di Indonesia. Seperti halnya saham BRI, BCA dan beberapa bank lainnya.

Kedua jenis perusahaan ini diprediksi masih akan terus eksis dan berkembang di masa depan karena kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Memilih Saham Dengan Fundamental Bagus

Cara memilih saham yang bagus selanjutnya adalah mencari perusahaan yang memiliki fundamental bagus. Dalam hal ini sobat harus banyak menyimak dan mendengarkan berita.

Di internet, TV, youtube biasanya akan ada berita mengenai perusahaan tertentu. Atau sobat bisa masuk ke situs-situs yang memang terbiasa membahas perusahaan saham.

Saham perusahaan berfundamental bagus akan memberikan harapan bagi banyak investor. Kemudian jika lebih banyak lagi investor yang membeli maka harga akan mengalami kenaikan.

Baca juga:  19 Cara Memulai Investasi Saham dengan Cuan Besar dan Resiko Rendah

Contoh berita-berita bagus seperti halnya perusahaan tertentu mendapatkan proyek baru, mendapatkan dukungan baru, perkembangan laba dan beberapa berita baik lainnya.

Memilih Saham Perusahaan Berinovasi Baru

Memilih saham yang berinovasi baru terkadang dibilang beresiko. Karena biasanya belum terbukti kesuksesan dari perusahaan tersebut. Namun ketika inovasi tersebut mulai digunakan barulah meledak harga sama tersebut.

Sebagai contoh adalah saham Bank Digital. Dimana dulu harganya sangat murah dan dipandang sebelah mata. Namun sekarang ini sudah naik ribuan persen. Sebagai contoh adalah Bank Digital seperti Bank Jago yang sudah naik 8000% dalam 5 tahun terakhir.

Nah, kalau sobat tipe orang yang bisa menilai perkembangan zaman. Bisa mulai mencari perusahaan yang melakukan inovasi baru yang prospek bagus di masa depan.

Oke sobat, itu tadi beberapa point penting yang bisa sobat perhatikan dalam cara memilih saham yang bagus. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button