Saham

Cara Investasi Saham Tanpa Resiko Dengan 3 Hal Ini!

Cara Investasi Saham Tanpa Resiko – Saya pernah dapat komentar di youtube dari salah satu sobat kita. Yakni apakah kita bisa melakukan investasi saham tanpa resiko sama sekali? Nah kita akan coba bahas pada kesempatan kali ini untuk sobat semuanya.

Perlu sobat ketahui yang namanya investasi, semuanya ada resikonya. Mau itu saham, reksadana, emas bahkan crypto. Nah, kita tidak bisa menghilangkan hal tersebut namun bisa meminimalisirnya.

Resiko dalam dunia investasi itu seperti penyakit kronis. Kita tidak bisa sepenuhnya menghilangkan. Akan tetapi kita bisa mencegah dengan melakukan pola hidup sehat. Kurang lebih seperti itu antara resiko dan juga dunia investasi.

Saham sendiri merupakan salah satu jenis investasi yang memiliki resiko tinggi. Karena harganya yang lumayan fluktuatif. Namun kalau sobat bisa mengelola dengan baik maka bisa menjadi jalan mencetak banyak uang di masa depan.

Cara Investasi Saham Tanpa Resiko

investasi saham tanpa resiko
investasi saham tanpa resiko

Ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk investasi saham dengan rendah resiko, antara lain sebagai berikut ini :

Bisa Memilih Saham Yang Bagus

Ini adalah hal wajib yang harus dilakukan agar investasi saham kita memiliki resiko yang rendah, yakni bisa memilih saham yang bagus.

Tentu saja untuk sobat yang masih pemula butuh belajar terlebih dahulu. Mulai dari mengenal beberapa saham terkenal sampai dengan memahami seluk beluk dari perusahaan tersebut.

Untuk memilih saham yang bagus ini sobat bisa memperhitungkan beberapa hal, antara lain :

  • Melihat seberapa besar perusahaan saham tersebut, karena semakin besar akan semakin rendah resikonya
  • Tentu saja melihat perkembangan laba dari perusahaan saham yang hendak di beli dari tahun ke tahun
  • Mendengarkan pendapat dari para ahli atau analis saham
  • Mencoba belajar membaca buku keuangan dari perusahaan
  • Melihat produk dan prospek produksi perusahaan tersebut di masa depan
Baca juga:  Belajar Saham Dari Nol Dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Untuk pembahasan selengkapnya mengenai hal ini, sobat bisa simak di : Cara Memilih Saham Yang Bagus.

Apakah perusahaan yang bagus sudah pasti cuan? Tentu saja tidak, karena tidak ada sesuatu yang pasti di masa depan. Akan tetapi dengan memilih perusahaan yang bagus akan memperkecil resiko kerugian yang akan kita hadapi.

Menggunakan Uang Bebas Atau Uang Dingin

Agar sobat tidak beresiko dalam melakukan investasi saham, maka gunakanlah uang bebas atau uang dingin. Artinya adalah uang yang tidak terpakai untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Ini kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pemula. Yakni memaksakan diri membeli sebuah saham tertentu menggunakan uang kebutuhan sehari-hari. Yang akhirnya seseorang tersebut buru-buru menjual sahamnya padahal masih dalam keadaan rugi.

Sobat bisa berhemat atau menyisakan uang dari gajian atau hasil usaha. Pastikan semua kebutuhan pokok dan dana darurat sudah ada. Baru sisanya setelah itu sobat bisa gunakan untuk membeli saham.

Usahakan pula untuk memperbesar penghasilan yang dimiliki. Karena dengan semakin besar penghasilan, maka kita akan semakin mampu menghasilkan lebih banyak uang bebas atau uang dingin.

Tidak All In Uang Saat Membeli Saham

Tips selanjutnya untuk investasi saham yang rendah resiko adalah tidak all in. Artinya tidak menggunakan semua uang bebas kita dalam satu kali pembelian saham saja.

Atau bisa juga tidak all in dalam satu saham perusahaan saja. Misalkan sobat pisahkan dana yang dimiliki dalam beberapa saham perusahaan yang berbeda.

Teknik ini adalah meminimalisir resiko kita ketika salah satu saham kita mengalami penurunan harga. Sehingga kita masih punya sisa uang untuk membeli lagi di harga yang lebih murah.

Kesimpulannya, tidak ada yang namanya melakukan investasi saham tanpa resiko sama sekali. Yang ada adalah kita berusaha meminimalisir resiko tersebut. Kalau sobat sudah bisa meminimalisir resiko, di kemudian hari keuntungan akan lebih mudah untuk sobat dapatkan.

Baca juga:  6 Cara Meminimalisir Risiko Investasi, Pemula Wajib Tahu

Oke sobat, sekian dulu pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai cara investasi saham tanpa resiko. Semoga bisa memberikan manfaat untuk sobat semuanya dan salam sukses selalu dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button