Reksadana

4 Alasan Reksadana Merupakan Investasi Yang Cocok Untuk Pemula

Bagi sobat yang baru terjun ke dunia investasi. Pastilah timbul 1 pertanyaan yakni apakah jenis investasi yang cocok untuk pemula. Dan pada kesempatan kali ini saya akan bantu jawab pertanyaan tersebut.

Di blog ini sudah saya bahas beberapa topik mengenai dunia investasi. Mulai dari emas, saham, crypto dan ada juga reksadana. Dan salah satu investasi terbaik untuk pemula adalah reksadana.

Reksadana adalah investasi dengan cara menitipkan uang kepada manajer investasi agar mereka kelola dengan baik. Kita tidak perlu memilih instrumen investasi secara langsung.

Hloh kalau gitu investasi reksadana apakah aman? Jawabannya adalah aman. Karena diawasi oleh pemerintah yakni Otoritas Jasa Keuangan (ojk).

Beberapa alasan kenapa investasi reksadana cocok untuk pemula antara lain :

1. Tidak perlu memilih instrumen investasi sendiri

Alasan pertama adalah kita tidak perlu memilih instrumen investasi secara langsung, hanya perlu memilih jenis reksadananya saja.

Contoh jika sobat membeli reksadana saham, maka kita akan dipilihkan oleh manajer investasi mengenai saham apa yang bagus.

Berbeda dengan kita membeli saham secara langsung. Maka kita sendiri yang memilih saham perusahaan apa yang kita beli.

Nah, sebagai contoh untuk : investasi reksadana di bibit

Sebelumnya sudah pernah saya bahas. Kita hanya perlu menentukan profil resiko saja dan otomatis sudah dipilihkan oleh mereka (manajer investasi).

2. Bisa dimulai dengan modal kecil

Alasan selanjutnya kenapa reksadana cocok untuk pemula adalah bisa dimulai dengan modal kecil.

Benar sekali, karena reksadana bahkan bisa dimulai dengan modal Rp10.000,- saja.

Nah, sobat bisa belajar alur proses investasi hanya menggunakan uang puluhan ribu saja. Artinya ini sangat cocok untuk pemula yang masih awam. Karena jika ada kesalahan teknis pun sobat hanya kehilangan puluhan ribu rupiah saja.

Baca juga:  8 Cara Investasi Tanpa Modal Hasil Jutaan Rupiah

3. Tingkat Risk Dan Return Yang Rendah

Alasan lainnya adalah resikonya yang sangat rendah. Ini jauh lebih rendah dibandingkan investasi saham atau bahkan crypto.

Reksadana adalah jenis investasi yang paling rendah resikonya dibandingkan beberapa jenis investasi lainnya.

Hanya saja untuk profitnya juga sangat rendah. Bahkan ada beberapa reksadana yang setiap tahun rata-rata hanya profit 3% saja.

Dalam dunia investasi antara risk dan rewards sebenarnya sangat sebanding. Resiko rendah dengan profit dan return rendah. Resiko tinggi bisa berpeluang profit dan return yang tinggi pula.

Namun untuk pemula, lebih bagus merasakan investasi dengan resiko yang lebih rendah terlebih dahulu.

4. Praktis Dan Mudah Dilakukan

Alasan selanjutnya kenapa investasi reksadana cocok untuk pemula adalah praktis dan juga mudah digunakan.

Sekarang ini sudah ada banyak aplikasi investasi reksadana resmi di internet. Sobat hanya perlu download, daftar dan mulai investasi. Ini sangat praktis dan hanya butuh waktu satu hari saja untuk mendapatkan produk reksadana.

Nah, buat sobat yang ingin belajar bagaimana proses investasi reksadana, maka sobat bisa simak beberapa video dibawah ini :

Investasi reksadana di aplikasi Raiz :

Investasi reksadana di aplikasi OVO :

Cukup sekian sobat sharing dari saya pada kesempatan kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button