Bisnis

7 Perbedaan Bisnis dan Dagang Yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan bisnis dan dagang adalah hal yang harus Anda cermati dengan teliti. Sejatinya perbedaan keduanya sangatlah tipis. Bahkan mayoritas orang awam menganggap tidak ada yang membedakan karena sama-sama menghasilkan uang. 

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha, setidaknya Anda harus mengetahui ilmu bisnis dagang yang ternyata berbeda. Ada hal mendasar yang mampu menunjukkan perbedaan keduanya. Tentu hal tersebut berkaitan dengan hasil maksimal yang ingin didapatkan. Untuk mengetahui lebih jelasnya simak pembahasan berikut.

Apa Saja Perbedaan Bisnis dan Dagang yang Harus Diketahui?

perbedaan bisnis dan dagang
perbedaan bisnis dan dagang

Di era modern ini kegiatan bisnis dan dagang hampir tak bisa dibedakan. Nampaknya persamaan keduanya mudah ditemukan, lain halnya dengan perbedaannya. Tak banyak yang mengetahui jika keduanya menyimpan hal yang berbeda. Lantas apa yang membedakan keduanya?

1. Definisi Sesungguhnya 

Perbedaan bisnis dan dagang berdasarkan definisinya. Menelaah arti kata bisnis dan dagang dengan KBBI mampu memberikan Anda pemaparan yang cukup jelas. Menurut KBBI arti dari bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan. Sedangkan arti dari dagang adalah pekerjaan yang berhubungan dengan menjual dan membeli barang untuk memperoleh keuntungan.  

2. Tujuan Utama 

Dilihat dari definisinya, sepintas keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Berdagang bertujuan meraup keuntungan dari kegiatan jual beli yang telah dilakukan lalu menggunakannya untuk menyuplai dagangan selanjutnya. Sedangkan bisnis bertujuan untuk membangun brand lebih besar dengan kerja sama berbagai pihak.

Baca juga:  7 Macam Jus Buah untuk Dijual Dan Cara Membuatnya

3. Waktu yang Digunakan 

Perbedaan bisnis dan dagang dari segi waktu. Dalam berbisnis agar Anda mendapatkan keuntungan memang cukup memakan waktu lama. Sebab banyak tahapan yang harus dilakukan, seperti menciptakan konsep unik dan membangun image brand bisnis Anda. Berbeda dengan berdagang karena cepat mendapatkan keuntungan dengan waktu yang lebih fleksibel.

4. Sistem Manajemennya 

Perbedaan terlihat jelas jika diperhatikan dari sistem manajemennya. Para pedagang cenderung memiliki sistem manajemen yang kurang rapi sehingga dapat mengambil keputusan semaunya. Lain halnya dengan berbisnis, sistem manajemennya lebih terorganisir sehingga tidak bisa sembarangan dalam mengambil keputusan.

5. Tempat yang Digunakan 

Faktor utama dalam berbisnis adalah tempat. Para pebisnis pasti memiliki tempat menetap, bahkan mampu membuka banyak cabang di berbagai daerah. Berbeda dengan berdagang karena kebanyakan hanya memiliki satu kios saja sehingga sulit untuk meningkatkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang.

6. Cakupan Kegiatan Dagang dan Bisnis 

Walaupun dagang bisa juga disebut bagian dari bisnis, tetapi kegiatan dagang hanya meliputi jual beli saja. Sedangkan bisnis memiliki cakupan yang lebih luas, seperti iklan, pembelian bahan baku, pemasaran, pengaturan keuangan, operasional, dan masih banyak lagi.

7. Keuntungan

Dengan berdagang Anda mampu meraih keuntungan lebih cepat, tetapi sulit meningkatkan omzet dalam jangka panjang. Berbeda dengan bisnis karena tidak hanya mengutamakan keuntungan saja. Namun, lebih memikirkan cara agar bisnis dapat berkembang dan dikenal dengan semua orang sehingga bisa membuka banyak cabang.

8. Contoh Perbedaan Bisnis dan Dagang

Bisnis biasanya berdiri dengan nama brand sendiri. Mungkin contoh bisnis yang biasa Anda temui toko terkenal dengan brand yang berbeda-beda, seperti Adidas, Uniclo, H&M atau bisa juga cafe. Beda halnya dengan kegiatan dagang, lokasinya dapat Anda temui di pinggir jalan raya, seperti pedagang yang berjualan dengan gerobak.

Baca juga:  7 Cara Ternak Sapi Tanpa Ngarit Untuk Pemula

Baca juga : bisnis sewa paling laris

Apa Sih Karakteristik Dagang dan Bisnis?

Ada beberapa karakteristik kegiatan dagang yang membedakannya dengan bisnis. Meskipun sama-sama memiliki tujuan untuk meraup keuntungan secara maksimal. Pastinya ciri-ciri keduanya tetap berbeda. Apa saja perbedaannya? Simak pembahasannya di bawah ini.

  • Berdagang 
  1. Aktivitas utamanya berupa jual, beli, pengeluaran biaya operasional, dan penyimpanan stok barang 
  2. Proses produksinya tidak mengubah nilai atau bentuk barang 
  3. Patokan keuntungannya berupa selisih total hasil penjualan dengan total harga pembelian sekaligus biaya operasional 
  4. Tempatnya tergolong sederhana dan seadanya 
  5. Bebas mengambil keputusan sesuai kehendak pemilik dagangan
  • Berbisnis

  1. Memproduksi barang atau jasa lebih unik daripada yang lain
  2. Menciptakan nilai 
  3. Lebih terorganisir 
  4. Produknya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat 
  5. Keuntungan yang didapatkan lebih besar

Contoh Kasus Untuk Memperjelas Perbedaan Bisnis Dagang 

Apakah Anda masih bingung dengan perbedaan kedua kegiatan tersebut? Jika iya, mari pahami contoh kasus berikut ini. Mungkin lebih mudah dimengerti sehingga tidak salah lagi.

Dalam suatu komunitas terdapat dua wanita karier yang bernama Bu Aprilia dan Bu Sherly. Mereka sama-sama mempunyai usaha olahan makanan berbahan dasar ayam dengan cita rasa yang nikmat.

Bu Aprilia membuka gerai dengan nama “Ayam Bakar Ibu Aprilia” di depan rumahnya sama seperti makanan kaki lima pada umumnya. Sedangkan milik Bu Sherly diberi nama “Ayam Geprek Juaranya Pedas”. Yang menyediakan beraneka macam sambal yang memiliki tingkatan berbeda. 

Tempatnya nyaman dengan tambahan aksesori menarik sehingga cocok untuk makan bersama teman atau keluarga tercinta. Dalam bisnisnya Bu Sherly memiliki SOP karena sudah memikirkan rencana kedepannya. 

Dari pemaparan cerita di atas, Bu Aprilia merupakan seorang pedagang dan Bu Sherly merupakan seorang pebisnis. Perbedaannya sangat terlihat, bahkan Anda bisa  menyimpulkan tempat makan mana yang ingin Anda pilih. Pastinya gerai Bu Sherly lebih unggul dari Bu Aprilia karena memiliki tempat nyaman dengan variasi makanan.

Baca juga:  8 Langkah, Cara Ternak Lebah Klanceng Untuk Pemula!

Dengan kasus tadi pastinya Anda berpikir bahwa bisnis lebih baik dari dagang. Namun, jika dilihat dari sudut pandang bisnis yang sukses, usaha untuk mencapai kesuksesan tidaklah mulus. Selain jatuh bangun, prosesnya termasuk memakan waktu lama yang berbeda dengan berdagang.

Baca juga : daftar peluang usaha menjanjikan

Ingin Beralih dari Dagang ke Bisnis? Pahami 5 Kunci Sukses Ini

  • Nikmati Prosesnya 

Untuk membangun sistem manajemen yang baik tentu memerlukan proses yang panjang dan melelahkan. Dalam dunia bisnis perencanaan yang matang itu sangat penting sehingga bisa menjadi langkah awal yang baik untuk membangun bisnis. Tentunya diperlukan pengambilan keputusan yang bijak dan melakukan perbaikan.

  • Bisnis Bisa Menjadi Bentuk Investasi Jangka Panjang 

Sebelum memutuskan untuk beralih dari sekadar berdagang ke bisnis, hal yang wajib Anda miliki adalah mental yang kuat. Berani mengambil resiko pastinya sangat diperlukan. Ketika menjalankan bisnis untuk investasi jangka panjang yang menjanjikan, perputaran uangnya tergolong lambat.

  • Kerja Tim yang Bagus

Dalam menjalankan roda bisnis butuh kerja sama tim yang kompak sehingga memiliki fondasi yang kuat. Sebab tiap pekerja mengemban tanggung jawab untuk mengembangkan bisnis. 

  • Buat Konsep Bisnis Menarik 

Dengan menunjukkan konsep bisnis unik dan menarik, akan ada banyak investor yang mau berinvestasi. Dengan begitu pintu kesuksesan bisnis Anda terbuka lebar.

  • Selalu Berinovasi dan Mau Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Dalam hidup tidak ada orang yang mengetahui segala hal. Maka dari itu, penting untuk bersikap terbuka dengan pandangan orang lain. Sehingga Anda bisa mengambil pelajaran penting dan melakukan inovasi.

Kesimpulan:

Perbedaan bisnis dan dagang adalah hal yang sering disamakan oleh masyarakat awam karena saking miripnya. Dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda bisa memilih ingin berbisnis atau berdagang.

Itulah perbedaan bisnis dan dagang yang harus Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa tahu dan memilih mana yang paling tepat untuk anda dalam menghasilkan cuan. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button