Bisnis

11 Cara Bisnis Beras Online Agar Untung Besar Bagi Pemula

Beberapa tahun terakhir ini memang potensi bisnis beras online sedang melesat. Semua produk atau jasa bisa dipasarkan secara online. Anda pun bisa menjual beras secara online. Bagaimana cara bisnis beras online? Simak pembahasan di bawah ini. 

Apa Itu Bisnis Beras Online

Sebelumnya Anda perlu memahami apa itu bisnis online. Bisnis online adalah cara memasarkan produk atau jasa di dunia maya, pastinya menggunakan internet. Anda bisa menjual apapun secara online, tak ada yang tak bisa dijual, termasuk menjual beras secara online.

Bisnis online termasuk yang paling mudah meraup cuan. Apalagi kalau Anda menjual produk atau jasa yang banyak dibutuhkan pasar. Misalnya seperti beras. Karena semua orang membutuhkan beras sebagai makanan pokok. 

Masyarakat Indonesia terbiasa mengonsumsi nasi sebagai makanan sehari-hari. Banyak yang beranggapan bahwa mereka belum dikatakan makan 3 kali sehari apabila belum makan nasi. Maka bisnis beras merupakan peluang usaha yang tepat. Tingkat penjualan beras di Indonesia masih tinggi bila dibandingkan dengan negara lainnya di Asia.

Tingginya permintaan beras membuat para produsen beras pun kini lebih memperhatikan tentang bagaimana cara menjalankan usaha beras agar lebih efisien. Untuk memenuhi permintaan pasar pada produk komoditas ini, dapat beralih menjualnya secara online.

Bisnis beras kemasan kini menjadi salah satu usaha yang memiliki masa depan cukup menjanjikan. Cara bisnis beras online memiliki peluang yang bagus sebagai sumber pendapatan untuk jangka waktu panjang. 

Baca juga:  8 Langkah Cara Beternak Ikan Gurame di Kolam Terpal Untuk Pemula

Baca juga : daftar peluang usaha menguntungkan

11 Cara Bisnis Beras Online bagi Pemula

bisnis beras online
bisnis beras online

Meski harga kebutuhan pokok termasuk beras harganya makin naik, permintaan terhadap beras juga meningkat seiring dengan meningkatnya populasi masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah langkah dan tips simple cara bisnis beras bagi pemula. 

1. Menentukan Target Pasar

Cara memulai bisnis beras online, pertama-tama Anda harus menentukan siapa target konsumen Anda. Target pasar merupakan hal utama yang harus dipikirkan sebelum memulai sebuah bisnis.

Anda harus fokus terhadap kelompok tertentu yang menjadi target pasar. Bila memasarkan produk apa pun, Anda harus mengetahui target pasar yang akan dituju. Agar kesuksesan bisnis beras online dapat maksimal.

2. Mencari Supplier Tepercaya

Bila Anda ingin mengetahui cara bisnis online beras, Anda harus menemukan supplier beras terpercaya. Anda bisa mencari berbagai supplier beras di internet. 

Diskusikan mengenai harga yang disepakati, dan mekanisme bisnis dengan pemasok beras yang sudah dipilih. Tanyakan kalau-kalau bisa gunakan sistem dropship atau konsinyasi. Anda dapat menyesuaikan harga yang diajukan supplier dengan modal yang dimiliki.

3. Menentukan Jenis Beras yang Akan Dijual

Apabila Anda menjual bermacam jenis beras, maka semakin besar kesempatan Anda untuk bisa menarik minat pelanggan. Pelanggan tidak hanya mencari beras biasa yang berkualitas saja, sering kali ada juga yang mencari beras organik, beras merah, beras hitam, dan lainnya. 

Untuk itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis beras apa saja yang ingin dijual. Anda bisa menentukannya dengan membidik target konsumen. Misalnya jika target pasar Anda adalah kalangan menengah atas yang lebih mementingkan kesehatan, maka Anda bisa menjual beras organik maupun beras merah.

4. Pengaturan dan Perbandingan Harga

Dalam menjalani bisnis, perlu melakukan pengaturan harga yang sesuai. Karena konsumen bukan hanya ingin membeli beras yang berkualitas, tetapi juga akan mempertimbangkan harganya.

Baca juga:  2 Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Terbaik Sesuai Etika

Anda dapat melakukan perbandingan harga pasar untuk mendapatkan harga terbaik. Caranya bisa terjun langsung ke pasar dan memahami target customer agar bisa menentukan harga yang tepat. Misalnya target pasar kita kalangan menengah ke atas, bisa mematok harga sedikit lebih mahal. 

5. Gunakan Media Sosial

Media sosial merupakan senjata utama dalam pemasaran apabila memilih bisnis beras secara online. Sebaiknya pisahkan akun jualan dengan akun pribadi.

Sebab kalau dicampur, terkesan tidak profesional. Anda bisa menggunakan media sosial Instagram, Facebook, dan Tiktok untuk memasarkan beras secara online. 

Baca juga : cara memulai bisnis online

6. Strategi Pemasaran

Bisnis beras online juga memerlukan pemasaran yang baik. Relasi atau jaringan merupakan kekuatan untuk bertahan di dunia bisnis. Anda dapat mengandalkan orang-orang terdekat untuk mempromosikan beras ke tetangga atau teman-teman mereka.

Anda bisa melakukan strategi promosi dari mulut ke mulut. Bisa juga melalui media sosial Whatsapp. Grup whatsapp juga bisa digunakan sebagai media promosi. Namun pastikan peraturan grup mengizinkan Anda untuk berpromosi. 

7. Nilai Tambah

Untuk pemasaran melalui media sosial, buatlah nilai tambah untuk produk Anda. Menambah nilai pada produk bisa dalam bentuk lain. Misalnya pada kemasan beras, pelayanan optimal, dan lain-lain. Isi konten akun Anda tidak selalu menginfokan harga beras saja.

Tetapi juga berisi saran dan tips memilih beras, dan bagaimana menjaga kualitas beras. Bisa juga memberi informasi tentang aneka jenis beras, ataupun resep masakan berbahan dasar beras. Ragam konten yang Anda sajikan tersebut termasuk dalam nilai tambah produk. 

8. Menjaga Mutu dan Pelayanan

Anda harus menyadari pentingnya menjaga kualitas produk dan pelayanan konsumen. Pastikan beras yang Anda pilih dari supplier berkualitas terbaik. Beras yang diinginkan konsumen bukan hanya putih saja, tetapi juga bersih, bebas dari kutu dan kerikil, serta pulen ketika dimasak. 

Baca juga:  6 Cara Ternak Ikan Koi di Akuarium Untuk Pemula

Kualitas pelayanan juga menjadi berperan penting dalam kesuksesan bisnis beras online. Pastikan Anda dapat memberikan pelayanan yang ramah, fast respons, dan bersabar menghadapi keluhan konsumen. 

Bila perlu mintalah kritik dan saran dari konsumen terkait produk dan pelayanan. Hal ini membuat konsumen merasa lebih dihargai, bahkan bisa menjadi pelanggan tetap. 

9. Buka Toko Online di Marketplace

Aktivitas belanja online warganet makin meningkat sepanjang waktu. Kondisi ini dapat menjadi peluang yang bagus bagi para pebisnis online. Anda bisa membuat beberapa akun media sosial untuk mempromosikan beras Anda. 

Anda bisa mempelajari langkah-langkah membuat akun toko online di beberapa marketplace yang terkenal. Siapkan persyaratan pendaftaran, seperti KTP dan NPWP. Pilihlah nama toko online yang mudah diingat agar pelanggan mengenal toko online Anda. 

Anda bisa memanfaatkan semua platform marketplace yang ada. Sebu Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan lain!nya. Akan ada seleksi alam dari pilihan marketplace tersebut. Seiring berjalannya waktu, akan terlihat mana marketplace yang mempunyai jumlah pembelian paling signifikan.

10. Pasarkan Beras Secara Konsisten

Anda bisa menetapkan waktu rutin untuk memposting beras di akun toko online di marketplace. Misalnya untuk akun media sosial Instagram bisnis, terdapat jam-jam ramai follower singgah di beranda Anda. 

Anda harus rutin memposting setiap hari, dalam sehari bisa 2-3 kali. Gunakan kalender konten untuk mengatur isi konten yang diposting

11. Lakukan Promosi Menarik

Anda bisa memberikan hadiah untuk pelanggan yang loyal. Bisa juga mengadakan diskon spesial, kupon berhadiah, bonus produk sembako untuk pelanggan setia dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah cara bisnis beras online yang dapat Anda jalankan dengan simpel dan mudah. Selama masyarakat masih menjadikan nasi sebagai makanan pokok utamanya, bisnis beras online tidak akan kehilangan konsumen. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button