Bisnis

3 Langkah Memulai Bisnis Es Batu Kristal, Potensi Keuntungan Berlipat

Bisnis Es Batu Kristal adalah peluang usaha yang bagus. Mengingat kebutuhan es batu kristal semakin besar. Suplai es kristal sangat dibutuhkan oleh berbagai pelaku bisnis. Contohnya restoran, toko, kafe, hingga rumah sakit. 

Permintaan es batu akan selalu ada, sehingga potensi bisnis ini termasuk peluang usaha yang menjanjikan. Paket usaha suplai es batu kristal adalah salah satu jenis usaha yang cocok digeluti. Proses pembuatannya juga mudah dan praktis.

Potensi Penghasilan Bisnis Es Batu Kristal

bisnis es batu kristal
bisnis es batu kristal

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai potensi usaha es batu kristal. Es batu cukup diminati oleh para pelaku bisnis kuliner, seperti mie ayam, bakso, nasi goreng, dan rumah makan lainnya. Warung kuliner tersebut membutuhkan es batu untuk membuat minuman es.

Bisnis kuliner memang akan terus ada sampai jangka waktu yang lama. Belum lagi warung khusus yang menyediakan aneka macam es, seperti es buah, es teler, sop buah, es dawet, es cincau, dan lain-lain. Sudah pasti membutuhkan es batu. 

Salah satu kelebihan dari bisnis es batu kristal adalah cara pengoperasiannya yang mudah. Karena hanya dengan air bersih dan listrik saja, bisnis ini sudah siap dijalankan. Anda juga bisa mengelola sendiri, tidak memerlukan banyak karyawan.

Perhitungan bisnis es batu kristal mempunyai potensi penghasilan yang lumayan. Biasanya es batu kristal dijual dalam bentuk pack. Setiap pack memiliki kisaran harga Rp 10.000,00 hingga Rp 20.000. Jika dalam satu hari bisa menjual 20 pack saja, artinya Anda sudah bisa mengantongi Rp 200.000

Baca juga:  Cara Ternak Ikan Mas Koki, Sangat Mudah Coba Yuk!

Keunggulan es batu kristal adalah awet, murni, dan tahan lama. Karena dibekukan melalui sistem refrigerasi yang sehat. Es batu kristal menjadikan salah satu peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar. 

Baca juga : cara bisnis beras online

Keunggulan Bisnis Es Batu Kristal

keunggulan bisnis es batu
keunggulan bisnis es batu

Pada umumnya es batu sudah banyak di pasaran. Biasanya es batu dapat dibuat dengan mudah, menggunakan freezer kulkas di rumah pribadi. Namun banyak pelaku usaha yang tidak sempat membuat es batu sendiri meskipun mempunyai lemari es. 

Bila membeli es balok ternyata dirasa kurang praktis sebab masih harus memecah menjadi ukuran kecil. Nah, oleh karena itu kehadiran es batu kristal menjadi solusi bagi kendala tersebut. Es batu kristal memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya nilai plus. 

1. Higienis

Sejak beredar pandemi Covid-19, kesehatan benar-benar menjadi perhatian masyarakat. Semua orang mulai sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan dan minuman higienis.

Es batu kristal memiliki kelebihan lebih higienis. Seperti diketahui, cukup banyak es batu yang terbuat dari air mentah, bahkan air kotor. Hal itu tentu berbahaya bagi kesehatan organ pencernaan.

Konsumen tentu menginginkan es batu yang berasal dari air bersih. Es batu kristal dibuat menggunakan air mineral dan terjamin kebersihannya.

2. Ukuran Praktis

Es kristal cenderung lebih praktis dibandingkan es balok. Sebab es kristal sudah memiliki bentuk yang kecil-kecil dan bisa langsung dimasukkan ke dalam minuman. Anda tidak perlu repot memecah es menjadi berukuran kecil seperti es balok. Lebih praktis, bukan? Selain itu, es kristal juga lebih bersih karena minim kontak dengan benda-benda lain.

3. Harga Terjangkau

Es batu kristal harganya lebih terjangkau. Harga pasaran untuk es batu kristal sekitar 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Bahkan ada juga yang menjualnya dengan harga di bawah 10 ribu. Dengan harga yang lebih terjangkau, tentu saja bisa membeli lebih banyak. 

Baca juga:  Pasti Sukses !!! Ini 9 Cara Memulai Usaha Dari Nol Untuk Pemula

4. Proses Pengemasan Terbaik

Es batu kristal dikemas menggunakan plastik, sehingga aman dan tidak mudah rusak. Plastik kemasan yang digunakan adalah plastik bening yang sudah terjamin kebersihannya.

Dengan demikian, kualitas es kristal tetap terjaga. Dan tentunya tidak mudah mencair hingga sampai ke tempat-tempat tujuan. 

Baca juga : cara bisnis sayuran potong

Langkah Memulai Bisnis Es Batu Kristal

cara memulai bisnis es batu kristal
cara memulai bisnis es batu kristal

Jika sudah mengetahui beberapa keunggulan di atas, Anda mungkin sudah tidak sabar untuk memulai usaha es batu kristal. Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan.

1. Pemilihan Mesin

Pembelian mesin adalah modal utama dalam menjalankan bisnis ini. Ada bermacam mesin yang dapat dipilih dengan harga berbeda-beda. Anda bisa memilih mesin berdasarkan kebutuhan.

Apabila hanya skala kecil, maka pilihlah mesin dengan kapasitas kecil yang harga lebih murah. Sebaliknya, jika ingin membuka usaha dalam skala besar, sebaiknya membeli mesin yang berkapasitas besar dan harganya lebih tinggi

2. Persiapan Distribusi

Setelah membeli mesin, persiapkan juga peralatan terkait distribusi atau pengantaran. Biasanya pembelian es batu kristal bisa mencapai lebih dari 10 kilogram per pesanan. Oleh sebab itu perlu mempersiapkan alat transportasi yang memadai agar es batu bisa sampai ke tangan konsumen dengan aman.

3. Penentuan Target Pasar

Pangsa pasar es kristal ini sangat luas. Meski demikian, Anda perlu menentukan calon pembeli yang akan menjadi pelanggan tetap es kristal Anda. Anda bisa menawarkannya kepada pemilik usaha kuliner, warung tenda, warung makan, dan angkringan pinggir jalan. 

Selain itu sebagai contoh, fokus Anda hanya menyuplai es kristal pada penjual minuman es gerobak. Kemudian, Anda bisa mencari kontak mereka sebanyak-banyaknya agar bisa lebih mudah menawarkan es batu dengan rutin.

Baca juga:  Cara Buat Akun Bisnis WhatsApp Terbaru Tahun 2023, Simak Lengkapnya Disini!

Jenis-jenis Mesin Es Kristal

Pembuatan es batu kristal menggunakan mesin es khusus buatan luar negeri. Harga mesinnya pun bervariasi tergantung kapasitas produksinya. Terdapat berbagai jenis mesin yang biasa digunakan untuk membuat es batu kristal. Anda bisa menentukan manakah yang paling cocok sesuai kebutuhan Anda. 

  • Ice Tube Machine

Jenis mesin ini akan menghasilkan es berbentuk tabung seperti kristal. Biasanya es tube ini digunakan untuk berbagai macam minuman es. 

  • Ice Cube Maker

Mesin jenis ini akan menghasilkan es kristal berbentuk kubus kecil. Biasanya digunakan untuk minuman di hotel, bar, atau restoran. 

  • Ice Ball Maker

Mesin ini akan menghasilkan es batu kristal berbentuk bola. Es bentuk bola lebih lambat proses pencairannya. Ice ball sering digunakan untuk minuman beralkohol atau soda. 

Baca juga : bisnis sewa paling laris

Penutup

Bisnis es batu kristal sangat layak untuk dicoba. Karena keuntungan dan potensi penghasilan yang diperoleh sangat banyak untuk setiap penjualan. Sehingga menjanjikan keuntungan berlipat. Adapun kelebihan es batu kristal dibanding es batu biasa karena memiliki bentuk yang kecil-kecil sehingga praktis. 

Dalam memulai bisnis, memanglah tidak mudah tapi percayalah bahwa dengan ketelatenan dan keuletan, Anda bisa menjalankannya. Bisnis es batu kristal saat ini sangat diminati karena banyak penjual es pinggir jalan, cafe-cafe membutuhkan es ini. Jadi, Anda tak usah khawatir. 

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencari langganan. Anda bisa bekerjasama dengan restoran, cafe-cafe atau penjual es pinggir jalan terdekat. Memang awalnya hanya sedikit cuan yang dihasilkan tapi janganlah putus asa dalam berjuang. 

Demikianlah ulasan tentang bisnis es batu kristal yang dapat menjadi rekomendasi berbisnis setelah masa pandemi berakhir. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button