PendidikanRagam ManfaatSharing Santai

11 Manfaat Luar Biasa Dari Sifat Dan Perilaku Amanah (Patut Ditiru)

Manfaat dari sifat dan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari ada banyak sekali. Mulai dari dipercaya orang lain, memperlancar rejeki, kesuksesan karir dan masih banyak lagi. Maka dari itu sikap dan sifat amanah harus kita budayakan dengan baik.

Di dalam aturan hidup dan kehidupan kita sebagai manusia. Yang pertama adalah tidak boleh mengganggu orang lain, namun ada lagi tingkatan selanjutnya yakni sebagai manusia yang bermanfaat.

Dengan memiliki beberapa sifat dan perilaku yang baik, kita akan menjadi manusia yang berguna. Memang tidak mudah, karena untuk menjadi orang baik selalu ada ujian yang cukup berat.

Yuk bareng-bareng belajar menjadi lebih baik dengan memahami apa itu perilaku amanah dan juga manfaatnya bagi diri kita dan orang lain. Simak selengkapnya.

Apa Itu Perilaku Dan Sifat Amanah?

perilaku amanah
perilaku amanah

Arti amanah menurut KBBI adalah dapat dipercaya. Arti lainnya adalah sesuatu pesan atau janji yang harus dipegang oleh seseorang.

Dari sini dapat kita artikan bahwa perilaku amanah adalah sebuah perilaku yang menepati janji, memegang sebuah kepercayaan dan tidak mengingkarinya.

Menjadi orang yang amanah memang tidak semudah mengucapkannya. Dalam menjaga sebuah janji selalu saja ada sederet godaan yang menguji.

Faktanya, menemukan orang yang jujur dan dapat dipercaya lumayan sulit. Banyak orang yang tidak mampu, apalagi menghadapi godaan manis berupa uang, atau kesenangan lainnya.

Inilah yang menjadi krisis bagi dunia saat ini. Dunia tidak krisis orang pintar, ada banyak sekali. Namun untuk mencari orang yang jujur dan amanah sesulit menemukan jarum dalam tumpukan jerami.

Kalau kita bisa memiliki sifat amanah, berarti kita sudah menjadi 20% teratas dari semua orang di dunia saat ini. Memang sulit, tapi tidak ada yang tidak mungkin kalau kita bisa melatihnya.

Manfaat Sifat Dan Perilaku Amanah

Agar Anda lebih semangat dalam menjadi seorang amanah. Yuk kenali beberapa manfaat luar biasa dari sifat dan juga perilaku amanah apabila kita lakukan dengan baik. Beberapa manfaat tersebut antara lain :

Baca juga:  5 Tips Menjadi Model Pemula Good Looking & Good Attitude

1. Orang Amanah Akan Dipercaya Banyak Orang

manfaat perilaku amanah
manfaat perilaku amanah

Manfaat yang pertama tentu saja akan mendapatkan trust menjadi kepercayaan bagi banyak orang. Orang-orang akan mempercayai kita untuk mengemban sebuah tugas, sebuah titipan atau misi tertentu. Bahkan sebagian orang menitipkan suatu rahasia penting terhadap orang yang mereka percaya.

Selain itu, orang yang amanah ucapannya juga akan dipercaya oleh orang lain. Pendapatnya akan didengar oleh orang banyak karena tindak dan perilaku yang selama ini ia lakukan.

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, akan mampu dipercaya oleh teman-temannya. Didengarkan setiap pendapat kita dan mereka dengan senang hati dalam menerima nasehat atau ucapan kita.

Bagi seorang karyawan tentu akan sangat bermanfaat. Karena akan dipercaya atasan, dipercaya partner kerja dan dipercaya banyak orang di tempat Dia bekerja.

Bagi seorang pemimpin, juga bisa membuat Dia dipercaya oleh rakyatnya ketika menjalankan sebuah misi khusus. Sampai disini sudah luar biasa manfaatnya.

2. Perilaku Amanah Bisa Memperlancar Rejeki

Karena dipercaya oleh banyak orang, perilaku amanah ini bisa membantu kita memperlancar rejeki. Ini berlaku bagi seorang karyawan, pebisnis sampai dengan pengusaha.

Jelas sekali, misalkan kita bisa dipercaya maka orang akan lebih mudah memberikan tawaran bisnis dan pekerjaan kepada kita. Karena mereka yakin akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Dalam hal track record, orang yang mengemban amanat dengan baik saat bekerja atau berbisnis. Akan dipercaya orang, dan orang-orang akan kembali memesan job dan bisnis kepada orang tersebut.

Contoh sederhana :

Si A mendapatkan job untuk membangun rumah. Dia menjalankan dengan baik dan tuntas, dia juga jujur dalam membuat laporan keuangan. Semua pesanan dan permintaan bisa dia penuhi. Ini adalah perilaku amanah yang bisa memperlancar rejeki.

Jika kita tidak bisa menjaga amanat dengan baik, tidak menepati janji. Maka sudah pasti kebalikannya, yakni bisa mempersulit jalan rezeki milik kita.

3. Hidup Dengan Tenang Tanpa Was Was

Orang yang amanah akan menjalani hidup dengan tenang tanpa adanya rasa was was. Karena selama dia hidup sudah menyelesaikan semua janji dan kepercayaan dengan baik.

Contoh ketika kita pernah berbohong atau tidak menjalankan amanat dengan baik. Pasti hati kita akan memiliki rasa bersalah, tidak tenang dan bahkan gelisah.

Berbeda dengan kita sudah menjalankan sebuah tugas atau amanat dengan baik. Pastilah merasa lega, puas dan tidak ada lagi rasa gelisah.

Contoh dalam kehidupan bernegara :

Seorang pejabat yang amanah dalam menjalankan tugas akan hidup dengan tenang tanpa rasa was was. Berbeda dengan seorang pejabat yang koruptor, hidupnya akan dihantui dengan rasa tidak tenang.

Dari sini kita bisa belajar untuk terus bisa menepati janji dan amanah yang diberikan oleh orang lain. Dengan begitu kita akan hidup dengan tenang dan tanpa rasa penyesalan.

Baca juga:  Gerak Lokomotor Adalah? Ini Dia Penjelasan dan 10 Contohnya

4. Mendatangkan Keberuntungan

Manfaat luar biasa lain dari perilaku amanah adalah mendapatkan keberuntungan yang lebih baik. Ini adalah sebuah hukum alam, ketika orang baik akan didatangi oleh banyak kebaikan dalam hidup.

Ketika kita memiliki sifat amanah, percayalah kalau kita bisa menjadi orang beruntung di kemudian hari. Entah itu dari segi pekerjaan, rejeki, pertemanan atau keberuntungan lainnya.

Bagi sobat yang beragama muslim atau agama lain yang meyakini adanya Tuhan, pasti akan membenarkan hal ini. Kalau Tuhan akan meringankan beban orang-orang yang berperilaku jujur dan amanah.

Tuhan juga akan lebih mudah mengabulkan doa-doa orang yang berperilaku amanah. Sehingga dalam hidupnya akan menemukan banyak keberuntungan.

6. Sukses Dalam Karir Pekerjaan Maupun Bisnis

Jika Anda seorang pekerja atau pebisnis, maka jangan lupa untuk memiliki perilaku amanah. Karena perilaku ini akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Orang yang bisa dipercaya akan jauh lebih sukses dalam hal karir maupun bisnis. Karena akan dipercaya oleh banyak orang disekitarnya.

Mulai dari karyawan yang dipercaya oleh bosnya, dipercaya oleh rekan-rekan kerja. Yang akhirnya karir karyawan tersebut akan mudah naik.

Seorang pebisnis juga begitu, jika berperilaku amanah akan lebih sukses dalam bisnis yang dijalankan. Akan dipercaya klien, dipercaya mitra bisnis, dan membuat orang tidak ragu untuk menjalin kerjasama.

Tidak mudah hlo untuk mendapatkan kepercayaan seperti ini. Dan lebih sulit lagi untuk menjaga kepercayaan yang sudah orang berikan. Namun jika kita berhasil, akan memberikan manfaat yang luar baisa.

Baca juga : sukses berawal dari mimpi

7. Mendapatkan Pahala Melimpah

Kembali kepada masalah agama, apapun agama sobat pastinya juga percaya kalau perilaku amanah bisa memberikan kita banyak pahala.

Logikanya jika kita amanah akan membantu orang lain dalam banyak hal. Bisa membantu menyampaikan pesan, membantu menyimpan rahasia, membantu orang lain dalam kesulitan dan semua itu memberikan pahala bagi kita.

Memang sih, pahala menjadi hal yang kurang menarik karena tidak terlihat seperti uang. Bahkan sebagian orang lebih memilih uang daripada pahala.

Baca juga:  Solusi Praktis Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri Tanpa Bongkar, Simak!

Namun sebagai umat beragama, kita butuh bekal untuk kehidupan kedua nanti. Dengan pahala lah kita menabung dan membangun agar memiliki kehidupan akhirat yang lebih baik. Dan salah satunya adalah berusaha menjadi orang yang memiliki perilaku amanah.

8. Memiliki Banyak Teman

Dari banyak manfaat diatas akan berdampak lain yakni kita bisa memiliki banyak teman ketika menjadi orang yang amanah. Bahkan bukan sekedar teman, orang amanah akan memiliki lebih banyak sahabat yang setia.

Karena sifat orang adalah benci terhadap pembohong, benci terhadap orang yang ingkar dan tidak bisa dipercaya. Orang akan nyaman berada di dekat orang yang bisa dipercaya.

Tidak heran, ketika seseorang berperilaku amanah akan memiliki banyak teman. Bahkan saat kesusahan akan ada banyak orang yang membantu orang tersebut dengan senang hati.

Orang yang berteman banyak karena harta bisa berakhir kapan saja saat berubah jadi miskin. Namun orang yang berteman karena respect, rasa suka, peduli dan rasa hormat akan awet sampai kapanpun.

9. Mudah Mendapatkan Jodoh

mendapatkan jodoh
mendapatkan jodoh

Ketika seseorang memilih jodoh, tentu akan memilih orang yang bisa dipercaya. Baik itu laki-laki akan memilih wanita yang dia percaya, dan bagi wanita akan memilih laki-laki yang dia percaya.

Maka dari itu ada manfaat luar biasa dari perilaku amanah, yakni memudahkan seseorang dalam mendapatkan jodoh.

Khusus buat Anda yang ingin segera menikah, cobalah budayakan perilaku amanah sejak dini. Jika sudah, maka Anda bisa mempertahankannya dengan baik.

Karena dengan perilaku ini akan mendapatkan penilaian positif dari banyak orang. Sehingga akan ada calon pasangan yang mendampakan Anda menjadi istri atau suami bagi mereka.

10. Orang Yang Amanah Layak Menjadi Pemimpin

Seseorang yang layak menjadi seorang pemimpin dalam sebuah daerah, organisasi atau negara adalah orang yang amanah. Jika Anda memiliki perilaku amanah maka Anda juga layak untuk menjadi seorang pemimpin.

Karena tugasnya yang sangat besar, apalagi seorang pemimpin negara. Perilaku amanah harus melekat dalam diri, apalagi menanggung nasib jutaan orang rakyatnya.

Siapapun orangnya akan menjadi pemimpin di masa depan, bahkan dari sekarang. Minimal adalah pemimpin bagi keluarga, bahkan pemimpin bagi dirinya sendiri.

Apabila kita sudah membiasakan perilaku amanah. Maka kita akan menjadi orang yang terpercaya untuk menjalankan tugas-tugas besar yang datang di masa depan.

11. Membawa Manfaat Bagi Banyak Orang

Dari 10 poin diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa perilaku amanah bisa memberikan banyak manfaat. Baik itu manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kalau kita memiliki sifat amanat, pastinya akan menjadikan hidup kita lebih berarti karena berguna bagi orang lain. Kita juga tidak akan memiliki penyesalan ketika mati nanti.

Sekian sobat sharing dari kami pada kesempatan kali ini mengenai beberapa manfaat yang luar biasa dari perilaku amanah dalam keseharian kita. Semoga bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button