Pekerjaan

13 Cara Efektif Cepat Dapat Kerja Untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat

Kali ini kita akan membahas beberapa tips agar cepat dapat kerja untuk lulusan SMA/SMK sederajat. Yang InsyaAllah dengan beberapa cara ini sobat juga bisa menemukan pekerjaan sesuai dengan keinginan. Yuk simak selengkapnya.

Beberapa pertanyaan mungkin sedang Anda alami, seperti :

Gimana caranya ya biar cepat dapat kerja?

Apakah lulusan SMA bisa cepat kerja?

Kerja apa saja ya yang cocok lulusan SMA?

Tips apa saja untuk fresh graduate agar cepat dapat kerja?

Dan beberapa pertanyaan lain seputar mencari pekerjaan bagi lulusan SMA.

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin sulit dari waktu ke waktu. Setiap tahunnya ada jutaan calon pekerja baru lahir karena sudah lulus masa pendidikan.

Menurut data dari dinas pendidikan, sekitar 3 juta lulusan SMA sederajat setiap tahunnya. Jika dihitung dalam 5 tahun terakhir saja sudah mencapai angka 15 juta orang. Belum lagi dari data yang habis kontrak, phk, pengangguran yang lama dan lulusan tahun yang akan datang, banyak sekali.

Sebagian besar lulusan SMA sederajat memang memilih untuk bekerja dan tidak sampai 30% yang melanjutkan ke jenjang kuliah. Artinya tingkat persaingan kerja lulusan SMA sederajat sangat tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu beberapa cara yang efektif agar sobat bisa mendapatkan pekerjaan. Dan beberapa cara tersebut sudah kami rangkum pada artikel kali ini.

Cara Cepat Dapat Kerja Untuk Lulusan SMA/SMK

cara cepat dapat kerja
cara cepat dapat kerja

Oke sobat, langsung saja kita akan membahas beberapa tips dan cara cepat dapat kerja untuk lulusan SMA SMK sederajat. Sobat bisa mempelajari dan mempraktekkan beberapa cara dibawah ini :

1. Upgrade Skill/Keahlian

Yang membedakan antara satu orang dan orang lainnya adalah Skill atau Keahlian. Jika Anda memiliki keahlian khusus akan menjadi spesial dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Sampai disini Anda harus bertanya : Keahlian apa yang saya miliki sekarang?

Jika Anda belum memiliki keahlian khusus, lebih baik untuk mempelajarinya dari sekarang. Pilihlah sebuah bidang yang Anda suka, Anda minati atau yang memang Anda sudah bisa untuk memperdalamnya.

90% persen lamaran dari lulusan SMA sangat minim keahlian. Mereka hanya mengatakan siap bekerja keras, mencari pengalaman dan sejenisnya.

Jika Anda mampu berkata, saya ahli di bidang “tertentu”. Maka Anda akan selangkah lebih menang dalam persaingan kerja dari orang kebanyakan.

Nah, sebagai refrensi ada beberapa keahlian yang dicari oleh banyak perusahaan antara lain :

  • Ahli desain
  • Ahli programmer
  • Ahli las
  • Ahli mekanik motor mobil
  • Ahli komputer
  • Ahli administrasi
  • Ahli marketing
  • Ahli bahasa asing
  • Dan lain-lain

Yang intinya, silahkan memilih salah satu bidang yang Anda harus menjadi ahli didalamnya. Jika sudah ahli akan menjadi senjata ampuh untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga:  Explore 26 Lebih Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert 2023? Cek Disini!

2. Jangan Over Confidenct (Jangan Utamain Gengsi)

Salah satu penyebab tingginya angka pengangguran adalah banyak orang yang Over Confidenct. Juga gengsi yang tinggi ketika memilih sebuah pekerjaan.

Contoh sederhana, banyak anak mudah sekarang malu untuk terlihat kotor. Seperti bekerja di pasar atau disawah sekalipun. Padahal jika mau, ada banyak peluang pekerjaan dan menghasilkan uang disitu.

Sebagian orang maunya bekerja dengan gaji besar. Padahal belum memiliki pengalaman dan tidak ada keahlian khusus yang membuat mereka digaji besar.

Alhasil, banyak orang yang memilih menganggur mempertahakan idealisme dan gengsi mereka. Daripada harus bekerja yang menurut mereka lebih rendah dari keinginan.

Kata “Batu Loncatan“, seharusnya Anda gunakan dengan baik. Yakni bekerja seadanya terlebih dahulu dengan semaksimal mungkin. Sambil Anda melakukan upgrade diri dan otomatis akan menemukan pekerjaan lebih baik di masa depan.

3. Ketahui Cara Memilih Pekerjaan Yang Tepat

memilih pekerjaan yang tepat
memilih pekerjaan yang tepat

Jangan melamar pekerjaan yang tidak memenuhi syarat bagi Anda. Dan pahamilah cara memilih pekerjaan yang tepat agar bisa cepat dapat kerja.

Ini sesuatu yang sederhana namun penting untuk Anda mengerti. Cobalah mencari perusahaan yang memungkinkan untuk menerima Anda.

Ketika mencari pekerjaan, pahamilah syarat melamar secara keseluruhan. Dan pahamilah tingkat persaingan di perusahaan tersebut.

Syarat-syarat seperti minimal dan maksimal umur, tinggi badan, nilai minimum, dan banyak syarat lainnya. Pastikan Anda memenuhinya.

Jika Anda ingin cepat kerja, pastikan memenuhi syarat saat melamar. Usahakan pula memilih perusahaan yang lebih sedikit peminatnya, dengan begitu persaingan akan sedikit lebih rendah.

Baca juga : sukses berawal dari mimpi

4. Pahami Semua Proses Dalam Mencari Kerja

pahami proses seleksi karyawan
pahami proses seleksi karyawan

Yang selanjutnya, agar sobat cepat dapat kerja adalah memahami semua proses dalam mencari kerja. Ini berlaku untuk semua lulusan, baik itu SMA sederajat atau lulusan perguruan tinggi.

Beberapa proses dalam rekruitmen karyawan secara umum adalah :

  • Pertama, tahap mengajukan lamaran
  • Kedua, tahap tes psikotes
  • Ketiga, tahap interview
  • Keempat, tahap medical check up

Nah, dari keempat tahapan diatas Anda harus bisa dan harus ahli kalau perlu agar cepat dapat kerja.

Sebagian orang tidak bisa mengerjakan psikotes sehingga mereka gagal pada tahap awal. Sebagian orang lagi gagal saat interview karena tidak pandai berbicara. Sebagian lagi gagal karena masalah kesehatan.

Cobalah menganalisa diri Anda, dari beberapa tahap diatas. Manakah tahap yang Anda belum bisa? Mencoba berlatih agar semua proses dalam rekruitmen bisa Anda lalui dengan baik.

5. Mengikuti Pelatihan Kerja (Magang)

Jika Sobat masih lulusan SMA sederajat, sebenarnya ada banyak perusahaan yang membuka kesempatan untuk magang, yakni latihan kerja untuk menjadi karyawan.

Banyak orang yang malas untuk magang alasan gaji yang lebih kecil. Bahkan sebagian karyawan magang hanya mendapatkan uang transport saja.

Namun jangan salah, justru dari magang inilah Anda mendapatkan bekal yang berharga. Jika selama magang bagus, Anda bahkan bisa menjadi karyawan di tempat magang Anda tersebut.

Pengalaman magang juga bisa menjadi bekal bagi Anda untuk bekerja. Meskipun statusnya magang, namun minimal Anda akan dianggap pernah bekerja.

Baca juga:  Afiliasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerjanya

Apalagi jika Anda bisa magang diperusahaan yang besar dan favorit. Maka Anda akan lebih mudah untuk dipertimbangkan ketika melamar kerja dimanapun.

Jadi, jangan skip kesempatan magang kerja jika menghampiri Anda. Jalani dengan maksimal, dan dapatkan bekal terbaik dari magang tersebut.

6. Menghadiri JobFair

Salah satu tips yang sudah dibahas di banyak tempat jika ingin cepat kerja yang hadiriliah job fair. Karena disinilah Anda akan menemukan banyak perusahaan yang merekrut karyawan.

Tips ketika hendak menghadiri jobfair, lakukan beberapa hal berikut ini :

  • Berpakailah yang rapi dan formal, karena di jobfair juga banyak perusahaan yang mengadakan perekrutan langsung
  • Sediakan berkas lamaran lebih banyak, untuk menciptakan lebih banyak peluang
  • Datang lebih awal, karena banyak perusahaan yang membatasi jumlah lamaran yang masuk

Dari jobfair ini, silahkan sobat manfaatkan sebaik mungkin agar bisa cepat dapat kerja.

7. Bersedekah Bisa Mempelancar Rejeki (Pekerjaan)

sedekah memperlancar rejeki

Selanjutnya adalah cara cepat dapat kerja menurut islam. Salah satu yang harus Anda tahu bahwa bersedekah bisa memperlancar rejeki dan urusan kita, termasuk dalam mencari kerja.

Secara ilmiah memang sulit dibuktikan. Namun jika Anda yakin memiliki Tuhan harus tahu hukum yang satu ini.

Dalam agama islam dijelaskan bahwa siapa saja yang meringankan beban orang lain, maka Allah akan meringankan beban orang tersebut.

Selain itu, barang siapa yang bersedekah dengan ikhlas, akan dilipatgandakan rejekinya di masa depan.

Dari sini kita bisa tahu dan bisa belajar. Belajar untuk bersedekah dengan ikhlas agar semua urusan kita lebih lancar. Karena dengan sedekah ini bisa membantu memperlancar semua urusan, termasuk bagi sobat yang sedang mencari kerja.

8. Mendapatkan Restu Orang Tua

Salah satu doa yang paling manjur di dunia adalah doa dan restu dari orang tua kita. Jika sobat sedang kesusahan dalam mencari kerja, selain berusaha cobalah untuk meminta orang tua mendoakan Anda.

Fakta dilapangan membuktikan, orang yang berbakti dan mendapatkan restu orang tua. Biasanya akan hidup dengan lebih baik, sebagian bisa sejahtera dan minimal mereka hidup dengan tenang.

Fakta lain sebaliknya, yakni orang yang durhaka dan tidak mendapatkan restu orang tua. Hidupnya bisa berubah menjadi sulit dan akan mendapatkan banyak sekali cobaan serta kegagalan.

Apabila kita masih memiliki masalah dengan orang tua, maka segera selesaikan. InsyaAllah akan membantu melancarkan semua urusan kita. Termasuk bagi sobat yang ingin cepat dapat kerja.

9. Hindari Perbuatan Maksiat

Jika sedekah dan doa orang tua bisa memperlancar rejeki. Maka perbuatan maksiat sebaliknya, bisa mempersulit rejeki yang datang kepada kita.

Maka dari itu, kita perlu mengurangi dan bahkan menghilangkan perbuatan maksiat yang selama ini masih kita lakukan.

Barangkali sobat masih mengkonsumsi barang haram, melakukan perbuatan zina, sering berbohong atau perbuatan maksiat lainnya. Semua hal tersebut akan menjauhkan kita dari rejeki dan keberkahan.

Selain memperlancar rejeki, jika kita menjauhi maksiat maka hidup kita akan jadi lebih baik. Bukan hanya masa depan yang membaik, bahkan bisa menjadikan kehidupan kedua kita lebih baik nantinya.

Baca juga:  Apa Itu Soft Skill dan Hard Skill dan Pentingnya Bagi Dunia Kerja, Simak!

10. Memperbanyak Teman Dan Relasi

Di zaman sekarang ini 50% lebih ada orang yang mendapatkan pekerjaan karena mereka memiliki relasi. Makanya penting bagi kita untuk memperbanyak teman dan relasi.

Dari teman, dari kenalan, kita akan mendapatkan banyak informasi. Bahkan tidak sedikit orang yang bisa kerja lantaran kenalan baru mereka.

Selain bisa lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Ini juga bagus untuk aspek kehidupan kita lainnya. Yakni untuk bisnis, untuk kemasyarakatan dan juga untuk memperluas pergaulan kita.

Jika Anda selalu diam dirumah, tidak berinteraksi dengan banyak orang. Darimana bisa mendapatkan pekerjaan? Dari sinilah penting sekali bagi kita untuk menambah teman dan relasi, yang penting adalah teman dan relasi dalam hal yang positif.

Baca juga : Manfaat perilaku amanah

11. Pahami Perkembangan Zaman Dan Teknologi

mengikuti perkembangan teknologi
mengikuti perkembangan teknologi

Zaman terus berubah, orang-orang yang masih menggunakan cara lama akan ketinggalan zaman. Ini juga berlaku dalam hal mencari kerja atau mencari penghasilan.

Maka dari itu, kita harus melek teknologi dan melek perkembangan zaman. Sebagai contoh, sekarang ini semuanya sudah serba online. Bahkan mengirim lamaran dan proses seleksi saja serba online, kalau Anda tidak paham tentu akan lebih sulit mendapatkan pekerjaan.

Untuk orang yang up to date terhadap perkembangan zaman dan teknologi. Orang tersebut akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. Misalkan saja selalu memahami teknolgi komputer terbaru, teknologi handphone terbaru atau teknologi kehidupan terbaru lainnya.

Dari segi teknisnya, ada contoh yang cukup sederhana sederhana :

Ada orang yang masih door to door ke pabrik untuk mengirim lamaran.

Sebagian lebih tahu karena bisa mengirim lamaran melalui email.

Nah, sebagian lagi malah sudah menghasilkan uang dari internet dari rumah saja. Inilah contoh nyata, kalau orang yang mengikuti perkembangan zaman bisa lebih beruntung dalam penghasilan mereka.

Maka dari itu sobat bisa mulai belajar untuk banyak tahu tentang perkembangan zaman dan teknologi agar cepat dapat kerja atau bahkan bisa menghasilkan uang sendiri.

12. Memperbaiki Penampilan

Tahukah sobat kalau hampir 50% orang yang gagal mencari pekerjaan karena mereka tidak bisa berpenampilan bagus. Dan sebagian orang yang “good looking” akan lebih cepat dapat kerja, ini fakta.

Orang yang cantik dan penampilan bagus, atau tampan penampilan keren. Akan memiliki nilai tambah tersendiri yang membuat mereka bisa cepat diterima kerja.

Hloh, kan lebih penting skill dan keahlian daripada penampilan? Mungkin ada yang bilang begitu.

Tapi bagaimana kita bisa menunjukkan skill kita, kalau perusahaan melihat penampilan saja sudah menolak.

Minimal kita bisa menjadi orang yang rapi dan wangi. Berjalan dengan tegap dan mencoba untuk tampil menarik dan tetap sopan. Ini juga menjadi nilai tambah saat seleksi karyawan dan kebiasaan seperti ini akan mendorong kita lebih cepat dapat kerja.

13. Jangan Pernah Menyerah

Setelah semua tips diatas sudah Anda lakukan dan belum dapat pekerjaan juga. Maka gunakanlah tips yang terakhir yakni jangan menyerah.

Semua kesuksesan butuh proses, bahkan orang-orang besar memiliki proses yang sulit untuk sukses. Selama Anda tidak menyerah dan terus memperbaiki diri, maka Anda akan lebih dekat dengan keberhasilan.

Selain tidak menyerah, kita juga bisa berdoa dan tawakkal kepada Tuhan. Berdoa dan meminta yang terbaik untuk diri kita, agar segera terjawab semua usaha yang sudah dilakukan.

Baiklah sobat, diatas adalah beberapa tips dan cara agar bisa cepat dapat kerja bagi lulusan SMA sederajat atau bagi siapapun Anda yang sedang mencari kerja. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button