Cryptocurrency

Fomo Crypto Adalah : Pengertian Dan 3 Cara Menghindarinya

Buat sobat yang belajar crypto dari nol, pastilah mendengar istilah Fomo Crypto. Nah, apa sih sebenarnya makna dari fomo dalam dunia crypto? Lalu bagaimana cara mengatasinya akan kita bahas selengkapnya.

Teman-teman yang masih awam dunia crypto pastilah harus banyak belajar. Karena ada banyak istilah baru dan akan terdengar asing untuk sobat sekalian. Namun tetap semangat sobat, suatu saat sobat pasti jadi ahli crypto kalau mau serius.

Apa Itu Fomo Crypto? Dan Cara Mengatasinya

Fomo crypto adalah “Fear OF Missing Out“, sebuah rasa takut ketinggalan yang membuat buru-buru membeli sebuah aset crypto tertentu. Biasanya dikarenakan ada berita bagus mengenai aset crypto tersebut. Tidakan fomo ini jika tidak diimbangi kemampuan analisa yang baik akan merugikan.

Kenapa Fomo Crypto bisa merugikan? Karena tidak semua berita yang terbit mengenai aset crypto tertentu belum tentu benar. Sobat boleh saja membeli sebuah aset crypto. Namun jangan hanya karena fomo, namun sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu.

Study Kasus Fomo Crypto : Di channel youtube saya ada banyak yang nyangkut saat membeli crypto hanya karena fomo. Mereka termakan berita manis, padahal harga sudah tinggi dan tidak melakukan riset yang mendalam.

Seperti itulah sobat ketika membeli sebuah aset crypto hanya karena Fomo. Apakah sobat pernah mengalaminya? Kalau iya, yuk kita simak beberapa cara untuk mengatasi fomo crypto, antara lain :

Lakukan Riset Sebelum Membeli Crypto

Agar tidak menjadi korban dari Fomo, maka harus melakukan riset terlebih dahulu. Jika sobat terkena Fomo karena berita di satu tempat atau media, maka bandingkan dengan berita di tempat lainnya.

Baca juga:  Cara Trading Crypto Di Aplikasi MEXC, 1500 Aset Crypto

Seringkali media atau youtube menjadi endors dari aset crypto tertentu. Yang menyebabkan hanya menyebutkan hal baik dari aset crypto tersebut. Biasalah teknik marketing, semuanya harus terlihat bagus.

Selain membandingkan dari banyak berita, cobalah melakukan riset atas aset tersebut. Hal ini meliputi beberapa hal :

  • Cari tahu siapa developer aset crypto tersebut, apakah kredibel atau tidak.
  • Lihat project dari sebuah aset crypto, apakah menjanjikan atau tidak kedepannya

Mengenal siapa developer crypto yang ingin dibeli hukumnya adalah wajib. Sebagai contoh, jika ada aset crypto baru dibuat oleh developer crypto yang sudah besar pasti akan mudah melejit. Karena memang developer menjadi acuan utama untuk menilai sebuah aset crypto baru.

Kemudian lakukan riset untuk projek apa saja yang akan dijalankan dari crypto tersebut. Dari situ kita bisa tahu apakah aset crypto tersebut memiliki prospek bagus atau tidak di masa depan.

Untuk cara analisa lengkap, sobat bisa simak di pembahasan berikut ini :

Dalam 2 pembahasan diatas saya bahas lengkap cara memilih sebuah crypto untuk sobat simak.

Lakukan Cara Beli Crypto Dengan Sistem Cicil

Agar tidak menjadi korban fomo crypto selanjutnya. Lakukanlah pembelian dengan sistem cicil, atau sering disebut dengan DCA (Dollar Cost Averaging).

Sobat jangan habiskan uang dalam satu pembelian saja. Namun gunakan saja sebagian kecil terlebih dahulu. Hal ini untuk mensiasati ketika harga crypto tersebut turun dan sobat bisa membeli lagi di harga yang lebih murah.

Teknik DCA ini bisa sobat pakai pada sebuah aset crypto yang memenuhi syarat. Yang memang memiliki psospek bagus untuk jangka panjang. Karena resiko melakukan DCA ini juga sangat tinggi apalagi kalau sampai terjebak dalam crypto yang rugpull.

Baca juga:  Apa Hukum Investasi Crypto, Halal Atau Haram?

Bagus lagi jika sobat menargetkan sebuah aset crypto yang bagus seperti Bitcoin dan Ethereum dengan sistem cicil. Yakni membeli sedikit dan membeli lagi ketika harga turun secara rutin. Karena crypto yang bagus seperti ini memiliki peluang cuan lebih besar di masa depan.

Percayalah Akan Selalu Ada Kesempatan

Ada satu kalimat ajaib buat sobat yang fomo crypto, yakni “Pecayalah Akan Selalu Ada Kesempatan”. Jika sobat merasa market sudah tinggi, jangan dikejar. Tunggulah di lain hari akan ada kesempatan yang lain.

Banyak orang yang fomo crypto karena mereka takut ketinggalan. Takut gak ada kesempatan lagi di harga yang murah. Padahal di waktu yang akan datang akan selalu ada aset crypto baru yang menjadi juara selanjutnya.

Sampai disini apakah sobat masih ada yang merasa fomo? Kalau iya, sobat fikirkan baik-baik resiko yang akan ditanggung kalau salah beli. Jangan cuma membayangkan manisnya saja. Orang yang fomo biasanya lupa segalanya, tahunya crypto tersebut bagus dan lupa resiko besar dibaliknya.

Sampai disini sudah paham kan apa itu Fomo Crypto dan juga bagaimana cara mengatasinya. Sekian sharing dari admin, semoga bermanfaat dan salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button