Cryptocurrency

FUD Crypto Adalah : Pengertian Dan Cara Menyikapinya

Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu FUD Crypto dan juga cara mengatasinya. Agar sobat tidak mudah terjebak dalam FUD dan terhindar dari kerugian saat investasi crypto.

Di dunia cryptocurrency memang ada banyak hal yang tabu. Kadang sebuah crypto sengaja di jelek-jelekan. Bukan karena memang jelek, tapi biar harganya turun dan bisa membeli lebih murah.

Banyak para whales yang menyebarkan berita tertentu. Yang seringkali mengecoh para investor, terutama investor retail seperti kita. Dan salah satunya adalah dengan membuat FUD

Apa Itu FUD Crypto?

Fud Crypto adalah “Fear, Uncertainty and Doubt” yang artinya adalah ketakutan, ketidakpastian dan keraguan yang disebarkan untuk menurunkan harga sebuah aset crypto. FUD juga bisa disebabkan banyak faktor lainnya seperti kenaikan suku bunga atau kondisi perekonomian global.

Pastilah sobat sering mendengar kabar yang membuat para investor takut. Mulai dari kabar akan turunnya harga aset seperti bitcoin dan crypto lainnya karena beberapa hal. Ini juga termasuk dalam jenis FUD crypto.

Sebuah aset crypto yang terkena FUD memang ada 2 kemungkinan. Aset tersebut benar-benar buruk atau aset crypto yang akan menjadi mahal namun dijatuhkan dengan berita buruk.

Artinya sobat harus bisa mengambil keputusan dengan riset sendiri. Apakah crypto tersebut benar-benar buruk atau memang hanya diisukan buruk saja.

Sebagai contoh, banyak yang dulu pada tahun 2016 menuduh etherem scam, skema piramida dan yang lainnya. Tujuannya adalah harga biar lebih turun dan whale melakukan pembelian besar-besaran.

Jika kita lihat pada tahun 2016 harga etherum harnya sekitar 1$ saja. Dan sekarang sudah di harga sekitar 1600$. Artinya sudah naik 1600 kali lipat. Nah, siapa yang dulu percaya dengan FUD tersebut dan menjualnya mungkin sekarang sedang nangis di pojokan.

Baca juga:  10 Cara Jadi Host Live Streaming TikTok yang Sukses, Simak Yuk!

Banyak juga kejadian FUD crypto yang lain seperti menimpa bitcoin dan juga shiba inu. Dan sekarang harganya juga sudah naik besar-besaran.

Di tahun 2022 ini juga lagi gencar dimana banyak FUD crypto yang beredar, sehingga banyak crypto yang anjlok harganya. Seperti inilah contoh dari FUD yang terjadi dalam dunia crypto.

Cara Mengatasi FUD Crypto

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengatasi atau menyikapi FUD crypto itu sendiri. Tentu saja kita harus banyak melakukan riset sebelum percaya pada berita tertentu. Berapa banyak orang yang menyesal karena menjual rugi dan akhirnya harga naik tinggi. Inilah beberapa tips untuk mengatasi FUD dalam dunia crypto :

Melakukan Riset

Riset dan riset, itulah yang akan membuat kita lebih maksimal dalam menemukan aset crypto yang bagus. Sobat bisa lihat dari beberapa aspek, mulai dari siapa developernya dan juga bagaimana projek yang dijalankan.

Jika sobat yakin dengan aset yang sudah dibeli, maka tidak akan mudah termakan FUD. Sobat akan tetap tenang untuk memegang aset crypto tersebut untuk jangka panjang.

Gunakan Uang Dingin Membeli Crypto

Orang yang membeli crypto dengan uang dingin akan lebih santai. Tidak akan mudah termakan FUD dan bisa investasi dengan nyaman. Makanya setiap membeli crypto pastikan sobat menggunakan uang yang tidak terpakai.

Dengan uang yang tidak terpakai, kita tidak akan buru-buru jual. Kita tidak akan buru-buru cuan dan tidak terdesak dengan kebutuhan.

Selain itu dengan uang dingin, kita bahkan siap kehilangan uang tersebut. Dengan begitu psikologi kita akan tetap aman saat membeli sebuah aset crypto.

Hold Untuk Jangka Panjang

Banyak yang bilang, kalau gak bisa hold crypto maka gak bisa jadi kaya. Istilah ini sebenarnya ada benarnya, namun juga sangat beresiko. Tapi ketika sobat berpedoman untuk hold jangka panjang, tidak akan mudah termakan FUD Crypto.

Baca juga:  Cara Investasi Di Bibit Modal Rp10.000,- Jadi Jutaan Rupiah!

Orang yang sudah bertekad untuk hold jangka panjang punya prinsip yang kuat. Ada istilah biarlah jadi naga atau jadi abu. Artinya biarlah sekalian cuan yang banyak atau tak bersisa sekalian. Memang ini beresiko tinggi, namun salah satu kunci sukses crypto ada disini.

Punya mental hold jangka panjang memang tidak mudah. Harga naik gatal ingin menjual, harga turun kadang juga takut rugi semakin banyak. Namun hadiah untuk orang yang bisa hold jangka panjang juga akan sebanding di masa depan asalkan menemukan aset yang cocok.

Untuk sobat yang belajar crypto dari nol tentu saja harus banyak praktek dan lebih sabar. Banyak yang terjun ke crypto karena mereka pengen cepat kaya. Pada kenyataanya kaya dari crypto tidak semudah itu. Tidak banyak yang bisa tepat mendapatkan ROI maksimal ribuan persen karena belum tahu caranya.

Oke sobat, sekian dulu sharing dari saya pada kesempatan kali ini mengenai apa itu FUD crypto dan cara mengatasinya. Semoga informasi kali ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button