Cryptocurrency

4 Langkah Belajar Crypto Dari Nol, Mulailah Dari Sini!

Belajar Crypto Dari Nol – Jika sobat berniat menggeluti dunia cryptocurrency, mulailah dari sini. Karena disini admin akan memberikan arahan belajar crypto dari nol sampai dengan bisa menghasilkan uang.

Cryptocurrency masih menjadi hal menarik untuk diperbincangkan. Apalagi dengan hadirnya banyak jutawan baru lahir dari jual beli aset crypto.

Apakah sobat ingin menjadi jutawan selanjutnya dari crypto?

Tunggu dulu sob, karena dunai tidak semudah itu. Banyak orang yang sudah berhasil kaya dari crypto. Namun sebaliknya banyak juga yang menjadi miskin karena crypto.

Jadi sobat harus melakukan pembelajaran dengan benar dari awal agar tidak merugi. Minimal sobat tahu bagaimana cara investasi crypto yang baik dan benar.

Oke langsung saja kita mulai materinya….

Belajar Crypto Dari Nol, Mulailah Dari Sini!

belajar crypto dari nol
belajar crypto dari nol

Oh ya sebelum memulai, saya ingin mengatakan kenyataan pahit dari investasi crypto. Ini adalah bentuk investasi dan perdagangan yang sangat beresiko. Apakah sobat siap menanggung rugi? Kalau tidak siap mending mundur dari sekarang. Kalau siap, ayo kita lanjut.

Apa Itu Cryptocurrency?

Apa itu Cryptocurrency? Cryptocurrency adalah sebuah aset digital yang berada dalam sebuah blockchain yang diamankan dengan jaringan yang bernama Cryptografi. Cryptocurrency atau disingkat crypto tersusun dari banyak sekali kata sandi rumit dan unik yang sulit dipecahkan.

Menurut Wikipedia, Mata Uang Kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Baca juga:  Apa Itu Bitcoin? Kenali Lebih Jauh Cara Kerjanya.

Aset crypto bisa memiliki nilai apabila digunakan sebagaimana fungsinya. Ada banyak sekali, mulai dari pembayaran, pembaiayaan project game, staking, metaverse dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masih bingung? Secara gampangnya, ibaratkan sobat memiliki barang yang disimpan dalam bentuk digital saja. Meskipun tidak berwujud fisik langsung, namun barang tersebut tetap ada dalam dunia maya. Secara gampangnya mengartikan crypto adalah seperti itu.

Cryptocurrency Apakah Aman?

Pertanyaan yang sering muncul dari seorang pemula yakni Apakah Crypto / Cryptocurrency Aman? Wajar jika mempertanyakan hal ini karena berhubungan dengan uang ketika membeli sebuah aset crypto.

Crypto diamankan dengan jaringan cryptografi yang sangat canggih dan aman. Dan biasanya juga disimpan dalam sebuah wallet dengan keamanan tingkat tinggi, jadi kesimpulannya sampai disini adalah aman.

Namun mengenai nilai sebuah aset crypto itu sendiri sobat harus tahu sangat fluktuatif. Bisa naik puluhan kali lipat dan bisa turun bahkan sampai dengan nol. Jadi meskipun asetnya disimpan secara aman, dari segi nilai uangnya sangat beresiko tinggi.

Sampai disini saya harap sobat sudah paham mengenai seperti apa crypto tersebut. Ini adalah investasi pada sebuah aset digital yang memiliki fluktuasi tinggi. Jadi sebelum sobat membeli sebuah aset crypto harus mengenal terlebih dahulu sampai dalam mengenai crypto yang hendak dibeli tersebut.

Kenali Resiko Investasi Crypto Terlebih Dahulu

Ini hal wajib dalam belajar crypto dari nol, yakni mengenal resiko dari jual beli crypto. Meskipun menawarkan keuntungan yang besar, namun dibalik itu ada resiko yang besar pula. Beberapa resiko investasi crypto tersebut antara lain :

  • Yang pertama tentu bisa merugi dalam bentuk uang
  • Yang kedua beresiko kehilangan seluruh uang, bukan cuma rugi saja
  • Selanjutnya beresiko mengganggu psikologi kita
  • Resiko aset hilang tekena hack
  • Resiko tertipu banyak project scam
  • Dan beberapa resiko lainnya. . .
Baca juga:  Cara Membuat dan Menjual NFT Bitcoin Oridinal Lengkap dan Dapatkan Keuntungan Darinya!

Kok jadi serem ya?

Memang seperti itu dunia crypto, ada beberapa Sisi Gelap Dunia Crypto yang banyak orang tidak sadari. Kebanyakan hanya tergiur profit saja tidak memikirkan beberapa hal diatas.

Lalu apakah ada cara untuk menghindari beberapa resiko diatas?

Tentu saja ada, makanya sobat harus belajar crypto dari nol secara benar agar tidak salah arah. Dan disini akan saya berikan panduan lengkap untuk sobat semuanya.

Cara Memulai Investasi Cryptocurrency

Nah, setelah mengenai apa itu crypto pastinya sobat mulai bertanya nih cara mulai investasi crypto bagaimana? Admin akan jelasin buat sobat dalam beberapa langkah berikut ini :

Mengenal aset crypto yang ingin dibeli

Jenis crypto sendiri ada banyak sekali saat ini, sampai dengan puluhan ribu crypto. Mulai dari yang paling terkenal seperti Bitcoin, Ethereum, BNB dan masih banyak lagi ribuan crypto lainnya. Jadi langkah awal untuk memulai investasi crypto sobat harus kenal dulu seperti apa crypto yang ingin sobat beli.

Sobat bisa mengenali crypto tersebut di gunakan dalam project apa saja. Misalkan saja digunakan untuk project metaverse dan prediksi kedepannya projek tersebut seperti apa. Jadi sobat harus mendalami produknya terlebih dahulu dan melakukan analisa secara mendalam.

Membandingkan aset crypto satu dengan yang lainnya juga penting. Jadi sobat bisa tahu crypto mana yang paling potensial untuk sobat beli. Untuk pembahasan kali ini sobat simak langsung di : Cara Memilih Crypto Yang Bagus.

Mendaftar pada sebuah exchange crypto

Setelah sobat menemukan crypto incaran yang ingin dibeli. Baru setelah itu sobat mendaftar pada sebuah exchange crypto. Exchange crypto sendiri adalah sebuah tempat atau pasar untuk melakukan jual beli crypto. Dalam hal exchange sendiri dibagi menjadi 2, yakni Centralized Exchange dan Decentralized Exchange.

Baca juga:  Ekonom IMF: Mengatasi Pendorong Permintaan Kripto Daripada Melarangnya

Simak pembahasan lengkapnya : Apa Itu Centralized Exchange dan Decentralized Exchange

Dalam memilih exchange sendiri sobat harus berhati-hati. Harus bisa memilih exchange yang terpercaya agar dana yang sobat masukkan lebih aman. Sobat bisa melihat disini : Peringkat Exchange Terbaik Dunia dan Exchange Crypto Resmi Di Indonesia.

Melakukan jual beli crypto

Baru setelah sobat mendaftar di Exchange bisa melakukan pembelian dan penjualan aset crypto. Sampai disini berarti proses sudah tuntas, sampai sobat memiliki sebuah aset crypto. Ini mudah, karena yang sulit adalah memilih dan menemukan crypto apa saja yang akan mengalami kenaikan harga.

Oke sobat, sampai disini dulu untuk pengantar bagi sobat yang ingin belajar crypto dari nol. Salam sukses dari prayoga.id, namun belum lengkap jika sobat belum menyimak beberapa pembahasan dibawah ini :

Agar lebih jelas lagi buat sobat yang ingin belajar crypto dari nol bisa simak video dibawah ini :

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button