Bisnis

7 Cara Jitu Ternak Ikan Guppy Agar Berkembang Biak

Dengan melakukan ternak ikan guppy rasa penat setelah seharian bekerja dapat tergantikan. Cara ternak ikan guppy adalah pembahasan yang sangat menarik, dimana hobi bisa membawa hoki. Berbagai kelebihan ikan guppy sangat digemari kalangan penggemar ikan hias. Sebab keindahan warnanya sangat beragam dan enak dilihat. 

Selain beberapa alasan diatas, ternak ikan guppy juga termasuk peluang usaha yang belum banyak pesaingnya. Tahukah Anda jika ikan guppy termasuk jenis ikan hias yang mudah dibudidayakan? Rasakan kemudahan budidaya ikan ini meski lahan sempit. Asalkan mempunyai pakan dan beberapa wadah Anda bisa memulai kegiatan ternak ikan guppy. 

Ketahui Cara Ternak Ikan Guppy Agar Mudah Berkembang biak 

ilustrasi ternak ikan guppy
ilustrasi ternak ikan guppy

Daya tarik ikan guppy memang berbeda dari ikan hias lainnya. Agar koleksi ikan guppy seiring waktu bertambah banyak Anda harus menggunakan langkah budidaya ikan yang tepat. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini ya.

Pertimbangkan Kualitas Induknya 

Bibit ikan guppy yang bagus bisa Anda dapatkan dari induk yang bagus pula. Usahakan sisik induk ikan yang Anda pilih mulus dan tidak terdapat luka khusus. Baik jantan maupun betina harus memiliki tubuh yang sehat. Meskipun, indikator keberhasilan ternak ikan guppy terletak pada Ikan jantan.

Baca juga:  Cara Memulai Budidaya Burung Puyuh untuk Pemula Dalam 5 Langkah Saja, Simak!

Tempat Ternak Ikan Guppy 

Cara memelihara ikan guppy memang cukup mudah. Paling tidak Anda hanya memerlukan empat wadah. Tentu masing-masing wadah mempunyai fungsi yang berbeda. Wadah yang dapat Anda gunakan seperti ember, aerator, plastik, dan tanaman air. Wadah ikan guppy minimal mempunyai 30 cm.

Lebih Baik Pisahkan Ikan Betina dan Jantan 

Hal ini dilakukan sebelum melakukan pemijahan. Ketika ikan betina dan jantan dipisahkan dalam wadah yang berbeda, Anda harus mengganti air selama 1-3 hari. Bisa juga dengan membuang sepertiga air yang ada di wadah. Pastikan tetap memberi makan dua kali sehari.

Proses Pemijahan 

Apakah Anda ingin tahu proses pemijahan ikan guppy? Proses pemijahan berlangsung dengan memasukkan ikan guppy betina di wadah yang sudah terisi air bersih di pagi hari. Lalu kapan ikan guppy jantan dan betina dipersatukan? Ketika sore hari selama 4-7 hari. Dengan 1:5 perbandingan jumlah dimana lebih banyak ikan jantan.

Proses Penetasan Benih 

Induk yang sudah dibuahi harus dipisahkan dan dipindah ke dalam wadah penetasan. Tak lupa lengkapi dengan aerasi. Pemindahan ikan guppy sebaiknya Anda lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak larva ikan lainnya. Menariknya ikan guppy dapat hamil hingga tiga kali lho.

Proses Pendederan Ikan Guppy 

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar ikan guppy tidak cepat mati adalah dengan melakukan proses pendederan. Penasaran bagaimana caranya? Cukup tambahkan tanaman di wadah lalu letakkan ikan guppy di tempat yang terkena sinar matahari. Dengan begitu, ikan guppy akan membentuk warna-warna cantik. 

Simak Kelebihan Ikan Guppy Mungil nan Cantik ini

kelebihan ikan guppy
gambar guppy by infounik.org

Tren budidaya ikan guppy tetap bertahan hingga sekarang. Penggemar ikan hias pasti akan mengoleksi jenis ikan ini sebab kelebihannya sangat menarik diantaranya:

Baca juga:  6M dalam wirausaha : Pengertian, Manfaat Dan Contohnya

Visualnya Menarik 

Berbagai variasi ikan guppy yang ada di pasaran mampu memikat mata ketika memandang. Dengan spektrum warna yang beragam dan bentuk ekor yang mengesankan membuat siapa saja ingin memilikinya. 

Modal yang Dibutuhkan Cukup Terjangkau 

Jika memelihara hewan peliharaan lain membutuhkan modal jutaan, maka berbeda dengan modal yang dikeluarkan untuk ikan guppy. Anda hanya membutuhkan modal puluhan hingga ratusan ribu saja. Tentu sangat menghemat tabungan Anda bukan?

Tempat Budidaya Tidak Harus Luas

Ingin budidaya ikan tapi hanya memiliki lahan terbatas? Solusinya pelihara ikan dengan warna memikat ini. Ternak Ikan guppy tidak menuntut Anda memiliki lahan yang luas. Bahkan Anda bisa merawat ikan ini di halaman rumah atau ruangan kosong yang tidak digunakan lagi.

Tak Memerlukan Aksesori Sedemikian Rupa 

Ikan guppy termasuk jenis ikan hias yang mempunyai daya tahan tubuh kuat. Walaupun ditempatkan di wadah kecil, ikan ini tetap bisa berkembang biak. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menambahkan aksesori tambahan, seperti aerator, filter, dan lainnya.

Perawatannya Cukup Gampang 

Hanya dengan menjaga kenyamanan ikan guppy agar tidak mudah stres. Tak lupa selalu mengecek kebersihan wadah dan kondisi airnya. Pastikan mengganti air dalam wadah secara berkala dan rajin memberi pakan.

Mudah Beranak pinak 

Nah, dari sekian banyak keunggulan ikan guppy, mudah beranak pinak tetap menepati posisi teratas. Hal tersebut terjadi karena ikan guppy termasuk ikan yang mudah dikawinkan. Bahkan dalam satu kali kawin bisa hamil 3 kali dan menghasilkan banyak bibit ikan yang berkualitas.

Makanan Ikan Guppy Mudah Didapatkan 

Bagi peternak ikan pemula mencari pasangan adalah hal penting. Dengan memelihara ikan guppy Anda tak perlu kebingungan mencari sumber nutrisinya karena mudah didapatkan. Jenisnya ada dua yaitu pakan hidup dan pakan buatan atau pelet. Yang termasuk pakan hidup, seperti cacing kecil, infusoria, nyamuk, dan kutu air.

Baca juga:  Analisis SWOT untuk Bisnis yang Sukses:Pengertian, Elemen, Kelebihan dan kekurangan, Hingga Tips Penggunaannya

Sistem Pemasarannya Gampang-gampang Susah 

Bisnis tidak akan berjalan lancar jika enggan melakukan promosi. Anda dapat mencoba memasarkan secara offline maupun online. Semakin sering melakukan promosi semakin besar pula keberhasilan budidaya ikan guppy Anda. Keuntungan yang Anda dapatkan juga bertambah.

Kenali Perbedaan Ikan Guppy dan Ikan Cupang Agar Tidak Salah Sebut

perbedaan guppy dan cupang
perbedaan guppy dan cupang pic : www.tropical-fish-keeping.com

Serupa tapi tak sama, mungkin itu ungkapan yang tepat untuk ikan guppy dan cupang. Tak jarang banyak orang yang kurang mengerti perbedaan kedua ikan tersebut. Untuk itu kenali beberapa aspek yang membedakan dapat keduanya ya.

Ekor dan Sirip Tidak Sama

Sebab ekor ikan cupang nampak lebih besar dan melebar, sedangkan bentuk ekor ikan guppy lebih beragam. Uniknya bentuk ekor ikan guppy ada yang kipas, pedang, hingga lancip.

Ukuran Badannya

Ikan cupang mampu mencapai ukuran tubuh 7 cm, sedangkan ikan guppy hanya sampai 6 cm. Dengan begitu, ukuran ikan cupang lebih besar daripada ikan guppy. Anda ingin mengoleksi yang mana?

Spektrum Warna 

Anda tentu paham betul jika ikan ini menarik karena keindahan warna badan dan ekornya. Pastinya ikan cupang mempunyai corak yang lebih mencolok dibandingkan ikan guppy.

Perbedaan Perilaku Keduanya 

Selain fisiknya, ikan guppy dan cupang memiliki perilaku yang berbeda. Ikan cupang lebih agresif dan mudah berkelahi. Berbeda dengan ikan guppy yang lebih tenang dan mampu hidup berkelompok dengan yang lain.

Berkembang biak 

Dari cara Berkembang biaknya kedua ikan ini sangat berbeda. Ikan guppy mengandung dan melahirkan. Berbeda dengan ikan cupang yang harus bertemu terlebih dahulu lalu dibuahi si jantan.

Kesimpulan:

Cara ternak ikan guppy adalah tutorial yang harus Anda perhatikan agar ikan guppy Anda mendapatkan perawatan yang maksimal. Jika budidaya yang Anda lakukan berhasil maka Anda bisa mempromosikan ikan ini. Bisa melalui akun sosial media Anda atau mendatangi toko ikan untuk menawarkan kerja sama.

Itulah ulasan tentang cara ternak ikan Guppy yang bisa Anda jadikan bahan rekomendasi saat ingin memulai berwirausaha. Dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button