Bisnis

Cara Ternak Ikan Mas Koki, Sangat Mudah Coba Yuk!

Cara ternak ikan mas koki bisa dilakukan oleh siapa saja. Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias yang sudah sangat populer dan disukai oleh banyak kalangan. Maka, tak bisa dipungkiri jika banyak orang yang ingin belajar dan mengetahui cara budidaya ikan mas koki ini.

Harga ikan mas koki ini juga terbilang cukup mahal. Tentu, jika membudidaya ikan ini dan menyediakan ikan mas koki dengan jumlah yang banyak akan menjadikan suatu pemasukan yang cukup besar. Simak yuk penjelasan tentang cara ternak ikan mas koki

Tentang ikan mas koki

gambar ikan mas koki
gambar ikan mas koki by : ikanhiasmaskoki.blogspot.com

Ikan mas koki ini memiliki banyak warna warna yang apik dan unik sehingga banyak orang yang menyukai ikan hias ini. Banyak orang yang menyukainya karena warna dan bentuknya yang sangat cantik dan cocok dipelihara untuk hiasan aquarium dirumah. Jika Anda ingin membudidayakan di rumah, maka harus belajar dulu cara ternak ikan mas koki yang tepat. 

Peluang usaha ikan mas koki yang sangat menjanjikan

Peluang usaha bisnis ikan mas koki ini memang sudah bisa menjadi sesuatu usaha yang sangat menjanjikan. Namun, Anda harus tahu betul cara ternak ikan mas koki. Banyak orang yang menyukai ikan mas koki ini untuk dipelihara di aquarium, bahkan tak heran jika permintaan ikan mas koki ini semakin meningkat. 

Dari waktu ke waktu juga banyak orang yang mencari ikan hias mas koki ini. Usaha budidaya ikan mas koki ini memang sudah menjadi salah satu bisnis yang sangat populer dan banyak peminatnya. Untuk mengawali bisnis budidaya ikan mas koki ini tidak begitu sulit kok. Usaha ini bisa kamu mulai dengan modal yang kecil, asal tahu cara ternak ikan mas koki yang tepat. 

Baca juga:  Bisnis Untuk Pelajar SMP Yang Bisa Jadi Sambilan

Siapapun bisa untuk menjalankan bisnis ini, dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya ikan mas ini dapat kamu jalankan dengan sangat mudah. Peminat budidaya ikan mas koki ini cukup besar mulai dari orang yang suka memelihara ikan hias jenis ikan mas koki ini. 

Untuk melakukan bisnis ini tentu saja ada keuntungan dan kelemahannya, untuk pemasaran ikan mas koki ini juga terbilang cukup mudah. Dan sisi kelemahan bisnis budidaya ikan mas koki ini adalah budidaya ikan mas koki ini juga memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi.

Cara ternak ikan mas koki yang benar

ternak ikan mas koki
ternak ikan mas koki

jika kamu seorang pemula yang ingin memiliki usaha budidaya ikan mas koki, kamu bisa memulainya dari sebuah akuarium yang tersedia di rumah. Berikut ini langkah langkah cara membudidaya ikan mas koki :

Memilih Jenis Ikan Mas Koki yang baik

Bentuk dari ikan mas koki sangat apik dan unik maka dari itu banyak sekali pecinta ikan yang melirik ikan ini untuk dipelihara. Namun perlu kamu ketahui bahwa ikan mas koki ini juga memiliki beberapa jenis yang berbeda beda. Berikut ini beberapa jenis ikan mas koki yang bisa kamu budidayakan :

Ikan Mas Koki Kaliko

Ikan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki mulut yang runcing
  • Bagian kepala juga relatif runcing.
  • Bentuk tubuh yang bundar
  • Punggung dan sirip ekor yang lebih panjang
  • Memiliki kombinasi warna pada tubuh seperti warna merah, kuning, putih dan hitam.

Ikan Mas Koki Spencer

Ikan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki bentuk tubuh yang sangat bulat.
  • Memiliki sirip ekor, sirip punggung, dan sirip dada yang cukup panjang.
  • Memiliki warna merah orange dengan kombinasi warna keemasan.
Baca juga:  Usaha Potensial Di Desa Dengan Modal Minim

Ikan Mas Koki Mata Balon

Ikan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Bentuk tubuhnya gemuk, pendek dan bungkuk.
  • Yang jantan, siripnya kasar sedangkan yang betina, siripnya halus. 

Diatas merupakan beberapa jenis ikan yang bisa kamu budidayakan. 

Memilih Indukan Ikan Mas Koki

Setelah kamu mengetahui cara ternak ikan mas koki, selanjutnya ketahui pula cara memilih indukannya. Hal ini akan membantumu memperkembangbiakan yang bisa menghasilkan ikan yang cukup bagus. Maka kamu juga perlu mengetahui cara yang tepat dan benar untuk memilih indukan ikan mas koki berikut ini : 

  • Pilihlan indukan Ikan yang agresif, aktif, tidak loyo dan tidak hanya berdiam di dasar aquarium.
  • Carilah Warna ikan cerah dan tidak ada bercak luka seperti jamur dll.
  • Cari ikan yang sehat dan tidak ada penyakit
  • Pilih juga fisik ikan yang lengkap atau tidak cacat.

Pilihlah indukan seperti yang sudah tertera diatas, pilihlah indukan sebaik mungkin. 

Bedakan Indukan Mas Koki Jantan Dengan Betina

Hal berikutnya adalah kamu juga perlu membedakan indukan mas koki yang jantan dan betina agar kamu bisa mengelola budidaya dengan teliti. Dan kamu bisa menyilangnya nanti saat membudidayakan ikan mas koki ini. cara membedakan ikan mas koki ini sebagai berikut :

  • Ikan mas koki jantan dan betina memiliki sirip dada yang berbeda, ikan mas koki jantan memiliki sirip yang kasar dan menonjol ketika diraba. Sedangkan betina memiliki sirip halus.
  • Perut betina kalau ditekan terasa lembek dan juga mengeluarkan cairan kuning
  • Perut jantan akan mengeluarkan cairan berwarna putih 
  • Usia indukan jantan 7 bulan dan 8 bulan untuk betina
  • Indukan saat berenang indukan jantan cenderung lincah
  • Keduanya mempunyai fisik baik yang berarti utuh dan tidak cacat.
Baca juga:  10 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Pakaian yang Wajib Anda Ketahui

Menentukan Media dan Tempat Budidaya Ikan Mas Koki

Setelah membahas tentang cara ternak ikan mas koki dan memilih indukan, selanjutnya kita bahas tentang media budidayanya.  Ini merupakan hal yang sangat penting dan hal utama saat kamu akan membudidayakan ikan mas koki ini. berikut ini cara memilih media dan tempat budidaya ikan mas koki yang perlu kamu siapkan :

  • Carilah tempat kolam yang terbebas dari banjir dan gangguan yang lainnya.
  • Lalu Perhatikan keamanan lingkungan sekitar
  • Tempat yang kamu tentukan harus bebas dari burung pemakan ikan, kucing, dan lainnya.
  • Cari tempat yang bebas dari hal yang bisa mencemari lingkungan sehingga kualitas air bisa tetap terjaga kebersihannya.

Cara menyilangkan ikan mas koki

Berikut cara menyilangkan atau mengawinkan ikan mas koki :

  • Sebaiknya kamu meletakan indukan ke aquarium pada sore hari, karena ikan mas koki biasanya akan bertelur pada pagi hari.
  • Ketika melakukan penyilangan kolam atau aquarium sebaiknya dijauhkan dari tempat yang banyak dengan aktivitas manusia.
  • Lalu tempatkan induk ikan mas koki ke dalam aquarium yang telah disiapkan sebelumnya. Dan tambahkan tanaman air yang berguna untuk memberi kenyamanan pada saat ikan melakukan proses perkawinan.
  • Dan setelah proses perkawinan, air dalam akuarium biasanya akan menjadi putih putih dan berbuih karena sperma  yang dikeluarkan oleh indukan jantan.
  • Proses pembuahan dan bertelur memerlukan waktu beberapa jam, sehingga ketika indukan sudah tenang segera dikeluarkan dari akuarium dan dipindahkan ke kolam agar tidak memakan telur yang ada di aquarium.
  • Sekitar 10 jam sejak indukan dipindahkan ke kolam, telur yang sudah berhasil dibuahi akan berwarna kuning dan telur yang gagal akan berwarna putih.

Nah, sudah sangat cukup jelas bukan tentang cara membudidayakan ikan mas koki ini?? beberapa cara diatas wajib kamu lakukan ketika memulai budidaya ikan mas koki. 

Demikianlah penjelasan tentang cara ternak ikan mas koki  dengan mudah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam sukses dari blog prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button