Cryptocurrency

7 Cara Investasi Crypto Jangka Panjang Agar Jadi Sultan Di Masa Depan

Cara investasi crypto jangka panjang yang baik dan benar wajib Anda ketahui jika ingin menjadi kaya di masa depan. Sebenarnya hal ini sudah terbukti dengan lahirnya banyak Miliader di dunia berkat membeli aset crypto beberapa tahun yang lalu.

Bagi sobat yang membuka artikel ini, kami pastikan Anda memiliki ketertarikan dengan dunia crypto. Langkah yang Anda ambil sudah tepat, akan tetapi harus dilakukan dengan hati-hati. Karena investasi crypto merupakan jenis investasi high risk high return.

Artinya membeli sebuah aset crypto beresiko rugi sangat tinggi. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka hanya akan membuang-buang uang Sobat saja.

Lalu, bagaimana cara investasi crypto jangka panjang yang baik dan benar? Yuk simak selengkapnya.

Cara Investasi Crypto Jangka Panjang

investasi crypto jangka panjang
ilustrasi aset crypto bitcoin

Ada beberapa hal penting bagi sobat yang ingin melakukan investasi crypto jangka panjang. Agar sobat bisa sukses dalam financial di masa depan. Nah, beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Siapkan Uang Dingin Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menggunakan atau mempersiapkan uang dingin. Ini penting sekali, mengingat resiko investasi crypto yang sangat tinggi.

Uang dingin adalah uang yang tidak terpakai, uang yang tidak diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. Atau istilah lainnya adalah uang sisa dari kebutuhan yang kita punya.

Dengan menggunakan uang dingin, sobat tidak akan beresiko terganggu keuangan sehari-hari. Selain itu, jika terkena rugpull tidak akan pusing karena tidak mengganggu kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Kepercayaan Publik Terhadap Bitcoin Meningkat, 1 Juta Dompet Individu Hanya Adposi Bitcoin Penuh

Dengan menggunakan uang dingin, maka investasi crypto juga lebih santai untuk jangka panjang. Karena kita tidak akan terburu-buru menjual aset tersebut.

Tipsnya :

Sisihkan uang dingin setelah memenuhi semua kebutuhan. Dan pastikan sudah memiliki dana darurat. Baru kemudian sisa uang tersebut untuk membeli aset crypto.

Jangan sekali-kali melakukan pinjaman untuk membeli sebuah aset crypto. Karena sudah banyak fakta diluaran sana yang justru merugi dan banyak hutang karena hutang untuk investasi crypto.

2. Melakukan Riset Aset Crypto

Agar sukses dalam investasi crypto jangka panjang, maka harus melakukan riset atau DYOR secara maksimal. Carilah aset crypto mana saja yang memiliki potensi cuan dalam jangka panjang.

Dalam melakukan riset aset crypto ini pertimbangkan beberapa hal berikut ini :

  • Kenali jenis aset crypto tersebut, dan apakah berpotensi meledak di masa depan atau tidak
  • Kenali siapa orang dibalik aset crypto atau siapa developernya, karena memilih developer crypto terpercaya adalah hal yang sangat penting
  • Kenali semua project yang hendak dilakukan oleh developer crypto terkait.
  • Pelajari suplly aset crypto dan tokenmicsnya
  • Pelajari roadmap dan whitepaper
  • Cari dan kumpulkan berita fundamental terkait aset crypto yang ingin dibeli

Dengan beberapa poin diatas akan membantu sobat menemukan aset crypto potensial yang bagus untuk melakukan investasi jangka panjang.

Saya sendiri sudah membuatkan video untuk bagaimana cara riset aset crypto. Sobat bisa simak disini :

Kemudian ada beberapa coin crypto yang menurut saya cocok untuk investasi jangka panjang. Sobat bisa simak videonya disini :

3. Jangan Fomo

Didalam melakukan riset atau pemilihan aset crypto jangan cuma karena FOMO semata. Ini yang membuat banyak orang gagal dalam melakukan investasi crypto.

Fomo crypto adalah tindakan seseorang yang terburu-buru membeli sebuah aset crypto hanya karena berita manis dari para marketing. Jadi, orang yang fomo ini biasanya termakan janji manis saat membeli crypto tanpa melakukan riset yang jelas.

Baca juga:  Apa Itu Crypto Undervalue? Yuk Kenali Ciri-cirinya

Dalam melakukan riset, sobat harus bisa membedakan antara crypto yang benar-benar bagus. Dan harus menghindari crypto yang hanya dibuat fomo oleh para marketing bahkan dengan target kenaikan harga yang tidak masuk akal.

Orang yang mudah terkena fomo ini juga rawan terkena penipuan. Intinya adalah jangan mudah percaya dengan berita manis atau janji manis akan sebuah aset crypto manapun. Namun lakukan riset dan pelajari aset crypto tersebut secara mandiri.

4. Menggunakan Teknik DCA

Setelah sobat menemukan aset crypto yang potensial untuk jangka panjang, selanjutnya bisa mulai melakukan pembelian. Teknik yang bagus dalam membeli aset crypto adalah menggunakan Dollar Cost Averaging atau dikenal dengan teknik DCA.

DCA adalah membeli crypto secara berkala, terutama saat harga sedang mengalami penurunan. Sobat akan mendapatkan harga yang lebih murah untuk membeli lagi dan lagi secara berulang kali.

Crypto yang undevalue sangat bagus untuk dibeli dengan teknik DCA. Yakni crypto yang bagus, namun justru harganya sedang turun. Untuk menemukan jenis crypto seperti ini tentu sobat harus melakukan riset yang mendalam seperti sudah Kami sebutkan pada poin kedua diatas.

5. Jangan Hanya Membeli Satu Aset Crypto

Tips investasi crypto jangka panjang lainnya adalah jangan cuma membeli satu aset crypto saja, atau dengan kata lain jangan all in dalam satu coin.

Banyak orang yang gagal dalam investasi crypto karena menaruh uang mereka dalam satu keranjang. Hanya membeli satu aset crypto saja yang mereka anggap bagus.

Padahal tidak ada jaminan sama sekali akan aset crypto tersebut bisa naik di masa depan. Maka dari itu, penting sekali bagi sobat memilih beberapa amunisi aset crypto yang ingin dibeli.

Baca juga:  Investasi Di OVO Untuk Pemula Dari 0 Jadi Jutaan!

Beberapa tips penting dalam poin ini adalah :

  • Memilih 3 sampai dengan 5 aset crypto
  • Pilihlah aset crypto dari developer yang berbeda-beda. Karena jika hanya membeli dari satu developer saja dan developer tersebut rugpull maka semua aset dibawahnya bisa terkena imbasnya.
  • Pilihlah jenis crypto dengan project dan kategori yang berbeda. Karena di masa depan ketika satu kategori gagal, semua aset jenis yang sama juga terkena imbasnya.

6. Jangan Mudah Terkena FUD

Setelah sobat sudah membeli aset crypto, maka jangan mudah terkena FUD. FUD crypto adalah berita buruk yang sengaja disebarkan untuk menjatuhkan harga sebuah aset crypto. Dimana ada banyak orang ingin membeli di harga yang lebih murah.

Korban FUD ini biasanya menyesal, karena buru-buru menjual dan di kemudian hari harganya ternyata jauh lebih mahal. Maka dari itu, jangan buru-buru menjual aset crypto ketika ada berita buruk. Lakukan riset terlebih dahulu secara mendalam agar tidak menyesal menjual aset crypto tersebut.

7. If you can’t hold you won’t be rich

Ada sebuah ungkapan yang sangat populer dari CZ Binance yakni “If you can’t hold you won’t be rich“. Yang artinya jika Anda tidak mampu hold aset crypto jangka panjang maka kamu tidak akan menjadi kaya.

Jadi, untuk sukses dalam investasi crypto jangka panjang. Maka sobat harus mempu hold atau menahan dan menyimpan aset crypto tersebut dalam waktu yang lama.

Berapa lama target untuk hold aset crypto tersebut? Kalau bicara masalah target tentu berbeda-beda, namun jika memperhatikan siklus naik turunnya harga crypto. Ada yang namanya siklus 4 tahunan, dimana harga terendah dan tertinggi dalam 4 tahun akan terbentuk. Disinilah sobat perlu mencari moment yang tepat untuk mengikuti siklus tersebut.

Nah, itu tadi sobat beberapa cara dan tips investasi crypto jangka panjang yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses dari admin prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button