Pekerjaan

Afiliasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerjanya

afiliasi-adalah-pengertian-contoh-dan-sistem-kerja
Sumber: Freepik

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi dan informasi berkembang begitu pesat belakangan ini. Tentunya, dengan perkembangan tersebut sekarang ini kita dapat dengan mudah melakukan berbagai hal bahkan pekerjaan hanya melalui internet saja. Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk mendapatkan uang di internet salah satunya afiliasi. Mungkin beberapa dari kamu masih kebingungan dan mempertanyakan “afiliasi adalah?”.

Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang ini hampir semua orang menggunakan internet untuk menunjang kebutuhan mereka. Dengan adanya hal tersebut, tentu sekarang ini setiap perusahaan berlomba-lomba memperkenalkan produk dan layanan mereka. Oleh karena itu, seorang afiliasi juga sangat dibutuhkan.

Terlepas dari itu, bagi kamu yang ingin mengetahui afiliasi secara mendalam mulai dari definisi, contoh, cara kerja hingga keunggulan menjadi afiliasi, kamu berada pada pembahasan yang tepat. Pasalnya, pada topik kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai afiliasi secara mendalam. Penasaran? Yuk!simak.

Arti afiliasi adalah?

Sebelum lebih jauh mengenai afiliasi, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu pengertian dari afiliasi itu sendiri. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tentunya internet ini membawa pengaruh yang besar dalam semua bidang salah satunya dalam pemasaran atau promosi suatu produk dan barang yang dapat dilakukan melalui internet. 

Secara pengertian, afiliasi adalah suatu cara megnembangkan bisnis dengna cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah. Program afiliasi itu sendiri dapat dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi. Pastinya, dalam afiliasi ini kedua belah pihak baik itu yang menawarkan program afiliasi atau yang menjalankan afiliasi akan sama-sama mendapatkan keuntungan yang telah disepakati.

Baca juga: Bipolar Adalah: Berikut Penjelasan dan Cara Mendiagnosisnya

Apakah Afiliasi dan Affiliate itu sama?

Mungkin beberapa dari kamu tadinya mengira bahwa kedua istilah tersebut sama, namun keduanya jelas berbeda. Perlu kamu ketahui, singkatnya arti dari afiliasi adalah suatu model pemasaran yang memberikan kesempatan, kepada pihak luar untuk bergabung menjadi bagian dari sebuah bisnis yang ikut serta memasarkan produk atau layanan mereka. Sedangkan affiliate itu adalah salah satu pihak pemasar yang melakukan kegiatan afiliasi tersebut. 

Jenis-Jenis Afiliasi

Afiliasi ini dilakukan baik itu melalui perorangan atau perusahaan dan organisasi. Tetapi biasanya afiliasi ini dilakukan kepada para influencer, blogger dan media massa. Terlepas dari itu, sebenarnya ada banyak sekali jenis afiliasi ini, tetapi hanya beberapa saja yang populer dan banyak digunakan. Adapun beberapa jenis afiliasi tersebut seperti berikut ini:

1. Pay Per Click (PPC)

Salah satu jenis afiliasi yang populer di kalangan para affiliate marketing yaitu jenis pay per click ini. Pay Per Click atau PPC ini merupakan salah satu jenis iklan yang mana penerbit akan mendapatkan keuntungan sesuai jumlah iklan yang diklik audiens. Umumnya, jenis PPC ini banyak digunakan para pemilik website, blog, youtube dan lainnya.

2. Par Per Performance (PPP)

Tak kalah populer dari jenis sebelumnya, Pay Per Performance merupakan suatu jenis afiliasi yang mana penerbit akan mendapatkan hasil ketika terjadi pembelian produk dari link yang kita referensikan. Umumnya, jenis afiliasi Pay Per Performance atau PPP ini banyak digunakan para vendor karena lebih menguntungkan bagi mereka. 

3. Pay Per Sales (PPS)

Sebenarnya, Pay Per Sales atau PPS ini kurang lebih hampir sama dengan jenis afiliasi sebelumnya. Jika pada sebelumnya para penerbit akan mendapatkan keuntungan dari barang yang terjual ketika audiens menggunakan link mereka. Sedangkan pada Pay Per Sales atau PPS ini, penerbit akan mendapatkan keuntungan dari produk atau jasa yang terjual.

4. Pay Per Lead (PPL)

Sebenarnya Pay Per Sales atau PPS dan Pay Per Lead atau PPL merupakan sebuah jenis afiliasi dari turunan Pay Per Performance. Nah, dalam jenis afiliasi Pay Per Lead atau PPL ini para penerbit akan mendapatkan keuntungan bila berhasil mengarahkan para audiens untuk mendaftar pada sebuah situs yang telah ditentukan penyedia afiliasi tersebut. 

Baca juga: Kunci Sukses Bisnis Telemarketing Dan Telesales Ada Tiga Yaitu

Contoh afiliasi adalah?

Setelah mengetahui beberapa penjelasan mengenai afiliasi sebelumnya, mungkin beberapa dari kalian pastinya penasaranan dan mempertanyakan “contoh afiliasi adalah?”. Mengenai contoh afiliasi itu sendiri, sebenarnya seringkali kita temui. Di Indonesia itu sendiri sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mendukung program afiliasi ini. Berikut beberapa contoh afiliasi dalam beberapa perusahaan:

1. Shopee

Seperti yang sudah kita ketahui, shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Sudah banyak sekali para pemilik website, blog atau bahkan influencer yang mengikuti program afiliasi dari shopee ini. Biasanya, seringkali kita menemukan beberapa link produk shopee pada beberapa website atau bahkan konten mereka. Nah itu lah salah satu contoh program afiliasi dari shopee.

Program afiliasi yang ditawarkan shopee ini merupakan sebuah program afiliasi yang mana mengajak seluruh pengguna media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mempromosikan produk-produk shopee melalui akun media sosial mereka. Nah, nantinya kamu akan mendapatkan keuntungan jika audiens membeli produk tersebut. 

2. Tokopedia

Selain shopee, tentunya di Indonesia itu sendiri ada beberapa marketplace lain yang tak kalah populer dari shopee, salah satu marketplace tersebut tidak lain dan tidak bukan yaitu tokopedia. Sama halnya dengan affiliate shopee, untuk menjadi affiliate di tokopedia ini. 

Tentunya, kamu hanya perlu mempromosikan produk miliki penjual dengan membagikan link yang di generate melalui tokopedia. Nantinya, kamu dapat membagikan kepada para pengguna lainnya melalui chanel media sosial dan apabila terjual maka kamu akan mendapatkan komisi. 

3. Tiket.com

Contoh afiliasi lainnya yang dapat kamu gunakan yaitu program afiliasi dari tiket com ini. Tentunya kita semua sudah mengetahui bahwa tiket com merupakan sebuah platform yang menyediakan layanan untuk traveling. Layanan afiliasi yang ada dalam tiket com ini ditujukan khusus kepada perusahaan berbadan hukum yang sedang memulai megnembangkan bisnis dalam bidang industri travel.

Baca juga: Google Adsense : Pengertian, Cara Daftar Dan Cara Menghasilkan Uang Dari Adsense

Sebenarnya, program afiliasi yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan beberapa contoh program afiliasi sebelumnya. Tentunya, kamu perlu menjual tiket pesawat, kereta api, hingga voucher hotel yang telah disediakan oleh tiket com. Menariknya, tiket com ini akan memberikan Rp.10.000 /  seat untuk setiap transaksi yang berasal dari partner afiliasi yang menggunakan API mereka. 

Sistem Kerja Afiliasi

Untuk menjawab sistem kerja afiliasi itu sendiri, sebenarnya ada banyak sekali caranya tergantung pada jenis afiliasi yang ditawarkan pihak yang menjalankan afiliasi tersebut. Untuk beberapa contoh program afiliasi sebelumnya, sistem kerja afiliasi yang digunakan yaitu kamu hanya perlu membagikan link dari tiap-tiap marketplace tersebut.

Jadi, sebenarnya mengenai sistem kerja afiliasi itu sendiri tergantung pada penyedianya tersebut. Untuk sistem kerja afiliasi dengan PPC itu sendiri dapat kita lihat pada beberapa website atau blog yang terdapat iklan-iklan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button