Bisnis

Arti PageRank dalam Bisnis Online, Sejarah Dan Cara Kerjanya

Arti PageRank dalam bisnis online adalah erat kaitannya dengan penerapan SEO. Jadi, bisa tergolong sebagai pendukung untuk membuat website menempati peringkat pertama dalam mesin pencari. 

Jika ingin tahu lebih lanjut, maka bisa menelusuri pembahasannya dalam artikel ini. Pasalnya, akan dijelaskan secara lengkap mengenai sejarah, cara kerja, dan hal lainnya juga. 

Arti PageRank dalam Bisnis Online Adalah? Beserta Sejarah dan Cara Kerjanya

arti page rank dalam bisnis online
arti page rank dalam bisnis online

Di bawah ini akan menjelaskan mengenai arti dari PageRank, sejarah, dan cara kerjanya secara lengkap. Dengan begitu, bagi yang belum tahu mengenai hal ini, maka bisa mengenalnya lebih mendalam. 

Arti PageRank dalam Bisnis Online Adalah? 

Arti PageRank dalam bisnis online adalah sebuah algoritma otoritas tautan yang Google buat. Kegunaannya membantu mesin pencarian untuk membandingkan halaman yang memenuhi syarat. 

Hal itu untuk kueri tertentu yang berdasarkan seberapa sering direferensikan dalam bentuk tautan di situs lain. Jadi, arti PageRank dalam bisnis online adalah sebuah istilah yang menggambarkan skor situs perusahaan. 

Penentuan skor tersebut berdasarkan kalkulasi dari kualitas dan kuantitas tautan masuk. Hal itulah yang Google jadikan penentu dalam menentukan peringkat. Jika skornya semakin tinggi, tentu lebih banyak situs lain yang merekomendasikan artikel pemasaran yang pengusaha buat. 

Fitur ini pun sangat berkaitan dengan penerapan SEO dalam pembuatan artikel. Biasanya orang sering menyebutnya dengan istilah PR. Jika ingin tahu lebih lanjut, maka bisa membaca sejarah awal terbentuknya fitur ini. 

Baca juga:  Kerjasama Distributor Sembako, Begini Caranya !

Sejarah PageRank

Selain mengetahui arti PageRank dalam bisnis online adalah istilah skor situs, kenali juga sejarahnya. Dengan begitu, akan lebih mendalami mengenai asal mula adanya fitur Google ini. 

Pendiri Google, yaitu Sergey Brin dan Larry Page merancang PageRank di tahun 1997 sebagai sebagian proyeknya di Universitas Stanford. Selanjutnya, paten untuk pertama kalinya pada 1 September 1998. 

Sejak saat itulah, PageRank algorithm yang Google pakai untuk menghitung memberikan peringkat pada situs. Kemudian, pada tahun 2000, Google memperkenalkan toolbar yang berfungsi untuk melihat peringkat PageRank di situs. 

Maka dari itu, akhirnya banyak orang yang berlomba-lomba memberikan tautan dari situs yang sudah mempunyai peringkat. Dengan begitu, situs pengusaha juga bisa ikut mendapatkan rank tinggi. 

Teknologi memang sesuatu yang berkembang sangat pesat dan selalu ada trend setiap masanya. Jadi, kemungkinan teknologi yang orang-orang pakai 5 tahun lalu belum tentu bisa terus trend di masa sekarang. 

Di masanya, PageRank memang termasuk teknologi yang mutakhir. Bahkan, sampai bisa memunculkan SEO dengan webmaster yang mempunyai tingkat kecerdasan tinggi. 

Namun, di masa sekarang, PageRank sudah tidak jaya lagi karena adanya berbagai teknologi yang lebih unggul. Selain itu, juga terjadi banyak kecurangan karena mudahnya mengetahui sistem kerja dan banyaknya pembelian link.

Cara Kerja PageRank

Seperti yang disebutkan di atas bahwa arti PageRank dalam bisnis online adalah istilah untuk peringkat situs. Jadi, akan bisa mengetahui seberapa kredibel dan berkualitasnya link yang tersemat di dalamnya. 

Maka dari itu, PageRank bisa bertindak sebagai sebuah kepercayaan. Jika banyak link berkualitas yang tersemat, maka akan semakin terpercaya artikelnya. 

Faktor penting yang sangat berpengaruh dalam PageRank adalah internal link dan anchor text. Tidak hanya pada masa dulu, sampai sekarang pun internal link masih menjadi andalan para pakar SEO. 

Baca juga:  7 Tahapan Belajar Bisnis Online Yang Efektif Untuk Pemula

Jika sebuah situs sudah berada di peringkat tertinggi, maka peluang mendapatkan banyak pengunjung semakin besar. Dengan begitu, bisnis online atau produk yang pengusaha tawarkan bisa meningkat omsetnya. 

Cara Memperolehnya Rangking Pertama pada Google PageRank

Ada beberapa cara yang bisa pengusaha atau pengelola website lakukan jika ingin meningkatkan rating PageRank. Jadi, tidak bisa serta merta menempatkan link. Berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Mengetahui Algoritma PageRank

Cara yang pertama adalah mengetahui algoritma PageRank. Hal itu karena algoritma di mesin pencari yang menjadi penentu, apakah layak masuk halaman pertama atau tidak. Google pun selalu memperbaiki serta mengoptimalkan kerjanya. 

Tujuannya supaya mesin pencari bisa mendapatkan hasil yang tepat dan akurat. Oleh karena itu, mengapa mengetahui algoritma PageRank termasuk hal yang penting. 

2. Mengevaluasi Situs PageRank

Selanjutnya adalah harus mengevaluasi situs PageRank setiap harinya. Dengan begitu, akan mengetahui apakah situs web mengalami perkembangan atau tidak. Sekarang, ada berbagai jenis tools yang bisa memudahkan untuk mengetahui hasil peringkat SERP. 

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kecepatan pemuatan halaman. Mengingat jika waktunya lama, maka pengunjung akan meninggalkan situs tersebut. Belum lagi kecepatan ini juga berpengaruh pada peringkat. Berikut beberapa tools yang dapat pengusaha pakai untuk mengukur kecepatan loading situs. 

  • Tes Halaman Web
  • Wawasan Google PageSpeed
  • Tes Kecepatan Situs Web Pingdom

3. Mengutamakan Lalu Lintas Organik

Lalu lintas organik merupakan istilah untuk orang-orang yang mengunjungi situs web dan tidak membayar. Jadi, pelanggan tersebut memang tertarik untuk mengetahui produk yang ditawarkan. 

Jika demikian, maka kemungkinan bisa menjadi pelanggan tetap dan royal. Namun, untuk mencapai hal ini, tentu harus membuat konten-konten pemasaran produk dengan baik.

Selain itu, gunakan bahwa yang orang lain mudah memahaminya. Rangkai pembahasan menarik dan bermanfaat sehingga di akhir nanti mengunjungi melakukan tindakan membeli. Biasanya konten yang berkualitas mempunyai spesifikasi atau ciri-ciri seperti berikut. 

  • Isi konten harus relevan atau sesuai dengan topik yang akan pengusaha bahas.
  • Menambahkan konten multimedia, seperti gambar, video, atau grafik dalam konten. Namun, jangan terlalu banyak menyematkannya supaya pengunjung tidak merasa terganggu ketika membaca artikel. 
Baca juga:  Ini Rincian Kalkulasi Ternak Entok 100 Ekor, Bagi Pemula!

4. Melakukan Riset Kata Kunci

Sebelum membuat sebuah konten, sebaiknya riset dulu kata kunci yang mempunyai rating tinggi dan banyak pengunjung cari. Dengan begitu, akan mudah menemukan artikel atau konten tersebut. 

Selain itu, juga berkesempatan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih tinggi. Dalam mencari kata kunci yang tepat, pengusaha tidak perlu khawatir. Hal itu karena ada banyak tool yang bisa membantu melakukan pencarian

5. Situs User Friendly serta Mobile Friendly

Salah satu yang bisa mempengaruhi peringkat PageRank adalah situs yang Mobile Friendly. Hal itu karena banyaknya pencarian di Google berasal dari perangkat mobile. Pengusaha bisa memeriksa konten menggunakan tool yang menyediakan fitur Mobile Friendly Test. 

Dengan begitu, akan bisa mengetahui apakah konten yang dibuat sudah Friendly dan Mobile Friendly atau tidak. Jika belum memenuhi spesifikasi, maka bisa lakukan revisi sebelum mengunggahnya. 

6. Menempatkan dan Membangun Link

Keberanian internal link dan external link dapat membantu membangun sebuah website. Internal link adalah sebuah tautan yang bisa menuju ke halaman lain dari website milik sendiri. Sedangkan external link ialah sebuah tautan yang mengarah ke halaman website lain. 

Adanya fitur PageRank memang sangat membantu dalam pemasaran bisnis online. Akan tetapi, Google sudah menutupnya pada tahun 2016 lalu. Hal itu karena banyaknya kecurangan yang terjadi dan maraknya jual beli tautan peringkat tinggi. 

Meskipun begitu, masih ada penggantian fitur ini dengan sistem yang lebih baik dan terjaga. Cara kerjanya pun hampir sama, yaitu dengan penyematan link. Contohnya seperti URL Rank dan lain sebagainya. 

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa arti PageRank dalam bisnis online adalah fitur yang mampu menarik banyak pengunjung. Meskipun saat ini sudah tidak ada, tetapi masih bisa memanfaatkan tools lain yang serupa dengan kualitas lebih terjamin. Salam sukses dari prayoga.id

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button