Bisnis

9 Cara Menjalankan Bisnis WiFi Rumahan Serta Keuntungannya

Bisnis WiFi rumahan adalah cara meraup keuntungan dengan mudah. Saat ini WiFi rumahan sudah menjadi peluang usaha yang sedang naik daun, karena memang menjanjikan omset yang besar.

Apalagi di era digital seperti sekarang, akses internet menjadi sangat krusial. Nah, bagi Anda yang tertarik ingin menjalankan bisnis WiFi rumahan bisa menyimak tips di bawah ini sampai selesai.

Cara Menjalankan Bisnis WiFi Rumahan

bisnis wifi rumahan
bisnis wifi rumahan

Bagi pemula mungkin masih bingung bagaimana menjalankan usaha WiFi rumahan agar menguntungkan. Agar tidak bingung, berikut ini beberapa cara menjalankannya:

1. Mengetahui Target Pasar

Sebelum memulai bisnis WiFi rumahan, pertama kali yang harus Anda lakukan yaitu menganalisis target pasar atau calon pelanggan. Coba cek apakah di dekat rumah Anda memang membutuhkan akses internet seperti WiFi atau tidak.

Setelah itu, perhatikan pula kebutuhan akses internet tersebut untuk apa. Apakah untuk kebutuhan main game atau sekedar untuk nongkrong saja. Hal ini nantinya akan menentukan seberapa banyak koneksi internet dan peralatan yang Anda butuhkan.

2. Menyiapkan Modal Awal

Dalam setiap bisnis apapun pasti memerlukan modal awal. Begitupun dengan bisnis jaringan WiFi rumahan ini. Meskipun modalnya tidak terlalu besar, namun tetap saja Anda harus menyiapkan modal awal.

Modal yang paling utama ini yaitu berlangganan kepada pihak provider penyedia wifi. Anda juga perlu menyediakan tempat yang nyaman, sehingga pelanggan yang datang untuk menyewa wifi merasa betah.

Baca juga:  Barang Yang Cepat Laku Dijual Online, 6 Contohnya

Hitungan modal awal yang Anda butuhkan menyesuaikan dengan besar bandwidth yang Anda gunakan. Semakin besar yang Anda gunakan, tentu biayanya pun akan semakin mahal.

3. Menggunakan Provider Terbaik

Cara menjalankan bisnis wifi selanjutnya, yaitu mencari provider yang memiliki sinyal internet yang baik. Pilihlah provider wifi yang sinyal internetnya tidak lelet di rumah Anda. Meskipun harganya lebih murah sebaiknya tetap pilih yang benar-benar lancar.

Jika Anda menggunakan provider yang murah, namun sinyalnya jelek, maka akan membuat para pelanggan kecewa dan tidak ingin kembali lagi. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu provider terbaik yang bisa digunakan di rumah Anda.

4. Menyediakan Peralatan Wifi

Setelah memastikan rumah Anda layak untuk dijadikan sebagai bisnis wifi rumahan, kini Anda sudah bisa membeli peralatan wifi demi menunjang peluang bisnis ini.

Untuk membeli peralatan wifi sekaligus memasangnya, biasanya Anda perlu mengeluarkan biaya mulai Rp 500 ribu hingga Rp. 2 juta. Biaya tersebut tergantung dari seberapa cepatnya kecepatan internet yang Anda pilih.

Untuk kenyamanan pelanggan wifi Anda, sebaiknya memasang di atas 10 Mbps. Pihak provider wifi nantinya akan mendatangkan langsung petugas khusus untuk melakukan pemasangan wifi. Jadi, Anda hanya tinggal duduk manis menunggu pemasangan wifi selesai.

5. Menyediakan Tempat yang Nyaman

Setelah menentukan provider terbaik untuk bisnis jaringan wifi rumahan, Anda harus menyediakan pula tempat yang nyaman untuk para pelanggan dalam melakukan akses internet. Caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memberikan kursi yang nyaman.

Jika Anda menyediakan tempat wifi di dalam ruangan, Anda bisa memasang AC atau kipas angin untuk penyejuk ruangan. Dengan begitu pelanggan Anda akan merasa betah dan berlangganan dengan Anda.

Baca juga : bisnis minuman kemasan cup

6. Menentukan Harga Jual

Bisnis wifi rumahan adalah bisnis yang menargetkan para tetangga Anda. Biasanya, para tetangga, baik di kota, di kampus maupun pedesaan akan menuntut harga yang murah.

Baca juga:  11 Kerja Online Tanpa Modal Gaji Harian Tahun 2022

Oleh karena itu, Anda harus menghitung harga jual yang pas, agar para tetangga tersebut mau menggunakan jasa wifi rumahan Anda. Adapun wifi rumahan biasanya dibanderol dengan harga Rp. 2.000 hingga Rp. 3.000 per jam.

Dengan rate harga tersebut, Anda sudah dapat memperoleh keuntungan jika pengunjung ramai setiap harinya. Misalnya, gambaran wifi hanya mampu menampung 20 orang setiap harinya, dan setiap jam tersebut 20 orang terus berganti dengan orang lain. Maka, dalam 1 hari full keuntungan Anda sudah berlipat ganda.

7. Menyediakan Camilan

Di dalam bisnis wifi rumahan, Anda memiliki peluang bisnis lainnya, yaitu menjual camilan. Agar tidak bosan berinternet berlama-lama, biasanya mereka membutuhkan makanan ringan untuk menikmati kegiatan berselancar mereka.

Jadi, Anda dapat menjual makanan ringan kepada para pelanggan yang menggunakan jasa wifi Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan dobel dari wifi dan camilan yang Anda jual.

8. Menyediakan Area Parkir yang Luas

Cara menjalankan bisnis wifi rumahan selanjutnya, yaitu menyediakan area parkir yang luas untuk pelanggan Anda. Dengan adanya area parkir, pelanggan akan merasa nyaman, karena mereka tidak akan kesulitan menaruh kendaraan yang mereka bawa.

9. Melakukan Promosi

Setelah bisnis Anda mulai berjalan, jangan lupa untuk melakukan promosi. Meskipun bisnis tersebut masih dalam skala kecil, namun tetap perlu melakukan promosi.

Tanpa adanya promosi, orang-orang tidak akan tahu bahwa Anda telah membuka jasa wifi rumahan. Selain itu, bisnis Anda juga akan lama berkembang jika tidak melakukan promosi.

Baca juga : bisnis tak kenal musim

Keuntungan Bisnis Wifi Rumahan

Apakah Anda sudah yakin ingin memulai bisnis ini atau masih ragu? Dalam memulai bisnis, keyakinan adalah modal utama.

Baca juga:  Cara Ternak Kroto Pemula, Wajib Kamu Ketahui !

Bisnis ini banyak diminati, karena memang menguntungkan. Nah, kira-kira apa saja sih keuntungannya? Berikut keuntungan menjalankan usaha wifi rumahan:

1. Pekerjaan yang Fleksibel

Bisnis ini terbilang fleksibel, karena bisa dijalankan oleh siapa saja. Baik bagi yang belum memiliki pekerjaan maupun sedang bekerja.

Dapat dikatakan bahwa bisnis ini merupakan peluang untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Pekerjaannya juga tidak merepotkan, Anda hanya perlu memantau kecepatan internet pelanggan wifi melalui layar komputer.

2. Tidak Gaptek

Selain memperoleh keuntungan uang, Anda juga akan memperoleh informasi lebih di dalam bidang teknologi. Karena mau tidak mau Anda bekerja di Internet dan mendapat lebih banyak informasi. Sehingga Anda akan menjadi seseorang yang paham teknologi dan tidak gaptek.

3. Jaringan Pribadi

Selain tidak gaptek, Anda juga akan mampu mengatur hotspot wifi sesuka Anda. Bahkan dari wifi tersebut Anda bisa membuat jaringan nirkabel pribadi yang dapat Anda gunakan sendiri atau untuk keluarga di rumah.

Apabila Anda menerapkan jaringan pribadi dengan baik, maka akan membuat jaringan nirkabel Anda aman dari publik. Sehingga Anda akan merasa aman saat menggunakan internet. 

Itulah 9 cara menjalankan bisnis Wifi rumahan serta beberapa keuntungan. Bisnis ini memang sangat menguntungkan, apalagi di zaman serba internet seperti sekarang ini. Jadi bisnis wifi tidak akan pernah matinya.

Bagi Anda yang ingin sukses menjalankan bisnis ini dan meraup lebih banyak keuntungan, sebaiknya mengikuti tips di atas. Agar nantinya usaha Anda lebih cepat berkembang dan menguntungkan.

Bisnis wifi rumahan merupakan bisnis yang mulai digemari, karena cukup mudah menjalankannya. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, sehingga siapa saja bisa menjalaninya. Selamat menjalankan bisnis Anda dan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button