Bisnis

8 Bisnis Kerupuk Seribuan Beserta Cara Membuatnya

Bisnis kerupuk seribuan ada banyak macamnya. Modal untuk pembuatannya pun tidak butuh banyak sehingga cocok bagi orang yang ingin memulai usaha. Cara pembuatan kerupuk ini pun mudah dan siapa saja bisa menerapkannya. 

Dalam artikel ini tidak hanya akan menyebutkan ide bisnis kerupuknya saja. Akan tetapi, juga akan memaparkan mengenai cara pembuatannya. Dengan begitu, bisa menyesuaikan mana yang lebih mudah dan ingin dijadikan usaha.

Bisnis Kerupuk Seribuan

bisnis kerupuk seribuan
bisnis kerupuk seribuan

Usaha atau Bisnis kerupuk seribuan menjadi alternatif terbaik untuk memulai bisnis rumahan. Apalagi bisa membuatnya sendiri dan dapat menitipkan produk yang sudah jadi ke toko-toko terdekat. Berikut beberapa rekomendasinya. 

1. Kerupuk Tahu

Ide bisnis kerupuk seribuan yang pertama adalah Kerupuk tahu. Camilan ini mempunyai rasa yang gurih dan renyah. Bahan pembuatan pun tidak membutuhkan banyak modal. 

Hanya dengan tahu pong dan beberapa bumbu rempah lainnya, seperti merica, bawang putih, ketumbar, dan garam. Cara buatnya juga mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. 

Tahapannya cuma dengan menekan-nekan tahu bagian luar dan dalamnya. Kemudian, rendam dengan bumbu-bumbu yang sudah halus sekitar 30 menit. Setelah itu, tiriskan sampai tidak ada air dari rendaman yang menetes

Baru setelah itu, bisa menggorengnya di minyak panas. Kerupuk tahu tidak hanya bisa sebagai camilan, tetapi juga cocok memakannya dengan nasi. 

Baca juga : alasan menjadi pengusaha

2. Kerupuk Tempe

Selain dari tahu, usaha kerupuk rumahan juga bisa menggunakan bahan tempe. Kerupuk tempe tidak kalah enak rasanya dan bisa dengan modal kecil pula. Jika ingin membuka usaha kerupuk ini, maka hanya perlu menyiapkan bahan tempe, tepung terigu, dan bumbu-bumbu. 

Baca juga:  Ketahui 10 Cara Kerja Bisnis Herbalife Ini Agar Untung Banyak

Cara pembuatannya dengan mengiris tempe menjadi lembaran yang tipis-tipis. Pada bagian ini harus menggunakan pisau yang tajam supaya tempe tidak hancur. Kemudian, jalur dengan tepung yang sudah diberi bumbu. 

Balurkan saja secara tipis-tipis, jadi jangan terlalu tebal. Tujuannya supaya kerupuk tempe bisa mempunyai tekstur renyah. Kerupuk ini termasuk salah satu jenis produk yang banyak peminatnya. 

Orang dari berbagai daerah pun tentu tidak asing dengan kerupuk ini. Apalagi cocok menjadikannya sebagai bisnis kerupuk seribuan. Dengan begitu, konsumen bisa membeli dengan harga yang terjangkau. 

3. Kerupuk Belut

Bagi yang berada di pedesaan, belut bisa orang-orang jadikan sebagai usaha kerupuk kemasan. Mengingat bahannya mudah didapatkan, biasanya ada di persawahan atau membelinya di pasar. 

Kerupuk belut bisa sangat laris jika menempatkannya di rumah makan, toko oleh-oleh, dan lainnya. Bahannya tidak banyak, hanya perlu menyiapkan belut, tepung beras, terigu, dan telur. Kemudian, untuk bumbunya berupa jahe, kunyit, dan garam. 

Cara buatnya yaitu dengan marinasi belut terlebih dahulu pada bumbu-bumbu yang sudah halus. Tujuannya supaya bumbu menyesap sempurna dan bau amisnya juga menghilang. 

Setelah itu, goreng sampai kering dan dinginkan. Jika sudah dingin, maka bisa membalurnya ke dalam campuran tepung, telur, dan bumbu. Selanjutnya, tinggal goreng kembali sampai teksturnya renyah. 

4. Kerupuk Ikan

Ide bisnis kerupuk seribuan selanjutnya adalah kerupuk ikan. Rasa dari kerupuk ini sangat khas sesuai jenis ikan yang pengusaha gunakan. Biasanya menggunakan ikan kakap, tenggiri, tongkol, dan lain sebagainya. 

Meskipun sama-sama bisa mengemasnya dengan harga seribuan. Akan tetapi, isi kerupuknya pasti tidak akan sama sesuai dengan jenis bahan ikannya. Selain bahan ikan, juga memakai tambahan tepung tapioka, garam, kaldu ayam, dan merica. 

Cara pembuatannya yaitu dengan mencampur semua bahan menjadi satu. Kemudian, bentuk menjadi silinder dengan ukuran 5 sampai 7 cm. Lalu, kukus adonan sekitar 45 menit menggunakan api sedang. 

Baca juga:  3 Langkah Memulai Bisnis Es Batu Kristal, Potensi Keuntungan Berlipat

Setelah matang, dinginkan terlebih dahulu sebelum mengirisnya menjadi bentuk tipis-tipis. Selanjutnya kerupuk harus pengusaha jemur sampai kering. Baru kemudian, bisa menggorengnya.

Baca juga : aplikasi nonton youtube dapat uang

5. Kerupuk Bawang 

Jenis usaha ini sangat berpotensi mendatangkan keuntungan yang banyak. Hal itu karena banyak peminatnya, apalagi bisa konsumen nikmati sebagai camilan atau pelengkap lauk-pauk. 

Maka dari itu, cara usaha kerupuk ini bisa pengusaha distribusikan pada warung penjual nasi, toko, dan lainnya. Bahannya sendiri adalah tepung kanji, terigu, bawang putih, garam, kaldu jamur, dan air. Kemudian, untuk bumbunya hanya dengan bawang putih, merica, dan garam. 

Cara pembuatannya yaitu haluskan dulu bumbu bawang putih, merica, dan garam. Kemudian, campurkan dengan terigu dan tepung kanji, lalu beri air secukupnya sampai encer. 

Jika sudah, letakkan di wadah dan kukus sampai matang. Tunggu dingin sebelum memotongnya tipis-tipis. Selanjutnya jemur sampai kering, baru bisa pengusaha goreng dan bungkus menjadi kemasan seribuan. 

6. Kerupuk Kulit

Bisnis kerupuk kulit sudah banyak yang menerapkannya. Mengingat kerupuk ini memang sudah terkenal dan banyak peminatnya dari dulu. Rasanya yang khas serta renyah menjadi saya tarik tersendiri. 

Bahan yang harus pengusaha siapkan untuk membuat kerupuk ini tidak banyak. Hanya dengan kulit sapi, garam, gula, bawang putih, dan air kapur. Sebelum mulai membuatnya, harus merendam kulit sapi dahulu dengan air kapur sekitar 48 jam. 

Kemudian, hilangkan bulu-bulunya dengan pisau dan jemur sampai kering. Baru setelah itu, potong-potong sesuai selera. Kemudian, untuk proses pembuatannya yaitu dengan haluskan dulu bumbu bawang putih, gula, dan garam. 

Selanjutnya, rebus potongan kulit dengan bumbu halus. Jika sudah masak, jemur lagi sampai kering. Baru bisa pengusaha goreng untuk kemasan seribuan atau 5 ribuan. Selain juga, juga dapat menjualnya yang berbentuk mentahan.

Baca juga:  8 Langkah Mendirikan Bisnis Wedding Organizer Untuk Pemula

7. Kerupuk Udang

Ini termasuk bisnis kerupuk seribuan yang juga tidak kalah populer. Rasanya sangat nikmat dan gurih sehingga membuat banyak orang menyukainya. Kerupuk ini biasanya lebih cocok dijadikan sebagai pelengkap nasi dan lauk-pauk. 

Bahannya terbuat dari adonan tumbukan udang dengan adonan tepung tapioka. Selain itu, juga perlu memberikan bumbu rempah dan juga penyedap rasa dalam adonan.

Jika ingin membuka bisnis ini, maka sebaiknya menggunakan udang segar atau kering yang berkualitas. Hal itu karena kualitas udang akan mempengaruhi hasil kerupuk nantinya. 

Baca juga : cara bisnis beras online

8. Kerupuk Kemplang 

Ide bisnis kerupuk seribuan yang terakhir adalah kerupuk kemplang. Rasa dari kerupuk ini sangat gurih dan ada aroma khas ikannya. Bahan pembuatannya berupa daging ikan selar atau ikan ciu. 

Kemudian tapioka, telur, air, garam, bawang putih, dan penyedap rasa. Sedangkan, untuk pembuatannya dengan membuat biang terlebih dahulu. Fungsinya untuk membuat kerupuk mekar. 

Cara membuat biang ini adalah dengan melarutkan tepung tapioka dan air, lalu masak. Jangan terlalu banyak airnya supaya biang tidak menjadi bening. Selanjutnya haluskan bawang putih dan uleni daging ikan sekitar 15 menit. 

Setelah itu, campur telur ke daging ikan dan uleni sampai rata. Jangan lupa untuk menambahkan bawah putih, penyedap rasa, dan garam. Jika sudah tercampur dengan bumbunya, maka bisa menambahkan tepung tapioka dan aduk sampai merata. 

Berikutnya bentuk memanjang, bisa menggunakan plastik sebagai wadahnya supaya tidak lengket satu sama lain. Lalu, kukus dan iris tipis-tipis setelah matang serta dingin. Kemudian, jemur sampai kering. 

Itulah beberapa ide bisnis kerupuk seribuan yang bisa seseorang coba jika ingin memulai bisnis. Jika tidak mempunyai modal besar, maka bisa membuat sedikit dahulu sesuai budget yang ada. Salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button