Cryptocurrency

Belajar Investasi Dari Nol Untuk Pemula Mulai Dari Rp10.000,-

Belajar Investasi Dari Nol Untuk Pemula – Belajar Investasi sangat penting untuk dilakukan sejak dini karena bisa membuat kondisi keuangan kita di masa depan menjadi lebih baik. Apalagi untuk sobat yang masih muda, tentu saja semangat dan hobi investasi harus ada dalam jiwa sobat semua. Karena dengan begitu sobat akan memiliki masa depan yang jauh lebih cerah.

Namun dalam melakukan investasi sendiri tidak mudah. Apalagi untuk sobat yang masih awam atau belum paham sama sekali. Sobat harus tahu terlebih dahulu apa itu investasi, kemudian paham akan resiko dan memilih investasi yang baik. Dengan begitu sobat akan meraih tujuan investasi yakni mendapatkan keuntungan atau cuan.

Tenang saja sobat, admin akan jelaskan satu persatu tahapan tersebut. Untuk sobat yang masih awam akan paham dengan menyimak pembahasan pada kesempatan kali ini sampai dengan selesai.

Apa Itu Investasi?

belajar investasi
belajar investasi

Investasi adalah sebuah tindakan menanam modal atau uang pada sebuah instrumen investasi untuk mendapatkan keuntungan. Secara gampangnya, sobat menyimpan uang pada suatu tempat atau dibelikan sebuah produk tertentu. Dan kemudian di masa depan diharapkan mengalami kenaikan harga, seperti itulah arti investasi.

Investasi adalah sebuah langkah dimana sobat tidak hanya menyimpan uang seperti menabung. Namun juga membuat simpanan uang tersebut berkembang dari waktu ke waktu. Ini akan bermanfaat sekali untuk banyak keperluan sobat di masa depan.

Banyak orang kaya yang berhasil saat ini, mereka melakukan investasi. Mereka tidak hanya bekerja dan mendapatkan gaji saja, namun mereka menggunakan uang untuk dikembangkan lagi. Jadi kebiasaan seperti ini bisa kita tiru agar kita juga bisa sukses dalam hal keuangan.

Nah, sampai disini pasti sobat sudah paham apa itu investasi. Dan selanjutnya sobat tinggal mengetahui resiko dan keuntungan dari investasi itu sendiri. Manfaat dan kegunaan melakukan investasi antara lain :

  • Membantu kita melawan inflasi keuangan
  • Membantu kita berperilaku hemat
  • Mewujudkan impian dan keinginan di masa depan
  • Financial Freedom
  • Memiliki jaminan kesejahteraan di hari tua
Baca juga:  Binance dan CZ Setuju Mengembalikan Aset Pelanggan AS Sesuai Perintah Pengadilan

Namun dalam melakukan investasi juga harus berhati-hati. Apalagi sekarang ini banyak modus penipuan yang berujung investasi bodong. Oleh karena itu sobat harus tahu : cara memilih investasi yang baik. Tujuannya agar dana sobat aman dan berhasil mendapatkan keuntungan.

Jenis Dan Contoh Investasi Di Indonesia

Setelah sobat mengetahui arti, keuntungan dan resiko dari investasi. Sekarang kita akan bahas jenis-jenis investasi yang sering dilakukan di Indonesia, antara lain sebagai berikut :

Deposito Bank

Jenis investasi yang pertama adalah dengan melakukan deposit di bank. Seperti sobat ketahui banyak bank yang menyediakan program deposito dan nasabah akan mendapatkan bunga setiap tahunnya. Ini adalah contoh investasi yang juga paling banyak dilakukan di Indonesia.

Dengan melakukan deposito ini juga akan membantu kita tidak mengambil uang sembarangan. Karena kita hanya bisa mengambil uang dalam jangka waktu tertentu saja. Jadi buat sobat yang susah nahan diri buat gak ngambil uang ini bisa menjadi salah satu solusi yang bagus.

Investasi dengan deposit bank juga merupakan salah satu contoh investasi paling aman. Karena uang disimpan dalam sebuah lembaga perbankan yang terpercaya. Meskipun disisi lain bunga deposito ini terbilang cukup kecil dan tidak cocok jika modal kita hanya menggunakan modal kecil saja.

Investasi Saham

Untuk jenis investasi yang kedua adalah investasi saham. Investasi saham adalah melakukan pembelian untuk saham dari perusahaan tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Investasi jenis ini cukup banyak dilakukan di Indonesia, terutama untuk kalangan menengah keatas.

Namun dalam melakukan investasi saham juga bisa dimulai dengan modal kecil dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Simak penjelasan lengkapnya pada materi : Belajar Investasi Saham Dari NolDari situ sobat bahkan bisa melakukan investasi saham mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Reksadana Untuk Pemula Dari 0

Investasi saham merupakan salah satu contoh investasi yang menguntungkan. Dimana pertumbuhan keuntungan bisa mencapai ratusan bahkan ribuan persen. Namun resiko dari melakukan investasi saham ini sangat besar. Jadi membutuhkan pengetahuan dan pembelajaran yang mendalam terlebih dahulu.

Investasi Emas

Jenis investasi yang populer selanjutnya di Indonesia adalah investasi emas. Investasi emas adalah melakukan pembelian emas dan menjual kembali ketika sudah mendapatkan keuntungan. Investasi jenis ini bisa dilakukan dengan modal kecil pula, apalagi sekarang sudah banyak aplikasi untuk investasi emas modal kecil.

Investasi emas merupakan contoh investasi yang menguntungkan. Apalagi jika tujuannya adalah jangka panjang. Dalam 10 tahun terakhir misalnya, harga emas sudah naik ratusan persen. Dan ini bisa menjadi sebuah jalan bagi sobat untuk menyimpan sekaligus mengembangkan uang yang dimiliki.

Beberapa pembahasan mengenai investasi emas bisa sobat simak disini :

Investasi Properti

Contoh investasi yang selanjutnya adalah dengan melakukan investasi properti. Ini dilakukan dengan membeli rumah, bangunan atau bisa berupa tanah. Dimana nilai dari properti ini juga bisa mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Sobat bisa juga melakukan investasi properti ini untuk simpanan jangka panjang. Misalkan saja dengan membeli rumah di sebuah perumahan dan dijual 5 tahun kemudian, harganya pasti sudah mengalami kenaikan. Atau bisa juga dengan melakukan cicilan rumah dan sejenisnya. Ini juga sebuah jalan untuk sobat investasi dari modal kecil.

Untuk melakukan investasi properti juga tidak bisa sembarangan. Harus pintar memilih properti yang bagus dan juga lokasi yang strategis dan menguntungkan. Dengan begitu hasil dari melakukan investasi properti akan lebih maksimal.

Investasi Rekasadana

Investasi reksadana adalah sebuah investasi kepada manajer investasi. Akan ada sebuah perusahaan manajer investasi yang menghimpun dana masyarakat untuk di lakukan pengelolaan khusus. Ini dilakukan oleh para profesional, sehingga kita tidak perlu pusing untuk memilih instrumen investasi sendiri.

Baca juga:  Cara Bermain NFT untuk Pemula yang Lengkap, Praktis dan Mudah Dipraktikkan

Sebagai contoh sistem kerja resadana adalah reksadana saham. Kita hanya perlu investasi ke manajer investasi dan kemudian mereka yang akan mengatur pembelian saham. Kita tidak perlu memilih saham mana yang bagus dan hanya perlu menentukan level resiko saja.

Investasi reksadana merupakan pilihan investasi yang cocok untuk pemula dan bahkan belum pengalaman sama sekali dan baru belajar investasi. Selain itu sobat juga bisa melakukannya dengan modal yang sangat kecil mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

Investasi Obligasi

Selanjutnya di Indonesia juga banyak orang yang melakukan investasi Oligasi. Investasi ini dilakukan dengan membeli surat utang negara. Investasi jenis ini terbilang cukup aman dan menghasilkan lebih pasti dibandingkan dengan saham.

Obligasi atau surat utang biasanya memberikan keuntungan yang lebih stabil dibandingkan dengan saham. Karena memang investasi jenis ini dijamin oleh pemerintah. Dan sobat sekarang juga mudah untuk membeli Obligasi karena sudah banyak aplikasi yang menyediakan instrumen investasi obligasi.

Investasi Cryptocurrency

Meskipun masih banyak yang menyebut crypto sebagai sarana gambling. Namun ini juga bisa dijadikan sebagai sarana investasi. Namun untuk pergerakan harga crypto sendiri memiliki volatilitas sangat tinggi. Jadi resiko yang harus ditanggung investor crypto ini sangatlah besar.

Sebagai contoh, banyak sekali aset crypto yang naik bahkan puluhan ribu persen atau ratusan kali lipat. Namun ada juga project crypto yang gagal dan harus mendapatkan kerugian hampir seluruh uang modal investasi.

Jadi, investasi crypto merupakan contoh investasi yang paling beresiko. Dan pastikan juga sobat sudah mendalami dunia crypto terlebih dahulu sebelum membeli aset crypto apapun.

Nah, sampai disini sobat yang baru belajar investasi pasti sudah ada gambaran mengenai seperti apa investasi itu sebenarnya. Beserta beberapa contoh jenis investasi yang ada di Indonesia. Sukses selalu buat sobat prayoga.id, Namun belum cukup sampai disini sobat juga bisa simak beberapa materi lanjutan berikut ini :

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button