Cryptocurrency

Cara Investasi Di Bibit Modal Rp10.000,- Jadi Jutaan Rupiah!

Cara Investasi Di Bibit – Jika sobat ingin melakukan investasi khususnya reksadana, maka sobat sudah berkunjung ke tempat yang pas. Karena mimin bakalan bahas cara investasi di bibit dari nol sampai dengan menghasilkan uang.

Investasi reksadana memang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk pemula. Karena kita berinvestasi pada manajer investasi yang sudah profesional. Tidak perlu memilih produk investasi sendiri dan hanya perlu menentukan resikonya saja.

Selain itu sobat, ini juga menjadi solusi untuk sobat yang ingin investasi modal kecil. Karena rata-rata produk reksadana bisa dibeli minimal dari Rp10.000,- saja. Dengan begitu kita bisa nyisihin uang jajan untuk melakukan investasi secara rutin.

Cara Investasi Di Bibit

investasi di bibit
investasi di bibit

Sebelum kita masuk kedalam cara investasi di bibit, biasanya akan beberapa pertanyaan terlebih dahulu oleh para pemula, antara lain sebagai berikut :

Apa Itu Aplikasi Bibit?

Bibit adalah aplikasi investasi reksadana untuk semua orang. Di aplikasi ini kita bisa melakukan investasi reksdana sesuai dengan profil resiko yang kita mau.

Manajer investasi didalam aplikasi bibit akan memilih produk investasi yang sesuai dengan resiko yang siap kita tanggung. Ada beberapa jenis produk reksadana di aplikasi bibit antara lain :

  • Reksadana Pasar Uang
  • Reksdana Obligasi
  • Reksadana Saham
  • Reksadana Syariah
  • Surat Berharga Negara (SBN)

Jadi sobat bisa memilih produk reksadana mana yang paling sesuai dengan program investasi yang sobat inginkan. Kemudian untuk melakukan investasi di bibit sobat bisa melakukan dengan 2 cara, antara lain :

  • Investasi langsung
  • Menggunakan Robo Advisor

Investasi secara langsung yang saya maksud adalah sobat memilih produk reksadana sendiri. Sobat membeli secara langsung sebuah produk reksadana didalam aplikasi ini.

Namun jika sobat ingin menggunakan robo advisor. Maka sobat tinggal setting profil resiko saja. Dan kemudian Robo Advisor akan memilihkan produk reksadana yang sesuai.

Baca juga:  Aplikasi Kucoin, Review Dan Cara Trading Dari 0 Pemula

Kalau untuk saya pribadi lebih suka setting agresif untuk robo advisor. Memang resikonya lebih tinggi, namun cuannya lebih maksimal. Namun itu sesuaikan saja dengan keinginan sobat masing-masing.

Kemudian untuk minimal deposit dan pembelian di aplikasi Bibit adalah Rp10.000,-. Metode pembayaran yang digunakan bisa menggunakan Transfer Bank Lokal dan juga ewallet.

Investasi Di Bibit Apakah Aman?

Pertanyaan yang sering muncul biasanya adalah aplikasi Investasi Di Bibit Aman? Jawabannya adalah aman karena aplikasi ini sudah memiliki izin dari Pemerintah Indonesia.

Bibit sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No KEP-14/PM.21/2017. Kemudian dari Kominfo dengan No 000481.02/DJAI.PSE/04/2021. Selain itu juga sudah mengantongi izin dari APERD (Agen Penjualan Rekasadana).

Dengan legalitas yang lengkap maka investasi di Bibit ini dibilang cukup aman. Namun di dalam menentukan keuntungan sendiri tergantung dari produk reksadana yang kita beli.

Kemudian pastikan sobat melakukan verifikasi identitas dengan benar. Agar ketika melakukan deposit dan juga penarikan bisa lancar tanpa kendala.

Bagaimana Keuntungan Investasi Di Bibit?

Buat sobat yang mau investasi, biasanya mulai bertanya berapa sih keuntungan investasi di bibit?

Sebenarnya untuk keuntungan investasi reksadana sendiri terbilang kecil. Rata-rata antara 3% sampai dengan 8% dalam waktu setahun. Meskipun ada juga yang historynya lebih banyak dari itu.

Meskipun keuntungan reksadana ini relatif kecil, namun cukup aman. Karena di kelola oleh pihak manajer investasi yang sudah ahli.

Sebenarnya dalam dunia investasi itu sebanding. Kalau mau keuntungan besar, ya resikonya besar seperti saham dan kripto. Namun jika menggunakan resiko yang kecil ya untungnya juga kecil seperti reksadana ini.

Step By Step Cara Investasi Di Bibit

Oke sobat, setelah mengetahui informasi mengenai aplikasi Bibit. Sekarang kita akan masuk pada step by step cara melakukan investasi di bibit, antara lain sebagai berikut.

Cara Download Aplikasi Bibit

Langkah-langkah download aplikasi di bibit :

  • Buka handphone sobat
  • Buka aplikasi Google Playstore
  • Lalu cari “Aplikasi Bibit”
  • Atau download disini ” Download Apk Bibit
Baca juga:  Belajar Investasi Dari Nol Untuk Pemula

Nah sampai disini sobat sudah memiliki aplikasinya dan tinggal menggunakan.

Cara Daftar Di Aplikasi Bibit

Setelah melakukan download sobat tinggal melakukan pendaftaran. Untuk cara daftar di aplikasi Bibit bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi Bibit
  • Kemudian akan tampil seperti ini : 1
buka akun di bibit
buka akun di bibit
  • Sobat klik pada menu register, lalu akan tampil seperti di bawah ini 2

  • Pada tampilan diatas, Isikan nomer hp sobat, lalu kode refferal

  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui handphone pada tampilan diatas
  • Setting profil resiko, disini sobat lakukan sesuai dengan semua petunjuk yang ada. Pilih sesuai dengan resiko yang sobat siap tanggung.
  • Biasanya diminta mengisi tanggal lahir dan identitas terlebih dahulu
  • Kemudian klik “Lengkapi Registrasi” dan muncul menu dibawah ini

  • Pada menu diatas, sobat lengkapi isi data diri, Foto KTP, Foto Selfi dengan KTP, Isi Data KTP, Isi Data Bank, Tanda Tangan Digital
  • Jika sudah terverifikasi, maka sobat sudah bisa melakukan investasi

Proses verifikasi sendiri biasanya akan berlangsung selama 2 hari kerja. Dan sobat bisa menunggu terlebih dahulu sampai dengan akun sobat selesai verifikasi.

Kemudian sobat masuk ke menu setting dari pojok bilah kanan. Kemudian akan tampil seperti ini :

Disinilah sobat bisa melakukan setting data lain seperti email, ubah nomer telephone, ubah pin, ubah akun bank, setting ahli waris dan juga keamanan perangkat.

Sebagai catatan penting, pastikan nomer handphone dan email sobat tidak hilang. Agar akses sobat masuk kedalam aplikasi akan lebih mudah di kemudian hari nanti.

Cara Jual Beli Dan Penarikan Di Aplikasi Bibit

Setelah sobat selesai daftar, maka sobat bisa melakukan pembelian reksadana.

Pada proses ini sebenarnya cukup mudah. Sobat tinggal buka dan login kedalam aplikasi terlebih dahulu.

Sobat bisa masukkan nomer handphone, dapatkan kode verifikasi dan kemudian login kedalam aplikasi.

Sobat bisa memilih membeli langsung produk investasi, atau menggunakan Robo Advisor.

Jika menggunakan robo, maka sobat bisa perhatikan gambar dibawah ini :

Diatas, sobat bisa setting profil resiko terlebih dahulu jika belum. Sobat bisa tentukan antara 1 sampai dengan 10. Dimana semakin besar angkanya maka resiko akan semakin agresif.

Baca juga:  Cara Investasi Di Pluang Untuk Pemula Dari 0

Kemudian sobat tinggal pilih klik Investasi sekarang, lalu akan tampil seperti dibawah ini :

Sobat masukkan nominal investasi lalu klik beli sekarang.

Sobat akan menemukan rincian produk reksadana pilihan Robo dan tinggal klik Bayar Sekarang.

Setelah itu sobat bisa membayar menggunakan metode pembayaran yang sobat pilih.

Selanjutnya jika sobat tidak ingin menggunakan Robo dan memilih secara langsung produk reksadana, maka sobat bisa pilih menu dibawah ini :

Digambar diatas sobat bisa memilih produk reksadana apa yang ingin dibeli. Setelah itu lakukan langkah-langkah pembayaran sama persis seperti menggunakan Robo.

Proses pembayaran akan di proses secara instan, namun biasanya sobat akan menerima produk reksadananya dalam waktu 2 hari kerja. Nah, sampai disini sobat sudah punya produk reksdana.

Ketika sobat sudah punya reksadana, maka sobat bisa menunggu sampai dengan mendapatkan keuntungan. Disini sobat bisa cek di menu Portofolio.

Untuk langkah-langkah cara menjual reksadana antara lain :

  • Masuk ke menu Portofolio
  • Pilih portofolio yang ada produk dan saldo didalamnya
  • Pilih menu “Jual”
  • Pilih reksadana yang ingin dijual
  • Pilih berapa % dana yang akan dijual
  • Jika ingin menjual semua sobat tinggal setting 100%
  • Lalu pastikan rekening bank sudah benar
  • Klik Menu “Jual” dibagian bawah

Sampai disini selesai proses jual yang sobat lakukan. Dan sobat tinggal menunggu proses pencairan yang biasanya berlangsung selama 2 hari kerja.

Sharing Pengalaman Investasi Di Bibit

Pasti diantara sobat disini ada yang bertanya pengalaman orang-orang yang sudah melakukan investasi di Bibit. Nah saya disini akan certita sedikit mengenai pengalaman investasi di Bibit.

Sebenarnya disini saya sudah menjual percobaan investasi saya di bibit seperti terlampir dibawah ini :

Jadi tidak bisa melampirkan screnshott untuk hasil investasi saya. Namun saya masih ingat benar bahwa dalam waktu 3-4 bulan, saya mendapatkan keuntungan sekitar 3,4% dari investasi yang saya lakukan.

Bisa dibilang memberikan keuntungan meskipun tidak terlalu besar. Dan buat sobat yang bermodal kecil lebih baik jika menabung rutin. Karena modal kalian investasi di bibit ini akan membesar dan barulah keuntungannya bisa sobat rasakan.

Oke sobat, sekian dulu untuk sharing kali ini seputar investasi di aplikasi bibit. Semoga bisa memberikan manfaat dan salam sukses untuk sobat dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button