Cryptocurrency

Tips Sukses Investasi Pemula Dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Tips Sukses Investasi Pemula – Banyak sekali orang yang sudah berinvestasi, namun kenapa hanya sedikit orang yang bisa sukses atau berhasil.

Jika sobat masih belajar memulai investasi, maka pembahasan ini cocok banget buat sobat simak sampai selesai.

Karena kita akan membahas beberapa tips penting yang bisa sobat praktekkan demi kesuksesan investasi yang sobat lakukan.

Karena jika ada 2 orang sama-sama berinvestasi. Namun jika cara mereka berbeda, maka hasilnya akan berbeda pula.

Tips Sukses Investasi Pemula Dengan 5 Point Penting Ini!

tips sukses investasi pemula
tips sukses investasi pemula

Ada beberapa point penting yang perlu sobat perhatikan untuk memulai investasi. Beberapa tips sukses investasi untuk pemula tersebut antara lain :

Mau Belajar Dunia Investasi

Kalau mau sukses dalam berinvestasi ya harus mau belajar. Ini adalah kunci mutlak untuk sobat lakukan mulai saat ini. Karena dengan belajar sobat akan tahu segala macam pengetahuan di dalam dunia investasi.

Belajar investasi untuk pemula bisa dimulai dari beberapa hal. Pertama tentu saja belajar memilih investasi yang aman terlebih dahulu. Karena seberapa besar profitnya kalau uang kita tidak aman ya percuma saja.

Kemudian belajar yang kedua adalah sobat mengenal macam-macam jenis investasi yang ada. Dengan begitu sobat akan mampu membandingkan dan memilih di bidang apa sobat melakukan investasi.

Lebih dalam lagi sobat bisa mempelajari setiap instrumen investasi yang hendak dipilih. Jadi sobat benar-benar menemukan instrumen investasi yang tepat di kemudian hari nanti.

Kemudian langkah selanjutnya adalah belajar waktu yang tepat untuk membeli dan menjual instrumen investasi yang sobat pilih. Jika beberapa tahapan diatas sobat pelajari dengan baik, suatu hari akan membuahkan hasil.

Baca juga:  Apa Itu DYOR Dalam Crypto? Dan Cara Melakukannya

Berhemat Demi Sukses Investasi

Mengetahui teori memang penting, tapi tidak kalah penting adalah prakteknya. Sobat juga harus mulai berhemat agar bisa melakukan investasi lebih.

Berhemat mengelola pengeluaran dengan baik dan bijak. Dengan begitu sobat akan menyisakan uang lebih untuk membeli instrumen investasi yang sobat pilih.

Sebenarnya ilmu ini sudah diajarkan sejak sekolah. Dimana kita harus mendahulukan kebutuhan primer terlebih dahulu.

Dan bagi investor yang cerdas, setelah kebutuhan primer akan melakukan investasi. Jadi hampir tidak ada istilah kebutuhan sekunder dan juga tersier pada saat mereka berjuang.

Mulai sekarang, sobat bisa mengurangi banyak kegiatan yang kurang produktif bahkan menghabiskan uang. Kemudian tidak melulu menuruti gaya hidup mewah dan tidak gengsi.

Berhemat kalau sudah terbiasa ya akan nyaman saja. Namun untuk sobat yang terbiasa boros maka perlu latihan dan membiasakannya. Demi impian sobat di masa depan, admin yakin kalau sobat bisa melakukannya.

Memperbesar Penghasilan Aktif

Sehemat apapun, kalau penghasilan kita kecil ya uang kita lama terkumpulnya. Makanya memperbesar penghasilan juga cukup penting.

Dengan semakin besarnya penghasilan yang sobat punya. Maka kemampuan sobat melakukan investasi juga akan meningkat. Jadi sobat bisa mulai berfikir langkah apa saja yang bisa memperbesar penghasilan sobat sekarang.

Penghasilan lebih lahir dari tindakan yang lebih pula. Kita bisa bekerja lebih giat atau memaksimalkan usaha yang sudah kita kelola.

Selain itu kita juga bisa meningkatkan kemampuan dalam diri kita agar bisa menghasilkan uang lebih. Dengan begitu kita akan mampu melakukan investasi lebih besar lagi.

Nah, ketika sobat bisa melakukan ketiga tahapan diatas maka sobat akan semakin dekat dengan kesuksesan investasi yang sobat inginkan.

Baca juga:  4 Alasan Reksadana Merupakan Investasi Yang Cocok Untuk Pemula

Disiplin Dalam Berinvestasi

Namun belum selesai sampai disitu, investasi hampir sama dengan menabung yakni semakin disiplin maka semakin bagus.

Apalagi untuk sobat yang berpenghasilan kecil, maka investasi secara disiplin ini sangat penting. Misalkan saja menyisihkan penghasilannya setiap minggu atau setiap bulan untuk melakukan investasi.

Kalau sobat sering lupa, sobat bisa menyalakan alarm dalam handphone atau pengingat mengenai tanggal berapa saja sobat harus melakukan investasi.

Jangan salah, kalau sobat bisa disiplin maka nanti sobat akan ketagihan. Rasanya belum tenang gitu kalau belum membeli produk investasi.

Sampai pada tahapan inilah sobat akan menjadi orang yang hobi berinvestasi. Dan kalau investasi sudah menjadi hobi maka kesuksesan financial di masa depan akan semakin terjamin.

Menerapkan DCA (Dollar Cost Averaging)

Selain beberapa tips diatas, saya juga mau share salah satu teknik investasi untuk sobat semuanya, yakni DCA atau Dollar Cost Averaging.

Teknik DCA ini bisa sobat pakai dalam investasi yang dilakukan. Jadi misalkan harga turun bukannya sedih, tapi malah senang karena bisa beli lagi dan beli lagi.

Banyak orang yang justru takut kalau produk investasi turun. Dan tidak sedikit yang membeli ketika harga sudah naik tinggi, padahal itu salah.

Yang benar adalah kita melakukan pembelian lagi dan lagi meskipun harganya turun. Dengan begitu kita akan mendapatkan harga yang lebih murah dan produk investasi yang lebih banyak lagi.

Nah, itulah tadi sobat beberapa tips sukses investasi pemula yang bisa sobat terapkan. Dan jangan lupa untuk berdoa juga ya, salam sukses selalu dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button