Reksadana

Mengenal Apa Itu Reksadana Untuk Pemula Dari 0

Apa Itu Reksadana – Untuk sobat yang berniat melakukan investasi maka investasi reksadana bisa menjadi salah satu pilihan. Karena investasi jenis ini sangat cocok untuk dijalankan pemula.

Untuk bisa melakukan investasi memang harus bisa analisa. Terutama memilih produk investasi yang benar agar menghasilkan cuan. Kendala inilah yang sering dialami oleh sobat pemula yang baru terjun ke dunia investasi.

Namun dengan adanya investasi reksadana ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena dengan reksadana kita tidak perlu repot memilih instrumen investasi. Kita hanya perlu melakukan investasi dan dana kita sudah dikelola oleh manajer investasi yang profesional.

Apa Itu Reksadana?

apa itu reksadana
apa itu reksadana

Sebenarnya apa itu reksadana? Reksadana adalah investasi yang dilakukan oleh manajer investasi dengan menghimpun dana masyarakat. Jadi dana akan dikelola oleh pihak profesional dan memberikan resiko yang lebih rendah.

Investasi reksadana sama dengan menitipkan dana kita kepada sebuah perusahaan pengelola. Dimana dana itu akan diolah oleh mereka, dan kita hanya perlu menentukan profil resiko saja.

Ada beberapa kelebihan untuk investasi reksadana bagi seorang pemula, antara lain :

  • investasi reksadana mudah dilakukan
  • Investasi reksadana memudahkan tanpa harus memilih instrumen investasi
  • Investasi reksadana memberikan resiko yang lebih rendah untuk pemula
  • Investasi reksadana mudah dilakukan siapa saja secara online
  • Investasi reksadana bisa dilakukan dengan modal kecil

Dengan beberapa kelebihan diatas, maka siapa saja bisa melakukan investasi tanpa harus pintar, bahkan masih awam pun bisa.

Contoh Reksadana Yang Menguntungkan

Kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi. Di Indonesia ada beberapa contoh reksadana yang populer dan menguntungkan, antara lain sebagai berikut :

Baca juga:  4 Aplikasi Investasi Saham Terpercaya Di Indonesia

Reksadana Saham

Yang pertama adalah Reksdana Saham, yakni membeli produk reksadana yang didalamnya berisikan instrumen saham. Ini memudahkan kita tidak perlu pusing memilih saham sendiri namun sudah dikelola pihak profesional.

Reksadana saham ini menjadi favorit bagi para investor dengan profil resiko tinggi. Karena fluktuasi marketnya sangat tinggii. Bisa memberikan keuntungan yang lebih besar, namun dengan resiko yang besar pula.

Lalu apa bedanya Reksadana Saham dengan membeli saham?

Jelas beda, kalau kita membeli saham sendiri berarti memilih dan melakukan transaksi langsung pada instrumen saham tertentu. Kalau reksadana saham, kita hanya perlu investasi pada manajer investasi dan mereka akan memilihkan saham untuk kita.

Untuk pemula yang belum paham mengenai dunia saham, namun ingin invest di saham. Maka dengan investasi reksadana saham ini menjadi pilihan yang tepat.

Reksadana Pasar Uang

Jenis reksadana yang kedua adalah Reksadana Pasar Uang. Reksadana pasar uang ini berisikan uang tunai yang keuntungannya sedikit lebih banyak dibandingkan deposito.

Jadi rekasadana pasar uang ini bergerak dalam bidang permodalan untuk simpan pinjam. Jenis reksadana ini sangat banyak peminatnya karena return yang cukup stabil meskipun tidak sebesar reksadana saham.

Jika menginginkan resiko rendah dan hasil lebih stabil jangka panjang maka reksadana pasar uang ini lebih cocok. Apalagi jika sobat memilih modal besar akan lebih menguntungkan lagi.

Reksadana Obligasi

Selanjutnya adalah Reksadana Obligasi, Yakni reksadana yang berisi surat utang negara. Reksadana jenis ini cukup menjanjikan karena dijamin oleh negara.

Banyak investor besar berani membeli reksadana jenis ini karena biasanya akan lebih aman dari segi pendanaan dan juga ketahanan jangka panjang.

Dan buat sobat yang menginginkan hasil sampai dengan 5 tahun investasi, maka reksadana Obligasi ini merupakan pilihan yang tepat.

Baca juga:  Belajar Investasi Dari Nol Untuk Pemula

Reksadana Campuran

Untuk jenis resksadana menguntungkan selanjutnya adalah Reksadana Campuran. Didalam reksadana yang satu ini akan ada banyak jenis investasi mulai dari saham dan juga obligasi.

Menggunakan reksadana campuran juga cukup menguntungkan. Kita tinggal memberikan profil resiko kita apakah rendah atau tinggi. Dan secara otomatis manajer investasi akan memilihkan porsi masing-masing dalam reksadana campuran yang kita beli.

Apakah Investasi Reksadana Bisa Rugi?

Sebelum sobat mengambil tindakan untuk investasi reksadana. Sobat juga perlu tahu kalau ada resiko juga dalam investasi reksadana.

Apakah investasi reksadana bisa rugi? Tentu saja bisa, karena semua instrumen didalam reksadana tidak ada yang 100% menjamin untung di masa depan.

Untuk mengatasi hal ini sobat bisa memilih investasi reksadana yang bagus untuk jangka panjang. Misalkan saja dalam waktu dekat merugi masih bisa ditunggu sampai dengan harganya naik dan untung.

Jadi meskipun investasi reksdana cukup aman, namun juga ada resiko didalamnya. Meskipun lebih kecil daripada sobat melakukan investasi langsung pada market saham.

Oke sobat, sekian dulu informasi kali ini mengenal apa itu investasi reksadana untuk seorang pemula. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu sobat, salam dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button