Cryptocurrency

Investasi Di OVO Untuk Pemula Dari 0 Jadi Jutaan!

Investasi Di OVO – Untuk sobat yang mau melakukan investasi ada banyak sekali pilihan, dan salah satunya adalah investasi di aplikasi OVO.

OVO yang terkenal sebagai aplikasi pembayaran online. Sobat pengguna grab pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Nah, didalam aplikasi ini juga bisa sobat gunakan melakukan investasi online. Yakni untuk membeli reksadana dengan modal kecil.

Kemudahan seperti ini tidak bisa sobat sia-siakan begitu saja. Demi mengembangkan keuangan sobat dari waktu ke waktu.

Namun buat sobat yang investasi di OVO, simak dulu nih pembahasan kali ini sampai dengan selesai biar paham.

Investasi Di OVO Dari 0 Sampai Jutaan!

investasi di ovo
investasi di ovo

Untuk seorang pemula, pastinya akan muncul banyak pertanyaan. Namun tenang saja sobat, disini sudah saya rangkum beberapa pertanyaan dan jawaban untuk sobat. Beberapa hal penting tersebut antara lain :

Apa Itu OVO Invest

OVO Invest adalah sebuah fitur dan program investasi reksadana yang ada didalam aplikasi OVO. Dengan fitur OVO Invest ini sobat bisa melakukan investasi reksadana dengan mudah.

Kalau sobat selama ini menggunakan OVO hanya untuk belanja saja. Maka sobat tidak ada salahnya untuk cek fitur layanan OVO Invest. Disinilah pilihan tempat untuk menyimpan dan mengembangkan uang sobat dengan cara investasi.

OVO Invest sendiri cukup aman digunakan karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian untuk penyediaan produk reksadana sendiri bermitra langsung dengan Bareksa.

Baca juga:  Harga Bitcoin yang Tercapai di Ambang Sinyal Bullish Besar: “Breaking News”

Penting sekali untuk sobat memilih aplikasi investasi yang aman seperti ini. Agar sobat dapat menyimpan uang dan tidak terkena penipuan.

Apa Saja Produk Reksadana OVO?

Lalu apa saja produk reksadana OVO ini? Sebenarnya belum begitu banyak produk reksadana yang ada didalam OVO Invest. Namun kelihatannya pihak OVO sudah berusaha memilih beberapa produk reksdana yang potensial, antara lain sebagai berikut :

  • Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid
  • Manulife OVO Bareksa Likuid
  • Cipta OVO Ekuitas
  • Eastpring Investment Value Discovery Kelas A
  • Bahana Mes Syariah Fund Kelas O

Beberapa produk diatas adalah data per tanggal 20 Agustus 2022. Tentu saja untuk jumlah produk reksadana yang ada di OVO Invest ini bisa berubah kemudian.

Nah, untuk setiap produk investasi yang ada bisa dilihat grafik perkembangannya. Sobat bisa melihat dari harian, mingguan, bulanan, sampai dengan tahunan.

Jadi sobat bisa memilih reksadana mana yang kelihatannya menarik dari perkembangan kenaikan harganya.

Berapa Hasil Investasi Di OVO? Apakah Menguntungkan?

Yang baru mulai seringkali bertanya berapa kira-kira hasil investasi di OVO, apakah menguntungkan?

Kalau sobat investasi di OVO Invest untuk jangka panjang akan lebih menguntungkan. Karena rata-rata kelihatan hasilnya adalah dalam jangka 1 tahun. Beberapa contoh perkembangan hasil reksadana di OVO Invest untuk data per tanggal 20 Agustus 2022 :

  • Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid sudah cuan 4,42% dalam 1 tahun
  • Manulife OVO Bareksa Likuid sudah profit 2,25% dalam 1 tahun
  • Cipta OVO Ekuitas sudah profit 33,78% dalam 1 tahun
  • Eastpring Investment Value Discovery Kelas A 9,31% dalam 1 tahun
  • Bahana Mes Syariah Fund Kelas O sudah profit 2,23% dalam 1 tahun

Jadi setiap produk reksadana di OVO memiliki perkembangan keuntungan masing-masing. Sobat bisa memilih sendiri produk reksadana yang diinginkan.

Baca juga:  Trading Crypto Di Huobi Global Dari 0, Apakah Aman?

Apakah Investasi Di OVO Bisa Rugi?

Lalu apakah investasi di OVO Invest bisa rugi? Jawabannya adalah bisa rugi. Apalagi yang namanya produk investasi pergerakannya sangat fluktuatif.

Misalkan saja cipta ovo ekuitas yang didalamnya ada reksadana saham. Pergerakannya sangat fluktuatif, kadang bisa rugi dan untung.

Tapi sebagai catatan penting, ketika reksadana sobat rugi bisa menunggu sampai untung baru dijual. Atau sobat bisa menggunakan konsep Dollar Cost Averaging. Dimana membeli kembali saat harga sedang turun.

Jangan panik ketika sebuah produk reksadana merugi. Sobat teliti terlebih dahulu didalam reksadana tersebut ada produk apa saja. Biasanya memang ada salah satu produk didalamnya yang harganya sedang menurun.

Cara Investasi Di OVO

Setelah mengetahui beberapa informasi diatas, sekarang kita akan lanjut mengenai cara investasi di ovo itu sendiri. Sobat bisa memperhatikan beberapa point dibawah ini :

  • Pastikan sobat sudah memiliki aplikasi OVO
  • Jika belum, download aplikasi OVO
  • Setelah itu sobat melakukan daftar dengan nomer handphone
  • Masuk ke menu “Pengaturan”
  • Lakukan verifikasi identitas sobat
  • Kemudian masuk ke menu “Invest”
  • Lakukan verifikasi untuk investasi
  • Pastikan sobat sudah memiliki saldo OVO
  • Lalu memilih produk investasi yang diinginkan
  • Kemudian klik beli
  • Konfirmasi pembelian

Nah, sampai disini sobat sudah berhasil melakukan pembelian di aplikasi OVO untuk reksadana yang diinginkan. Tutorial lengkap cara investasi di ovo bisa sobat lihat di video ini :

Berapa Lama Investasi Di OVO

Biasanya seorang pemula mulai bertanya berapa lama proses investasi di OVO? Kenapa sudah beli tapi statusnya masih di Proses?

Hal ini wajar karena proses pembelian reksadana akan berlangsung selama 2 hari kerja. Berdasarkan pengalaman saya seperti itu. Dan paling lama yang saya alami adalah 3 hari kerja.

Baca juga:  Tips Sukses Investasi Pemula Dengan 5 Langkah Berikut Ini!

Sobat tidak perlu khawatir apabila dana masih di proses karena biasanya pasti berhasil. Sobat tinggal menunggu saja dan mengeceknya pada menu transaksi.

Setelah pembelian berhasil, sobat bisa melihat di portofolio. Disitu sobat akan mengetahui perkembangan harga, keuntungan atau kerugian yang didapatkan.

Cara Mencairkan Investasi Di OVO

Setelah mempunyai produk reksadana di Ovo, kemudian bagaimana cara mencirkan investasi di OVO? Caranya cukup mudah, sobat bisa perhatikan beberapa poin dibawah ini :

  • Buka aplikasi OVO
  • Masuk ke menu invest
  • Pilih reksadana yang ingin dijual
  • Lalu klik jual
  • Masukkan nominal atau jumlah reksadana yang akan dijual
  • Lalu klik Jual

Nah, setelah itu penjualan reksadana sobat akan di proses. Inipun membutuhkan waktu, sobat biasanya perlu menunggu 2 hari kerja. Dan kemudian saldo akan masuk kedalam saldo utama akun OVO sobat dan bisa digunakan atau dicairkan ke rekening Bank.

Pengalaman Melakukan Investasi Di OVO

Sekaligus saya akan bagikan pengalaman saya melakukan investasi di OVO. Saya sendiri pernah melakukan investasi OVO dan sudah saya cairkan di awal tahun 2022 ini.

Hasilnya cukup bagus karena saya membeli produk investasi di OVO Ekuitas tahun lalu. Waktu itu investasi sebanyak Rp3.000.000,- dan mendapatkan keuntungan sekitar 30% an yakni berkembang menjadi Rp3.900.000,-.

Namun hasil investasi seperti ini tidak menentu. Karena perkembangan harga dari produk reksadananya sendiri bisa naik dan turun. Namun asalkan sobat menargetkan untuk jangka panjang kemungkinan besar akan mendapatkan keuntungan.

Oke sobatku, sampai disini saya kira sudah cukup jelas mengenai cara investasi di ovo dan juga beberapa pertanyaan yang sering muncul dari pemula. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan salam sukses untuk sobat semua dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button