Bisnis

9 Panduan Bisnis Kerajinan Tangan Untuk Pemula

Memanfaatkan sebuah seni kerajinan tangan sebagai lahan bisnis. Ya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara bisnis kerajinan tangan untuk seorang pemula sampai bisa menghasilkan uang.

Membuat sebuah kerajinan tangan memang membutuhkan tangan-tangan yang kreatif. Bahkan yang awalnya benda tidak berguna seperti kardus dan yang lainnya bisa di sulap menjadi kerajinan yang mahal harganya.

Namun peluang usaha kerajinan tangan ini bukan hanya untuk mereka yang ahli. Bagi seorang pemula yang tidak bisa membuat kerajinan pun bisa. Yakni dengan melakukan jual beli kerajinan tangan itu sendiri, kesimpulannya bisnis ini cukup flexibel bagi banyak orang.

Apa Itu Bisnis Kerajinan Tangan?

bisnis kerajinan tangan
bisnis kerajinan tangan

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara memulai bisnis kerajinan. Kerajinan tangan sendiri adalah sebuah karya yang dihasilkan dengan buatan tangan manusia (handmade).

Jadi mengubah sebuah benda yang tadinya tidak bernilai, bahkan dianggap sampah. Bisa menjadi sebuah kerajinan yang bernilai uang. Itulah arti makna dari bisnis kerajinan tangan dan ini merupakan salah satu peluang usaha menjanjikan untuk saat ini.

Beberapa kelebihan dari bisnis kerajinan tangan antara lain :

  • Ramah lingkungan, bahkan bisa memanfaatkan barang bekas, sampah, menjadi barang yang bernilai
  • Mendukung kebersihan lingkungan
  • Bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil
  • Bisnis yang menciptakan nilai seni dan nilai guna dari sebuah produk
  • Bisnis yang membantu mengembangkan kreatifitas seseorang
  • Salah satu jenis bisnis yang tingkat persaingan lebih rendah
  • Bisnis dengan nilai keuntungan tinggi.
Baca juga:  8 Perbedaan Pemasaran Luring dan Bisnis Online, Wajib Tahu

Namun selain beberapa kelebihan, ada juga beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui, Antara lain sebagai berikut :

  • Kerajinan tangan lebih sulit dibuat atau di produksi
  • Bahan produksi terkadang sulit ditemukan
  • Membutuhkan kesabaran tinggi
  • Membutuhkan target pasar khusus

Tentu saja setiap peluang usaha atau bisnis ada kekurangan dan kelebihan. Yang terpenting adalah bagaimana cara Anda memilih bisnis yang tepat dan menjalankannya secara maksimal.

Panduan Bisnis Kerajinan Tangan Untuk Pemula

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin bisnis kerajinan tangan. Mulai dari tahap persiapan, modal dan juga cara pemasaran. Kita akan coba bahas satu persatu, antara lain sebagai berikut :

Gali Ide Kreatif Untuk Membuat Kerajinan Tangan

Ini adalah sebuah bisnis dibidang industri kreatif, jadi Anda harus banyak menggunakan kreatifitas Anda dalam berbisnis. Yakni berusaha menciptakan banyak inovasi baru mengenai kerajinan tangan yang dijual nantinya.

Sebagai bahan referensi, ada beberapa jenis kerajinan tangan yang sering diperjualbelikan, antara lain :

Kerajinan Tangan Rajut

kerajinan rajut
kerajinan rajut (mariberkarya.com)

Kerajinan yang dibentuk dari benang rajut. Dimana kita membentuk sebuah benda yang memiliki fungsi tersendiri dengan bahan utama dari benang rajut. Misalkan saja membuat kantong, tas, topi, atau bahkan pakaian.

Kerajinan Tangan Resin

kerajinan resin
kerajinan resin (maxresdefault)

Salah satu jenis kerajinan tangan yang selanjutnya adalah kerajinan dari resin. Ini adalah kerajinan yang dibentuk menjadi sebuah pernak pernik indah, memiliki fungsi sebagai karya seni dan juga hiasan.

Kerajinan Tangan Bingkai

kerajinan bingkai foto
kerajinan bingkai foto (pinterest : Saniya_Jain)

Dari benda bekas seperti kardus, ini bisa Anda jadikan banyak jenis kerajinan tangan. Misalkan saja membuat bingkai foto, yang mana semakin unik dan bagus Anda buat. Maka harga dari kerajinan tangan yang satu ini juga semakin mahal.

Baca juga:  Cara Ternak Murai Batu dalam 5 Langkah, Mudah dan Menguntungkan Bagi Pemula!

Kerajinan Tangan Lampu Hias

kerajinan lampu hias
kerajinan lampu hias (inacraftnews.com)

Masih berbahan dari kardus, juga bisa dibuat kerajinan tangan seperti lampu hias. Atau bisa juga untuk tempat lampu belajar, lampu tidur dan sejenisnya. Selain menggunakan kardus, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan lain dalam membuat lampu hias, seperti botol, kaca dan benda bekas lainnya.

Kerajinan Scrapbook

kerajinan scrapbook
kerajinan scrapbook (ginee.com)

Anda juga bisa membuat kerajinan tangan scrapbook. Yakni kerajinan dari bahan buku dan kertas yang tidak terpakai. Ini bisa di dekorasi sebagus mungkin untuk menjadi sebuah hiasan dan bernilai rupiah.

Kerajinan Tangan Aksesoris

kerajinan tangan aksesoris
kerajinan tangan aksesoris (pinterest)

Selain beberapa jenis kerajinan tangan diatas, Anda juga bisa membuat kerajinan aksesoris atau perhiasan. Bisa membuat kalung, gelang, cincin dan juga beberapa jenis aksesoris lainnya. Bahannya menggunakan benang pun bisa.

Kerajinan Tangan Tanah Liat

kerajinan tanah liat
kerajinan tanah liat

Salah satu kerajinan tangan bernilai mahal adalah kerajinan dengan tanah liat. Anda bisa membuat banyak jenis barang yang bermanfaat dengan bahan tanah liat. Misalkan saja membuat pot bunga, tempat air, genteng, ulekan sambal dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain beberapa jenis kerajinan diatas, Anda juga bisa membuat banyak jenis kerajinan tangan yang laku dijual lainnya. Beberapa kerajinan tersebut antara lain :

  • Membuat kotak tisu dari kardus
  • Mini studio foto dari kardus
  • Rumah kucing dari barang bekas
  • Membuat jam dinding dari kardus dan barang bekas
  • Membuat miniatur mainan anak dari barang bekas
  • Membuat bunga dari kain dan benang
  • Dan lain-lain

Intinya adalah bagaimana cara Anda memunculkan kreatifitas dari benda-benda bekas agar menjadi bernilai dengan kerajinan tangan yang Anda buat.

Persiapkan Modal Bisnis Kerajinan Tangan

Bicara masalah bisnis tentu saja kita akan membahas tentang modal. Lalu berapa modal untuk memulai bisnis kerajinan tangan ini ?

Baca juga:  Barang Booming di Online Shop! Berikut 4 Contohnya

Sebenarnya untuk modal sendiri sangat relatif dan bisa dijalankan dengan modal kecil. Apalagi bahan yang dibuat untuk kerajinan tangan sendiri kebanyakan adalah benda yang bernilai murah dari bahannya.

Jika Anda memiliki dana sekitar 2 juta rupiah saja sudah bisa memulai bisnis kerajinan tangan ini. Atau bisa dimulai dengan modal seadanya terlebih dahulu.

Menentukan Target Pemasaran

Setelah Anda menemukan jenis kerajinan tangan yang tepat. Maka Anda perlu merencanakan target pemasaran yang tepat.

Beberapa strategi pemasaran harus Anda lakukan agar bisa menjalankan bisnis kerajinan tangan ini. Antara lain sebagai berikut :

  • Menjalin relasi dengan banyak pihak yang mau menampung dagangan kerajinan tangan
  • Menjalin relasi dengan toko kerajinan tangan
  • Melakukan buka toko sendiri untuk menjual kerajinan tangan yang dibuat
  • Membuka website untuk display dan pemasaran secara online
  • Memasarkan kerajinan tangan yang dibuat melalui sosial media
  • Dan lain-lain

Anda harus membuka jalan sebanyak mungkin agar bisa melakukan penjualan kerajinan tangan yang sudah dibuat secara maksimal.

Melakukan Manajemen Keuangan Dengan Baik

Di dalam bisnis, ada hal yang paling penting dan wajib untuk dilakukan, yakni melakukan manajemen keuangan dengan baik. Ketika bisnis kerajinan tangan Anda sudah berjalan, maka harus bisa mengelola keuangan dengan baik.

Pisahkanlah uang modal, keuntungan, dan juga pisahkan keuangan pribadi dengan usaha. Disinilah Anda harus mulai profesional dalam mengelola keuangan. Karena dengan begitu Anda akan membangun usaha Anda menjadi lebih besar.

Dengan beberapa langkah diatas, semoga bisa membantu menjelaskan kepada Anda semua. Yakni bagaimana cara memulai bisnis kerajinan tangan sampai dengan bisa menghasilkan uang.

Cukup sekian sharing dari admin pada kesempatan kali ini. Semoga lancar usaha Anda dan salam sukses dari prayoga.id.

Sigit Prayoga

Praktisi trading forex, crypto dan juga saham. Selain itu juga suka berbagi informasi mengenai bisnis online. Semoga dengan adanya blog prayoga.id ini bisa menjadi wadah saya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Salam sukses buat semuanya, Amin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button