Ragam Manfaat

Healing Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Tips Penerapan

healing-adalah
Sumber: Freepik

Seperti yang sudah kita ketahui, di zaman ini hampir semua anak muda menggunakan bahasa-bahasa gaul untuk berkomunikasi. Tentunya, beberapa dari kalian juga pastinya sudah tidak asing dengan istilah healing. Meskipun demikian, namun ada saja beberapa orang yang masih belum mengetahui dan mempertanyakan healing adalah apa.

Mungkin beberapa dari kita seringkali melihat atau membaca istilah yang satu ini di media sosial. Memang benar, istilah yang satu ini sering kita dapati di berbagai sosmed untuk menyatakan suatu perasaan. Perlu kamu ketahui, sebenarnya istilah healing tersebut merupakan bahasa gaul di Indonesia.

Terlepas dari itu, bagi kamu yang masih bingung dengan pengertian serta beberapa hal lain mengenai istilah healing ini, kamu berada pada pembahasan yang tepat. Pasalnya, pada topik kali ini saya akan membagikan beberapa penjelasan lengkap mengenai pengertian healing dan lainnya. Penasaran? Yuk!simak.

Dalam Bahasa Gaul Healing Adalah?

Mungkin beberapa dari kamu masih kebingungan dengan istilah bahasa gaul yang satu ini. Sebenarnya, healing dalam bahasa gaul itu sendiri dapat kita artikan sebagai suatu proses penyembuhan diri yang bertujuan untuk mendapatkan ketenangan batin dan jiwa. Umumnya, seringkali kita melihat beberapa orang di media sosial menggunakan bahasa gaul healing ini pada caption postingan liburan mereka. 

Menurut Psikologi Healing Adalah?

Meskipun kita sudah mengetahui pengertian healing dalam bahasa gaul tersebut, tentunya dalam dunia psikologi juga istilah yang satu ini memiliki arti tersendiri. Lalu, menurut psikologi healing adalah? Perlu kamu ketahui, dalam psikologi healing adalah  pemulihan emosional untuk memperkuat diri. Dalam beberapa pernyataan di internet, healing dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara tersebut seperti terapi, membuat catatan diri, aktivitas tubuh, liburan, dan dukungan emosional.

Kenapa Kita Memerlukan Healing?

Setelah mengetahui pengertian healing secara mendalam, tentunya dapat kita simpulkan bahwa healing adalah merupakan suatu hal yang perlu kita lakukan. Tujuannya yaitu untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi. Nantinya, ketika kita berhasil melakukan healing, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih tegar dalam menghadapi kesulitan, kegagalan, dan trauma di masa lalu.

Baca juga: Wajib Diketahui! FWB Adalah Jenis Hubungan Yang Beresiko

Perbedaan healing dan refreshing

Pastinya, sebagian dari kita tadinya mengira bahwa healing dan refreshing merupakan suatu hal yang sama. Namun, nyatanya kedua hal tersebut berbeda. Sebelum mengetahui. perbedaan antara healing dan refreshing itu sendiri, ada baiknya kamu mengetahui pengertian dari refreshing.

Secara pengertian, refreshing merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Tentunya, beberapa hal tersebut sangat kita butuhkan untuk menghilangkan kejenuhan akan berbagai rutinitas yang ada. Beberapa bentuk refreshing tersebut antara lain seperti meluangkan waktu untuk berwisata, staycation, atau melakukan berbagai kegiatan yang kamu sukai.

lalu, apa perbedaan antara healing dan refreshing? Mungkin beberapa dari kamu sudah menyadari dengan mengetahui beberapa pengertian antara keduanya berbeda. Healing itu sendiri dinilai sebagai suatu pengalaman subjektif yang sangat pribadi. Tentunya, dalam healing tersebut seseorang akan melibatkan rekonsiliasi dari peristiwa menyedihkan. Sedangkan refreshing merupakan suatu pemulihan kesegaran di kaa hari yang panas.

Tips Penerapan Healing untuk Diri Sendiri

Tentunya, tak lengkap rasanya jika hanya membagikan pengertian serta perbedaan healing saja. Terlepas dari itu, pastinya setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam melakukan healing tersebut. Meskipun kita mengenalnya healing ini merupakan suatu kegiatan liburan, tetapi nyatanya kamu dapat melakukan berbagai hal lain yang termasuk kedalam healing. Adapun beberapa cara menerapkan healing seperti berikut ini:

1. Mengenali Diri Sendiri

Tips pertama menerapkan healing yaitu dengan mengenali diri sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui, manusia ini diciptakan dengan berbagai karakter dan keunikan. Tak jarang, setiap orang memiliki perbedaan dengan orang lainnya. Mengenali diri sendiri merupakan salah satu hal terpenting. 

Pasalnya, terkadang kita selalu memahami perasaan orang lain, namun kita bahkan tidak memahami diri sendiri. Jadi, selain berlibur mengunjungi tempat-tempat yang kamu sukai. Kamu juga dapat melakukan healing dengan cara mengenali diri sendiri dan mempertanyakan bahwa sebenarnya apa yang diri kamu inginkan.

Baca juga: Cara Membedakan Antara Kebutuhan Dan Keinginan Agar Keuangan Lebih Baik

2. Berdamai Dengan Diri Sendiri

Selain mengenali diri sendiri, tentunya ada tips lain untuk menerapkan healing yang sederhana yaitu dengan berdamai dengan diri sendiri. Pastinya, setiap orang memiliki berbagai masalah yang hinggap dalam pikiran mereka. Tentunya, dengan permasalahan tersebut akan menyebabkan mental dan pikiran yang kita miliki merasa lemah.

Dalam menghadapi berbagai masalah tersebut, kamu perlu berdamai dengan diri sendiri. Pasalnya, dengan berdamai dengan diri sendiri maka kamu akan menerima berbagai ujian serta mengikhlaskan berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidup. Tujuannya agar kamu dapat berpikir positif dan lepas dari belenggu pikiran yang mengganggu tersebut. 

3. Melakukan Me Time

Selain beberapa cara sebelumnya, kamu juga dapat melakukan me time sebagai salah satu cara sederhana untuk melakukan healing. Menurut pengertian, singkatnya me time adalah waktu untuk diri sendiri. Selain itu, menurut beberapa sumber me time juga merupakan waktu yang diluangkan seseorang untuk diri sendiri dan melakukan hal menyenangkan untuk dirinya. 

Dengan penerapan me time ini, tentunya seseorang akan mendapatkan kebahagian karena terlepas dari berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidupnya. Sebenarnya, me time ini perlu kamu lakukan baik itu melakukannya setiap hari, setiap minggu atau bahkan bulan. 

4. Memahami Kondisi Emosional

Seringkali jika seseorang mengalami berbagai permasalahan hidup, maka seseorang tersebut cenderung tidak memiliki pikiran positif. Untuk mengembalikan pikiran positif pada diri sendiri, tentunya ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan salah satunya kamu dapat melakukan self compassion atau memahami kondisi emosional. Dengan demikian, nantinya seseorang dapat memiliki pikiran positif mengikhlaskan dan tidak mengalami perasaan sedih berlarut-larut. 

5. Melakukan Meditasi

Tak kalah menarik dari sebelumnya, meditasi juga dapat kamu jadikan sebagai penerapan healing yang sederhana untuk diri sendiri. Mungkin beberapa kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Secara pengertian, meditasi adalah sebuah aktivitas yang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. 

Baca juga: 7 Tips Foto Di Pantai Yang Keren Dan Instagramable

Dengan mengetahui fungsi dari meditasi itu sendiri, tentunya sekarang ini kamu sudah menyadari bahwa meditasi merupakan suatu hal penting yang perlu kamu lakukan. Ada berbagai cara untuk melakukan meditasi salah satunya dengan berdiam diri pada suatu ruangan sunyi, lalu memejamkan mata dan mengatur nafas. Selain itu, meditasi ini juga umumnya dilakukan hanya beberapa menit saja. 

6. Evaluasi Diri

Tips penerapan healing terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu mengevaluasi diri sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui, semua orang tentu memiliki berbagai kesalahan hingga permasalahan dalam masa lalu mereka. Tentunya, evaluasi diri ini sangat diperlukan. Agar, nantinya kamu tidak mengulangi dan belajar dari pengalaman sebelumnya. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button