Pendidikan

Deskripsi Adalah: Pengertian, Jenis, Ciri Beserta Struktur

deskripsi-adalah
Sumber: Freepik

Tidak bisa dipungkiri, Bahasa Indonesia merupakan suatu bahasa utama yang kita gunakan sehari-hari. Meskipun seringkali kita mempelajari Bahasa Indonesia secara mendalam baik itu dalam pendidikan atau lainnya. Namun, nyatanya tidak sedikit dari kita yang belum memahami semua yang ada didalamnya.

Mungkin beberapa dari kalian seringkali mendengar atau bahkan pernah menggunakan teks deskripsi itu sendiri. Namun, pastinya kalian tidak memahami dan menyadari bahwa itu sebuah teks deskripsi. Pemahaman mengenai teks deskripsi sangatlah penting untuk menambah wawasan.

Terlepas dari itu, pada topik kali ini berfokus untuk memberikan pembahasan secara mendalam mengenai teks deskripsi mulai dari pengertian hingga struktur dan tujuan teks deskripsi. Untuk itu, bagi kamu yang penasaran dengan isi dari pembahasannya. Pastikan untuk mengikuti pembahasan menarik ini.

Pengertian teks deskripsi adalah?

Perlu kamu ketahui, deskripsi itu sendiri sebenarnya berasal dari verba bahasa Inggris yaitu describe. Dapat diartikan, deskripsi adalah memaparkan, menguraikan atau melukiskan. Sedangkan, paragraf deskripsi adalah paragraf yang memiliki tujuan memberikan kesan atau impresi kepada para pembicara terhadap objek, peristiwa, gagasan, tempat yang ingin disampaikan penulis secara otentik. 

Dalam hakikatnya, deskripsi ini dijadikan sebagai kaidah untuk pengolahan data menjadi suatu yang dapat disampaikan secara jelas dan tepat dengan tujuan. Nantinya, penyampaian yang jelas tersebut akan lebih mudah untuk dipahami orang lain yang tidak langsung mengalami hal tersebut. Sehingga saat data yang dikumpulkan, deskripsi, analisis dan kesimpulannya lebih disajikan dalam angka-angka.

Baca juga: Persuasif Adalah: Ciri-ciri, Struktur dan Contohnya

Jenis-jenis Teks Deskripsi 

Sama halnya dengan beberapa teks lainnya, untuk teks deskripsi itu sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis dengan pengertian yang berbeda-beda. Adapun beberapa jenis teks deskripsi tersebut seperti berikut ini:

Teks Deskriptif Spasial

Salah satu jenis dalam teks deskripsi yaitu teks deskripsi spasial. Menurut pengertian, deskripsi spasial adalah teks yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya peristiwa. Contohnya, kamar berukuran 7 x 8 m itu sangat nyaman ditempati. Dindingnya di cat warna merah dengan beberapa stiker tembok bertema anime menghiasi. Sebuah sofa berwarna biru diletakkan di pojok ruangan, beserta lampu hias yang terdapat keempat sisinya. 

Teks Deskriptif Objektif

Selain teks deskripsi spasial, dalam jenis teks deskripsi itu sendiri ada beberapa jenius lainnya seperti teks deskripsi objektif. Perlu kamu ketahui, teks deskripsi objektif itu sendiri dapat diartikan sebagai teks deskripsi yang menjelaskan objek apa adanya berdasarkan keadaan yang sebenarnya dari objek yang dibicarakan, tanpa ada tambahan opini dari penulis. 

Contoh dari penggunaan teks deskripsi objektif ini yaitu, Kevin adalah teman sebangkuku di sekolah. Tinggi badannya menjulang ke atas, hampir sepantar dengan tiang gawang sepakbola. Hidungnya cukup mancung dan perawakannya tampan, dan contoh lainnya. 

Teks Deskriptif Subjektif

Jenis teks deskripsi terakhir yaitu teks deskripsi subjektif. Secara pengertian, teks deskripsi subjektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis. Perlu kamu ketahui, masing-masing jenis teks deskripsi tersebut seperti teks deskripsi objektif dan subjektif keduanya memiliki perbedaan.

Jika pada paragraf teks deskripsi objektif, maka teks yang berisi gambaran secara objektif atau apa adanya. Singkatnya, penulis tidak lagi menambahkan opini atau pendapat pribadi untuk melengkapi paragraf tersebut. Sedangkan dalam deskripsi subjektif, teks yang berisi gambaran keadaan sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan penulis. 

Baca juga: Pengertian Argumentasi Adalah: Berikut Ciri dan Strukturnya

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Selain memiliki jenis-jenis, dalam teks deskripsi itu sendiri ternyata memiliki ciri-ciri lho. Adapun beberapa ciri-ciri teks deskripsi yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini:

  1. Menggambarkan objek yang berupa perasaan, benda, tempat dan keadaan tertentu.
  2. Melibatkan panca indera manusia seperti pengecapan, penciuman, penglihatan, pendengaran dan perabaan.
  3. Mengungkapkan ciri fisik dan sifat objek seperti warna ukuran, bentuk dan sifat objek.
  4. Menjelaskan objek dengan detail serta terperinci.
  5. Menggunakan kata bermakna sifat atau suasana.
  6. Menggunakan kata sinonim dengan gaya emosi yang kuat.
  7. Menggunakan majas sebagai sarana melukiskan objek secara konkret.
  8. Menjelaskan objek berdasarkan ciri fisik, warna, bentuk, ukuran maupun psikis secara menyeluruh dan detail.
  9. Dapat memuat kata ganti orang.
  10. Menggunakan hipernim dan hiponim untuk menjelaskan objek. 

Struktur Teks Deskripsi

Selain memiliki jenis hingga ciri-ciri tertentu, dalam teks deskripsi ini juga ada beberapa struktur atau bagian dalam penulisannya. Untuk itu, berikut penjelasan lengkap mengenai struktur teks deskripsi:

1. Identifikasi 

Salah satu struktur penting dalam teks deskripsi ini yaitu identifikasi. Perlu kamu ketahui, identifikasi merupakan bagian awal dari teks deskripsi yang berisi pengenalan nama, objek, makna nama, lokasi, sejarah lahirnya, atau gambaran umum lainnya tentang objek yang dideskripsikan. Dengan penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa tujuan dari identifikasi ini yaitu memberikan gambaran awal terkait objek yang akan dideskripsikan secara rinci kepada para pembaca. 

2. Klasifikasi

Selain terdapat identifikasi, dalam struktur teks deskripsi lainnya juga terdapat klasifikasi. Dalam klasifikasi ini berisi tentang penjelasan tambahan objek yang dideskripsikan atau menjelaskan pengelompokan menurut jenis, kelompok, dan lainnya. Singkatnya, klasifikasi atau pernyataan umum ini berisi pengertian yang mendeskripsikan objek secara umum.

3. Bagian Deskripsi

Struktur lainnya yang harus ada dalam teks deskripsi tersebut yaitu bagian deskripsi. Perlu kamu ketahui, dalam deskripsi bagian ini merupakan paragraf yang berisi tentang manfaat dari objek yang diamati. Selain itu, dalam bagian deskripsi ini juga para penulis juga dapat memberikan pemaparan atau gambaran tentang objek atau topik yang dibahas dalam paragraf tersebut. 

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Tujuan teks deskripsi adalah?

Setelah mengetahui berbagai penjelasan lengkap baik itu mengenai pengertian, ciri-ciri, jenis dan lain sebagainya. Lalu, tujuan teks deskripsi adalah? Mungkin beberapa dari kalian penasaran dengan tujuan dari teks deskripsi itu sendiri. Perlu kamu ketahui, sebenarnya tujuan teks deskripsi tersebut hanya ada satu.

Tujuan tersebut adalah untuk menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara terperinci, konkret dan subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis sehingga pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan oleh penulis dalam teks deskripsi tersebut. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button